image

Tips Jualan Online Agar Cepat Laku [Bikin Bisnis Jadi Laris Manis]

tips jualan online cepat laku

Apakah Anda sedang menjalani bisnis dan mencari-cari tips jualan online untuk usaha yang baru Anda mulai? Berjualan online memang kadang-kadang sulit, namun juga mudah jika mau terus berusaha.

Mencari tahu cara berjualan bisa menjadi hal yang menakutkan namun juga menantang. Anda mungkin bingung tentang bagaimana cara meyakinkan orang untuk membeli? Di mana memasarkan produk Anda dan sebagainya.

Namun, jangan di bawah ini ada beberapa tips yang bisa membantu Anda mempelajari cara berjualan online dengan efektif dan bisa laris manis.

Cara Jualan Online Agar Cepat Laku Bisnis Makin Laris Manis

Dengan meningkatnya popularitas e-Commerce, Anda harus bisa memanfaatkan hal ini sebagai peluang bisnis. Apa saja sih hal yang perlu Anda lakukan agar jualan Anda ini bisa laris manis di pasaran?

1. Pilih Platform e-Niaga yang Tepat

Jika Anda ingin memulai toko online, pilihlah platform e-commerce atau e-niaga. Dengan menggunakan platform e-niaga, maka cara orang bisa membeli produk atau layanan Anda dengan lebih mudah.

E-niaga merupakan sebuah media yang tepat sebab orang-orang dapat memesan produk yang Anda jual dengan lebih. Platform e-niaga juga selalu memberi tahu Anda bahwa akan selalu ada pesanan baru. Singkatnya, platform e-niaga ini adalah solusi penjualan online all-in-one Anda.

tokopedia
Beranda Tokopedia (c) tokopedia.com

Cari e-niaga berkualitas yang akan membantu mewujudkan ide bisnis Anda, dan memastikan bahwa Anda dapat menghasilkan uang dengan cepat. Memilih platform e-niaga terbaik dan yang tepat dapat membuat jualan Anda cepat laku.

Dengan e-niaga, Anda tidak akan berurusan dengan masalah transaksi, pesanan pelanggan yang menghilang, detail pengiriman yang salah dan tentang kerentanan keamanan. Di platform ecommerce, semua sistem sudah terintegrasi dengan tepat.

2. Buat Kesan Pertama yang Menakjubkan

Ada alasan kenapa menjalankan bisnis online begitu sulit. Anda perlu mencari cara untuk menghasilkan uang secara online dengan cara tetap terhubung dengan audiens atau konsumen.

Untuk menguasai cara jualan online agar laris manis, Anda harus membuat pengguna tetap terlibat di situs Anda. Yap, jualan online setidaknya harus memiliki situs bisnis, ya! Tidak afdhol rasanya jika Anda tidak memiliki situs untuk bisnis online Anda.

Buat tampilan situs yang menarik konsumen mengapa mereka harus membeli produk di toko Anda. Diperlukan waktu sekitar 50 milidetik bagi pengguna untuk memutuskan apakah mereka menyukai situs Anda atau tidak.

Anda perlu  menjadi orang yang sekreatif mungkin. Cobalah berinvestasi dalam desain terbaik, dengan memilih template desain yang tepat dan berikan pengalaman unik untuk pengguna Anda. Atau, hubungi ahli desain web jika diperlukan.

Kesan pertama dapat bertahan selama bertahun-tahun, jadi pastikan bisnis online Anda ini benar-benar berkesan dan seunik mungkin sambil tetap selaras dengan tujuan usaha Anda.

3. Promosi Lewat Media Sosial

Jualan rasanya belum pas kalau Anda belum memiliki sosial media. Ya, Anda harus memiliki strategi media sosial. Bahkan memiliki akun tertaut yang tepat dengan sosial media dapat membantu menampilkan nama domain Anda agar lebih banyak pelanggan yang melihatnya.

Media sosial sangat populer akhir-akhir ini. Jika Anda ingin jualan makin laris manis, pastikan Anda harus memaksimalkan potensi sosial media sebagai media Anda dalam berjualan secara online.

detail produk ig shopping

Anda bisa mencoba Instagram, Twitter dan Facebook. Buat akun toko online Anda dan jadilah seaktif mungkin, tanpa mengirim spam ke followers Anda. Anda harus menghindari terus-menerus mencoba menjual sesuatu.

Follower tidak suka jika isi akun Facebook selalu memposting promosi penjualan terlalu banyak. Orang-orang juga ingin tahu cerita di balik merek Anda, statistik menarik tentang niche pasar atau tips-tips ketika menggunakan produk Anda.

Baca juga:
Pengertian Supplier Beserta Tugas, Jenis dan Cara Kerjanya [Lengkap]

4. Gunakan Foto Produk Terbaik

Jika Anda ingin tips jualan online lebih cepat laku dan laris manis, Anda harus meningkatkan peluang penjualan toko dengan gambar. Pelanggan akan mengingat 80% dari apa yang mereka lihat dan 20% yang mengejutkan dari apa yang mereka baca.

Foto produk bersama dengan desain yang bagus adalah dua area utama yang harus Anda fokuskan jika ingin memiliki toko online di yang menarik.

foto produk unik di shopee

Beberapa tips-tips jualan online dengan menggunakan gambar yang keren adalah:

  • Gunakan latar belakang serba putih agar produk Anda menonjol,
  • Buat ukuran besar untuk menarik minat pengguna dan memberi tahu mereka produk apa yang mereka lihat ini,
  • Aktifkan zoom sehingga pelanggan Anda dapat melihat setiap detail kecil pada gambar Anda,
  • Berikan foto produk dari semua sudut,
  • Jika Anda tidak ingin atau tidak memiliki peralatan yang tepat, andalkan fotografer profesional.

Beberapa data tentang fotografi produk yang bagus bisa meningkatkan jualan online Anda dan menjadi cepat laku. Ada 3 alasan mengapa Anda perlu belajar mengenai fotografi produk untuk jualan Anda, yakni :

  • 66% pelanggan ingin melihat sudut pandang alternatif dari suatu produk,
  • 75% orang menganggap kualitas foto adalah faktor terpenting ketika ingin membeli produk,
  • 61% orang ingin bisa memperbesar foto produk.

5. Beri Kupon atau Potongan Harga

Memberikan harga pada sebuah produk itu rumit, tetapi ini penting untuk tips jualan online. Anda harus menawarkan harga yang lebih rendah dari pesaing sambil menghasilkan keuntungan. Anda harus tahu mengenai strategi penetapan harga terbaik saat memulai toko online.

Setelah mendapatkan harga dasar, Anda harus menentukan kupon dan strategi diskon apa yang akan digunakan. Jika Anda memiliki produk unik atau barang handmade, Anda tidak harus memberikan penawaran diskon.

Diskon untuk barang handmade atau unik beresiko memberikan Anda kerugian daripada meningkatkan penjualan.  Namun, jika Anda menjual barang dagangan umum dan produk sederhana, kode kupon dapat menjadi ide yang cemerlang.

Data menyebutkan bahwa sekitar 75% pembeli menggunakan kupon. Anda berpotensi mendapatkan banyak peluang bisnis baru dengan menawarkan sesuatu kepada pelanggan Anda dengan voucher, diskon atau sale.

Sebagian besar platform e-niaga mendukung penggunaan kupon secara bawaan. Baik Shopee atau Tokopedia memungkinkan Anda mengaktifkan kupon dengan beberapa klik.

Berikut beberapa ide untuk kode kupon yang dapat Anda gunakan:

  • Diskon pembeli pertama kali,
  • Diskon jumlah,
  • Diskon anggota,
  • Bebas biaya kirim,
  • Diskon return.

Baca juga:
[Panduan A-Z] Cara Jualan di Lazada dari Nol Sampai Sukses Menjual

6. Gunakan Harga Coret (Diskon)

Cobalah untuk menggunakan inisiatif harga coret untuk menarik minat calon pembeli. Harga coret adalah menaikkan harga produk dan memberi harga real pada barang yang Anda jual.

program bebas ongkir

Misal, produk Anda harga aslinya dijual Rp 75.000, di marketplace, website maupun sosial media, Anda bisa menaikkan harganya menjadi Rp 125.000 seperti:

Tunik
Rp 125.000 Rp 75.000

Nah, dengan memberikan taktik harga seperti ini, orang yang melihat akan merasa bahwa produk Anda ini dijual dengan harga yang murah. Teknik harga coret ini efektif untuk meningkatkan penjualan supaya cepat laku.

7. Buat Unique Selling Proposition yang Kuat (USP)

Mengapa Anda membutuhkan USP atau proposisi penjualan yang unik sebagai tips jualan online? Ada sekitar 10 juta situs jualan online di luar sana. Itulah mengapa Anda harus memiliki USP yang luar biasa jika ingin melakukan penjualan yang laris manis.

Setiap bisnis yang sukses memiliki “sesuatu” yang membedakannya dari yang lain, Anda hanya perlu duduk dan mencari tahu apa itu. Pilihan lainnya adalah melakukan riset dan melihat lebih dekat pesaing Anda.

Apa yang mereka fokuskan? Apa yang mereka lewatkan? Bisakah Anda memberikannya kepada pelanggan Anda?

Tidak tahu harus mulai dari mana untuk menguraikan USP bisnis Anda? Berikut adalah kuesioner untuk membantu Anda memecahkan inti bisnis dan menyusun USP yang sempurna:

  • Apa yang saya tawarkan?
  • Masalah apa yang dipecahkan oleh penawaran ide bisnis saya?
  • Mengapa produk bisnis saya patut dicoba dan dibeli?
  • Siapa target pasar saya dan apa yang mereka inginkan dari saya?
  • Siapa saya dan mengapa orang harus mengenal bisnis saya?
  • Siapa pesaing saya dan apa bedanya saya dengan mereka?
  • Perlawanan atau keberatan apa yang orang-orang miliki terhadap bisnis saya ini?
  • Apa tujuan promosi saya?
  • Kapan, di mana, dan bagaimana orang akhirnya call to action dengan produk bisnis saya?

Baca juga:
[Panduan A-Z] Cara Jualan di Shopee untuk Pemula Agar Usaha Makin Cuan

8. Kembangkan Strategi SEO yang sukses

Tips jualan online agar produk Anda cepat laku adalah merancang situs web yang menarik untuk promosi dan kampanye pemasaran. SEO adalah salah satu faktor kesuksesan yang bisa Anda pelajari ketika ingin produk Anda laris manis.

seo lokal google bisnisku

Pertama-tama, Anda harus tahu bahwa ada lebih dari 2,2 triliun pencarian Google per tahun, dan 90% pengguna hanya mengklik pada tiga hasil pertama. Berikut beberapa tip tentang SEO untuk membantu jualan Anda:

  • Optimalkan halaman produk Anda

Menggunakan pengoptimalan mesin pencari pada halaman produk berarti menggunakan kata kunci. Kata kunci produk yang relevan di header dan tag alt gambar harus cukup untuk membantu peringkat Anda di halaman Google.

  • Buat konten yang menarik

Buatlah konten yang fresh dan unik agar mesin pencari tertarik dengan situs Anda. Tambahkan plugin media sosial dan izinkan pengguna untuk meninjau produk yang baru saja mereka beli dengan cepat.

  • Hindari duplikat konten

Arsip, tag, pagination yang salah, dan bahkan pemfilteran produk dasar menghasilkan konten duplikat dan menyeret situs Anda ke bawah halaman pencarian.

Ada baiknya jika Anda menuliskan deskripsi produk di platform e-niaga dengan lebih unik daripada menggunakan konten yang disediakan oleh supplier.

Menulis ulang deskripsi produk yang Anda jual di e-niaga adalah cara cerdas untuk meningkatkan penjualan toko online Anda. Google akan memperhatikan dan membedakan Anda dari pesaing yang menggunakan teks produk yang sama.

  • Memiliki sistem tautan internal

Tautan internal akan mengurangi rasio pentalan bisnis Anda karena orang-orang memiliki sesuatu untuk diklik. Studi terbaru menunjukkan bahwa 69% orang mendasarkan penjelajahan mereka pada tautan internal, jadi jangan memperumitnya.

  • Gunakan Google Analytics

Gunakan Google Analytics untuk menganalisis kampanye pemasaran yang Anda lakukan.alat bantuan ini memiliki segala sesuatu yang terjadi di toko online Anda. Google Analytics membantu Anda melacak semua yang terjadi di toko Anda.

Dengan menerapkan 8 tips jualan online yang ada di atas, toko online Anda pasti bisa menghasilkan penjualan yang laris manis. Selalu gigih untuk mencoba segala sesuatunya dan jangan pernah takut untuk gagal.

image
image
Related Article

Cara Cek Resi GoSend Live Tracking untuk Kirim Barang Sehari Sampai

Buat yang suka kirim barang instan, seringkali kamu akan membutuhkan cara cek resi GoSend (live tracking). Entah itu checkout dari Tokopedia, Shopee, atau juga kirim barang sendiri. Dalam tulisan ini, kamu akan menemukan informasi berguna seputar: Mengenali apa itu GoSend dan jenis layanan yang ditawarkan, Bagaimana cara melacak kiriman GoSend sudah sampai mana. Namun sebelum […]

Ekspedisi /
8 Maret 2021

11 Jasa Kurir Terbaik di Indonesia: Harga Murah dan Pengiriman Cepat [Komplit]

Bagi seller, memilih jasa kurir terbaik merupakan pekerjaan yang agak tricky. Dalam artian, sebenarnya semua ekspedisi di Indonesia terbilang cukup bagus. Tetapi tergantung pada pembeli, apakah mereka suka atau tidak. Bahkan hal-hal sesimpel apakah mas-mas kurir yang mengantar ramah atau tidak, itu juga menjadi acuan pembeli. Dan pada akhirnya, pembeli-lah yang menentukan. Nah kali ini, […]

Ekspedisi /
8 Maret 2021

Cara Cek Nomor dan Pulsa XL Mudah dan Komplit

Cek nomor XL merupakan hal lumrah untuk dilakukan bagi para pengguna provider GSM XL. Ada banyak alasan mengapa seseorang ingin mengecek nomor telepon yang Ia gunakan. Kemungkinan yang paling sering adalah nomor telepon tersebut dibutuhkan untuk suatu identitas ataupun untuk keperluan lainnya. Jika pernah mencatat nomor telepon sendiri bukan berarti hal tersebut terlepas dari kemungkinan […]

Tips & Trik /
4 Maret 2021