Advertisement

Cara Mencari eBook di Internet Gratis, Download PDF nya di Sini

Penulis
Hanif Mufid
Diterbitkan pada
14 September 2022
Waktu membaca
8 Menit

Butuh referensi cepat, tapi males ke perpustakaan dan buka buku dan cari bahan per halaman? Kamu harus simak cara mencari eBook di Internet gratis ini.

Membaca buku cetak secara menyeluruh memang lebih memuaskan. Mata lebih rileks, feeling ketika membalik halaman lebih dapat, pemahamannya juga bisa lebih mantap. Tapi ketika buru-buru mengerjakan tugas, kita butuh solusi instan agar tidak kelewat deadline.

Untungnya ada eBook di Internet. Dengan eBook, bahkan kamu tidak perlu membaca semua isi buku untuk mendapatkan referensinya, cukup gunakan fitur search.

Langsung saja, ini dia situs web yang menyediakan eBook pdf untuk di download secara gratis.

1. Open Library [openlibrary.org]

Situs yang dikelola oleh Internet Archive ini mengindeks hampir semua buku yang pernah diterbitkan. Bahkan, beberapa buku dalam bahasa Indonesia juga terdaftar dalam situs ini. Cocok untuk yang mencari PDF eBook online.

Open Library memiliki mimpi untuk menampilkan katalog dari semua buku yang pernah diterbitkan. Sayangnya, tidak semua buku bisa di-download PDF nya.

Kini, ada lebih dari 20 juta kopi buku digital yang tersedia. Open Library ini adalah proyek terbuka (open project) yang didanai oleh California State Library dan Kahle/Austin Foundation.

ketika mencari buku di Openlibrary, ada beberapa keterangan di bawahnya.

  • not in library : ada di katalog tapi tidak bisa dibaca atau dipinjam karena tidak tersedia
  • read: buku bisa dibaca melalui viewer di openlibrary tanpa membuat akun
  • borrow: bisa meminjam buku
  • join waitlist: masuk ke antrian untuk meminjam buku, ketika buku sudah dikembalikan, kamu bisa meminjam untuk membacanya.

2. Gutenberg [gutenberg.org]

Project gutenberg juga bisa jadi sumber referensi ketika kamu mencari ebook. Ada lebih dari 60.000 eBooks gratis yang bisa kamu download di sini baik dalam bentuk eBook dan kindle. Sayangnya, situs ini fokus ke buku yang hak ciptanya sudah kedaluarsa di Amerika Serikat.

Diprakarsai oleh Michael S. Hart, situs ini terbuka untuk semua orang yang ingin berpartisipasi melengkapi koleksi buku-buku terbaik yang ada di dunia. Beberapa keunggulan situs ini adalah 100% gratis tanpa perlu mendaftar/membuat akun dan bisa didownload tanpa aplikasi khusus.

3. Library Genesis [libgen.rs]

Dimana mencari ebook, jurnal, dan paper luar negeri?

Situs ini sering jadi andalan mahasiswa untuk mengakses eBook untuk referensi. Tidak hanya buku, ada juga paper dan jurnal akademis yang bisa didapatkan secara gratis. Makannya, kalau mengerjakan skripsi ini sering jadi tempat favorit cari referensi.

Selain itu ada juga komik, majalah, novel, dan audiobook. Tapi perlu diketahui, situs ini sebenarnya illegal, karena buku-buku disini adalah buku bajakan.

Libgen menyebut situsnya sendiri sebagai “link aggregator” dimana situsnya menampilkan link untuk download file buku. Jadi, untuk mendapatkannya tidak perlu membuat akun terelbih dahulu.

4. Bookfi [bookfi.net/bookfi.org]

Seperti libgen, bookfi juga sering menjadi sumber referensi. ada lebih dari 2230.000 buku yang bisa diaksses dari situs ini. situs ini juga non-profit, jadi pengunjung tidak dipungut biaya apapun. Bookfi memiliki misi sebagai bagian dari open source movement dan free-culture movement.

Sayangnya, situs ini ditarik karena illegal. Bahkan dengan menggunakan VPN sekalipun, sekarang situs ini tetap tidak bisa diakses. Bookfi berharap situs ini bisa mendapat dukungan dari akademisi untuk bisa selalu menghadirkan kebebasan mengakses informasi.

5. Zlibrary [z-lib.org, booksc.net, booksc.org]

Bagaimana cara mencari ebook gratis? Kunjungi saja Zlib dan masukkan judul buku yang kamu cari di kolom yang disediakan.

Sering dipanggil Zlib, situs ini adalah perbaruan dari Bookfi atau bookfinder di atas. Beberapa sumber menyebutkan kalau situs ini sebenarnya adalah mirror dari Library genesis atau libgen yang merupakan perpustakaan bayangan.

Di tahun 2022 ini, libgen mengoleksi lebih dari sbelas juta artikel dan 84 juta artikel. Dngan koleksi sebanyak ini, Zlib memanggil dirinya sebagai perpustakaan ebook terbesar di dunia dan tempat penyimpanan artikel saintifik terbesar di dunia.

Z lib mendeskripsikan diirnya sebagai organisasi nonprofit dan berjalan atas donasi yang diberikan.

z library apakah ilegal? Ya, seperti yang sudah dijelaskan, buku di sini adalah buku bajakan, jadi sebenarnya donwload ebook di sini adalah ilegal.

Halaman Selanjutnya
6. Literature.org...

Laman: 1 2 3

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Hanif Mufid

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *