Cara Berbisnis dari Rumah dengan Modal Kecil Namun Untung Maksimal

Penulis
Ifan Prasya
Diterbitkan pada
20 Agustus 2021
Waktu membaca
5 Menit

Cara berbisnis dari rumah merupakan ide yang kini mulai banyak orang tertarik, mungkin termasuk kamu. Selain karena praktis dan tidak perlu sewa tempat usaha, juga mendatangkan profit yang lumayan besar.

Dalam panduan praktis ini, kami akan beberkan beberapa poin menarik seputar:

  • Keuntungan memulai usaha dari rumah,
  • Langkah menjalankan bisnis dari rumah.

Namun sebelum itu, ketuk Bookmark (⭐) di pojok kanan atas browser untuk menyimpan postingan ini – agar tidak ketinggalan update di kemudian hari. Jika sudah, mari kita mulai.

 

Plus-Minus Bisnis dari Rumah

Sebelum memulai, kita bedah dulu apa saja keuntungan yang bisa didapatkan ketika berbisnis dari rumah. Sebagai pertimbangan, nanti kita juga akan suguhkan apa saja kekurangan dari bisnis di rumah ini.

Supaya lebih jelas, berikut rincian selengkapnya.

Keuntungan

  • Hemat Biaya. Dikatakan hemat karena tidak perlu sewa tempat baru untuk usaha. Cukup sediakan tempat di bagian depan rumah, seperti teras atau yang paling sering adalah garasi rumah. Lalu, dekor sedemikian rupa untuk usaha. Namun jika bisnis online, maka bagian kamar tidur atau ruang kerja sudah cukup.
  • Waktu Fleksibel. Bekerja di rumah membuat kita dengan sangat mudah mengatur semuanya, termasuk waktu. Tidak perlu ada jam masuk kantor ataupun pulang, melainkan cukup fleksibel. Bahkan jika dikerjakan bebarengan dengan aktivitas rumah lainnya juga bisa.
  • Minim Risiko. Biasanya model bisnis di rumah tidak memerlukan modal yang banyak. Maka risiko yang dihasilkan juga relatif sedikit. Terlebih dengan jenis-jenis usaha yang bahkan tanpa modal sekalipun, seperti bisnis online yang hanya membutuhkan perangkat laptop, HP, dan internet.
  • Banyak Peluang. Selain berbisnis barang dagangan yang digelar di rumah, juga ada ide-ide peluang usaha baru lainnya yang bisa diterapkan. Bisnis online dropship dan reseller merupakan yang paling praktis untuk dilakukan. Jika lebih tertarik ke ranah digital, bisnis online digital marketing juga bisa menjadi opsi.

Kerugian

  • Susah Bagi Waktu. Saking fleksibelnya, kadang kita bisa kewalahan untuk membaginya. Antara pekerjaan rumah dan urusan bisnis. Terlebih bagi kita yang sudah berkeluarga, cukup sulit untuk membagi porsi yang pas. Namun seiring berjalannya waktu, biasanya hal tersebut cukup bisa diatasi.
  • Manajemen Sulit. Masih berhubungan dengan waktu, juga manajemen cukup sulit dilakukan jika di rumah. Tugas-tugasnya juga biasanya akan terbagi. Peran sebagai anggota keluarga di rumah serta pemilik bisnis tentu merupakan dua hal yang berbeda. Pembagian peran ini biasanya yang menjadikannya sulit.
  • Rumah & Usaha Tercampur. Bangunan fisik rumah dan usaha nantinya akan jadi satu. Apalagi bagi bisnis online, biasanya cukup menjadikan kamar tidur atau ruang kerja sebagai tempatnya. Nantinya, pasti akan ada distraksi yang menjadikan sulitnya fokus untuk mengurus bisnis.
  • Butuh Waktu untuk Berhasil. Sebetulnya sama dengan usaha-usaha lainnya. Namun biasanya, cara berbisnis dari rumah memang relatif lama untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Terlebih untuk bisnis online, kita harus terbiasa untuk tidak mendapatkan hasil apa-apa dalam jangka waktu 1 tahun atau lebih.

Cara Berbisnis dari Rumah

Jika sudah matang-matang untuk mempertimbangkan berbisnis dari rumah, maka dalam sesi ini kami akan berikan rangkuman bagaimana cara memulai dan menjalankannya.

(Tentu kami hanya sebagai pihak yang merangkum dari berbagai sumber, bukan ahlinya. Cukup jadikan tulisan ini sebagai salah satu referensi, bukan pedoman.)

Berikut penjelasan selengkapnya.

1. Pilih Ide Usaha

Langkah pertama yang perlu dilewati ialah memilih ide peluang usaha yang akan dijalankan. Kami sudah membuat beberapa rangkuman ide yang mungkin bisa kamu jadikan referensi.

Silakan pilih salah satu:

Dari situ, pilih ide mana yang kira-kira cocok. Kamu suka menguliknya, atau pernah mengalami kendala terkait produk yang dijual. Intinya, kamu mengerti seluk beluk dari produk tersebut.

peluang usaha aquaponik

Usaha aquaponik randi farm (c) Kontan.co.id

Proses ini biasanya memakan waktu yang cukup lama. Karena ada beberapa pertimbangan yang harus dilalui:

  • Banyaknya peminat (pasar)
  • Suka atau tidak suka (passion)

Saran kami, tidak perlu mengikuti passion. Asal kamu punya kegigihan, maka semuanya bisa dijalani. Terpenting adalah, kamu menemukan sebuah masalah, lalu ingin menyelesaikannya lewat bisnis.

2. Buat Rencana Bisnis

Selanjutnya, silakan buat rencana bisnis. Kami merangkumnya ke dalam beberapa fase:

apa itu dropship

(c) toiletbisnis.com

Dari ketiga fase tadi, nanti akan mengerucut menjadi sebuah rencana besar. Memang tidak perlu lengkap sih, karena yang penting cukup mengerti garis besarnya saja.

Lagi pula, kita tidak perlu terlalu fokus pada rencana. Rencana boleh dibuat sedetail mungkin, namun tetap harus dieksekusi melalui aksi. Jadi, dua-duanya cukup penting.

3. Siapkan Modal

Modal di sini disesuaikan dengan jenis usaha yang akan dijalankan. Apakah usaha tersebut sepenuhnya dijalankan secara online, atau membutuhkan tempat toko (misalkan membuka toko kelontong di rumah).

pinjaman modal dari bank

Pinjaman modal usaha (c) bca.co.id

Modal di sini juga tidak melulu soal uang, melainkan perangkat usaha. Ialah alat dan bahan yang dibutuhkan untuk memproduksi atau menjalankan sebuah usaha.

Apabila butuh referensi untuk mendapatkan modal (uang), kami sudah menyiapkan postingannya. Silakan baca di sini:

4. Buka Toko

Apabila ide, rencana, serta modal sudah siap; maka langkah berikutnya adalah membuka toko. Di sini, lagi-lagi, disesuaikan dengan jenis usaha yang akan dijalankan.

Jika usaha tersebut merupakan usaha yang membutuhkan toko di rumah (misalkan usaha jual pulsa dan kuota), maka silakan disiapkan sebuah ruang khusus untuk melayani pelanggan.

toko tanaman hias

Statistik toko Shop with Sky (c) Tokopedia.com

Pun, jika usaha tersebut dijalankan secara online, maka silakan buat toko online. Bisa dimulai dengan menyiapkan toko di marketplace seperti Tokopedia, Shopee, hingga Lazada.

Silakan baca panduannya di sini:

5. Promosi

Apabila kamu buka usaha di rumah, maka promosi bisa langsung dilakukan dengan cara:

  • Memberikan pamflet kepada tetangga-tetangga dan wilayah sekitar,
  • Membuat story WA dan Instagram agar konsumen bisa melihat dan datang.
fitur topads toped

Headline berita di inet.detik.com

Lalu, apabila kamu fokus di bisnis online, maka promosi yang dilakukan bisa dengan cara memasang iklan di Facebook Ads. Atau, bisa juga melalui iklan berbayar di Tokopedia ataupun Shopee.

Promosi ini penting dilakukan untuk mempercepat terjadinya transaksi. Namun perlu hati-hati (khusus untuk online), karena jika tidak jeli dalam menentukan target audiens, bisa-bisa merugi.

Rangkuman

  • Keuntungan berbisnis dari rumah antara lain hemat biaya, waktu fleksibel, minim modal & risiko, serta banyak peluang. Kerugiannya antara lain susah bagi waktu, manajemen sulit, rumah & usaha tercampur, butuh waktu relatif lama.
  • Langkah-langkah untuk memulai usaha dari rumah bisa diawali dengan memilih ide, menyiapkan rencana bisnis dan modal usaha, menyiapkan toko (offline maupun online), serta promosi agar menarik minat calon pelanggan.

Bagaimana, sudah cukup bulat tekadnya untuk berbisnis dari rumah? Mudah-mudahan usaha yang kamu rintis segera memperoleh hasil yang diharapkan, ya. Terus belajar dan jangan berhenti di tengah jalan.

Mungkin cukup sampai di sini dulu. Apabila ada pertanyaan, Tinggalkan Balasan (✍) di kolom komentar di bawah postingan ini. Baca juga konten menarik kami yang lainnya di sesi Artikel Terkait (📌).

Akhir kata, terima kasih dan semoga membantu~ 🤗

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Ifan Prasya

Terampil dalam meracik strategi SEO Content Marketing untuk bisnis yang mampu meningkatkan angka penjualan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *