Cara Menyambungkan Internet HP ke Laptop, Tethering Pakai USB & WIFI

Mufid Hanif 27 Sep 2022 4 Menit 0

Ketika laptop tidak mendapatkan WIFI atau WIFI-nya bermasalah, kalian perlu tahu cara menyambungkan internet HP ke laptop. Jadi, laptop kalian bisa kembali mengakses internet.

Ada beberapa cara untuk menghubungkan internet dari HP ke laptop. kalian bisa menyambungkan Internet hp ke laptop dengan kabel data, bisa juga tanpa kabel.

Langsung saja, caranya sebagai berikut.

Cara Menghubungkan Internet HP ke Laptop dengan USB

Ketika menggunakan laptop dan membutuhkan koneksi internet, kita bisa menggunakan HP sebagai penghubung laptop ke jaringan internet.

Jadi tidak harus menggunakan WIFI atau kabel ethernet untuk bisa terhubung ke internet.

Salah satu keuntungan lain dari tethering dengan kabel data adalah HP bisa jadi penerima WIFI untuk laptop. Ini bisa jadi solusi ketika WIFI laptop sedang bermasalah atau kamu tidak tahu password WIFI.

Berbeda dengan tethering WIFI, penggunanya harus mematikan WIFI terlebih dahulu supaya HP bisa jadi penghubung jaringan internet. Jika menggunakan kabel, HP tetap bisa terhubung ke WIFI dan bisa menyalurkan internet dari WIFI ke laptop.

Caranya seperti ini.

Pertama: Hubungkan HP dan Laptop dengan kabel data

Menyambungkan internet hp ke laptop

Agar transfer data internet dapat berlangsung, hubungkan HP dan laptop dengan menggunakan kabel data. Gunakan kabel data bawaan dari pabrikan yang didapatkan ketika pembelian HP. Dengan begitu, transfer data Internet bisa berlangsung optimal.

Kedua: Nyalakan Tethering di HP

Setelah HP dan laptop terhubung melalui kabel data, beberapa merk HP menampilkan pop-up yang memungkinkan penggunanya untuk menyalakan tethering melalui USB.

Tetapi, jika pop up tersebut tidak muncul, ikuti Cara untuk menyalakannya sebagai berikut.

  1. Buka setting/pengaturan HP
    Menyambungkan internet hp ke laptop
  2. Buka hotspot seluler dan penambatan
    Menyambungkan internet hp ke laptop
  3. Nyalakan penambatan USB
    Menyambungkan internet hp ke laptop

Begitulah cara menyambungkan internet HP ke laptop melalui kabel data atau kabel USB seperti yang sudah di share oleh akun YouTube MexMew Chanel.

Pengaturan tethering di masing-masing hp ini bisa berbeda-beda ya. Tetapi pada dasarnya tidak jauh berbeda.

Cara Menghubungkan Internet HP ke Laptop dengan WIFI

Keuntungan cara ini adalah kamu tidak perlu kabel untuk menghubungkannya dengan kabel. Jadi, misalnya kabel data sedang tertinggal gunakan cara ini agar bisa berbagi internet ke teman-teman mu.

Cara menghubungkan internet HP ke laptop dengan menggunakan WIFI juga sebenarnya tidak jauh berbeda. biasanya, letak tethering USB dan tethering WIFI bersebelahan. jadi jika kamu menyimak langkah di atas, mungkin kamu sudah mengetahui bagaimana cara menghubungkan internet HP melalui WIFI.

Pertama: Nyalakan Tethering

Jika Sebelumnya kita menggunakan contoh dari HP Samsung, kali ini contohnya adalah dari HP Realme. Umumnya, tampilan UI dari Realme, Xiaomi, Oppo, dan Vivo tidak jauh berbeda. Jadi, mungkin kamu bisa menggunakan langkah berikut.

  1. Masuk ke pengaturan, Tap “Sambungan Nirkabel Lainnya”
    Menyambungkan internet hp ke laptop
  2. Buka “Hotspot Pribadi”
    Menyambungkan internet hp ke laptop
  3. Nyalakan Hotspot Pribadi. Di situ juga bisa dilihat nama jaringan dan password WIFI yang dibagikan dari HP tersebut.
    Menyambungkan internet hp ke laptop

Selesai, dengan mengikuti cara menyalakan WiFi Pribadi /WiFi tethering / Penambatan Wifi seperti cara di atas, kamu bisa menyambungkan internet dari HP ke laptop. Cara tersebut sebelumnya sudah dibagikan oleh MexMew Chanel.

Pabrikan lain mungkin sedikit berbeda untuk membuka berbagi jaringan di atas. Misalnya untuk HP Samsung kamu bisa mengikuti langkah yang sebelumnya sudah dibagi di cara USB tethering. Oh iya, di HP Samsung namanya juga berbeda, yaitu Hotspot Pribadi.

Kedua: Nyalakan WIFI dan hubungkan

Setelah HP berhasil menjadi sumber WIFI Hotspot, nyalakan WIFI di laptop dan masuk ke jaringan WIFI yang sebelumnya sudah dibuat dari HP.

Selesai, sekarang laptop bisa terhubung ke Internet melalui HP. Tapi jangan lupa, kalau menggunakan internet dari data seluler, kuota internet bisa habis. Kecuali kalau pakai paket data unlimited, ya.

Jadi, batasi penggunaan untuk YouTube dan ikuti tips menghemat kuota internet agar tidak cepat habis lainnya.

Aplikasi Penghubung Internet HP ke Laptop

Jika mengalami kendala ketika menghubungkan hp ke laptop, bisa mencoba aplikasi lain yang bisa menghubungkan internet HP ke laptop.

Berikut beberapa aplikasi yang bisa menghubungkan internet HP ke laptop.

1. PDA Net +

Menyambungkan internet hp ke laptop

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Mufid Hanif
Ditulis oleh

Mufid Hanif

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com