10 Cara Meningkatkan Penjualan Bisnis (Lewat Pelanggan Lama Hingga Baru)

Ifan Prasya 27 Jul 2021 5 Menit 0

Bagaimana cara meningkatkan penjualan bisnis UMKM?” pastinya sering menjadi pertanyaan paling pertama muncul. Apalagi, ketika usaha sudah dijalankan, namun penjualan segitu-gitu saja. Tidak ada peningkatan.

Karena itu, perlu adanya evaluasi dalam hal produk hingga pemasaran. Dan dalam panduan praktis ini, kami telah merangkum beberapa jawaban untuk pertanyaan kamu, meliputi:

  • Meningkatkan penjualan lewat pelanggan-pelanggan lama, dan juga
  • Konsumen baru, Sosial media, hingga Google My Business

Namun sebelum itu, ketuk Bookmark (⭐) di pojok kanan atas browser untuk menyimpan postingan ini – agar tidak ketinggalan update nanti. Jika sudah, mari kita mulai.

 

Meningkatkan Penjualan Lewat Pelanggan Lama

Maksudnya, pelanggan yang sudah ada sekarang. Konsumen yang sudah pernah membeli produk kita. Dari sini saja, kita justru dapat meningkatkan jumlah penjualan yang signifikan.

Ide-ide yang dapat kamu lakukan dengan beberapa pelanggan tersebut, antara lain:

  • Memperhatikan kebiasaan belanja mereka,
  • Meminta feedback kepada mereka,
  • Mempromosikan barang secara rutin.

Berikut penjelasan selengkapnya.

1. Perhatikan Kebiasaan Belanja Pelanggan

Coba perhatikan sekali lagi, hal apa yang menjadi kebiasaan pelanggan ketika berbelanja barang. Terutama barang-barang yang memiliki ciri-ciri sama seperti barang yang kita jual.

Apakah mereka cari barang yang murah saja? Atau mereka mau bayar lebih mahal asal kualitasnya sepadan? Di momen-momen apa mereka sering mengeluarkan uang untuk belanja?

Menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti itu akan membantu kamu untuk menemukan “sweet spot” yang manjur. Dengan begitu, kamu bisa tau kebiasaan-kebiasaan mereka dan hadir di saat yang tepat.

2. Minta Feedback dari Pelanggan Lama

Inilah pentingnya untuk memiliki database siapa saja yang pernah beli di tempat kamu. Termasuk mereka yang “kabur” setelah tanya-tanya mengenai barang yang kamu jual.

Minta feedback kepada mereka. Mengenai apa saja?

  • Apa yang kurang dari produk yang kita jual,
  • Bagaimana harga dan kualitasnya, sepadan atau tidak,
  • Hal-hal apa yang perlu ditingkatkan oleh kita sebagai penjual.

Dengan meminta umpan balik ini, kamu dapat lebih mengerti tentang apa yang diinginkan oleh pelanggan. Termasuk juga, hubungan kita dengan pelanggan akan jauh lebih dalam.

Promosi shopee

3. Promosikan Barang Secara Rutin

Berjualan tidak hanya sekali, melainkan berkali-kali. Apabila memang butuh, pasti kita akan beli berkali-kali di tempat yang sama. Bisa jadi dalam kurun waktu 1 bulan sekali, atau lebih cepat, tergantung produknya.

Misalkan, produk kamu adalah skin care. Bisa jadi dalam waktu 1 bulan skin care tersebut sudah menipis. Maka, pelanggan akan cari dan beli produk lagi. Di sinilah momen yang tepat untuk melakukan promosi.

Tawarkan sesuatu yang tidak bisa ditolak oleh mereka. Atau, kamu coba buat program kirim komisi kepada pelanggan yang berhasil menggaet teman-teman mereka untuk membeli produk kita.

Meningkatkan Penjualan Lewat Sosial Media

Sosial media apapun yang digunakan, bisa saja dipakai untuk meningkatkan penjualan bisnis. Baik UMKM maupun brand terkenal. Karena pada dasarnya, sosial media sangat bagus untuk membangun awareness.

Beberapa tips yang bisa dilakukan untuk sosial media antara lain:

  • Pasang iklan untuk mempercepat penjualan,
  • Bangun interaksi dan hubungan dengan (calon) pelanggan.

Berikut penjelasan selengkapnya.

4. Pasang Iklan di Sosial Media

Iklan merupakan langkah yang cukup jitu untuk mempercepat sekaligus memperbesar angka penjualan. Dari iklan, kita dapat mengatur audiens yang ingin ditarget, goals yang ingin dicapai, dan set budget.

Beberapa iklan yang cukup sering digunakan oleh para pebisnis online adalah Facebook Ads (+ Instagram).

Facebook dan Instagram dapat berjalan bersamaan saat menjalankan iklan. Semuanya diatur dalam dasbor Facebook yang nantinya terhubung dengan akun Instagram milik teman-teman.

Halaman Selanjutnya
Baca juga:...

Laman: 1 2 3

Bagikan ke:
Ifan Prasya
Ditulis oleh

Ifan Prasya

Terampil dalam meracik strategi SEO Content Marketing untuk bisnis yang mampu meningkatkan angka penjualan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com