Advertisement

Kopi Indonesia Disukai di Mesir, Kedai El Omda Buka di Kairo

Penulis
Noer
Diterbitkan pada
16 Februari 2022
Waktu membaca
2 Menit

Jakarta – Kopi Indonesia menembus pasar Afrika, tepatnya Kairo, Mesir. Kedai El Omda, salah satu kedai kopi yang memakai kopi asal Indonesia buka di Kairo, Mesir.

Kedai El Omda mendapat dukungan langsung dari KBRI Kairo. di bawah besutan Haji Emad Attia di Kota Tua Matariah, Distrik Ain Shams, Kairo, KBRI Kairo resmikan Kedai Kopi El Omda.

Baca juga: Awal Tahun yang Baik, Olahan Kelapa dari Bintan Tembus ke Pasar AS!

Irman Adi, selaku Atase Perdagangan KBRI Kairo berharap importasi kopi Indonesia kian meningkat. Baik kopi dengan jenis robusta, arabika, maupun spesialiti.

“KBRI Kairo mengharapkan adanya peningkatan importasi produk kopi Indonesia, bukan saja kopi robusta tapi juga kopi arabika dan kopi spesialti,” kata Atase Perdagangan KBRI Kairo, Irman Adi mewakili Dubes RI, dikutip dari Siberindo.co, Senin (14/02/2022).

Sementara Haji Emad mengatakan bahwa pihaknya akan meningkatkan importasi kopi dari Indonesia berkenaan dengan tingginya tingkat konsumsi kopi di Mesir.

“Pada tahun 2021, kami berhasil mengimpor 60 kontainer kopi dari Indonesia. Kini, di 2022 kami targetkan mencapai 100 kontainer dengan nilai sekitar USD 4,14 juta atau senilai Rp. 59,59 miliar,” ujarnya.

Selain itu, Haji Emad Attia juga menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi atas dukungan berkelanjutan dari KBRI Kairo dalam aktivitas importasi produk kopi unggulan Indonesia.

Baca juga: Banjir Permintaan, Koperasi Tolak Permintaan Rumput Laut ke India

Wael M. El Tawargy, GM El Tawargy, Trader Kopi sekaligus mitra bisnis kopi El Omda yang hadir dalam Grand Opening menambahkan, peluang ekspor kopi ke Mesir sangat terbuka.

Hal ini memungkinkan koperasi-koperasi petani kopi Indonesia dapat memperkuat kualitas kopi dan berkomunikasi langsung dengan pembeli dari Kairo.

Dilansir dari Siberindo.co, Senin (14/02/2022), hal yang perlu diperhatikan, kata Wael M. El Tawargy, bila sudah melakukan transaksi dengan harga yang telah disepakati, komitmen harga itu tetep berjalan.

Jangan sampai dilakukan perubahan harga secara sepihak, dan tentunya menjalankan prosedural ekspor sesuai ketentuan dan kesepakatan yang telah ditandatangani.

Baca juga: Cara Ekspor Barang ke Luar Negeri untuk Eksportir Pemula [Lengkap]

Berdasarkan data statistik BPS, ekspor kopi Indonesia pada periode Januari hingga November 2021 ke Mesir mencapai USD 79,20 juta (senilai Rp. 1,14 triliun).

Ekspor kopi Indonesia, dikutip dari Siberindo.co, Senin (14/02/2022), naik 57,79 persen dibanding tahun 2020 sebesar USD 55,02 juta dengan volume tonase mencapai 43,790 matrik ton.

Artikel ini telah terbit di Siberindo.co dengan judul “Kopi Indonesia Disukai di Mesir, KBRI Resmikan Kedai El Omda di Kairo”.

Link: https://siberindo.co/14/02/2022/kopi-indonesia-disukai-di-mesir-kbri-resmikan-kedai-el-omda-di-kairo/

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Noer

Menjadi content writer (CW) di PintarJualan.id sejak Desember 2021. Menulis atas dasar perintah dan arahan dari Project Manager atau PM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *