Advertisement

Kenapa Komisi Shopee Affiliate Hilang & Jadi 0? Ketahui Penyebabnya!

Diterbitkan pada
08 September 2022
Waktu membaca
4 Menit

Pernahkah kamu mengalami peristiwa kurang menyenangkan saat mendaftar Shopee Affiliate? Karena sebagian pengguna sempat bertanya-tanya, kenapa komisi Shopee Affiliate hilang dan berubah 0 alias hangus?

Padahal sebenarnya komisi atau cuan yang dihasilkan bukannya tidak cair, melainkan ada beberapa proses validasi dari sistem.

Maka dari itu, penting menyelidiki faktor penyebab raibnya komisi tersebut dan cara mengembalikannya agar sebagai pengguna tidak rugi.

Apalagi kalau jumlah yang diperoleh sangat banyak hasil dari menyebarkan link Shopee Affiliate ke media sosial.

Supaya tidak resah lagi, yuk, cari tahu lebih dalam lagi!

Apa Itu Shopee Affiliates?

program shopee affiliate

credit by shopee.co.id

Shopee Affiliates adalah program afiliasi yang dikembangkan oleh Shopee bagi para influencer, pengguna biasa, maupun penjual di Shopee yang ingin menambah penghasilan lewat invitation produk.

Sistematika program afiliasi Shopee sama halnya dengan cara gabung Affiliate e-Bay , yakni para member atau affiliate marketermendaftar akun > copas link produk > masukkan ke tautan program > dapat link > menyebarkannya ke platform lain.

Apabila link yang telah disebar tersebut kemudian diklik pengguna internet lainnya sampai dengan checkout produk di Shopee, maka affiliate marketer akan memperoleh upah atau komisi.

Nantinya komisi tersebut akan cair selama satu minggu sekali setiap hari Jumat atau menurut peraturan bank yang digunakan pemilik akun.

Berapa komisi yang akan diperoleh dari afiliasi di Shopee? Minimal Rp10.000,00.

Sistem Pembayaran Shopee Affiliates

komisi shopee affiliate hilang dan berubah

credit by shopee.co.id

Pencairan komisi Shopee Affiliate biasanya akan dikirim ke rekening bank atau akun ShopeePay pengguna setiap dua minggu sekali.

Nah, sementara komisi yang diperoleh pengguna akan otomatis ditambahkan ke akun afiliasi setiap hari Jumat sebanyak satu kali dalam 7 hari.

Komisi akan ditampilkan apabila telah mencapai angka minimal Rp10.000,00 (sepuluh ribu rupiah). Sebaliknya, kalau upah yang didapat pengguna belum tembus angka segitu, maka komisi akan diakumulasikan di minggu berikutnya sampai memenuhi syarat pembayaran.

Itu artinya, selama komisi yang diperoleh belum ada 10 ribu, otomatis kamu juga belum bisa mencairkan atau melihat jumlahnya lewat akun Shopee.

Pihak Shopee juga menerangkan bahwa pencairan akan dilakukan otomatis ke akun ShopeePay dan rekening bank dengan catatan:

  • Akun ShopeePay tidak melebihi limit yang ditentukan yakni Rp20.000.000,00 (dua puluh juta rupiah)
  • Akun ShopeePayPlus maksimum berisi saldo Rp40.000.000,00 (empat puluh juta rupiah)

Simpulannya:Komisi dibayarkan setiap seminggu sekali dengan nominal pendapatan sepuluh ribu.

Sedangkan pencairan komisi akan dilakukan setiap dua minggu sekali atau dua kali dalam satu bulan.

Penyebab Komisi Shopee Affiliate Hilang atau 0

Apakah komisi Shopee Affiliate bisa hangus? Jawabannya bisa iya dan tidak. Tergantung kondisi dan kebijakan Shopee.

Namun hilangnya pendapatan dari Shopee Affiliate merupakan kasus yang jarang terjadi. Alih-alih berubah menjadi 0, ternyata pengguna yang belum memahami peraturan dan kebijakan terkait.

1. Shopee Melakukan Akumulasi dan Kalkulasi

Shopee memerlukan waktu untuk melakukan akumulasi dan kalkulasi sebelum mentransfernya ke akun affiliate marketer.

Seperti yang sudah kami jelaskan di atas sebelumnya, untuk pendapatan yang masih dibawah 10 ribu maka akan dihitung total keseluruhannya terlebih dahulu.

Setelah melebihi Rp10.000,00, komisi akan ditambahkan oleh sistem ke akun pengguna. Jadi jangan gegana ya (gelisah, galau, merana).

Umumnya akumulasi dilakukan sekali dalam seminggu untuk memastikan kalau affiliate marketer berhak menerima upah yang memang harus diterimanya.

2. Reset oleh Shopee (Pembukuan Awal Bulan)

Tahukah kamu? Shopee ternyata melakukan reset atau buka tutup pencatatan saldo di awal dan pertengahan bulan.

Akibatnya, saldo seluruh member afiliasi Shopee berubah jadi 0 dan seakan hilang begitu saja. Padahal kenyatannya bukan seperti itu.

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Anisa Juniardi

I love being I am. Menulis dan membaca pada ruang yang telah disediakan oleh Tuhan. Iya. Saya seorang content writer SEO dan yeaah.. here we go

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *