Advertisement

DKP Kepri Dorong Budidaya Rumput Laut Jadi Bisnis Potensial

Penulis
Noer
Diterbitkan pada
01 Maret 2022
Waktu membaca
2 Menit

Jakarta – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) berupaya meningkatkan budidaya rumput laut jadi bisnis dan peluang bisnis potensial.

Terutama menjadi salah satu peluang bisnis yang cukup berpotensi untuk daerah aerah di wilayah cakupan Kabupaten Lingga dan Kabupaten Karimun.

Baca juga:Banjir Permintaan, Koperasi Tolak Permintaan Rumput Laut ke India

Kepala DKP Kepri, Tengku Said Arif Fadillah mengatakan, bisnis rumput laut akan berkembang pesat karena permintaan dari berbagai negara, termasuk Hongkong.

Selain itu, Tengku Said Arif Fadillah juga optimis karena Kepri memiliki luas lautan yang mencapai hingga 96 persen dibanding luas daratannya.

Lebih dari itu, biaya untuk budidaya rumput laut juga relatif sedikit dengan tingkat pendapatan yang cukup besar. Ia berharap bisnis rumput laut di Lingga dan Karimun seperti di Maluku.

“Kami ingin bisnis rumput laut di Lingga dan Karimun berkembang seperti di Maluku,” ujar Kepala DKP Kepri tersebut.

Baca juga: Shuttlecock Buatan UMKM Batang Tembus Pasar Luar Negeri

Harga rumput laut di Maluku mencapai Rp25.000/kg. Sementara harga rumput laut yang dijual petani Karimun dan Lingga hanya Rp12.000/kg.

Hingg saat ini, para petani rumput laut di Lingga dan Karimun menjual komoditas itu melalui penampung di Jembatan 2 Batam dan Jawa yang cukup jauh.

“Lokasi penampungan rumput laut terlalu jauh sehingga perlu dievaluasi untuk mengurangi biaya operasional,” ungkapnya menyoroti penampungan rumput laut di Karimun dan Lingga.

Setiap pekan, para petani rumput laut baru dapat memproduksi 5 ton. Perluasan lokasi dibutuhkan sehingga produktivitas para petani rumput laut meningkat.

Baca juga: Kopi Indonesia Disukai di Mesir, Kedai El Omda Buka di Kairo

DKP Kepri dan DKP kabupaten dan kota, yang mendapat dukungan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan akan memperluas lahan pesisir untuk budidaya rumput laut di Lingga dan Karimun.

Tengku Said optimis rumput laut berkembang pesat dan bisa jadi bisnis potensial. “Saya optimistis budidaya rumput laut di Lingga dan Karimun berkembang pesat,” pungkasnya.


Artikel ini telah terbit di Ulasan.co dengan judul “DKP Kepri Dorong Budidaya Rumput Laut Jadi Bisnis Potensial di Lingga dan Karimun”.

Link: https://ulasan.co/dkp-kepri-dorong-budidaya-rumput-laut-jadi-bisnis-potensial-di-lingga-dan-karimun/

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Noer

Menjadi content writer (CW) di PintarJualan.id sejak Desember 2021. Menulis atas dasar perintah dan arahan dari Project Manager atau PM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *