Advertisement

Makin Mendunia! Kedai Kopi Indonesia Telah Hadir di Kairo

Diterbitkan pada
07 Maret 2022
Waktu membaca
2 Menit

Jakarta – Kedai kopi Indonesia kini telah resmi hadir di Kairo Mesir. Penikmat kopi di daerah Mesir semakin meningkat di semua kalangan usia baik orang tua atau anak muda.

Sehingga merupakan peluang bisnis yang menjanjikan dengan membuka kedai kopi tradisional di berbagai sudut kota Tua Matariah, Distrik Ain Shams, dan Kairo.

Di lokasi tersebut, Kedai Kopi El Omda dikelola oleh Haji Emad Attia yang diresmikan langsung oleh Duta Besar RI untuk Mesir yang diwakili oleh Atase Perdagangan KBRI Kairo yaitu Irman Adi Purwanto Moefthi, Minggu (06/02/2022).

Baca Juga : Khofifah: Kopi Liberika Gunung Lawu Memiliki Potensi Tinggi

Duta Besar RI sangat mengapresiasi dari kerja keras El Omda Coffee dalam importasi produk kopi robusta Indonesia yang sudah ia kerjakan sejak beberapa tahun terakhir ini.

KBRI Kairo berharap, dengan adanya hal ini bisa meningkatkan impor produk kopi di Indonesia. Tidak hanya kopi Robusta saja, namun kopi Arabika dan kopi Spesialti,” ujar Irman Adi, didampingi Dadang Rahmat, Korfung Ekonomi KBI Kairo, setelah pengguntingan pita peresmian Kedai Kopi El Omda oleh Atase Perdagangan KBRI Kairo.

Seperti dilansir dalam laman kemlu.go.id, Haji Emad Attia dalam sambutannya mengungkapkan terima kasih dan mengapresiasi setinggi-tingginya atas dukungan yang berkelanjutan dari Duta Besar RI untuk Mesir dan seluruh jajaran Atase Perdagangan dan Ekonomi KBRI dalam kegiatan importasi produk kopi robusta unggulan dari Indonesia.

Beliau juga mengungkapkan bahwa pihaknya akan selalu meningkatkan impor kopi dari Indonesia karena tingginya penikmat kopi di Mesir.

“Pada tahun 2021, kami berhasil mengimpor 60 kontainer kopi dari Indonesia, kini di 2022 kami targetkan mencapai 100 kontainer dengan nilai sekitar USD 4,14 juta atau senilai Rp 59,59 miliar (kurs 1 USD = Rp 14,395),” ujarnya.

Wael M. El Tawargy, GM El Tawargy, selaku trader kopi dan mitra bisnis kopi El Omda juga hadir dalam acara Grand Opening tersebut. Ia menambahkan bahwa, peluang ekspor kopi ke Mesir sangat terbuka lebar dan memungkinkan para koperasi milik petani di Indonesia dapat memperkuat kualitas kopi dan bisa berkomunikasi langsung dengan pembeli dari Kairo.

Baca Juga : Kopi Robusta Asal Indonesia Berhasil Menembus Pasar Internasional

Hal yang perlu diperhatikan adalah jika sudah melakukan transaksi jual beli kopi dengan harga yang telah disepakati, maka komiten harga tersebut bisa dijalankan dengan baik dan tidak dilakukan perubahan harga secara sepihak.

Selain itu juga harus menjalankan prosedur ekspor sesuai ketentuan dan kesepakatan yang sudah ditandatangani.

Menurut data yang diambil dari statistik BPS, ekspor kopi di Indonesia pada periode Januari – November 2021 ke Mesir mencapai USD 79,20 juta atau senilai RPP 1,14 triliun.

Dari data tersebut ternyata mengalami kenaikan sebesar 57,79% jika dibandingkan tahun 2020 yaitu ekspor hanya mencapai USD 55,02 juta dengan volume tonase mencapai 43,790 metrik ton dengan kenaikan 47,75% dibandingkan periode yang sama yaitu tahun 2020 sebesar 32,537 metrik ton.

Artikel ini telah tayang di siberindo.co dengan judul “Kedai Kopi Indonesia Dibuka di Kairo”

Link Sumber : https://jakarta.siberindo.co/03/03/2022/kedai-kopi-indonesia-dibuka-di-kairo/

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Ambar Arum Juliyanti

I have experience in field of the SEO Content Writer. I am willing and able to learn also work with new things either individual or team. I am also interested in anything about Digital Marketing, SEO and Informatics.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *