Advertisement

Cara Top Up Saldo DANA Lewat ATM Bank dan Minimarket [Simpel]

Diterbitkan pada
15 September 2022
Waktu membaca
6 Menit

Top up DANA lewat ATM, salah satu metode yang dapat digunakan untuk mengisi saldo DANA. Daftar bank yang dapat digunakan untuk melakukan transfer juga amat banyak sehingga akan semakin memudahkan penggunanya untuk mengisi rekening Dana.

Dengan seiring perkembangkan teknologi beragam inovasi terhadap layanan teknologi keuangan atau fintech telah dikembangkan. Transaksi-transaksi non tunai akan lebih banyak disukai, hal ini yang kemudian juga akan menjadi faktor pendorong bagi perkembangan dompet digital.

Selain itu anda tidak perlu repot-repot harus menyimpan uang dalam jumlah yang besar di dalam dompet jika ingin melakukan pembelian yang banyak.

Berdasarkan peraturan Bank Indonesia terdapat dua jenis uang elektronik dibedakan dari media penyimpanannya. Yang pertama adalah chip based seperti e-money Mandiri atau Brizzi BRI, dan yang kedua adalah media penyimpanan berbasis server seperti dompet digital/eWallet.

Dari data yang dilaporkan oleh Bank Indonesia, saat ini di Indonesia sendiri telah ada kurang lebih 38 aplikasi dompet digital yang memiliki lisensi resmi. Aplikasi dompet digital tersebut juga ada bermacam-macam seperti OVO, GoPay, DANA dan masih banyak lagi.

Jumlah transaksi elektronik yang dilakukan juga terus mengalami peningkatan sejak tahun 2018 dan bahkan diperkirakan akan terus mengalami peningkatan dengan semakin bertambahnya pengguna ponsel pintar di tanah air.

Data iPrice yang dirilis menyatakan bahwa perkembangan dompet digital di Indonesia banyak didominasi oleh para pengembang lokal. Hal ini didukung oleh peran pemerintah dan juga keberhasilan promosi yang telah dilakukan dalam mewujudkan masyarakat Indonesia tanpa uang tunai. GoPay, DANA, OVO dan LinkAja adalah para pemain lokal yang menduduki posisi aplikasi dompet digital dengan jumlah download terbanyak.

DANA dan OVO merupakan dompet digital non pemerintah yang konsisten sebagai dompet digital yang memiliki pengguna aktif bulanan terbanyak. Tipe pelayanan yang diberikan berfokus pada transaksi dan pengiriman uang. Kedua aplikasi ini dijadikan sebagai acuan untuk membantu non bankers dalam melakukan transaksi-transaksi non tunai.

Mengenal Dana

dana

DANA merupakan aplikasi dompet digital dari Indonesia yang mulai diluncurkan pada tahun 2018. Aplikasi ini memberikan layanan pembayaran berbagai macam transaksi meliputi tagihan, e-commerce maupun scan barcode.

Dengan memanfaatkan aplikasi ini para penggunanya akan disuguhkan dengan layanan pembayaran yang praktis, cepat dan aman dengan hanya menyentuhkan ujung jari pada ponsel pintar anda.

DANA memiliki motto “transact safely and easily” dengan memberikan layanan terlengkap berupa kemudahan untuk melakukan transaksi, mengirim uang, melakukan pembelian pulsa, membayar tagihan-tagihan serta melakukan transaksi e-commerce.

DANA juga dilengkapi dengan sistem yang canggih berkelas dunia dengan sistem jaringannya yang diawasi selama 24 jam. Uang yang disimpan di DANA juga dijamin keamanannya dengan garansi uang akan dikembalikan, proses transaksi juga dilakukan dengan menggunakan PIN dan kode OTP.

Ada beberapa keuntungan yang akan dapat anda nikmati saat menggunakan aplikasi ini diantaranya bisa membayar tagihan seperti BPJS atau listrik dengan mudah dan cepat, ada banyak promo menarik seperti diskon dan cashback di merchant yang bekerja sama dengan DANA. Keuntungan berikutnya adalah kemudahan dalam berbelanja online karena DANA juga bekerja sama dengan Bukalapak dan TIX ID.

Keuntungan lainnya adalah anda tidak akan kesulitan untuk menggunakan karena banyaknya kerja sama seperti Alfamart, Ramayana, KFC bahkan Cinema XXI, serta proses pengisian saldo yang sangat mudah yang dapat dilakukan melalui ATM ataupun minimarket.

Untuk dapat menikmati keuntungan-keuntungan dari menggunakan aplikasi maka anda perlu untuk mengisi saldo DANA terlebih dahulu. Jumlah maksimum uang yang dapat disimpan pada akun DANA adalah sebesar sepuluh juta rupiah untuk pengguna premium dan dua juta rupiah untuk pengguna umum. Berikut ini kami akan membahas beberapa metode yang dapat anda gunakan dalam mengisi saldo DANA.

Cara Isi Saldo (Top Up) DANA Lewat ATM Bank

Pengisian saldo melalui ATM bank dilakukan dengan melakukan transfer ke akun virtual bank. Daftar bank transfer yang dapat digunakan untuk melakukan pengisian saldo DANA sangat banyak dari bank pemerintah seperti BNI, Mandiri, BRI, BTN hingga bank swasta seperti CIMB Niaga, BCA, Panin, dan masih banyak lagi.

Pada saat melakukan pengisian saldo melalui ATM, anda akan membutuhkan kode akun virtual atau virtual account. Berbeda dengan transfer uang secara manual, proses transfer menggunakan akun virtual tidak memerlukan konfirmasi pembayaran. Proses transfer dengan menggunakan kode akun virtual banyak digunakan oleh bisnis-bisnis e-commerce karena dinilai lebih praktis dan cepat.

Anda akan mendapatkan nomor id akun virtual yang unik beserta dengan jumlah nominal tagihan yang harus anda bayarkan sehingga menghindari terjadinya kesalahan dalam jumlah transfer.

Pada saat melakukan transfer secara manual proses pembayaran menggunakan rekening bank yang bersangkutan sementara untuk kode akun virtual akan berbeda-beda pada setiap transaksinya.

Langkah-langkah untuk melakukan pengisian saldo dengan cara transfer melalui ATM bank adalah sebagai berikut:

  1. Menjalankan aplikasi DANA terlebih dahulu kemudian memilih menu top up.
  2. Memilih metode pembayaran melalui transfer bank dan memasukkan nama bank yang dimiliki atau akan digunakan untuk mengisi saldo.
  3. Memasukkan kartu ATM ke mesin ATM kemudian menekan 6 digit PIN.
  4. Memilih menu transaksi lainnya pada menu utama, memilih transfer, kemudian ke Rekening Virtual Account.
  5. Masukkan kode akun virtual yang muncul pada aplikasi DANA pada langkah yang pertama.
  6. Memasukkan nominal uang yang akan anda isikan ke aplikasi DANA.
  7. Ikutilah langkah-langkah selanjutnya yang muncul hingga proses pengisian saldo dinyatakan berhasil.

Cara Top Up DANA Melalui Mobile Banking

Tidak hanya top up DANA lewat ATM, proses pengisian saldo DANA juga dapat dilakukan dengan menggunakan mobile banking. Mobile banking atau yang juga dikenal dengan istilah M-Banking merupakan layanan yang disediakan oleh bank-bank untuk nasabahnya dalam rangka melakukan transaksi perbankan melalui smartphone.

Layanan mobile banking diluncurkan pertama kali pada akhir tahun 1995 oleh Excelcom dan mendapatkan respon yang bermacam-macam. Proses peluncuran layanan ini didorong oleh motif bank untuk mendapatkan kepercayaan para nasabahnya yakni dengan memanfaatkan teknologi yang tengah berkembang pada masa itu. Keuntungan yang diberikan layanan ini adalah berupa kemudahan bagi nasabah dalam melakukan transaksi.

Namun demikian keberadaan mobile banking juga memiliki kelemahan diantaranya jumlah pengunjung bank menjadi berkurang serta kerentanan akan terjadinya smishing. Smishing atau SMS phising merupakan bentuk penipuan phising yang dilakukan melalui pesan elektronik.

Penipuan jenis ini biasanya mengatasnamakan pihak tertentu yang ternama untuk mengklik tautan yang berisi malware berbahaya atau laman website yang dibuat oleh pelaku. Di Indonesia layanan mobile banking pertama kali dikeluarkan oleh bank BCA sebagai bank swasta terbesar, yang diberi nama m-BCA. Layanan ini sebenarnya tidak berbeda dengan sms banking namun lebih canggih.

Jika transaksi sms banking hanya bisa dilakukan melalui pesan singkat, mobile banking memiliki fitur yang lebih canggih yang dapat diakses dengan dua cara. Cara yang pertama adalah melalui aplikasi layanan mobile banking yang dapat diunduh terlebih dulu, dan melalui menu provider.

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Wahyu Saputro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *