10 Peluang Bisnis di Masa Pandemi yang Sedang Naik Daun (Layak Dicoba)

Penulis
Ifan Prasya
Diterbitkan pada
04 Agustus 2021
Waktu membaca
6 Menit

Peluang bisnis di masa pandemi kini memunculkan ide-ide baru yang inovatif. Perubahan gaya hidup masyarakat dalam menghadapi krisis virus covid-19 tentu menimbulkan kebutuhan-kebutuhan baru.

Kebutuhan-kebutuhan inilah yang nantinya akan kita sediakan dalam wujud produk yang dijual. Nantinya, produk ini bukan hanya tren, tapi berkelanjutan hingga ke depan. Lalu, apa yang akan kita bahas kali ini?

  • Ide-ide peluang usaha yang naik daun di masa pandemi corona,
  • Kiat-kiat untuk menjalankan usaha tersebut dari nol hingga sukses.

Namun sebelum itu, ketuk Bookmark (⭐) di pojok kanan atas browser untuk menyimpan postingan ini – agar tidak ketinggalan update nanti. Jika sudah, mari kita mulai.

 

Ide Peluang Usaha di Masa Pandemi

Pandemi corona telah mengubah banyak aspek kehidupan kita. Sehingga, ada beberapa industri yang sedang naik daun kala pandemi corona melanda. Beberapa di antaranya:

  • Kesehatan
  • Kuliner
  • Pertanian
  • Edukasi
  • Game
  • Digital

Dari industri-industri tersebut, kami coba teliti kembali untuk mendapatkan ide-ide bisnis yang lebih praktikal dan spesifik. Akhirnya, kami berhasil merangkum setidaknya 10 ide.

Berikut ulasan selengkapnya.

1. Frozen Food

Kepraktisan ternyata menjadi hal yang sangat dicari saat pandemi covid-19 selalu berada di sisi. Orang-orang lebih suka memasak bahan-bahan yang tersedia, praktis, dan tidak butuh banyak variasi.

Hal tersebut dapat terselesaikan dengan produk bernama frozen food. Makanan beku yang dapat dimasak kapan saja, tanpa harus mengolahnya kembali. Cukup dipanaskan dalam minyak wajan, maka jadilah produk siap makan.

dimsum frozen food, peluang bisnis masa pandemi

Dimsum (c) traveloka.com

Bahan-bahan yang cukup digemari untuk jenis frozen food antara lain: dimsum, pastel, risol mayo, chicken wings, dll. Untuk lebih jelasnya, baca postingan kami di bawah ini:

2. Snack & Camilan

Selain frozen food, bisnis kuliner lainnya yang juga digemari oleh konsumen adalah snack ringan dan camilan. Biasanya cukup sering dikonsumsi sebagai “teman ngemil” saat harus bekerja dari rumah (WFH) selama PPKM.

Untuk memulai usaha ini, bisa diawali dengan mencari supplier terpercaya. Supplier yang memang menjual produk dalam jumlah besar. Lalu, kita kemas lagi dengan brand milik sendiri. Tinggal dipasarkan lewat online, deh~

usaha camilan ringan

Produk Juara Snack (c) Shopee.co.id

Apabila kamu tertarik belajar mendalaminya, kami sudah menyiapkan konten yang mudah-mudahan bisa jadi referensi, berikut ini:

3. Benih Tanaman

Saat pandemi covid-19, orang-orang mulai sadar untuk menanam di rumah. Baik itu tanaman hias, maupun tanaman budidaya untuk dikonsumsi sehari-hari. Beberapa di antaranya:

  • Cabai
  • Terong
  • Tomat
  • Kembang kol
  • Kubis
peminat bibit tanaman melonjak, peluang bisnis masa pandemi

Lonjakan minat bibit tanaman saat pandemi (c) republika.co.id

Untuk menanamnya, tentu kita akan butuh benih tanaman. Beserta pula penunjang lain seperti pupuk, media tanam, hingga polybag sebagai wadahnya. Dari sinilah ide bisnis tersebut dapat dipraktekkan.

Kemudian untuk cara bisnisnya, bisa dengan mencari supplier benih yang menjual produknya dalam jumlah besar dan belum di-branding. Lalu, dikemas ulang dengan brand milik sendiri, dan dijual kembali.

4. Pernak-pernik Dapur

Selain menanam, memasak juga menjadi rutinitas baru yang mau tidak mau dilakukan. Karena itulah, ada banyak inovasi-inovasi yang datang dari UMKM dan brand ternama. Terutama pada peralatan dapur yang makin unik dan ramah lingkungan.

Peralatan dapur yang kini mulai digandrungi ialah berbahan dasar kayu. Alasannya lebih organik dan terlihat begitu estetik. Beberapa alat dapur yang dijual antara lain:

  • Sendok
  • Garpu
  • Mangkok
  • Nampan
  • Talenan
  • Cangkir

Tentu masih banyak lagi alat-alat dapur lainnya. Untuk memulai bisnis tipe ini, tentu tidak bisa langsung produksi. Salah satu alternatifnya, mencari pengrajin di daerah-daerah untuk dijual kembali lewat platform online.

5. Covid-19 Starter Pack

Rasa-rasanya, kehidupan kita nanti akan membutuhkan waktu yang cukup lama agar dapat benar-benar terlepas dari virus covid-19. Karenanya, kita tetap harus membutuhkan peralatan pelindung diri.

Beberapa item yang dibutuhkan antara lain:

  • Masker medis
  • Masker kain
  • Hand sanitizer
  • Tali masker (fesyen)

Salah satu strategi yang bagus untuk diterapkan ialah mencari supplier yang bagus. Lalu, dijual kembali dengan kesepakatan harga yang telah diatur. Bisa juga untuk kostumisasi agar terlihat lebih berbeda.

6. Jual Barang Preloved

Barang-barang preloved, yang sudah tidak digunakan oleh pemiliknya, kini juga menjadi tren di tengah pandemi corona. Orang-orang ternyata tetap hobi mencari barang bekas namun berkualitas, meski harus lewat platform online.

akun instagram toko thrift preloved

Usaha barang preloved (c) instagram.com/thriftbydews

Kamu tidak hanya bisa menjual barang milik pribadi, melainkan juga menjadi tempat bagi orang-orang lain yang ingin barang preloved mereka cepat laku. Nanti, kamu dapat meminta komisi pembayaran dari setiap postingan.

Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai barang preloved dan bagaimana langkah untuk memulainya, baca postingan berikut:

7. Top-up Voucher Game

Industri game online sangat prospektif saat ini. Inovasi-inovasi terus dilakukan, perbaikan juga terus digencarkan. Apalagi dengan adanya kompetisi nasional dan internasional yang semakin diseriusi.

Tidak hanya atlet profesional, namun juga masyarakat umum pun doyan berjam-jam menatap layar; lalu memainkan karakter kesukaannya untuk memenangkan pertandingan dalam game Mobile Legend, Free Fire, atau PUBG Mobile.

Kamu bisa ambil peluang bisnis di masa pandemi ini dengan menyediakan jasa top up voucher game. Caranya, daftar ke mitra resmi seperti Tokopedia untuk mendapatkan harga yang lebih murah, sehingga kamu bisa mendapat untung dari sana.

8. Jasa Tutor Bimbel Privat

Kampanye #DiRumahAja terus digaungkan oleh Pemerintah, sehingga seluruh aktivitas termasuk sekolah menjadi cukup terhambat. Hal ini tentu mempengaruhi kinerja siswa dalam memahami materi pelajaran.

ide usaha sampingan guru privat sd smp

Contoh sambilan guru privat (c) superprof.co.id

Terbukti, banyak orang tua mengeluh karena anaknya kurang paham ketika diajarkan oleh guru. Karena itulah, peran tutor bimbel privat sangatlah dibutuhkan. Karena siswa bisa tanya-tanya sepuasnya, tanpa diburu-buru waktu.

Untuk rate pembayaran jasa bimbel privat, tentu bisa berbeda-beda. Tergantung jam terbang dan kuantitas sesi belajarnya. Namun rata-rata bisa mulai dari Rp60-70 ribu per jam. Lumayan, bukan?

9. Jasa Penulisan Konten

Jika kamu punya keahlian dalam mengumpulkan data, mengemasnya ke dalam kalimat yang lebih sederhana, lalu menyampaikan cerita secara runut dan memikat; maka bisa mencoba fokus di jasa penulisan konten.

harga bisnis jasa penulis konten

UMKM maupun brand besar sangat membutuhkannya. Keperluannya macam-macam, mulai dari konten blog hingga landing page. Pembayarannya pun bisa per project atau berdasarkan kuantitas pekerjaan (jumlah kata).

Sebagai awalan, kamu dapat melatih kemampuan menulis di beberapa situs tertentu. Untuk mengetahui situs yang bisa kamu jadikan sumber penghasilan tambahan, baca postingan berikut ini:

10. Jasa Kelola Sosmed IG

Bagi UMKM yang memasarkan produknya di ranah digital, sosial media Instagram nampaknya sudah menjadi salah satu akun wajib untuk dioptimasi. Baik untuk mendapatkan perhatian dari calon konsumen, maupun langsung closing jualan.

Apabila kamu cukup lihai dalam mengumpulkan ide konten, menyusun jadwal terbit, hingga meracik kata-kata pada caption Instagram; maka bisnis ini sangat layak untuk kamu coba dan jalankan secara konsisten.

etalase instagram shopping, peluang bisnis masa pandemi

Kamu bisa menawarkan beberapa layanan:

  • Pembuatan feed Instagram terkonsep,
  • Pembuatan editorial plan selama 1 bulan,
  • Pembuatan caption Instagram soft-selling.

Untuk lebih detailnya, kami sudah membahas beberapa konten seputar sosial media Instagram, mulai dari IG Shopping hingga strategi jualan di Instagram. Berikut konten yang dapat kamu baca:

Rangkuman

  • Ada beberapa industri yang naik daun saat pandemi corona: kesehatan, kuliner, pertanian, edukasi, game, digital. Tren bagus di industri tersebut membuat peluang bisnis di masa pandemi makin bagus prospeknya.
  • Untuk memulai usaha dari industri tadi, tentu tidak serta merta langsung produksi. Melainkan, bisa mulai dulu dengan cara memilih supplier yang bagus. Atau bahkan dengan cara menjadi dropshipper terlebih dulu.

Bagaimana, apakah kamu siap untuk ambil peluang bisnis di masa pandemi tadi? Apapun keputusannya, mudah-mudahan itu yang terbaik untuk kita bersama. Semangat untuk rintis bisnisnya, ya!

Kalau kamu suka dengan konten seperti ini, bagikan ke teman-teman yang lain dengan mengetuk tombol sosial media di bawah postingan ini. Jangan lupa untuk baca artikel kami yang lain di bagian Artikel Terkait (📌).

Akhir kata, terima kasih dan semoga membantu, ya! 🙏

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Ifan Prasya

Terampil dalam meracik strategi SEO Content Marketing untuk bisnis yang mampu meningkatkan angka penjualan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *