Cara Cek Resi ID Express Shopee dengan Mudah via Aplikasi & Website Resmi

Penulis
Ifan Prasya
Diterbitkan pada
13 Agustus 2021
Waktu membaca
5 Menit

Cara cek resi ID Express Shopee terbilang cukup praktis. Kita dapat melacaknya apabila sudah muncul resi dari marketplace, melalui media-media yang ada: marketplace, website, aplikasi.

Dalam tulisan ini, kami juga merangkum beberapa poin penting seputar “ekspedisi merah” ini. Apa sajakah itu?

  • Mengenal sekilas tentang ID Express Shopee,
  • Jenis-jenis layanan yang disediakan oleh ID Express,
  • Langkah-langkah untuk cek resi ID Express Shopee,
  • Kelebihan dan kekurangan menggunakan ID Express.

Namun sebelum itu, ketuk Bookmark (⭐) di pojok kanan atas browser untuk menyimpan postingan ini – agar tidak ketinggalan sewaktu update. Jika sudah, mari kita mulai.

 

Apa itu ID Express Shopee?

ID Express merupakan layanan ekspedisi reguler yang bekerja sama dengan beberapa brand, termasuk Shopee. Ada juga brand e-commerce besar lainnya, seperti Lazada dan Blibli.

Sejauh ini, kantor pusat dan cabang ID Express telah tersebar di seluruh Indonesia. Totalnya ada lebih dari 1400+ cabang di Pulau Jawa, 900+ di Pulau Sumatera, 700+ di Pulau Kalimantan, 500+ di Pulau Sulawesi & Papua.

Jumlah tersebut termasuk cukup signifikan, mengingat tahun berdirinya ekspedisi ID Express juga relatif belum lama, yakni 2019 silam. Sekarang, ekspedisi yang bernama resmi PT. ID ini sudah memiliki 20.000+ karyawan.

Kerja samanya dengan Shopee membuat ID Express menjadi cukup dikenal di kalangan seller maupun pelanggan. Kerap dijadikan pilihan utama saat Shopee sedang mengkampanyekan program Xtra Gratis Ongkir.

Baca juga:

Jenis Layanan ID Express

Selain bekerja sama dengan Shopee, kini ID Express juga mulai menguatkan sisi layanan mereka. Termasuk beberapa layanan yang juga dapat dipesan melalui website resmi maupun aplikasi mobile di Android dan iOS.

Beberapa layanan utama yang ditawarkan ID Express antara lain:

  • ID Lite Shipping
  • Same Day Shipping
  • Standard Shipping
  • ID Truck Shipping

Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

1. ID Lite Shipping

Paket layanan khusus barang di bawah 510 gram (0,51 Kg), akan mendapatkan potongan harga 50% dari paket standard. Cocok untuk mengirimkan barang-barang mini seperti dokumen, aksesoris, sticker, dan lainnya.

2. Same Day Shipping

Paket layanan pengiriman barang sehari sampai (same day, alias sampai di hari yang sama). Cocok bagi kamu yang buru-buru agar barang cepat sampai tujuan. Namun sayang, baru ada di wilayah Jabodetabek.

3. Standard Shipping

Pengiriman barang standar seperti pada umumnya. Harga yang ditawarkan cukup bersaing, dengan estimasi sampai tujuan juga relatif cepat. Murah tidaknya, tergantung seberapa jauh alamat tujuan.

4. ID Truck Shipping

Khusus bagi pengiriman paket berjumlah besar dan berbobot berat, kamu bisa mendapat harga yang lebih hemat dengan menggunakan layanan ID Truck Shipping dari ID Express.

Cara Cek Resi ID Express Shopee

Dalam rangkuman ini, setidaknya ada 3 cara untuk melacak paket ID Express Shopee sudah sampai mana. Yaitu:

  • Aplikasi Shopee
  • Website IDExpress.com
  • Website CekPengiriman.com

Untuk langkah-langkahnya, simak penjelasannya berikut ini.

1. Lewat Aplikasi Shopee

Menurut kami, langkah ini paling praktis dan kami menyarankan kamu untuk melakukannya. Cukup buka aplikasi Shopee, lalu cek pesanan yang sedang dikirim.

Secara rinci, langkahnya seperti ini.

a. Buka Aplikasi Shopee > “Saya” > “Dikirim”

Silakan buka aplikasi Shopee masing-masing. Pada laman utama, ketuk menu “Saya” di pojok kanan bawah. Lalu, pilih menu “Dikirim” dengan ikon box ekspedisi.

b. Ketuk Menu “Rincian Pesanan”

Setelah masuk ke menu “Dikirim” maka selanjutnya ketuk menu “Rincian Pesanan” untuk melihat nomor resi. Di halaman ini, kamu sudah bisa melihat estimasi pengiriman sampai kapan.

cek resi id express aplikasi shopee

(c) help.shopee.co.id

Juga, status pengirimannya sampai di mana, jam berapa sampainya, dan keterangannya. Selesai! Sampai di sini, kamu sudah mendapatkan informasi lengkap mengenai paket ID Express Shopee-mu.

2. Lewat Website ID Express

Selain aplikasi Shopee, kamu juga dapat cek langsung ke website resmi ID Express, yakni www.idexpress.com. Berikut langkah detailnya.

a. Buka Browser & Kunjungi Web ID Express

Langkah pertama adalah membuka browser di ponsel (atau bisa juga lewat laptop). Kemudian, ketik URL “www.idexpress.com” di address bar. Atau, supaya lebih mudah, ketuk saja link berikut:

cek resi website resmi id express

b. Pilih Menu “Tracking”

Pada halaman utama, perhatikan menu navigasi di bagian atas, ketuk dan pilih menu “Tracking” untuk mengecek nomor resi. Nantinya, kamu akan dibawa ke halaman pengecekan paket.

c. Isi Nomor Waybill

Pada halaman tracking, kamu akan diminta untuk mengisi kolom nomor resi. Di kolom tersebut, kamu bisa mengisi hingga 10 nomor resi ID Express, dipisahkan menggunakan tanda koma (atau mengetuk otmbol “+ Tambah“).

hasil lacak barang id express

Setelah mengisi nomor resi, ketuk tombol “Lacak” untuk mengetahui keberadaan paket kamu sudah sampai mana. Selesai! Di sini kamu akan mendapatkan informasi seputar:

  • Detail Pengiriman (tanggal pengiriman, nama pengirim, nama penerima)
  • Status terkini (mulai dari pick up hingga barang sampai alamat tujuan)

3. Lewat Website Pihak Ketiga

Website pihak ketiga yang akan digunakan pada panduan ini adalah cekpengiriman.com. Kamu juga dapat menggunakan website lain seperti cekresi.com, berdu.id, dan lainnya. Rata-rata, langkahnya kurang lebih sama.

Berikut petunjuk praktisnya.

a. Buka Browser & Kunjungi Web CekPengiriman.com

Sama seperti cara kedua menggunakan website resmi ID Express, langkah ini juga diawali dengan membuka browser. Browser apa saja bisa, baik Chrome, Firefox, Opera, dan lainnya.

website cek pengiriman

Setelah membuka browser, ketik alamat website “www.cekpengiriman.com” di address bar. Atau supaya lebih praktis, langsung ketuk link berikut ini:

b. Isikan Nomor Resi & Ekspedisi

Pada halaman utama, kamu akan diminta untuk mengisi detail kolom berikut:

  • Nomor resi
  • Ekspedisi

hasil lacak barang cekpengirimancom

Isikan nomor resi ID Express di kolom yang tersedia. Kemudian di bawahnya, pilih ekspedisi IDE (ID Express). Lalu, ketuk tombol “CEK RESI” di bawahnya.

Selesai! Kamu akan mendapatkan informasi cukup detail mengenai paket yang dikirimkan. Meliputi:

  • Tentang ekspedisi
  • Detail pengiriman
  • Status pengiriman
  • Riwayat pengiriman

Sejauh ini, website tersebut merupakan yang paling komplit dalam menampilkan informasi pengiriman, khususnya ID Express. Bahasa yang digunakan juga cukup mudah dipahami oleh awam sekalipun.


Apabila dalam pengecekan masih mengalami kendala, kami sangat menyarankan untuk menghubungi pihak Customer Service dari ID Express. Untuk melakukannya, kami sudah membuatkan panduan praktisnya. Baca di sini: Cara Komplain CS ID Express untuk Pengiriman Terlambat, Barang Rusak / Hilang.


Rangkuman

  • ID Express Shopee merupakan layanan kerja sama dari ID Express bersama Shopee untuk pengiriman reguler. Harga yang ditawarkan cukup kompetitif, pengirimannya juga relatif cukup cepat.
  • Selain menjadi partner reguler di Shopee, ID Express juga memiliki beberapa layanan utama. Di antaranya: ID Lite Shipping, Same Day Shipping, Standard Shipping, dan ID Truck Shipping.
  • Untuk melacak paket barang ID Express Shopee sudah sampai mana, kamu bisa melakukannya lewat beberapa media. Di antaranya: (1) Aplikasi Shopee, (2) Website IDExpress.com, (3) Website CekPengiriman.com.
  • Kesimpulan: Jika ingin mudah dan praktis, silakan cek resi via aplikasi Shopee. Namun, jika ingin mendapat informasi lebih detail, silakan cek resi via website pihak ketiga (cekpengiriman.com).

Bagaimana, cara cek resi ID Express Shopee cukup mudah, bukan? Kamu bisa melacak barang lewat aplikasi Shopee langsung, atau membuka website resmi dari ID Express maupun pihak ketiga.

Apabila masih ada yang belum jelas, Tinggalkan Balasan (✍) di kolom komentar di bawah, ya. Supaya bisa kami tanggapi, jawab dan berikan solusi praktisnya. Kalau dirasa bermanfaat, bagikan ke teman-teman via tombol sosial media di bawah.

Mungkin cukup segitu dulu dari kami. Terima kasih dan semoga bermanfaat, yaa~ 🙏

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Ifan Prasya

Terampil dalam meracik strategi SEO Content Marketing untuk bisnis yang mampu meningkatkan angka penjualan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *