Kopi Robusta Asal Indonesia Berhasil Menembus Pasar Internasional

Penulis
Noer
Diterbitkan pada
10 Januari 2022
Waktu membaca
2 Menit

Jakarta – Kopi robusta asal Indonesia milik Deskian Ryan Saputra kini berhasil menembus pasar Internasional. Berawal dari komunikasi yang baik, kopi akhirnya berhasil diekspor ke Amerika Serikat.

“Kebetulan saya memiliki teman yang bekerja di Upnormal kemudian dia sekarang bekerja di perusahaan luar tersebut. Dari situ kita memiliki komunikasi yang baik dan pada akhirnya bisa ekspor kesana,” terang Ryan seperti dikutip Siberindo.co (8/12/2021).

Kopi robusta Desa Situgede, Kecamatan Subang, Kabupaten Kuningan tersebut berhasil diekspor ke salah satu perusahaan di Amerika Serikat setelah melewati Qulaity Control (QC) selama 3 bulan.

“Dan selama tiga bulan itu lolos terus pas pengambilan contok produk. Kalo robusta biasanya di lokal hanya untuk campuran kopi susu saja. Tapi mereka dari amerika sepertinya suka robusta dengan cita rasa yang lebih keras,” Ungkap Ryan.

Menurutnya, seperti dikutip Siberindo.co (8/12/2021), kopi robusta itu bisa terekspor ke Amerika karena kualitas kopinya terjaga. “Kopi yang diekspor adalah kopi petik merah dan di kirimkan perdana kemarin sebanyak 2 Ton Kopi ke Amerika Serikat,” tambahnya.

Turut hadir dalam pengiriman perdana kopi robusta milik Ryan tersebut ke Amerika Serikat Bupati Kuningan H Acep Purnama.

“Alhamdulillah, Saya Berkesempatan Dapat Bertemu Dengan Ryan Pengusaha Kopi Anjung, Kopi Robusta Dari Desa Situgede, telah berhasil menembus pasar internasional yaitu ekspor ke Amerika. Karena Kuningan mempunyai kualitas kopi terbaik, dengan citarasa dan aroma yang tinggi,” ucap Bupati.

Selain itu, ia juga mengajak agar para petani kopi untuk bangkit agar bisa menembus kembali pasar dunia dari Kuningan.

“Status pasar kopi Kuningan ini sebenarnya sudah mampu bersaing untuk di pasar ekspor atau pasar Internasional. Sebab sejak dulu, Kuningan adalah penghasil kopi terbaik di Jawa Barat baik kualitas maupun kuantitas,” jelasnya seperti dikutip Siberindo.co (8/12/2021).

Tidak saja di pasar Internasional seperti Amerika Serikat, bisnis kopi juga bisa jadi salah satu peluang usaha rumahan yang sangat menjanjikann di Indonesia untuk saat ini.

Artiekl ini telah tayang di Siberindo.co dengan judul “Kopi Robusta Ryan Tanjung Diekspor Karena Bermutu”.

Link: https://jakarta.siberindo.co/08/12/2021/kopi-robusta-ryan-tanjung-diekspor-karena-bermutu/

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Noer

Menjadi content writer (CW) di PintarJualan.id sejak Desember 2021. Menulis atas dasar perintah dan arahan dari Project Manager atau PM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *