Cara Cek Bandwidth Internet IndiHome, Sudah Sesuai Sama Paketmu Belum?

Mufid Hanif 30 Sep 2022 5 Menit 0

Penasaran kenapa tiba-tiba internet WIFI jadi lambat? Ikuti cara cek bandwidth internet IndiHome di artikel ini. Kalau tidak sesuai, kamu bisa protes, lho.

Kecepatan internet atau bandwidth ini adalah ukuran seberapa banyak data yang di-download atau di-upload dalam suatu waktu. Biasanya ukurannya adalah MB per second.

Tapi sebelumnya perhatikan juga apakah penggunaan internet sudah melebihi limit FUP. FUP IndiHome (Fair Usage Policy IndiHome) adalah pembatasan bandwidth jika penggunaan data internet sudah melebihi limit quota tertentu.

Jadi, meski kuota internetmu unlimited, ada FUP yang membuat kecepatan menurun. Mungkin bandwidth atau kecepatan internet IndiHome melambat karena terkena FUP? Cek kecepatannya di sini.

1. fast.indihome.web.id

Salah satu cara paling mudah untuk mengetahui bandwidth internet adalah dengan menggunakan website “fast.indihome.web.id”.

Website dari IndiHome ini bisa digunakan untuk test kecepatan dengan cepat dan mudah. Setelah masuk ke website, cukup tekan tombol GO, maka pengujian kecepatan internet akan berlangsung.

Situs pengujian kecepatan akan melakukan pengujian dengan melakukan simulasi download dengan cara men-download data, dan kemudian melakukan upload data.

Cara cek bandwidth internet indihome - fast indihome

Data yang ditampilkan berupa bandwidth download dan bandwidth upload. Selain bandwidth, ada juga informasi mengenai ping dan jitter.

Ping atau latency adalah seberapa cepat sebuah data untuk bisa mencapai server dan kembali ke perangkatmu. sementara jitter, secara sederhana bisa dibilang seberapa besar fluktuasi latency.

Nah, kalau kamu bermain game online dan mengeluhkan respons yang terlambat, salah satu penyebabnya bisa jadi dari ping ini.

Situs ini bisa diakses di: fast.indihome.web.id/

2. speedtest.net

Seperti website bawaan telkom, speedtest.net yang dikembangkan oleh Ookla ini banyak digunakan untuk menguji bandwidth atau kecepatan internet. Bahkan website penguji kecepatan lain juga menggunakan lisensi Ookla.

Sama seperti ketika menguji kecepatan dengan menggunakan fast.indihome.web.id, untuk memulai pengujian, tekan tombol GO.

Cara cek bandwidth internet indihome - speedtest net

Setelah itu, hasil pengujian seperti bandwidth download dan upload akan ditampilkan, berikut dengan data PING.

Oh iya, Ookla menganjurkan untuk menggunakan aplikasi untuk menguji kecepatan. Baik Android, iOS, Windows, MAC, browser chrome, dan Apple TV.

Dengan menggunakan aplikasi native, pengujian kecepatan bisa lebih akurat karena tidak mendapatkan inerferensi dari web browser. Pengukuran bandwidth IndiHome pun bisa lebih akurat

Untuk mengakses situs ini, gunakan alamat speedtest.net/

3. fast.com

Website yang dikelola oleh Netflix ini juga bisa jadi rujukan sebagai cara cek bandwidth internet Indihome. fast.com akan mengukur estimasi kecepatan internet. Dengan berbagai server yang tersebar di seluruh dunia, pengukuran internet yang dilakukan bisa lebih akurat.

Fokus utama website ini adalah mengukur bandwidth download, karena seperti yang kita tahu, kebanyakan pengguna internet lebih banyak mengonsumsi media. Contohnya menonton video di Netflix dan YouTube.

Ketika membuka situs ini, salah satu yang membuatnya cukup banyak digemari adalah tampilannya yang minimalis. Tidak ada iklan maupun hal lain yang muncul di halaman.

Pengujian kecepatan atau bandwidth download pun langsung berjalan begitu situs dibuka. Makannya, situs ini adalah cara cek bandwidth internet yang cukup sering digunakan banyak orang.

Cara cek bandwidth internet indihome - fast

Barulah setelah tombol “show more info” di klik, informasi lain seperti kecepatan upload dan latency/ping akan muncul. Jadi, kecepatan internet IndiHome bisa diketahui secara realtime baik untuk download maupun upload.

Singkat saja, cukup ketikkan di address bar browser fast.com/

4. Google Fiber Speedtest

Mungkin belum banyak yang tahu, tetapi Google sebenarnya juga menyediakan layanan penyedia internet, yaitu Google FIber.

Laman: 1 2 3

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Mufid Hanif
Ditulis oleh

Mufid Hanif

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com