Advertisement

Tips Jualan Online Agar Cepat Laku [Bikin Bisnis Jadi Laris Manis]

Diterbitkan pada
14 September 2022
Waktu membaca
7 Menit

Apakah Anda sedang menjalani bisnis dan mencari-cari tips jualan online untuk usaha yang baru Anda mulai? Berjualan online memang kadang-kadang sulit, namun juga mudah jika mau terus berusaha.

Mencari tahu cara berjualan bisa menjadi hal yang menakutkan namun juga menantang. Anda mungkin bingung tentang bagaimana cara meyakinkan orang untuk membeli? Di mana memasarkan produk Anda dan sebagainya.

Namun, jangan di bawah ini ada beberapa tips yang bisa membantu Anda mempelajari cara berjualan online dengan efektif dan bisa laris manis.

Cara Jualan Online Agar Cepat Laku Bisnis Makin Laris Manis

Dengan meningkatnya popularitas e-Commerce, Anda harus bisa memanfaatkan hal ini sebagai peluang bisnis. Bagaimana cara berjualan online untuk pemula? Apa saja sih hal yang perlu Anda lakukan agar jualan Anda ini bisa laris manis di pasaran?

1. Pilih Platform e-Niaga yang Tepat

Jika Anda ingin memulai toko online, pilihlah platform e-commerce atau e-niaga. Dengan menggunakan platform e-niaga, maka cara orang bisa membeli produk atau layanan Anda dengan lebih mudah.

E-niaga merupakan sebuah media yang tepat sebab orang-orang dapat memesan produk yang Anda jual dengan lebih. Platform e-niaga juga selalu memberi tahu Anda bahwa akan selalu ada pesanan baru. Singkatnya, platform e-niaga ini adalah solusi penjualan online all-in-one Anda.

tokopedia

Beranda Tokopedia (c) tokopedia.com

Cari e-niaga berkualitas yang akan membantu mewujudkan ide bisnis Anda, dan memastikan bahwa Anda dapat menghasilkan uang dengan cepat. Memilih platform e-niaga terbaik dan yang tepat dapat membuat jualan Anda cepat laku.

Dengan e-niaga, Anda tidak akan berurusan dengan masalah transaksi, pesanan pelanggan yang menghilang, detail pengiriman yang salah dan tentang kerentanan keamanan. Di platform ecommerce, semua sistem sudah terintegrasi dengan tepat.

Kalau perlu buat dulu perbandingan Tokopedia vs Shopee untuk memilih mana yang cocok denganmu. Selain itu, bisa juga menggunakan platform lain seperti Lazada.

2. Buat Kesan Pertama yang Menakjubkan

Ada alasan kenapa menjalankan bisnis online begitu sulit. Anda perlu mencari cara untuk menghasilkan uang secara online dengan cara tetap terhubung dengan audiens atau konsumen.

Untuk menguasai cara jualan online agar laris manis, Anda harus membuat pengguna tetap terlibat di situs Anda. Yap, jualan online setidaknya harus memiliki situs bisnis, ya! Tidak afdhol rasanya jika Anda tidak memiliki situs untuk bisnis online Anda.

Buat tampilan situs yang menarik konsumen mengapa mereka harus membeli produk di toko Anda. Diperlukan waktu sekitar 50 milidetik bagi pengguna untuk memutuskan apakah mereka menyukai situs Anda atau tidak.

Anda perlu menjadi orang yang sekreatif mungkin. Cobalah berinvestasi dalam desain terbaik, dengan memilih template desain yang tepat dan berikan pengalaman unik untuk pengguna Anda. Atau, hubungi ahli desain web jika diperlukan.

Kesan pertama dapat bertahan selama bertahun-tahun, jadi pastikan bisnis online Anda ini benar-benar berkesan dan seunik mungkin sambil tetap selaras dengan tujuan usaha Anda.

3. Promosi Lewat Media Sosial

Jualan rasanya belum pas kalau Anda belum memiliki sosial media. Ya, Anda harus memiliki strategi media sosial. Bahkan memiliki akun tertaut yang tepat dengan sosial media dapat membantu menampilkan nama domain Anda agar lebih banyak pelanggan yang melihatnya.

Media sosial sangat populer akhir-akhir ini. Jika Anda ingin jualan makin laris manis, pastikan Anda harus memaksimalkan potensi sosial media sebagai media Anda dalam berjualan secara online.

detail produk ig shopping

Anda bisa mencoba Instagram, Twitter dan Facebook. Buat akun toko online Anda dan jadilah seaktif mungkin, tanpa mengirim spam ke followers Anda. Anda harus menghindari terus-menerus mencoba menjual sesuatu.

Follower tidak suka jika isi akun Facebook selalu memposting promosi penjualan terlalu banyak. Orang-orang juga ingin tahu cerita di balik merek Anda, statistik menarik tentang niche pasar atau tips-tips ketika menggunakan produk Anda.

4. Gunakan Foto Produk Terbaik

Jika Anda ingin tips jualan online lebih cepat laku dan laris manis, Anda harus meningkatkan peluang penjualan toko dengan gambar. Pelanggan akan mengingat 80% dari apa yang mereka lihat dan 20% yang mengejutkan dari apa yang mereka baca.

Foto produk bersama dengan desain yang bagus adalah dua area utama yang harus Anda fokuskan jika ingin memiliki toko online di yang menarik.

foto produk unik di shopee

Beberapa tips-tips jualan online dengan menggunakan gambar yang keren adalah:

  • Foto produk dari supplier terkadang kurang jelas atau tidak representatif, ambil foto produk lagi bila perlu
  • Gunakan latar belakang serba putih agar produk Anda menonjol,
  • Buat ukuran besar untuk menarik minat pengguna dan memberi tahu mereka produk apa yang mereka lihat ini,
  • Aktifkan zoom sehingga pelanggan Anda dapat melihat setiap detail kecil pada gambar Anda,
  • Berikan foto produk dari semua sudut,
  • Jika Anda tidak ingin atau tidak memiliki peralatan yang tepat, andalkan fotografer profesional.

Beberapa data tentang fotografi produk yang bagus bisa meningkatkan jualan online Anda dan menjadi cepat laku. Ada 3 alasan mengapa Anda perlu belajar mengenai fotografi produk untuk jualan Anda, yakni :

  • 66% pelanggan ingin melihat sudut pandang alternatif dari suatu produk,
  • 75% orang menganggap kualitas foto adalah faktor terpenting ketika ingin membeli produk,
  • 61% orang ingin bisa memperbesar foto produk.

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Wahyu Saputro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *