Arti BNIB dalam Belanja Online (+ Perbedaan dengan Istilah BNOB, BNWOB)

Penulis
Ifan Prasya
Diterbitkan pada
03 Agustus 2021
Waktu membaca
3 Menit

Saat belanja online (terutama barang-barang branded), kita akan sering menjumpai arti BNIB. Sebuah istilah yang dipakai dalam sistem online shop untuk sebuah barang yang dijual secara ritel.

Dalam tulisan sederhana ini, kami juga telah merangkum beberapa poin menarik seputar topik tersebut. Di antaranya:

  • Mengenal lebih dalam tentang barang BNIB,
  • Perbedaannya dengan istilah BNOB, BNWOB,
  • Istilah-istilah umum lainnya di dunia online shop.

Namun sebelum itu, ketuk Bookmark (⭐) di pojok kanan atas browser untuk menyimpan postingan ini – agar tidak ketinggalan update di kemudian hari. Jika sudah, mari kita mulai.

 

Arti Barang BNIB dalam Online Shop

Arti BNIB merupakan singkatan dari Brand New In Box. Artinya, barang tersebut masih baru, masih segel, dan belum dibuka sama sekali. Langsung dari pabrik yang memproduksi barang tersebut.

Kita dapat mencari kode BNIB yang tertera dalam box barang. Atau, menanyakannya kepada seller yang menjual barang tersebut. Hal ini menunjukkan keaslian dari produk yang akan kamu beli.

Ciri-ciri barang BNIB antara lain:

  • Kondisi barang sudah pasti baru,
  • Terdapat kode BNIB resmi dari produsen,
  • Sudah pasti original dengan harga asli,
  • Harga asli mengikuti langsung dari produsen,
  • Masih tersegel dengan rapi dan belum pernah dibuka.
contoh barang bnib sneakers

Contoh barang BNIB Sneakers (c) instagram.com/goodsneakers

Oh iya! Karena BNIB belum pernah dibuka, maka kita harus mengandalkan kepercayaan kepada produsen. Terutama mengenai kualitas barang yang sudah didistribusikan kepada seller atau agen.

Sebab, seller atau agen juga tidak dapat mengecek barang BNIB. Karena jika dicek, segel yang tertera tentu akan rusak dan otomatis barang tersebut tidak dapat dikategorikan menjadi barang BNIB.

Kekurangan dari barang BNIB:

  • Harga tergolong tinggi karena mengikuti standar dari produsen.
  • Kualitas barang bisa jadi berkurang jika tidak ada pengecekan lagi dari agen/seller.

Baca juga konten-konten serupa lainnya:

Perbedaan Antara BNIB, BNOB, BNWOB

Apabila sudah cukup paham mengenai BNIB, maka selanjutnya kita akan bahas perbedaannya dengan istilah-istilah lain. Yaitu:

  • BNOB (Brand New Open Box)
  • BNWOB (Brand New Without Box)

BNOB artinya barang tersebut masih baru dan asli, namun sudah dibuka oleh pihak seller. Dengan tujuan, untuk mengecek keaslian barang dan kualitas dari barang tersebut setelah proses distribusi yang panjang.

Sedangkan, BNWOB merupakan barang baru namun tanpa dus asli. Biasanya, barang tersebut merupakan sisa dari pabrikan, atau justru batangan (tanpa dus). Namun keasliannya masih bisa diperhitungkan.

Untuk memudahkan, berikut tabel perbedaan dari ketiganya:

BNIBBNOBBNWOB
Kondisi masih baru.Kondisi masih baru.Kondisi masih baru.
Barang masih segel.Segel rusak / robek.Bisa tersegel, bisa tidak.
Harga asli pabrik.Harga lebih murah.Harga lebih murah.
Tidak dicek seller.Sudah dicek seller.Sudah dicek seller.

Pada intinya, jika ada huruf “BN” di awalnya, maka barang tersebut dikategorikan masih dalam kondisi baru dan belum pernah dipakai. Hanya sebatas dibuka untuk pengecekan kualitas barang.

Baca juga konten-konten serupa lainnya:

Istilah Umum dalam Jual Beli Online Shop

Selain istilah-istilah tadi, kami juga sudah mengumpulkan beberapa istilah lain yang sering digunakan oleh seller maupun buyer. Terutama dalam jual beli online barang preloved, branded, thrift, dan sebagainya.

Berikut ulasan selengkapnya.

Istilah Online ShopPenjelasan
BINBuy It Now. Artinya, pada lelang dapat dibeli langsung tanpa harus ikut bid.
WTSWant To Sell. Artinya, ingin menjual barang tertentu (bisa preloved, thrift).
BNWOTBrand New Without Tag. Produk baru namun tidak ada keterangan harga (biasanya karena tidak lulus uji penjualan saat proses produksi berlangsung).
BNIBWTBrand New In Box With Tag. Produk baru dan tidak pernah dibuka sama sekali (+ masih terdapat tag harga) hingga dijual lagi oleh seller atau perseorangan.

(Jika kamu ada masukan untuk istilah-istilah tertentu lainnya, mohon sampaikan di kolom komentar. Sebisa mungkin kami akan perbarui konten ini agar tetap relevan dan menjawab kebutuhan.)

Rangkuman

  • BNIB merupakan singkatan dari Brand New In Box. Artinya, barang yang ada di dalam box masih baru dan masih tersegel. Belum pernah dibuka sama sekali semenjak pengemasan dari pabrik.
  • Istilah-istilah tersebut sangat sering digunakan dalam belanja online. Khususnya untuk barang-barang branded seperti gadget, sneakers, baju, dan lainnya. Untuk platform jualannya bisa Instagram hingga marketplace.

Jadi sekali lagi, kamu tidak perlu ragu untuk membeli barang BNIB. Karena pada dasarnya, barang tersebut original yang diproduksi langsung dari pabrik asalnya. Hanya berbeda distributornya saja, kadang.

Sampai di sini, semua sudah cukup jelas, ya? Jika masih ada istilah yang belum dipahami, atau justru kami tidak mencantumkannya, mohon Tinggalkan Balasan (✍) di kolom komentar di bawah, ya.

Akhir kata, terima kasih dan semoga membantu~ 🙏

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Ifan Prasya

Terampil dalam meracik strategi SEO Content Marketing untuk bisnis yang mampu meningkatkan angka penjualan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *