20+ Ide Usaha Rumahan Modal 50 Ribu Menjanjikan di 2022

Penulis
Noer
Diterbitkan pada
10 Januari 2022
Waktu membaca
9 Menit

Ada lebih dari 20 peluang usaha rumahan modal 50rb di 2022. Mulai dari jualan online hingga membuka jasa. Selain menjanjikan, jika dikelola dengan baik juga bisa sangat menguntungkan. Beberapa di antaranya bisa dengan modal kecil dan belum banyak pesaing.

Oleh karena itu, pada artikel ini kami akan memberikan 20 lebih peluang ide usaha yang bisa kamu jalankan dari rumah dengan modal 50rb. Jadi, simak terus artikel ini sampai selesai.

Selain itu, kami juga akan menjawab beberapa pertanyaan yang masih terkait dengan peluang usaha modal 50rb atau modal kecil. Tapi, sebelum itu, mari simak dulu tips memulai usaha rumahan.

Tips Ide Usaha Rumahan

Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk usaha rumahan. Meski dengan modal 50rb, usaha kamu bisa berkembang dengan tips-tips berikut ini.

  1. Jangan Terima Bon

Tips yang pertama adalah jangan terima bon dari siapa pun. Modal bisa tidak balik jika kamu menerima pembayaran dengan jenis bon atau hutang.

Alih-alih uang modal bisa diputar kembali malah habis karena kamu menerima bon. Jadi, agar usaha yang kamu bangun tersebut berkembang, jangan sekali-kali terima bon.

  1. Lakukan Promosi

Jangan pernah berhenti melakukan promosi. Promosi itu sangat penting setidaknya untuk mengenalkan produk. Apalagi jika usaha yang dibangun masih baru.

Kamu bisa mulai promosi lewat misalnya status Whatsapp atau Facebook. Selain itu, kamu juga mulai promosi dengan langsung menawarkannya kepada teman atau tetangga.

  1. Pastikan Pasar

Setiap usaha atau bisnis apa pun pasti memiliki pasar sendiri-sendiri. Kamu musti memastikan pasar apa yang cocok untuk usaha yang kamu bangun.

Seperti misalnya, jika usaha yang kamu bangun adalah usaha makanan atau kuliner dengan harga yang cukup mahal, maka jangan pasarkan produk tersebut ke kampung atau desa.

Jika kamu ingin memilih kampung atau desa sebagai pasar, maka usaha atau bisnis yang kamu bangun juga musti yang cocok dengan usaha di desa.

Berikut Ide Usaha Rumahan Modal 50 Ribu

Dengan modal 50rb kamu sudah bisa menjalankan peluang usaha rumahan atau bisnis di bawah ini. Oleh karena itu, simak-baik-baik peluang usaha rumahan modal 50rb berikut ini;

1. Jasa Cuci Pakaian

Peluang usaha rumahan modal 50rb yang pertama adalah jasa cuci pakaian. Caranya adalah dengan menawarkan ke tetangga dan kerabat terdekat.

Jasa cuci pakaian tidak harus memiliki mesin bisa dilakukan dengan manual. Alias mencuci dengan tangan dan mengeringkannya di bawah sinar matahari.

Dengan begitu, usaha yang satu ini tidak memerlukan modal yang banyak. Modal yang diperlukan hanya untuk membeli detergen, pelembut, dan pewangi pakaian.

2. Jasa Cuci Sepatu

Selain jasa cuci pakaian, sasa cuci sepatu juga bisa dilakukan hanya dari rumah. Banyak orang yang tidak mempunyai waktu atau bahkan malas untuk mencuci sepatu.

Tidak perlu alat khusus untuk mencuci sepatu. Asal punya tempat yang cukup untuk menjemur sepatu di bawah terik matahari langsung, usaha yang satu ini bisa langsung kamu coba.

Sama halnya dengan jasa cuci pakaian, cuci sepatu juga hanya bermodalkan detergen atau sabun khusus pencuci sepatu beserta pewanginya saja. Dengan modal 50rb sangat cukup.

3. Jasa Cuci Helm

Peluang usaha yang satu ini sepertinya belum banyak orang tahu. Namun, beberapa orang sudah memulainya. Mereka mungkin melihat ada peluang dalam bisnis ini.

Meski saat ini sudah ada alat khusus untuk mencuci dan mengeringkan helm, tidak ada salahnya jika membuka jasa cuci helm dari rumah. Toh, bisa dilakukan secara manual.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Seperti saat menjemur harus terkena sinar matahari langsung agar cepat kering dan tidak bau apek.

Setelah helm dipastikan kering, baru kemudian diberi pewangi, disemprot anti bakteri, dan sebagainya. Agar helm tidak hanya bersih. Melainkan wangi dan juga bebas dari bakteri.

3. Jasa Setrika

Terkadang, ada orang yang sempat mencuci sendiri dengan mesin cuci, akan tetapi tidak sempat menyetrikanya. Peluang usaha jasa setrika ini bisa dicoba bagi yang tidak punya modal banyak.

Sesuai dengan namanya, jasa setrika berarti jasa menyetrika pakaian saja tanpa mencucinya. Hanya diperlukan setrika, pelembut, dan pewangi pakaian untuk membuka pluang usaha yang satu ini.

Tentu saja, selain alat tersebut juga butuh listrik. Maka pastikan token listrik di rumah cukup untuk menyetrika. Biaya untuk listrik juga tidak banyak. Hanya sekitar 5.000 rupiah saja per hari.

4. Jualan Kerupuk Udang

Kerupuk udang memiliki banyak peminat karena rasanya yang gurih dan cocok untuk teman makan. Oleh karena itu, jualan kerupuk udang juga bisa jadi salah satu pilihan usaha rumahan.

Misalnya dengan perhitungan minyak goreng 2 liter dan kerupuk udang mentah setengah hingga satu kilo, serta plastik kecil untuk mengemasnya, modal 50 ribu saja sudah cukup.

Usaha yang dimulai dengan modal kecil, bisa saja mendatangkan untung yang banyak jika mengerti trik atau cara berjualan serta telaten dalam menjalankannya.

5. Jualan Kerupuk Petis

Bagi yang belum mengetahui kerupuk petis, kerupuk petis adalah kerupuk khas Kendal, Jawa Tengah yang dibuat dari tepung tapioka dan petis. Petis sendiri bisa dari ikan atau udang.

Jualan kerupuk petis bisa dilakukan dengan dua cara. Cara yang pertama dijual dalam kondisi mentah. Sedangkan cara yang kedua dijual dalam kondisi sudah digoreng atau matang.

Untuk harganya sendiri tidak mahal. Dengan modal 50 ribu saja kamu sudah bisa mulai berjualan kerupuk petis ini. Patut dicoba karena rasanya enak dan cocok untuk teman makan.

6. Jualan Kerupuk Emping

Kerupuk emping merupakan salah satu makanan cemilan yang tergolong cukup mahal. Harga satu kilonya dibandrol hampir mencapai 50 ribu rupiah. Bahkan bisa lebih ketika naik.

Namun, kamu tetap bisa berjualan kerupuk emping ini dengan modal 50 ribu saja. Caranya adalah dengan membungkusnya dalam kemasan kecil. Seperti misalnya per 250 gram.

Selain itu, kerupuk emping juga dijual dalam kondisi mentah saja. Bahkan, jika bisa mendapatkan supplier keruping emping yang murah, kamu bisa menbisa kembali dengan harga yang ada di pasaran. Sehingga bisa mendapatkan untung yang lumayan banyak.

7. Jualan Gorengan

Aneka gorengan masih menjadi jenis makanan yang diminati banyak orang. Gorengan sangat cocok untuk dimakan langsung maupun untuk lauk makan nasi.

Meski harga minyak sempat naik, kamu tidak perlu khawatir karena jualan gorengan masih bisa dilakukan dengan modal 50rb saja. Dengan uang 50rb kamu bisa membeli tempe, tahu, dan sayuran untuk bakwan, serta tepung terigu untuk kulit gorengannya.

Peluang usaha yang satu ini bisa kamu jalankan sesuai dengan modal terlebih dahulu. Selain itu, biar lebih aman, kamu bisa menyesuaikannya dengan pesanan saja.

8. Jualan Minuman Boba (dsb.)

Minuman boba hingga saat ini masih menjadi favorit banyak orang, khususnya anak-anak kecil. Oleh karena itu, kamu bisa mencoba usaha yang satu ini.

Bahan dasar untuk membuat boba sendiri hanya terdiri dari tepung tapioka, air, dan gula aren. Untuk pewarna makanan coklat sendiri opsional, bisa dipakai atau tidak.

Dengan bahan yang sederhana tersebut, ditambah susu segar, dengan modal 50 ribu saja sudah cukup untuk memulai bisnis rumahan yang cukup menjanjikan ini.

Selain minuman seperti boba, masih banyak juga minuman-minuman lain yang dan sama favoritnya. Seperti misalnya thai tea dan berbagai olahan minuman berbahan dasar kopi.

9. Jualan Aneka Minuman Juz

Bagi yang sudah punya blender di rumah, bisa mencoba peluang usaha minuman yang satu ini. Dengan buah secukupnya, gula pasir, susu kental manis, es batu dan air, maka kamu sudah bisa memulai usaha yang satu ini.

Dengan uang 50 ribu kita bisa membeli beberapa macam buah. Seperti buah naga, apel, pisang, dan lain-lain. Tentu dengan perhitungan yang tepat berdasarkan modal yang kamu miliki. Minuman jus biasanya dijual dengan harga Rp 5.000 hingga Rp 10.000 saja.

10. Jualan Kue

Keahlian membuat kue tidak dimiliki semua orang. Ada yang sudah berkali-kali mencoba tapi tetap gagal. Oleh karena itu, jika kamu bisa membuat kue, kamu bisa mencoba peluang usaha ini.

Saat ini banyak tutorial yang bisa ditiru dalam membuat kue. Banyak yang mengajarkan untuk membuat kue berawal dari modal kecil tetapi bisa mendapat untung yang besar.

Tawarkan saja pada tetangga dan kerabat terdekat atau bisa juga ditawarkan secara online. Sehingga tidak perlu bersusah payah untuk keluar rumah.

Peluang usaha rumahan ini bisa dengan modal 50rb saja. Modal 50rb bisa untuk membuat satu toples kecil kue kering dengan satu macam jenis. Meski dimulai dengan sederhana tidak masalah.

11. Jadi Dropshipper

Dengan modal 50rb kamu sudah bisa menjadi dropshipper. Modal tersebut bisa kamu belikan kuota untuk menawarkan produk-produk yang kamu pilih.

Peluang usaha ini juga jelas bisa kamu jalankan hanya dari rumah saja. Jika ada pesanan yang masuk, kamu hanya tinggal bilang ke pemilik produk untuk mengemas lalu mengirimnya.

Dari situ kamu sudah bisa mendapat pendapatan. Menjadi seorang dropshipper biasanya akan mendapat potongan harga yang cukup besar. Sedangkan kamu sendiri bisa menjual produk tersebut ke pembeli langsung tanpa potongan harga.

12. Buka Kursus Online

Jika kamu merasa ahli dalam satu bidang tertentu, maka kamu bisa membuka peluang usaha kursus online ini sebagai usaha rumahan dengan modal 50 ribu. Kursus online ini juga tremasuk peluang usaha online yang cukup menjanjikan.

Di masa pandemi seperti sekarang ini banyak sekali orang yang membutuhkan kursus atau privat dalam bidang tertentu. Khususnya anak-anak sekolah SD.

Kursus online yang sering dibutuhkan sendiri adalah seperti pelajaran matematika, fisika, kimia, dan sebagainya. Selain pelajaran sekolah, ada juga orang-orang yang biasanya mencari kursus terentu seperti desain grafis, setir mobil, dan seterusnya.

13. Buka Jasa Desain Grafis

Peluang usaha ini tidak untuk semua orang. Melainkan khusus bagi kamu yang memiliki keahlian di bidang grafis. Coba saja untuk menawarkan jasa desain grafis. Asal sudah memiliki laptop atau PC untuk menggarapnya, maka kamu tidak perlu lagi modal.

Untuk mendapatkan pelanggan, kamu bisa menawarkan jasa lewat media sosial yang kamu punya berdasarkan portofolio atau sekedar lewat teman-teman dulu saja.

Asal hasil desain memuaskan, apalagi dengan harga terjangkau maka lama kelamaan akan banyak orang yang menghubungi kamu untuk dibuatkan desain grafis tertentu.

14. Jasa Penulis Lepas

Hingga saat ini banyak media-media online seperti media yang menayangkan berita, artikel ilmiah, dan sebagainya yang membutuhkan penulis untuk mengisi medianya.

Dengan adanya penawaran tersebut, kamu bisa mencoba untuk menjadi penulis lepas. Menulis tidak membutuhkan modal, karena hanya mengandalkan pikiran dan sumber referensi saja.

Uang 50 ribu bisa menjadi modal awal bagi penulis lepas untuk membeli paket data agar bisa tetap melakukan pencarian data atau sekedar untuk membeli secangkir kopi sebagai teman ketika menulis.

15. Jasa Penulis Copywriting

Hampir sama dengan penulis lepas, pekerjaan utama seorang copywriter juga menulis. Hanya saja seorang copywriter itu menulis dalam rangka untuk memasarkan sebuah produk tertentu.

Copywriting sendiri membutuhkan teknik menulis tertentu. Tulisan harus dibuat semenerik mungkin dan bisa meyakinkan pembaca agar mau membeli produk yang dipasarkan.

Teknik tersebut memang dibutuhkan karena banyak yang mengatakan bahwa peran copywriting adalah 80% dalam sebuh bisnis atau untuk kebutuhan-kkebutuhan yang sifatnya komersil.

16. Jasa Penulis SEO

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. Penulis SEO adalah penulis yang secara khusus musti mengikuti teknik tertentu agar artikel bisa di halaman pertama pencarian Google.

Sebagaimana penulis lepas dan copywriting, penulis SEO juga membutuhkan skill menulis yang baik. Bahkan juga musti ditambah dengan pemahaman SEO.

Menjadi seorang penulis SEO, tidak butuh modal kecuali keahlian dalam menulis. Akan tetapi harus terus belajar dan mengikuti perkembangan bagaimana cara Google, Bing, Yahoo, menematkan suatu tulisan atau artikel di halaman pertama pencarian mereka.

17. Jasa Editor Tulisan

Peluang usaha ini tidak saja membutuhkan keahlian dalam menulis. Melainkan juga tahu bagaimana tata cara menulsi yang baik dan benar sesuai dengan kaidah kebahasaan.

Dengan modal laptop atau PC di rumah, kamu sudah bisa membuka jasa editor tulisan. Modal 50 ribu tadi bisa digunakan untuk membeli paket data atau untuk penunjang editing lainnya.

18. Jasa Ketik

Jasa ketik menjadi salah satu bisnis usaha rumahan yang dicari banyak orang. Apalagi jika orang tersebut sibuk dan tidak memiliki waktu untuk mengetik.

Peluang usaha yang satu ini bisa dikatakan tidak terlalu sulit namun juga tidak terlalu mudah. Jika misalnya diminta untuk mengetik rumus dan sejenisnya, maka bisa dikatakan cukup sulit.

Salah satu yang harus dihindari dari usaha ini adalah tipo. Agar terhindar dari banyaknya tipo, seorang jasa ketik harus berkonsentrasi dan paling tidak sedikit memahami apa yang ia ketik.

19. Jasa Buat Website

Peluang usaha yang satu ini bisa kamu coba jika kamu memiliki kemampuan untuk membuat website. Kamu bisa menawarkannya di grup-grup Facebook.

Selain itu kamu juga bisa membuat website sendiri terlebih dulu sebagai bagian dari media promosi. Dengan bantuan Google, orang-orang juga bisa menemukan bisnis kamu.

Apalagi jika kamu memanfaatkan misalnya fitur ads dari Google. Setiap orang mencari jasa pembuat website, maka website kamu yang akan pertama kali muncul.

20. Jasa Buat Landing Page

Selain website, kamu juga bisa membuka jasa pembuatan landing page. Hari ini, ada banyak orang yang ingin membuat landing page untuk mempromosikan produknya.

Kamu bisa saja menjalankan usaha ini tanpa modal. Dengan catatan kamu harus menjalankan sistem pembayaran bayar 50% di awal atau malah lunas sekalian.

Pasalnya, jika tidak dengan sistem pembayaran tersebut, kamu butuh modal yang tidak sedikit. Kamu paling tidak butuh modal untuk membeli domain terlebih dulu.

21. Jasa Buat Undangan Online

Modal untuk memulai usaha ini malah mungkin bisa kurang dari 50rb. Meski terkesan mewah dan mahal, modal untuk membuat undangan online itu sangat murah.

Untuk membuat undangan online, kamu cukup dengan hanya memanfaatkan page atau subdomain saja. Tidak perlu membeli domain dan hosting lagi.

Kamu bisa membuat undangan online dengan membuat satu page khusus. Dengan bantuan plugin seperti Elementor misalnya, semua pasti akan beres.

Akhir-akhir ini, jasa buat undangan online sepertinya semakin menjanjikan. Selain lebih hemat, juga lebih jauh simpel, elegan, dan terkesan lebih kekinian.

FAQ

  • Usaha rumahan apa yang lagi tren?

Beberapa usaha rumahan yang lagi tren untuk sekarang ini adalah minuman seperti boba, thai tea, berbagai macam kopi, dan makanan seperti rice bold.

  • Bagaimana cara memutar uang 50 ribu?

Coba saja padukan dengan skill atau keahlian yang kamu punya. Dengan 50rb kamu bisa memasang iklan untuk memasarakn skill atau keahlian yang kamu punya.

  • Usaha apa yang masih belum banyak pesaing?

Hampir semua usaha memiliki banyak pesaing saat ini. Salah satu alternatif agar usaha yang sedang atau mau kamu bangun bisa sukses adalah sering-sering saja buat promo.

  • Usaha rumahan apa yang tidak ada matinya?

Salah satu peluang usaha rumahan yang tidak ada matinya toko kelontong. Hampir semua isi dari toko kelontong adalah kebutuhan-kebutuhan pokok manusia.

  • Usaha makanan apa yang modal 50 ribu?

Ada banyak usaha makanan yang bisa dijalankan dengan modal 50rb. Seperti misalnya ayam goreng, bakso dan sosia bakar, cilor, cilok, seblak, dan seterusnya.

Akhir Kata

Demikian 20 lebih peluang usaha yang bisa kamu coba dari rumah dengan modal 50rb. Selain 20 peluang usaha rumahan modal 50rb tersebut juga masih ada banyak lagi peluang usaha yang bisa dijalankan dengan modal kecil.

Seperti misalnya peluang usaha atau bisnis produk-produk makanan atau minuman yang sangat beragam. Dari seblak, sosia bakar, cumi bakar, thai tea, dan seterusnya.

Akhir kata, terima kasih telah berkunjung ke website kami dan membaca tulisan ini sampai selesai. Jangan lupa juga untuk membangikan artikel ini kepada teman, tentangga, atau keluarga kamu. Barangkali saja, ada salah satu ide usaha yang bisa dicoba.

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Noer

Menjadi content writer (CW) di PintarJualan.id sejak Desember 2021. Menulis atas dasar perintah dan arahan dari Project Manager atau PM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *