Cara Belanja di Alibaba untuk Mendapatkan Supplier yang Lebih Murah

Penulis
Ifan Prasya
Diterbitkan pada
06 Agustus 2021
Waktu membaca
6 Menit

Bagi yang penasaran bagaimana cara belanja di Alibaba, baik sebagai reseller maupun customer, baca artikel ini sampai selesai. Karena akan ada banyak insight baru yang bisa kamu jadikan referensi.

Dalam ringkasan ini, kami sudah mengumpulkan beberapa tips untuk memudahkanmu belanja online di marketplace asal Tiongkok ini. Di antaranya:

  • Mengenal sekilas tentang Alibaba (dan bedanya dengan AliExpress),
  • Langkah demi langkah membeli barang di Alibaba hingga sampai rumah.

Namun sebelum itu, ketuk Bookmark (⭐) di pojok kanan atas browser untuk menyimpan postingan ini – agar tidak ketinggalan update. Jika sudah, mari kita mulai.

 

Apa itu Alibaba? Bedanya dengan AliExpress

Seringkali, kita akan merasa bahwa Alibaba dan AliExpress itu sama. Memang, untuk pemiliknya sama. Tetapi untuk jenis websitenya dan kegunaannya, tentu memiliki fungsi yang berbeda.

Untuk memahami lebih detail mengenai perbedaan antara Alibaba dan AliExpress, cermati tabel berikut ini.

AlibabaAliExpress
Alamat websitewww.alibaba.comwww.aliexpress.com
Tipe bisnisBusiness to Business (B2B), karena menjual barang-barang grosir kepada pemilik bisnis.Business to Customer (B2C), karena menjual barang-barang ritel langsung kepada konsumen.
Cara transaksiHarus ada komunikasi terlebih dulu antara penjual dan pembeli di website Alibaba (nego harga, dll).Pembeli yang terdaftar dapat langsung membeli barang di AliExpress seperti marketplace pada umumnya.
Minimum pembelianSetiap transaksi harus memenuhi jumlah minimum pembelian (minimum order quantity) karena grosir.Di AliExpress tidak ada minimum order, bisa beli satuan sekalipun untuk dikirim ke Indonesia.
Metode pembayaran
  • Transfer bank (internasional), PayPal, Down Payment (di website Alibaba)
  • Letter of Credit (LC) apabila dilakukan transaksi di luar website Alibaba
  • Transfer bank (internasional), PayPal, Doku, Alipay (di website AliExpress)
  • Tidak ada pembayaran di luar website AliExpress, seluruh transaksi harus di AliExpress
Fitur tambahanAliExpress menyediakan program afiliasi bagi para pengguna untuk menawarkan produk ke banyak orang dan akan mendapat komisi jika terjadi penjualan. Mirip seperti Shopee Affiliate Program.

Dari tabel di atas dapat disimpulkan bahwa kita hanya dapat membeli barang dalam jumlah besar di Alibaba. Karena memang, Alibaba ditujukan bagi para agen atau reseller yang ingin harga grosir.

Jadi, kalau ingin beli produk satuan, kamu dapat membelinya di AliExpress saja. Jauh lebih praktis dan aman, tidak perlu negosiasi harga karena rata-rata produk di sana juga cukup murah.

Sebagai tambahan, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan saat kamu memutuskan untuk belanja di Alibaba:

  • Untuk mendaftar akun di Alibaba, semua pengguna harus memiliki perusahaan yang terdaftar. Kalau di Indonesia, bisa CV ataupun PT untuk memastikan bahwa perusahaan tersebut legal. Jadi tidak bisa personal, ya.
  • Rata-rata penjual di Alibaba merupakan produsen besar. Kamu bisa mendapatkan harga yang sangat murah dibanding supplier lainnya. Namun tetap ingat, ada minimum order yang harus dipenuhi jika ingin harga grosir.
  • Transaksi dilakukan di luar sistem Alibaba. Jadi, kamu wajib menghubungi pihak supplier untuk melakukan transaksi. Karena Alibaba hanya menyediakan platform pertemuan antara supplier dengan agen/reseller (B2B).
  • Metode pembayaran yang digunakan menyesuaikan antara penjual dan pembeli. Beberapa yang paling sering digunakan ialah PayPal, transfer bank internasional, kartu kredit, hingga Western Union.

Baca juga konten-konten menarik lainnya:

Cara Mudah Belanja Online di Alibaba

Dalam panduan ini, kami menggunakan simulasi website resmi Alibaba khusus negara Indonesia, yakni: indonesian.alibaba.com. Kenapa menggunakannya?

Karena tentu akan lebih mudah dipahami, bahasa yang digunakan juga sudah berbahasa Indonesia. Jadi cukup ikuti petunjuk pendaftarannya seperti marketplace-marketplace pada umumnya.

Selain itu, kami menyarankan kamu untuk menggunakan perangkat Desktop (bisa Laptop atau PC). Karena kami juga menggunakan perangkat tersebut, dengan alasan lebih jelas, mudah, dan praktis.

Untuk penjelasan langkah-langkahnya, ikuti petunjuk di bawah ini.

1. Buat Akun di Alibaba

Langkah pertama yang perlu kamu ikuti adalah mengunjungi website Alibaba. Seperti yang sudah kami singgung di awal sesi, website yang perlu kamu tuju adalah:

tampilan website alibaba indonesia

Di laman beranda, fokuskan pada bagian kanan kolom pencarian. Di situ, ada kalimat “Masuk / Bergabung Gratis” dan sorot kalimat tersebut, maka akan muncul tampilan seperti ini:

daftar akun di alibaba

Ketuk tombol “Bergabung Gratis” untuk mendaftar akun. Maka kamu akan dibawa ke laman yang berisi form pendaftaran. Tampilannya seperti ini:

Di atas bisa kamu lihat, ada beberapa form yang perlu dilengkapi, mulai dari:

  • Negara
  • Tipe akun (Seller / Buyer / Keduanya)
  • Alamat email
  • Kata sandi
  • Nama perusahaan
  • Nama lengkap
  • Nomor telepon (bukan nomor HP)

form pendaftaran alibaba

Jika sudah diisi lengkap, ketuk tombol “Agree and Register” untuk lanjut ke proses selanjutnya.

2. Cari Barang yang Ingin Dibeli

Setelah berhasil mendaftar dan konfirmasi email, kini saatnya kita mencari barang yang akan dibeli. Alibaba sudah menyediakan setidaknya 3 fitur utama yang dapat kamu gunakan.

Di antaranya:

  • Kolom Pencarian
  • Menu Kategori
  • Menu My Markets

kolom pencarian barang alibaba

Cara pertama adalah menggunakan kolom pencarian, kamu bisa langsung mengetik barang yang kamu ceri di kolom pencarian. Mirip seperti mencari barang di Tokopedia ataupun Shopee.

menu kategori barang alibaba

Cara kedua, kamu dapat menggunakan menu kategori di bawah logo resmi website Alibaba. Di situ akan ada mega menu yang berisi kategori-kategori barang apa saja yang dijual di Alibaba.

menu my markets alibaba

Cara terakhir, kamu dapat memanfaatkan fitur My Markets di Alibaba. Fitur ini merupakan menu populer yang sering dikunjungi oleh pengguna Alibaba. Isinya juga hampir mirip dengan menu kategori.

Semua cara di atas dapat bekerja dengan sama baiknya. Tergantung cara mana yang kamu suka. Bebas. Namun apabila ingin hasil yang lebih detail, tentu cara pertama bisa kamu gunakan.

3. ‘Deal’ dengan Supplier Barang

Setelah ketemu barang yang kamu inginkan, proses berikutnya adalah komunikasi dengan seller. Lakukan pemesanan seperti biasa dengan cara memasukkan jumlah barang yang akan dipesan.

pesan barang di alibaba

Sedikit tips untuk memilih supplier yang bagus di Alibaba:

  • Pilih supplier yang sudah memiliki badge Verified Seller & Trade Assurance

checkout di alibaba

Kalau sudah, kamu bisa langsung “Checkout” dengan mengetuk tombol “Mulai Memesan” atau “Hubungi Supplier” untuk melakukan komunikasi dan lanjut ke proses pembayaran.

Saat mengirim pesan, maka kamu harus menulisnya dalam Bahasa Inggris atau Mandarin, ya. Karena sudah menjadi standar bahwa kebanyak supplier memang berlokasi di negara Tiongkok sana.

4. Pilih Ekspedisi Pengiriman

Setelah mengajukan pembelian, lanjut ke metode pengiriman yang akan digunakan. Jenis ekspedisi yang akan digunakan tentu berdasarkan kesepakatan bersama antara supplier dan pembeli.

Namun dari banyaknya transaksi, biasanya barang dikirim ke alamat penerima menggunakan ekspedisi berikut:

  • Express Mail Service (EMS)
  • FedEx
  • DHL

Untuk pengiriman dari Tiongkok ke regional biasanya menggunakan ekspedisi Sen Hong. Sebagai rekomendasi, ekspedisi EMS dan DHL merupakan yang paling sering digunakan oleh pembeli dari Indonesia.

5. Pilih Metode Pembayaran

Sesudah memilih metode pengiriman, kini kita akan memilih metode pembayaran. Seperti yang sudah disinggung di awal, pembayaran di Alibaba dapat bermacam-macam, sesuai kesepakatan.

Kamu dapat melihat metode pembayaran yang disediakan oleh supplier melalui halaman produk. Seperti ini contohnya:

metode pembayaran alibaba

Tentu masing-masing supplier dapat berbeda-beda. Namun yang paling sering digunakan ialah Western Union, kartu kredit (VISA/Master Card), transfer bank internasional.

6. Tunggu Barang Sampai Rumah

Langkah terakhir ialah menunggu barang sampai ke regional, baru ke Indonesia untuk pengurusan di Bea Cukai, lalu lanjut ke pengiriman hingga ke alamat tujuan.

Proses di atas bisa memakan waktu mulai dari 2 minggu hingga 1 bulan lamanya. Tentu sesuai dengan tipe pengiriman yang digunakan, apakah lewat jalur darat, kapal, atau bahkan udara.

Sampai di sini, semua proses cara belanja di Alibaba sudah selesai. Mudah, praktis, dan tentu akan dapat harga yang jauh lebih murah dibanding membeli secara ecer (satuan).

Rangkuman

  • Alibaba dengan AliExpress tentu berbeda. Perbedaan yang paling mencolok adalah, Alibaba ditujukan khusus untuk pembelian grosir, sedangkan AliExpress bisa beli secara ecer.
  • Cara belanja di Alibaba cukup praktis. Dimulai dengan mendaftar akun, memilih barang, menghubungi supplier, memilih metode pengiriman, melakukan pembayaran, dan menunggu barang sampai rumah.

Bagaimana, sampai di sini sudah cukup paham, ya? Jika masih ada yang belum jelas, Tinggalkan Balasan (✍) di kolom komentar di bawah, ya. Kami sebisa mungkin akan bantu jawab dan carikan solusinya.

Apabila kamu suka konten ini, jangan lupa bagikan kepada teman-teman yang lain lewat tombol media sosial di bawah. Baca juga konten-konten menarik lainnya di sesi Artikel Terkait (📌), ya.

Mungkin cukup sampai di sini dulu. Semoga bermanfaat! ❤

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Ifan Prasya

Terampil dalam meracik strategi SEO Content Marketing untuk bisnis yang mampu meningkatkan angka penjualan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *