Shopee Affiliate Program: Cara Mendapatkan Puluhan Juta per Bulan dari “Konten”

Penulis
Ifan Prasya
Diterbitkan pada
18 Juni 2021
Waktu membaca
8 Menit

Panduan A-Z mengenai Shopee Affiliate Program ini kami rangkum buat siapapun kamu, yang aktif di bidang kreasi konten dan ingin mendapatkan komisi per bulan hingga total Rp15 juta.

Namun, ada beberapa hal yang perlu dicatat. Tidak semua orang bisa bergabung dalam program ini. Karena itulah, dalam konten ini akan kami berikan penjelasan lebih dalam mengenai:

  • Apa yang dimaksud dengan Shopee Affiliate,
  • Apa saja syarat dan ketentuan untuk bergabung,
  • Bagaimana cara daftar untuk mendapatkan komisi,
  • Sistem perhitungan komisi tiap bulan untuk afiliasi,
  • Studi kasus berupa contoh konten & promosi produk.

Penasaran ingin segera mulai belajar? Tunggu dulu, ketuk tombol Bookmark (⭐) di pojok kanan atas untuk menyimpan postingan ini agar tidak ketinggalan update. Jika sudah, mari kita mulai.

 

Apa itu Shopee Affiliate?

Shopee Affiliate Program adalah sebuah program afiliasi antara Shopee dengan influencer sosial media untuk menawarkan produk (yang dijual di Shopee) ke feed sosial media mereka. Dengan catatan, influencer tadi akan mendapatkan komisi dari tiap penjualan yang berhasil dan sah (tidak dibatalkan pembeli).

Ingat, ya, kata kuncinya ada di frasa “influencer”.

Mereka (bisa jadi kamu) yang sudah memiliki setidaknya ribuan pengikut di sosial media. Jadi sayang sekali, tidak semua orang bisa bergabung dalam program ini.

Tapi tidak apa-apa, karena basis penggemar bisa dibangun pelan-pelan. Apalagi buat kamu yang memiliki hobi menarik atau ilmu bermanfaat untuk dibagikan di sosial media.

Lalu, apa saja keuntungannya? Teruskan membaca.

Keuntungan Bergabung Shopee Affiliate

Sehubungan dengan influence, kata kunci kedua ada di frasa “komisi tiap penjualan”. Yaps, apabila link produk yang dibagikan ternyata membuahkan hasil penjualan, maka pemilik link tersebut akan mendapatkan imbalan.

Secara lebih rinci, berikut keuntungan yang diperoleh:

  • Komisi penjualan yang menarik. Dapat komisi 10% untuk pengguna baru yang beli produk pertama lewat link kamu. Lalu, komisi 3% untuk pengguna lama.
  • Proses yang mudah & sederhana. Cukup salin link unik per produk yang ada di dashboard, lalu bagikan di sosial media. Jika ada pembelian, kamu dapat cuan.
  • Bebas pilih produk yang sesuai basis pengikut. Kamu bebas memilih produk mana yang ingin dipromosikan. Tergantung pada tema apa yang kamu bahas di sosial media.
  • Pembayaran dilakukan secara transparan. Pembayaran dilakukan sesuai dengan angka penjualan dari link unik yang dibagikan. Transparan, bisa dilacak lewat dashboard.
  • Fleksibel alias tidak terikat kontrak. Kamu tetap dapat menawarkan produk lain di luar Shopee jika ada endorse. Alias, tidak ada ikatan kontrak dengan Shopee sama sekali.
  • Dapat promo menarik dari Shopee. Kamu bisa mendapatkan penawaran produk gratis serta diskon berupa voucher menarik. Selalu update hampir tiap bulan oleh Shopee.

Melihat keuntungan-keuntungan di atas, kamu tertarik buat gabung? Tunggu dulu, karena ada syaratnya. Apa sajakah itu? Lanjutkan scroll..

Syarat Gabung Shopee Affiliate

Seperti yang sudah disinggung di awal tadi, bahwa ada ketentuan khusus untuk berbagung. Terutama mengenai jumlah followers yang kamu miliki di sosial media.

Berikut rincian selengkapnya.

  • Instagram → Minimal 5.000 followers
  • YouTube → Minimal 8.000 subscribers
  • TikTok → Minimal 5.000 followers
  • Twitter → Minimal 10.000 followers
  • Facebook → Minimal 2.000 friends & 1.000 followers (group & fanpage)

Selain itu, akun kamu wajib lolos seleksi berikut:

  • Akun sosial media bersifat umum (public), alias tidak sedang di-private.
  • Akun sosial media tidak boleh menyuarakan hal-hal yang berbau SARA.

Sampai di sini, kalau kamu sudah memenuhi kriteria-kriteria di atas, kami ucapkan selamat. Karena beberapa saat lagi kamu akan mengerti bagaimana langkah mendaftar program afiliasi Shopee.

Teruskan membaca..

Cara Bergabung di Shopee Affiliate

Simpel. Praktis. Cepat. Frasa yang akan terucap saat kamu melewati beberapa tahap pendaftaran akun afiliasi. Sebagai syarat, kamu sudah punya akun Shopee dulu, ya. Jika belum punya, buat dulu.

Setelah semuanya siap, ikuti petunjuk di bawah.

1. Buka Laman Pendaftaran Shopee Affiliate

Pertama-tama, buka laman berikut → https://affiliate.shopee.co.id

beranda afiliasi shopee

Pada beranda laman, kamu akan disambut oleh penjelasan umum mengenai program afiliasi ini. Baca dengan seksama, lalu ketuk tombol Masuk Sekarang untuk mendaftar.

(Pastikan kamu sudah login di akun Shopee biasa agar tidak perlu memasukkan no HP & password lagi.)

2. Isi Detail Informasi Akun Afiliasi

Pada tahap pendaftaran yang pertama, ada beberapa detail yang perlu diisi. Detail ini bertujuan untuk melengkapi informasi akun afiliasi yang akan didaftarkan.

Apa saja detailnya?

  • Tipe Akun (Perusahaan / Individu)
  • Nama Depan
  • Nama Belakang
  • Sapaan (Tuan, Nyona, Nona)
  • Negara & Wilayah
  • Kota
  • Kode Pos
  • Nomor HP
  • Alamat Email
  • Kode Verifikasi

isi informasi akun afiliasi shopee

Pada isian alamat email, kamu perlu memverifikasi terlebih dulu. Untuk memverifikasi, ketuk tombol Kirim Kode Verifikasi di sebelah kanannya.

Lalu, cek email kamu untuk mendapatkan kode verifikasi yang akan diisikan. Jika sudah dapat, copy paste kode tersebut di kolom Kode Verifikasi.

Barulah, jika sudah komplit, ketuk tombol Selanjutnya untuk masuk ke tahap kedua pendaftaran.

3. Isi Detail Informasi Media Sosial

Pada tahap kedua ini, ada beberapa informasi yang perlu dimasukkan. Informasi berupa media sosial (atau website) yang akan digunakan untuk promosi link afiliasi produk dari Shopee.

Pihak Shopee menginginkan kamu mengisi beberapa kolom:

  • URL akun media sosial / website
  • Spesifikasi kategori (Kategori yang ada di Shopee)
  • Tipe rekan (Blogger, Brand, Website Kupon, dll)

isi informasi media afiliasi shopee

Jangan lupa untuk mengisinya dengan lengkap, ya. Informasi tersebut akan digunakan untuk proses verifikasi kelayakan akun yang kamu daftarkan, apakah sesuai syarat gabung atau belum.

Jika sudah lengkap, ceklis pernyataan “Saya setuju dengan Persyaratan Layanan & Kebijakan Privasi Program Afiliasi Shopee“, lalu ketuk Kirim untuk mendaftar.

4. Pendaftaran Berhasil Diajukan!

pendaftaran shopee affiliate selesai

Yeay! Pendaftaran kamu telah diterima dan akan ditinjau oleh tim Shopee. Proses ini biasanya membutuhkan waktu beberapa hari, sekitar 5 hari kerja.

Nantinya, pemberitahuan diterima atau tidaknya pendaftaran kamu, akan dikirim melalui email yang sudah didaftarkan tadi. Semoga mendapatkan kabar baik, ya!

5. Pemberitahuan Pendaftaran (Diterima/Ditolak)

Hari yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba juga. Setelah mengajukan pendaftaran, kami mendapatkan notifikasi. Notifikasi ini berisikan pernyataan, apakah pendaftaran kita diterima atau ditolak.

Karena akun IG penulis masih di bawah syarat gabung, maka notifikasi yang diterima adalah sebagai berikut:

pendaftaran shopee affiliate ditolak

Ditolak dengan alasan jumlah followers tidak mencukupi. Tidak apa-apa, karena memang akun personal dan tidak ditujukan untuk jualan. Kamu pun begitu, jangan ragu untuk mencoba, ya.

Karena Shopee masih bisa menerima ajuan pendaftaran kita untuk kesekian kalinya. Sampai diterima~

Baca juga topik serupa:

Skema Hasil Komisi yang Didapat

Seperti yang kami singgung pada judul postingan ini: Dapatkan Komisi Rp5-25 Juta per Bulan.

Tenang, ini bukan click-bait. Kamu bisa mendapatkan angka tersebut, asal memenuhi syarat gabung dan rutin posting konten yang berguna buat pengikutmu di sosial media. Sampai, mereka beli barang di Shopee lewat link afiliasi yang kamu bagi.

Supaya mendapatkan gambaran yang lebih jelas, berikut contoh skema penghasilan yang akan didapatkan:

Kurang BaikCukup BaikSangat Baik
Komisi10% s/d Rp10.00010% s/d Rp10.00010% s/d Rp10.000
Rata-rata PembelianRp150.000Rp150.000Rp150.000
Rata-rata Order/bulan5001.5002.500
Penghasilan per bulanRp5.000.000 per bulanRp15.000.000 per bulanRp25.000.000 per bulan

Perlu dicatat, komisi yang diterima oleh setiap afiliator tentu berbeda-beda. Tergantung pada harga produk yang dipromosikan dan tipe pengguna yang membeli produk tersebut.

Seperti yang sudah dikatakan tadi, ada 2 tipe komisi dari program ini:

  • Pengguna yang baru pertama kali belanja di Shopee menggunakan link afiliasi: kamu dapat komisi 10% dari harga produk.
  • Pengguna yang sudah pernah belanja di Shopee menggunakan link afiliasi: kamu dapat komisi 3% dari harga produk.

Satu catatan lagi, perhitungan % tadi ada batas atasnya, yakni maksimal Rp10.000 tiap penjualan. Berapapun harga produk yang terjual (transaksi berhasil & sah). Lalu, komisinya dihitung dari rumus berikut: % Komisi x Harga Produk.

Contoh Konten Promosi Produk

Setelah mendapatkan persetujuan dan resmi bergabung menjadi mitra afiliasi, kamu bisa langsung memilih produk, mendapatkan link khusus, lalu mempromosikannya di media sosial.

Namun, seperti apa contoh promosinya? Apakah langsung blak-blakan promosi? Atau kita perlu membuat konten yang mampu membangkitkan interaksi pengguna dan tertarik untuk beli?

Ada strateginya. Lain waktu akan kami bagikan. Namun untuk sekarang, kami rasa beberapa contoh berikut dapat memberikan jawaban praktis. Scroll, ya..

Contoh Konten di YouTube

Biasanya, banyak konten kreator yang memberikan tips-trik yang praktis, kemudian disisipi rekomendasi produk. Salah satu contohnya, ada salah satu YouTuber yang membahas tentang outfit rekomended.

Kamu bisa melihatnya di sini:

Jika kamu perhatikan, pada bagian deskripsi, pemilik video menyematkan link afiliasi (shp.ee) untuk produk-produk yang direkomendasikan. Nah, jika ada yang klik dan beli, maka pemilik video bisa dapat komisi.

Contoh Konten di Twitter

Untuk konten-konten yang diterbitkan di Twitter, nadanya lebih santai dan bahkan tidak terlihat promosi sama sekali. Sebuah ide yang bagus dan patut ditiru.

Coba perhatikan thread berikut ini:

Di situ, admin @PerkapRumah terlihat berbagi rekomendasi produk di Shopee yang murah dan bagus. Produknya berupa kursi untuk belajar dan kerja, dengan range harga di Rp70 ribu hingga Rp1 jutaan.

Disertai foto-foto pula untuk menjelaskan preview produknya. Terlihat cukup komplit dan seakan-akan tidak ada promosi dan jualan. Padahal di setiap produk tersisipi link afiliasi.

Baca juga konten serupa:

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan (FAQ)

  • Berapa jumlah komisi minimal yang diterima tiap bulan?
    Komisi akan dikirim setiap 2 minggu sekali jika kamu sudah mencapai batas komisi: minimal Rp10.000.
  • Ke mana Shopee akan mengirim komisi afiliasi?
    Komisi akan dikirim ke rekening bank yang telah kamu daftarkan saat proses registrasi.
  • Produk apa saja yang boleh dipromosikan?
    Semua produk yang dijual oleh toko berlabel Star, Star+, dan Mall. Kecuali untuk produk-produk tertentu: rokok, vape, obat-obatan terlarang, produk dewasa, dan produk KW (palsu).
  • Apakah program ini mengikat secara kontrak?
    Program ini bersifat fleksibel dan tidak ada kontrak sama sekali.
  • Apakah saya bisa mengisi form pendaftaran berkali-kali?
    Bisa. Semua pengguna dapat mendaftar kembali saat ajuan pertama ditolak karena belum memenuhi syarat.
  • Bagaimana jika belum punya NPWP?
    Tetap bisa mendaftar. Walaupun sebaiknya harus punya, ya. Tapi kamu dapat mengurusnya lewat bantuan Customer Service Shopee (Call Center 24 Jam → 1500702, Senin s/d Minggu, termasuk Hari Libur Nasional).

Rangkuman

  • Shoppe Affiliate merupakan program afiliasi antara Shopee dengan konten kreator yang punya basis penggemar mencukupi dan layak lolos seleksi.
  • Setiap penjualan yang terjadi melalui link afiliasi, maka pemilik link tersebut berhak mendapatkan komisi (10% untuk pengguna baru, 3% untuk pengguna lama).
  • Proses pendaftaran harus melalui seleksi terlebih dahulu. Namun prosesnya tidak rumit, justru sangat praktis dan tidak perlu menunggu terlalu lama (± 5 hari kerja).
  • Program ini bisa menjadi alternatif bagi kamu yang bingung untuk mendapatkan uang dari sosial media atau website. Namun tetap semangat bagi kamu yang masih di bawah syarat gabung, terus berkarya, ya!

Bagaimana, kamu tertarik untuk menjadi anggota dari Shopee Affiliate Program? Keuntungannya besar, prosesnya praktis. Semua keputusan ada di kamu, mulai sekarang atau entah kapan.

Yaps, sampai di sini dulu, ya. Jika dari penjelasan di atas ada yang masih belum jelas, Tinggalkan Balasan (✍) lewat kolom komentar di bawah. Sebisa mungkin kami bantu carikan solusi praktisnya.

Jika ingin lebih jauh diskusi seputar jualan online, ekspedisi, hingga topik terkini di jagat e-commerce; Follow IG (👋) kami di @PintarJualan.id. Jangan sungkan-sungkan untuk ikut komen dan DM, ya!

Akhir kata, terima kasih dan semoga membantu~ 🤗

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Ifan Prasya

Terampil dalam meracik strategi SEO Content Marketing untuk bisnis yang mampu meningkatkan angka penjualan.

1 Comments

  1. Arum berkata:

    Kk mau tanya untuk pemilihan link produk,produk tersebut harus sudh pernah kita beli baru bisa di pakai di shopee affiliate atau bisa yg belm prnh kita beli yang oenting star+ dan shopee mall ? Minta tolong bantu jawab kk soalnya saya binguuung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *