Advertisement

Apa itu ShopeePay? Cara Aktivasi, Top Up & Cara Menggunakan

Penulis
Noer
Diterbitkan pada
01 Maret 2022
Waktu membaca
4 Menit

Kamu pengguna Shopee? Sudah tahu kalau di Shopee ada fitur yang namanya ShopeePay? Jika belum, tepat sekali. Kali ini kami menjelaskan apa itu ShopeePay.

Dengan fitur Shopee yang satu ini, kamu tidak perlu repot-repot transfer bank jika membeli produk atau barang tertentu di Shopee. Langsung saja, yuk simak apa itu ShopeePay.

Baca juga: 

Apa itu ShopeePay?

Dikutip langsung dari website resmi Shopee, ShopeePay adalah semacam layanan dompet digital yang ditawarkan oleh Shopee. Layanan tersebut bisa kamu gunakan untuk:

  1. Transaksi online di aplikasi ataupun situs Shopee.
  2. Transaksi online yang dilakukan di luar Shopee, seperti di aplikasi ataupun situs Merchant.
  3. Transaksi offline dengan Merchant yang menerima pembayaran melalui QRIS dan ShopeePay.
  4. Menerima atau transfer pembayaran ke kontak Anda dan menarik saldo ke rekening bank kamu.

Bagaimana? Sampai di sini, apakah kamu sudah mengerti dan paham? Fungsinya sama persis dengan OVO yang ada di Grab, Gopay di Gojek, Dana, LinkAja, dan sejenisnya.

ShopeePay beda dengan Shopee Paylater. Buat kamu yang penasaran dengan Shopee Paylater, kamu bisa mampir ke artikel kami Apa itu Shopee Paylater?.

Keuntungan Pakai ShopeePay

Ada banyak keuntungan buat kamu yang memakai dompet digital Shopee tersebut. Apalagi jika untuk bertransaksi di Shopee. Berikut ini keuntungan memakai ShopeePay.

1. Lebih Banyak Promo Ongkir

Kamu bisa dapat banyak promo. Kamu bisa dapat banyak voucher gratis ongkir dari layanan tersebut ketimbang metode pembayaran biasa seperti transfer bank dan sebagainya.

2. Bonus Promo Cashback

Kamu juga dapat promo cashback dengan potongan beragam di setiap transaksi. Shopee biasanya memberik promo cashback mulai dari 1% sampai 10% untuk para penggunanya.

3. Praktis, Efisien & Hemat

Semua transaksi akan jauh lebih praktis, efisien, dan hemat. Dengan satu kali top up saja misalnya, kamu sudah bisa memakai fitur dompet digital Shopee tersebut untuk bertransaksi.

4. Banyak Hot Deals

Ada banyak  promo menarik yang ditawarkan untuk para penggunanya. Seperti misalnya seperti deals di sekitarmu, voucher cashbak, cshback Xtra, dan masih banyak lagi.

5. Refund Lebih Mudah

Fitur dompet digital Shopee tersebut bisa jadi alternatif terbaik saat terjadi kesalahan dalam transaksi yang berujung refund. Dengan begitu, refund akan menjadi semakin lebih mudah.

Cara Aktivasi ShopeePay

Agar semakin nyaman saat memakainya, pihak Shopee menyarakan untuk memverifikasi akun lebih dulu. Salah satunya agar bisa memaksimalkan Saldo ShopeePay.

Akun yang belum diverifikasi, hanya dapat mengisi saldo maksimum Rp 2.000.000, sedangkan akun yang sudah terverifikasi dapat mengisi hingga mencapai Rp 10.000.000.

Oleh karena itu, pihak Shopee sangat menyarankan kamu untuk segera mengverifikasinya. Berikut langkah-langkah cara untuk memverifikasi akun ShopeePay.

  • Buka aplikasi Shopee.
  • Di halaman beranda, pilih Saya ShopeePay.
  • Klik kotak Upgrade ke ShopeePay Plus untuk dapatkan fitur lengkap. Pilih tombol Verifikasi.
  • Gunakan kartu identitas untuk melakukan verifikasi. Bisa KTP (e-KTP), KITAS atau KITAP. Satu identitas hanya bisa dipakai untuk mendaftar 1 akun Shopee.
  • Pilih jenis kartu identitas yang akan dipakai.
  • Masukkan info kartu identitas. Pastikan seluruh informasi sudah sesuai dengan yang tertera di kartu identitas.
  • Verifikasi data. Pada kotak Dengan melanjutkan, saya setuju dengan syarat dan ketentuan. Klik centang. Pilih Konfirmasi.
  • Jika informasi terkirim, pilih OK.
  • Selesai.

Setelah proses verifikasi selesai, kamu bisa top up saldo hingga maksimal 10 juta. Selain itu kamu juga bisa transfer dana, minta dan tarik dana dari fitur ShopeePay.

Cara Top Up ShopeePay

Top up bisa melalui berbagai cara dan sangat mudah dan sangat cepat, hanya beberapa menit. Beberapa alternatif yang bisa dipilih untuk top up antara lain adalah via:

(1) BCA OneKlik
(2) Transfer Bank (SeaBank, BCA, Mandiri, BNI, BRI, BSI, Permata, dan bank lainnya.
(3) Alfamart/Alfamidi
(4) Indomaret/i.saku
(5) scan QR code di gerai Circle K.

Buat kamu yang masih bingung bagaiamana cara untuk top up, berikut ini langkah-langkah cara top up ShopeePay dengan mudah dan serba cepat.

  • Buka aplikasi Shopee dan masuk ke akun kamu.
  • Di halaman Beranda, klik Isi Saldo ShopeePay.
  • Klik Isi Saldo.
  • Kamu akan diarahkan ke halaman Isi Saldo ShopeePay. Di halaman tersebut kamu akan diminta untuk memilih metode pembayaran untuk top up saldo. Ada 5 pilihan yang tersedia: BCA OneKlik, transfer bank, Alfamart, Indomaret, atau QR Code Circle K.
  • Pilih salah satu metode pembayaran di atas dan klik Konfirmasi.
  • Ikuti petunjuk yang tertera pada halaman metode yang kamu pilih.
  • Setelah selesai membayar, tunggu proses verifikasi.
  • Jika pembayaranmu sudah dikonfirmasi, saldo akan bertambah dalam 1 × 24 jam.
  • Selesai

Jika dalam kurun waktu 1 x 24 jam saldo yang kamu top up tidak kunjung masuk, sebaiknya kamu segera hubungi call center Shopee atau nomor kontak help Shopee.

Khusus buat kamu yang ingin top up lewat M-Banking BCA, kamu bisa baca artikel Cara Top Up Saldo ShopeePay Lewat M-Banking BCA.

Cara Pakai ShopeePay

Jika kamu belum pernah memakai fitur dompet digital Shopee tersebut dan ingin mencobanya, caranya sangat mudah. Ikuti cara di bawah untuk memakai ShopeePay.

  • Pastikan ada saldo di ShopeePay.
  • Pilih produk atau barang yang mau dibeli.
  • Di halaman Checkout, pilih metode pembayaran menggunakan ShopeePay.
  • Klik Buat Pesanan.
  • Pilih tombol Bayar.
  • Masukkan PIN.
  • Konfirmasi.
  • Selesai.

Selain untuk belanja online, kamu juga bisa pakai ShopeePay untuk belanja offline di merchant yang terhubung dengan Shopee dan kirim uang ke berbagai rekening bank.

FAQ

  • Apakah ShopeePay harus punya rekening?

Tidak, kamu tidak harus punya rekening. Jika sewaktu-waktu kamu mau top up, bisa melalaui konter-konter pulsa biasa atau toko-toko ternetu yang menyediakannnya.

  • ShopeePay digunakan untuk apa?

Untuk membayar produk atau barang yang dibeli lewat Shopee. Selain itu, bisa juga untuk kirim uang ke berbagai rekenng bank. Seperti Mandiri, BRI, BCA, BSI, dan seterusnya.

  • Isi saldo ShopeePay minimal berapa?

Minimal isi saldo atau top up baik melalui Alfamart, Alfamidi, transfer bank dan sebagainya adalah sebesar Rp10.000. Di bawah nominal tersebut tidak bisa.

Baca juga:

Apakah setelah kamu tahu kamu berminat untuk memakai layanan dari Shopee tersebut? Jangan lupa untuk isi saldonya akan bisa digunakan untuk bertransaksi.

Oiya, fitur dompet digital Shopee tersebut juga memiliki batas akumulasi saldo masuk Rp 20.000.000 per bulan. Batas tersebut akan kembali 0 pada tanggal 1 setiap bulannya.

Akhir kata, terima kasih telah berkunjung ke website kami PintarJualan.id dan membaca tulisan apa itu ShopeePay, cara aktivasi dan top up ini sampai selesai. semoga bermanfaat…

Satu lagi, jangan lupa juga untuk share tulisan ini dan baca juga tulisan-tulisan kami yang lain 😄


Sumber:

1. Website resmi Shopee
2. Website Plugin Ongkos Kirim

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Noer

Menjadi content writer (CW) di PintarJualan.id sejak Desember 2021. Menulis atas dasar perintah dan arahan dari Project Manager atau PM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *