10 Ide Jualan Frozen Food yang Laris Banyak Dicari

Diterbitkan pada
15 Februari 2021
Waktu membaca
7 Menit

Bingung mencari ide jualan frozen food yang laris manis dan juga banyak dicari? Di masa pandemi seperti sekarang ini tidak sedikit pekerja yang terkena PHK atau Pemutusan Hubungan Kerja. Hal tersebut terjadi karena perusahaan tersebut terkena dampak langsung dari adanya wabah corona.

Karena pemutusan hubungan kerja tersebut banyak orang harus memutar otak agar bisa mendapatkan penghasilan setiap bulannya. Tak sedikit orang yang memberanikan diri untuk membuka bisnis kecil-kecilan di rumah karena keterbatasan modal.

Dari banyaknya bisnis yang tersedia, usaha frozen food atau makanan beku menjadi salah satu yang banyak diincar. Selain karena mudah dan sederhana dalam menjalankannya, bisnis ini dapat memberikan hasil yang lumayan besar setiap bulannya.

Namun perlu diketahui, sebelum Anda menjalankan bisnis yang satu ini pastikan untuk terlebih dahulu menyurvei jenis frozen food apa yang hendak ingin dijual. Jika Anda masih belum memiliki pandangan, berikut ini beberapa ide jualan frozen food yang bisa dijadikan referensi pilihan.

10 Ide Jualan Frozen Food yang Laris Manis di Pasaran

Memulai bisnis memang tidak boleh dilakukan secara sebarangan apalagi kondisinya sekarang Anda mengalami keterbatasan anggaran. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk menjalankan bisnis tersebut Anda perlu mengetahui dengan pasti produk apa yang ingin dipasarkan.

Agar tidak semakin bingung, berikut ini ada beberapa pilihan produk frozen food yang sekarang ini cukup populer di masyarakat. Penasaran apa saja ide bisnisnya?

1. Kebab

Makanan yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi di telinga Anda, bukan? Makanan yang berasal dari Timur Tengah ini memang sudah sangat populer dan berhasil menjajah lidah orang Indonesia. Jika dulu Anda harus berkeliling untuk menikmati makanan ini, sekarang sudah tersedia dalam versi bekunya.

kebab mini

Kebab mini (c) cookpad.com

Sehingga hal tersebut bisa sangat memudahkan Anda untuk menikmatinya kapan saja dan dimana saja. Untuk membuat makanan ini, ada dua bahan yang perlu Anda siapkan yaitu kulit kebab dan juga isiannya.

Biasanya untuk isiannya sendiri berupa daging yang telah diberi bumbu khusus. Sedangkan untuk bahan pelengkapnya Anda bisa menambahkan keju, saus cabai, mayones, selada dan lain sebagainya. Perlu diketahui, proses pembekuan makanan beku ini memerlukan waktu 4 hari.

Baca juga:
30 Bisnis Waralaba Menguntungkan dan Menjanjikan

2. Dim Sum

Makanan frozen food lainnya yang tidak kalah populer adalah Dim Sum. Seperti yang diketahui, selama beberapa tahun terakhir makanan ini mulai populer di pasaran dalam bentuk frozen. Terlebih lagi di musim pandemi seperti sekarang ini banyak orang yang menghabiskan waktunya di rumah.

dimsum frozen food

Dimsum (c) traveloka.com

Nah, bagi Anda yang ingin menjalankan ide jualan makanan ini perlu mengetahui apa saja jenis-jenisnya. Salah satu jenis Dim Sum yang mudah sekali dibuat yaitu Dim Sum kukus. Biasanya untuk bagian kulit menggunakan kulit pangsit kemudian diisi dengan beragam campuran isian.

Untuk bahan isiannya pun sangat mudah untuk ditemukan. Selain harus menyiapkan daging, Anda juga perlu menyiapkan beberapa bahan pelengkap lainnya seperti bawang putih, telur, tepung tapioka, minyak wijen, lada, saos tiram, kecap asin dan lain sebagainya.

3. Donat

Siapa yang tidak suka donat? Makanan yang satu ini bahkan disukai oleh hampir semua kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Apalagi sekarang sudah tersedia banyak varian rasa yang bisa dipilih sesuai dengan kesukaan.

Meski terdengar sepele ternyata ide usaha frozen food ini terbilang cukup menjanjikan. Ada dua bahan utama yang Anda butuhkan untuk membuat donat diantaranya yaitu tepung, kentang dan beberapa bahan pelengkap lainnya.

Untuk membuatnya pun sangat mudah, Anda hanya perlu mengukus kentang dan haluskan setelah matang. Setelah itu, Anda bisa mencampurkan kentang dengan bahan-bahan lainnya seperti terigu, ragi, susu bubuk, mentega, garam, telur dan lain sebagainya. Kemudian goreng setengah matang.

Baca juga:
30 Ide Bisnis Kreatif dan Unik Tahun 2021 dengan Modal Kecil

4. Pastel

Pastel menjadi ide jualan frozen food selanjutnya yang bisa dikatakan cukup menjanjikan. Pastel sendiri sebenarnya merupakan makanan sejenis pastry yang dibuat dengan cara meletakkan isian di bagian dalam adonannya. Untuk bagian luarnya bertekstur renyah dengan isian manis atau asin.

pastel frozen

(c) cookpad.com

Namun pada umumnya, makanan yang satu ini lebih dikenal memiliki isian asin berupa potongan wortel, daun bawang, campuran bihun, daging ayam dan juga kentang. Sedangkan untuk kulit pastelnya terbuat dari tepung terigu, margarin, gula, garam dan bumbu pelengkap lainnya.

5. Cireng Bumbu Rujak

Cireng menjadi makanan selanjutnya yang bisa dijadikan rekomendasi untuk Anda yang ingin menjalankan bisnis rumahan dengan modal kecil. Selain mudah membuatnya, bahan-bahan yang dibutuhkan juga banyak tersedia di pasaran.

Beberapa bahan yang wajib untuk Anda siapkan seperti tepung sagu, tahu putih, daun bawang, garam, bawang putih dan bahan pelengkap lainnya. Sedangkan untuk membuat bumbu rujaknya, bahan yang harus Anda siapkan yaitu gula merah, bawang putih goreng, cabai rawit, asam jawa, daun jeruk dan garam.

Untuk membuatnya, Anda hanya perlu mencampurkan berbagai bahan yang sudah disiapkan. Setelah itu bentuk adonan menjadi pipih dan letakkan di wadah kotak. Selanjutnya adonan cireng bisa langsung dimasukkan ke dalam frozen.

6. Tahu Bakso

Sebagian besar Anda tentu sudah sangat familiar dengan makanan siap saji yang satu ini. Makanan yang satu ini memang tengah populer apalagi semenjak banyak orang menghasilkan banyak waktunya hanya di rumah saja.

bisnis waralaba dodolan bakar dokar

Dodolan bakar (dokar) (c) food.grab.com

Bagi Anda yang tertarik untuk belajar menjalankan bisnis rumahan ini perlu menyiapkan beberapa bahan sebelum membuatnya. Bahan yang dibutuhkan diantaranya yaitu tahu goreng, dada ayam, daging sapi, tepung tapioka, bawang merah, telur, bawang putih, kecap asin dan lain sebagainya.

Meski terlihat sederhana ternyata bisnis ini mendatangkan omzet yang lumayan besar setiap bulannya. Nah, jika Anda tertarik untuk memulai ide jualan makanan ini pastikan terlebih dahulu mencoba membuatnya di rumah ya!

Baca juga:
20 Produk Terlaris Marketplace untuk Jualan Online Tahun 2021

7. Sosis Gulung

Dari beberapa ide jualan frozen food, sosis gulung menjadi salah satu menu yang paling mudah dibuat. Selain itu, banyak orang yang menyukai makanan beku ini mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Sekarang ini sudah banyak sekali dijumpai produk sosis yang bisa Anda jumpai di pasaran. Jika Anda tertarik untuk menjalankan usaha sosis gulung pastikan untuk memberikan sesuatu yang berbeda. Hal tersebut bertujuan agar produk Anda lebih dikenal karena keunikan yang dihadirkan.

8. Lele

Selain daging sapi ternyata Anda juga bisa menjual ikan lele dalam bentuk beku. Namun perlu diketahui, menjual lele beku dalam kondisi mentah bukanlah hal yang menarik. Mengapa? Seperti yang diketahui kebanyakan orang merasa kesulitan saat menggoreng lele mentah.

Untuk itu Anda bisa mengolah lele tersebut menjadi ‘Breaded Lele´ yang sekarang tengah populer. Breaded Lele sendiri merupakan sebuah olahan fillet dari lele yang dibentuk persegi panjang. Jika dilihat dari bentuknya hampir sama seperti stick.

Untuk membuat olahan ini, terlebih dahulu Anda harus merendam ikan lele dalam bumbu khusus. Setelah itu, Anda bisa melapisinya dengan larutan tepung batter mix dan jangan lupa untuk melapisinya dengan tepung roti. Untuk hasilnya hampir seperti nugget yang banyak dijual di pasaran.

9. Chicken Wings

Olahan frozen food selanjutnya yang tidak kalah enak dan populer adalah Chicken Wings. Mungkin Anda sudah tidak asing dengan menu makanan beku yang satu ini, bukan? Makanan kesukaan banyak orang ini ternyata gampang dibuat.

ide jualan chicken wings

(c) idntimes.com

Selain itu, bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya sangat mudah Anda jumpai di pasaran. Meski terdengar biasa ternyata ide jualan frozen food yang satu ini terbilang cukup menjanjikan untuk ke depannya. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya?

10. Risol Mayo

Satu lagi ide olahan makanan beku yang cukup menjanjikan dan tidak pernah sepi penggemar adalah Risol Mayo. Menu makanan yang satu ini sangat cocok disajikan sambil menikmati kebersamaan dengan keluarga tercinta.

Rasanya yang gurih selalu bisa memanjakan lidah para penggemarnya. Risol Mayo ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang ingin menjalankan usaha hanya dari rumah saja. Selain karena bahannya yang sederhana, cara membuatnya juga simpel dan tidak membutuhkan waktu lama.

Meski jarang dijumpai, ternyata peluang bisnis makanan beku yang satu ini bisa dikatakan lumayan baik. Apalagi jika Anda menjualnya dengan harga terjangkau tentu banyak orang yang berminat untuk membeli produk Anda.

Cara Tepat Menyimpanan Makanan Beku/Frozen Food

Setelah mengetahui rekomendasi ide jualan frozen food mudah di atas, maka selanjutnya Anda perlu mengetahui bagaimana cara penyimpanannya. Langsung saja, berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda terapkan. Diantaranya yaitu:

1. Sebelum Dikemas Biarkan Makanan Dingin

Langkah pertama yang perlu Anda perhatikan agar frozen food buatan Anda yaitu sebelum dikemas pastikan makanan sudah dalam kondisi dingin. Setelah bahan makanan dimasak sebentar, selanjutnya Anda perlu mendinginkannya terlebih dahulu.

Tujuan dari pendinginan ini tersebut adalah untuk mencegah terjadinya pembusukan pada makanan. Selain itu, dengan mendinginkan makanan sesuai dengan suhu ruangan juga dapat membuat makanan beku secara sempurna. Jadi, jangan langsung membekukannya ya!

2. Kemas di Tempat yang Kedap Udara

Cara selanjutnya yang perlu Anda lakukan saat menyimpan frozen food untuk toko online Anda yaitu dengan mengemasnya di tempat yang kedap udara. Saat Anda sudah yakin bahwa makanan sudah benar-benar dingin maka barulah Anda bisa mengemasnya dengan menggunakan wadah khusus.

Pastikan wadah yang Anda gunakan tersebut benar-benar tertutup rapat dan kedap udara. Hal tersebut perlu dilakukan untuk mencegah munculnya bakteri atau benda asing yang masuk ke dalam makanan yang Anda jual di marketplace.

3. Beri Label dan Tanggal

Satu lagi hal yang perlu Anda lakukan setelah melewati proses pengemasan yaitu dengan menambahkan label nama dan juga tanggal pengemasan. Dengan memberikan tanggal pengemasan dan kedaluarsa akan memudahkan pembeli untuk mengetahui kelayakan dari makanan tersebut.

Jika sudah, maka langkah selanjutnya yaitu dengan menyimpan makanan di area yang paling dingin di freezer. Perlu diketahui, suhu yang paling baik untuk menyimpan makanan beku yaitu sekitar -18 derajat Celcius.

Demikian beberapa ulasan singkat tentang ide jualan frozen food yang sekarang ini tengah populer di tengah masa pandemi. Bagi Anda yang tertarik untuk menjalankan salah bisnis yang sudah disebutkan di atas, pastikan memilih produk yang tepat.

Semoga informasi di atas bermanfaat dan memberikan sedikit gambaran untuk Anda. Selamat mencoba!

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Wahyu Saputro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *