30+ Peluang Usaha Bisnis Rumahan Paling Menjanjikan di 2022

Penulis
Noer
Diterbitkan pada
04 Januari 2022
Waktu membaca
9 Menit

Ada banyak peluang usaha rumahan yang menjanjikan di tahun 2022 ini. Oleh karena itu, pada kesempatan ini kami akan memberikan sekurang-kurangnya 30 peluang usaha atau bisnis rumahan.

Selain menguntungkan, beberapa peluang usaha rumahan ini juga hanya butuh modal kecil atau bahkan tanpa modal. Jika ditekuni kamu mungkin akan mendapat untung besar.

Agar tidak ketinggalan informasi sedikit pun terkait peluang usaha rumahan, simak terus artikel ini sampai selesai. Tapi, mari simak dulu tips usaha rumahan agar menguntungkan.

Tips Usaha Rumahan

Kami sudah menyiapkan beberapa tips agar usaha atau bisnis rumahan kamu berjalan baik. Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mendukung usaha atau bisnis rumahan kamu.

1. Pastikan Pasar Jelas

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memastikan bahwa usaha atau bisnis rumahan yang kamu bangun memiliki pasar. Sehingga kamu tidak bingung ke mana akan memasarkannya.

Baca juga: 3 Cara Memasarkan Produk Yang Baik dan Efektif, Patut Dicoba

2. Lakukan Promosi

Hampir setaip usaha atau bisnis selalu membutuhkan yang namanya promisi. Meski usaha atau bisnis yang kamu bangun adalah usaha rumahan, kamu tetap harus melakukan promosi.

Kamu bisa melakukan promosi kepada teman atau keluarga dekat terlebih dulu. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan media-media sosial seperti Facebook sebagai media promosi.

Baca juga: 10 Cara Meningkatkan Penjualan Bisnis (Lewat Pelanggan Lama Hingga Baru)

3. Pelajari Administrasi Keuangan

Agar usaha atau bisnis rumahan yang kamu bangun bisa berjalan dengan baik dan bisa berkembang, kamu musti tahu atau paham betul hal-hal yang terkait dengan administrasi keuangan.

Mulai dari besaran gaji karyawan, laba, besaran modal, dan sebagainya. Semau itu musti tercatat dengan terbit. Jika tidak, usaha yang kamu bangun bisa-bisa hanya jalan di tempat saja.

Baca juga:

Berikut Beberapa Peluang Usaha Rumahan di Tahun 2022 Yang Bisa Anda Coba:

1. Usaha Konter Pulsa & Paket Data

Meski saat ini sudah banyak dompet digital maupun mobile banking yang dapat diakses untuk membeli pulsa dan semacamnya, konter pulsa dan paket data juga masih banyak dicari oleh orang.

Pasalnya, tidak semua orang mahir menggunakan fasilitas tadi. Beberapa orang lebih memilih beli langsung ke konter pulsa. Kamu bisa coba jualan pulsa dan paket data dari teras rumah.

Peluang usaha rumahan yang satu ini juga tergolong hanya membutuhkan modal kecil dan jika dikelola dengan baik dan benar bisa sangat menguntungkan.

Baca juga: Cara Menjual Pulsa HP Buat Pemula, Langsung Balik Modal

2. Bisnis Makanan Ringan atau Cemilan

Cemilan menjadi salah satu jenis makanan yang disukai banyak orang karena bersifat ringan dan tidak terlalu mengenyangkan. Selain itu, harganya juga biasanya murah.

Selain itu, makanan ringan juga bisa untuk menemani perjalanan, sambil nonton film, bahkan sambil bekerja, cemilan bisa disajikan. Maka kamu bisa mencoba usaha bisnis yang satu ini.

Usaha makanan ringan atau cemilan tergolong jenis usaha yang hanya membutuhkan modal kecil. Tidak seperti usaha-usaha makanan lain, seperti misalnya rumah makan padang.

3. Buka Usaha Thai Tea

Berjualan Thai Tea bisa juga dicoba sebagai usaha bisnis rumahan. Untuk usaha ini membutuhkan modal yang tidak banyak alias cukup dengan modal kecil. Asal pandai dalam memilih supplier.

Lalu untuk menyiapkan jualan Thai Tea ini juga tidak banyak, sehingga cocok untuk orang-orang yang ingin berjualan tetapi tidak ingin ribet. Patut atau layak untuk dicoba.

Usahan jualan Thai Tea ini akan sangat menjanjikan saat-saat kemarau. Rasa Thai Tea yang segar sekaligus adem sangat cocok diminum ketika cuaca sedang panas-panasnya.

4. Buka Usaha Katering

Usaha katering bisa kita lakukan sendiri maupun kelompok. Bagi pemula boleh saja dimulai dengan menawarkan kepada orang-orang terdekat untuk memesan katering.

Tidak perlu dalam jumlah atau porsi yang besar. Awal-awal cukup berapa porsi saja sesuai dengan kemampuan, misal untuk arisan, pengajian, dan lain sebagainya.

Jika dari waktu ke waktu pesanan bertambah banyak, maka bisa mengajak orang lain untuk iktu bergabung dalam usaha kateringmu. Agar pekerjaan bisa semakin ringan.

5. Reseller atau Dropshipper Buku

Bagi yang tidak memiliki modal untuk membuka usaha, dropshipper dapat menjadi pilihan usaha yang bisa dikerjakan di rumah. Seperti misalnya dropshipper buku.

Apalagi jika kamu adalah seorang mahasiswa yang membutuhkan banyak buku. Selain untuk kamu sendiri, kamu juga bisa menjual buku ke semua teman-teman kamu.

Untuk menjadi seorang dropshipper buku sangat mudah. Kamu hanya perlu mencari agen atau bahkan penerbit buku langsung yang mau menerima sistem dropshipper.

Baca juga: Apa itu Dropship? 8 Cara Menjadi Dropshipper yang Sukses untuk Pemula

6. Bisnis Produk Kecantikan

Produk kecantikan nampaknya telah menjamur di kalangan dokter dan apoteker. Nyatanya, banyak sekali produk-produk kecantikan yang mereka produksi sendiri atau home made.

Mereka bahkan seperti berlomba-lomba menciptakan produk yang ampuh untuk menunjang kecantikan. Seperti skincare, penghilang jerawat, lipstik, dan sebagainya.

Usaha produk kecantikan biasanya diminatai masyarakat umum. Mereka biasanya ikut membantu menjual produk-produk tersebut dengan sistem agen, reseller, atau dropshipper.

7. Bisnis Jasa Laundry

Jasa laundry merupakan salah satu bisnis usaha yang menjanjikan, apalagi jika kamu tinggal di tempat yang banyak dihuni oleh para pekerja kantoran dan mahasiswa.

Mereka biasanya terlalu sibuk. Tidak sempat mencuci pakaiannya sendiri. Mereka bisanya lebih memelih untuk menggunakan jasa laundry. Kamu bisa coba usaha yang satu ini.

Peluang usaha rumahan yang satu bisa sangat menguntungkan jika benar-benar berada di tempat yang tepat. Paling tidak dekat kampus atau pabrik atau kantor tertentu.

8. Bisnis Jasa Penjahit Pakaian

Jika berpengalaman di bidang jahit menjahit, tidak ada salahnya membuka jasa jahit pakaian di rumah. Untuk yang baru saja mencoba jasa ini, coba tawarkan terlebih dulu ke teman.

Setelah mengetahui kualitas jahitanmu baik, biasanya mereka secara otomatis akan merekomendasikan kepada orang lain. Dari situ kamu bisa memulai jasa penjahit pakaian.

9. Bisnis Jasa Kursus

Jasa kursus menjadi salah satu usaha bisnis yang dicari banyak orang. Misalnya kursus setir mobil, kursus menjahit, kursus membuat roti, kursus musik, dan seterusnya.

Banyak orang yang memilih jasa kursus untuk mempelajari satu hal yang diinginkan tanpa sekolah formal. Selain karena biaya yang mahal, fleksibilitas juga menjadi pertimbangan.

Jika kamu memiliki keahlian tertentu, seperti setir mobil, menjahit, atau yang lainnya, tidak ada salahnya jika kamu mencoba membuka jasa kursus tersebut dari rumah.

10. Usaha Cuci Motor & Mobil

Asal memiliki tempat yang cukup luas untuk mencuci motor dan mobil, maka usaha cuci motor dan mobil ini dapat menjadi pilihan usaha rumahan yang tepat buat kamu.

Dengan modal air dan sabun saja, kamu sudah bisa memulai usaha yang satu ini. Meski begitu, kamu juga tetap harus memperhatikan standar kebersihan juga.

11. Usaha Rental Play Station

Rental Play Station (PS) dapat menjadi usaha bisnis yang menjanjikan jika dibuka di tempat dan waktu yang tepat. Anak-anak sekolah biasanya senang pergi ke rental PS untuk hiburan.

Selain itu, di hari-hari libur, banyak juga orang yang biasanya ingin menyewa PS. Bahkan tidak hanya anak-anak sekolah. Melainkan juga para pekerja kantoran yang sedang berkumpul.

12. Freelance Penulis

Bisnis rumahan yang satu ini membutuhkan skill khusus, yaitu menulis. Bagi siapa saja yang suka menulis dan ingin mendapatkan uang dari menulis, maka bisa menjadi freelance penulis.

Biasanya banyak portal media online yang membuka lowongan bagi para penulis yang ingin mengirim tulisannya. Mereka biasanya akan membayar para penulis tersebut.

13. Youtuber

Di zaman digital ini banyak sekali anak-anak yang cita-citanya menjadi Youtuber. Menjadi Youtuber memang cukup menjajikan untuk saat ini. Apalagi jika memliki banyak subscriber.

Meski terdengar mudah dan menyenangkan, menjadi Youtuber juga susah-susah gampang. Menjadi Youtuber dituntut untuk kreatif dan inovatif agar banyak yang menonton video-videonya.

Selain itu, Youtuber juga harus memperhatikan ketentuan dan syarat-syarat lainnya yang diberikan oleh pihak Youtube agar bisa mendapatkan uang dari video-videonya.

14. SEO Spesialis

SEO spesialis mungkin akan menjadi salah satu usaha yang banyak dibutuhkan di tahun 2022. Apalagi teknologi sudah mulai merambah ke dunia industri belakangan ini.

Cukup bermodal laptop, koneksi internet, dan tentu pengetahuan tentang SEO (seperti cara menentukan keywrod yang tepat dan sebaginya) kamu sudah bisa menjadi seorang SEO spesialis.

15. Jasa Buat Website

Untuk orang-orang yang memilik pengetahuan tentang website dan memahami seluk beluknya, bisa juga mencoba usaha bisnis yang satu ini. Tidak semua orang bisa membuat website.

Apalagi, hampir semua industri saat ini ingin memiliki website. Meskipun hanya sekedar untuk menaikkan branding misalnya. Ke depan, peluang ini sepertinya akan semakin besar.

16. Jasa Buat Toko Online

Banyak penjual di toko-toko konvensional ingin berjualan online. Bahkan tidak sekedar melalui Shopee atau Bukalapak, melaikan melalui toko online mereka sendiri.

Nah, biasanya banyak di antara mereka yang tidak bisa membuat toko online sendiri. Jika kamu memiliki keahlian tersebut, kamu bisa coba untuk menawarkan kepada mereka.

Baca juga: 10 Manfaat Toko Online Untuk Bisnis dan Cara Membuatnya (Gratis)

17. Jasa Pengelola Website

Berbicara tentang website, semua orang pasti pernah menemukannya di internet. Namun, jika disuruh untuk mengelolanya, belum tentu setiap orang bisa.

Maka, jasa pengelola website juga menjadi salah satu usaha rumahan yang patut untuk dicoba. Apalagi jika kamu mengetahui selek-beluk SEO, bisa menjadi nilai lebih.

18. Jasa Pengelola Marketplace

Jika para penjual online banyak yang memiliki marketplace untuk berjualan, maka orang yang menawarkan jasa sebagai pengelola marketplace juga mustinya tidak sedikit.

Para penjual online yang sudah besar, biasanya tidak sempat dan tidak mampu melayani pelanggan sendiri, maka mereka membutuhkan admin untuk mengelola marketplacenya.

Usaha atau bisnis ini tidak membuthkan banyak modal. Cukup hanya dengan bermodal laptop saja, kamu sudah bisa menjalankannya dari rumah abhakn dari cafe sekalipun.

19. Jasa Pengelola Media Sosial

Selain jasa marketplace, jasa pengelola media sosial juga cukup banyak dicari. Pengelola media sosial biasanya harus memiliki beberapa kualifikasi agar diterima.

Seperti misalnya harus familiar dengan media sosial dan harus kreatif dalam membuat konten jualan untuk kemudian dibagikan melalui semua media sosial yang dipegang.

Selain itu juga biasanya dibutuhkan kemampuan untuk membuat poster atau banner. Baik menggunakan software seperti CorelDRAW, Photoshop, atau yang lainnya.

20. Usaha Kerajinan Tangan

Peluang usaha rumahan ini sangat cocok buat kamu yang terampil. Seperti terampil bembuat tas dari plastik bekas, membuat sepatu dari kulit, membuat karpet dari kain perca, dan sebagainya.

Kerajinan tangan jika dibuat dengan sungguh-sungguh dan hasilnya bagus, maka dapat dijual dengan harga mahal. Semua itu bisa kamu kerjakan hanya dari rumah saja.

Usaha rumahan yang satu ini hanya muduh modal kecil atau bahkan tanpa modal. Kamu bisa memanfaatkan plastik bekas atau sejenisnya untuk dibuat menjadi kerajinan tangan.

21. Usaha Baju Bekas

Tidak sedikit orang yang berusaha atau membuka bisnis menjual baju-baju bekas saat ini. Baju-baju bekas tersebut bisanya mereka datangkan atau dapatkan dari luar negeri.

Bahkan, tidak sedikit juga website-website tertentu yang memang sengaja dibuat untuk menjual baju-baju bekas. Seperti misalnya Carousell, Prelo, dan juga Tinkerlust.

Baca juga:

22. Usaha Elektronik Bekas

Laku6 sekarang menjadi salah satu situs website yang sukses menjual barang-barang elektonik bekas. Kamu bisa mengikuti jejaknya jika ingin membuka usaha elektronik bekas.

Namun, kamu tentu butuh keahlian untuk menaksir harga barang-barang elektonik bekas. Jika tidak, maka alih-alih untung, kamu justru malah bisa buntung.

23. Editing Video

Tahukah kamu kalau video-video yang ada di Youtube itu hampir pasti melalui proses editing terlebih dulu? Ya, rata-rata video yang ada di Youtube itu melalui proses editing.

Lalu, kemana mereka akan mengedit video tersebut kalau bukan ke jasa editing video? Jasa editing video memang salah satu jasa yang paling menjanjikan saat ini.

Usaha ini bisa tanpa modal jika sebelumnya kamu sudah memiliki laptop atau PC yang bisa digunakan untuk mengedit video. Jika belum, maka kamu harus membelinya lebih dulu.

24. Jasa Desain Grafis

Jago desain grafis? Mending buka jasa desain grafis. Mulai dari vektor wajah atau cover buku, tidak masalah. Jika sudah benar-benar mahir, bisa juga membuka jasa kursus desain grafis.

Jasa desain grafis menjadi salah satu pekerjaan yang paling banyak dibutuhkan. Apalagi dengan semakin maraknya media sosial saat ini. Seperti Facebook dan Whatsapp misalnya.

Peluang usaha rumahan ini juga salah satu yang bisa saja tanpa modal. Asalkan kamu sudah memiliki laptop atau PC yang bisa digunakan untuk membuta software-software desain grafis.

25. Jasa Layout Buku

Pilihan usaha atau bisnis lain yang bisa dikerjakan dari rumah adalah layout buku. Cukup dengan modal laptop dan software layout seperti Adobe InDesign, kamu sudah bisa menjadi layouter.

Pekerjaan ini memang tidak sedikit familiar ketimbang pekerjaan-pekerjaan lain seperti desain grafis misalnya. Namun, dari pekerjaan ini kamu juga bisa mendapat penghasilan yang lumayan.

26. Jasa Service Laptop

Ketika laptop rusak, kita tentu langsung mencari jasa service laptop. Nah, coba bayangkan jika kamu bisa memperbaiki laptop yang rusak? Maka kamu bisa membuka jasa service laptop.

Untungnya lagi, bisnis atau usaha service laptop tidak membutuhkan modal. Kamu hanya perlu pengetahuan tentang laptop. Baik dari sego software maupun hardware.

27. Reparasi Tas & Sepatu

Tas dan sepatu merupakan dua produk yang sedikit gampang rusak. Kamu bisa memanfaatkan hal tersebut untuk membuka jasa reparasi tas dan sepatu. Meskipun hanya dari rumah.

Hanya saja, kamu membutuhkan sedikit modal untuk membeli peralatan untuk mereparasi tas atau sepatu. Seperti misalnya, benang, jarum, lem, dan sebagainya.

28. Agen Pembayaran Elektonik

Di era serba digital seperti sekarang ini, hampir semua jenis pembayaran bisa dilakukan secara online. Baik bayar SPP kuliah, bayar SPP sekolah, transfer bank dan setersunya.

Usaha ini sangat cocok buat kalian yang masih tinggal di kampung. Biasanya orang-orang kampung tidak begitu tahu soal hal-hal yang berkaitan dengan dunia digital.

29. Budi Daya Ikan Hias

Ikan hias selalu memiliki penggemarnya sendiri setiap tahunnya. Oleh karena itu, usaha atau bisnis budi daya ikan hias bisa menjadi salah satu pilihan usahan atau bisnis rumahan.

Hanya saja, usaha atau bisnis tersebut membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Untuk sekali panen, mungkin membutuhkan waktu kurang hampir 3 bulan lamanya.

Kamu bisa jualan ikan hias, seperti ikan cupang misalnya, di tempat-tempat bermain anak atau di sekolah-sekolah yang rata-rata masih anak-anak. Seperti sekolah-sekolah TK, SD, atau MI.

30. Budi Daya Tanaman Hias

Selain budi daya tanaman hias, budi daya tanamah hias juga bisa menjadi salah satu pilihan usaha atau bisnis rumahan. Apalagi jika kamu adalah seorang yang suka dengan tumbuhan.

Usaha atau bisnis budi daya tanaman hias ini tidak begitu membutuhkan modal yang banyak. Apalagi jika kamu pandai merawat tumbuhan. Kamu hanya perlu menyirami tumbuhan secara rutim.

31. Warung Kopi Depan Rumah

Terakhir, usaha atau bisnis yang bisa kamu lakukan dari rumah adalah membuka warung kopi depan rumah. Usaha atau bisnis ini akan sangat menguntungkan jika kamu pandai mengelolanya.

Kamu bisa menambahkan fasilitas seperti wifi gratis agar para pengunjung bisa lebih tertarik. Selain itu, kamu juga bisa mengadakan event-event tertentu sekali-kali.

Baca juga:

Akhir Kata

Demikian informasi terkait peluang usaha bisnis rumahan yang menjanjikan di tahun 2022. Setidaknya ide-ide bisnis di atas dapat menjadi alternatif untuk dilakukan di rumah.

Namun, meski terdengar mudah karena dikerjakan di rumah, perhatikan juga strategi dan tips jualan agar bisnismu semakin laris. Jika tidak, usahamu bisa jalan di tempat saja.

Jadi, di rumah bukan berarti tidak bisa mendapatkan uang. Banyak usaha bisnis rumahan yang dapat kamu coba. Lakukan saja yang sesuai dengan hobi agar terasa menyenangkan.

Akhir kata, terima kasih sudah berkunjung ke website kami dan membaca artikel ini hingga selesai. Jangan lupa untuk membagi artikel ini ke orang-orang terdekat kamu.

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Noer

Menjadi content writer (CW) di PintarJualan.id sejak Desember 2021. Menulis atas dasar perintah dan arahan dari Project Manager atau PM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *