Cara Transfer ke Sesama OVO Pakai QR Code Lewat Fitur QRIS

Anisa Juniardi 28 Sep 2022 4 Menit 0

Bagaimana cara transfer ke sesama OVO pakai QR Code? Skema atau langkah-langkahnya sama seperti ketika melakukan pembayaran menggunakan QRIS.

Ya, setelah OVO launching di seluruh marketplace unicorn di Indonesia, skala pelayanan dan fitur di dalamnya pun mulai ditingkatkan.

Sekarang pengguna tidak perlu khawatir lagi bila ingin mengirim uang, membayar tagihan belanja, investasi, menabung emas, dan melakukan beberapa praktik keuangan lainnya.

Eits, tapi jangan lupa ya untuk upgrade ke OVO premier agar dapat mengakses seluruh layanan yang disediakan oleh aplikasi besutan Lippo Group ini.

Metode Transfer di OVO

Metode transfer di OVO bisa dilakukan melalui 4 cara:

  1. Menggunakan nomor telepon untuk mengirim saldo sesama pengguna OVO
  2. Memasukkan nomor rekening untuk transfer ke rekening bank pihak penerima
  3. Scan QR code lewat fitur QRIS
  4. Melelaui fitur “Loyalty” dengan menunjukkan kode barcode ke kasir ketika membayar barang hasil belanja. Tidak berlaku untuk top up isi saldo OVO di Indomaret, Alfamart, dan aktivitas serupa ya!

Jadi walaupun terdapat menu “Transfer”, akan tetapi pengguna bisa menemukan beberapa metode lainnya ketika tap fitur “QRIS” di OVO yang terletak di tengah tampilan bagian paling bawah.

Cara Transfer ke Sesama Pengguna OVO dengan QR Code

Cara transfer ke sesama OVO pakai QR Code sama persis ketika menggunakan fitur QRIS di aplikasi mobile banking seperti BSI, BCA, BRI, dan lain-lain.

Sebelum melakukan transfer, pastikan QR Code sudah tersedia dengan cara klik profile pada aplikasi OVO > klik QR Code pada menu OVO ID

Kemudian buat kamu yang ingin mengirim uang antar OVO user, berikut cara paling mudah!

  1. Buka aplikasi OVO
    Kirim saldo ke pengguna ovo pakai qr code
  2. Masukkan security pin OVO yang terdiri dari 6 digit angka
    Menu qr code ovo
  3. Begitu masuk halaman utama, klik fitur QRIS Scan
    Cara pakai qr code ovo untuk transfer ke sesama pengguna
  4. Posisikan kamera ke QR Code yang diinginkan sampai ter-record,
    Cara mengirim saldo ke pengguna ovo pakai fitur qr code
  5. Masukkan nominal yang akan dikirim dan klik Lanjutkan
    Metode pembayaran ovo cash untuk transfer
  6. Pilih metode pembayaran (OVO cash) dan klik Bayar

Dengan begitu, saldo pun terkirim ke akun teman kamu.

Kelebihan Transfer pakai QR Code OVO

Pertama, kelebihan transfer menggunakan QRIS di aplikasi OVO yakni dapat dipakai untuk mengirim uang dalam mode jarak jauh atau bermodal screen shoot QR Code.

Gimana nih maksudnya? Jadi, sesama pengguna OVO tidak harus saling bertemu atau bertatap muka bila ingin mentransfer sejumlah saldo di dompet digital.

Pihak penerima hanya perlu mengirim screen shoot QR Code miliknya, kemudian pengirim membuka fitur QRIS dan klik ikon picture guna menambahkan gambar dari galeri HP saja.

Nantinya sistem akan memindai secara otomatis dan pengguna bisa langsung memasukkan nominal yang ingin diberikan ke akun OVO milik penerima.

Kedua, QRIS di aplikasi OVO juga sudah dilengkapi fitur lighting yang berguna untuk memindai atau scan QR Code selama berada di tempat yang gelap dan sulit terdeteksi kamera.

Pengguna pun tak perlu cemas lagi untuk memindai QR Code di malam hari. Oh iya, transfer ke sesama pengguna OVO juga bebas biaya admin lho!

Ketiga, tidak ada biaya admin. Singkatnya, pengguna tidak perlu membayar tarif pelayanan yang harus dipotong dari sisa saldo di OVO cash.

Keempat, QRIS OVO dapat dipakai untuk beragam keperluan. Mulai dari bayar makanan di mal, membeli barang secara online, bayar tiket wisata, bayar parkir, memberikan bantuan sosial, dan masih banyak lagi.

Kekurangan Transfer Lewat QR Code OVO

Walaupun fitur QRIS pada aplikasi OVO memberikan sejumlah keuntungan bagi pengguna, akan tetapi ada beberapa kesalahan teknis yang biasanya menimpa pengguna.

Khususnya pengguna Android OS 5 ke bawah!

  • Beberapa pengguna kesulitan scan QR Code parkir dan penyebabnya pun belum bisa diketahui secara pasti, sehingga harus memasukkan nomor tiket atau barcode parkir secara manual
  • Aplikasi OVO termasuk cukup sensitif ketika digunakan. Sebab dalam beberapa detik saja, pengguna harus kembali login dengan memasukkan pin OVO, sedangkan ritme aktif penggunaan tidak bisa diatur sendiri
  • Transfer menggunakan QR Code juga dibatasi untuk transaksi maksimal Rp20.000.000,00 per harinya, sehingga pengguna yang hendak membeli barang mewah nan mahal, tidak bisa leluasa menggunakannya.
  • Metode pembayaran menggunakan QR Code juga hanya bisa dilakukan melalui OVO Cash. Sedangkan OVO point hanya bisa dipakai untuk belanja dan keperluan lain.

Penyebab Gagalnya Kirim Saldo antar Pengguna OVO

Jika kamu sudah menerapkan panduan lengkap cara transfer ke sesama OVO pakai QR Code dengan benar, akan tetapi masih gagal juga, mungkin inilah penyebabnya!

  1. OVO belum diperbarui atau di-update sehingga terjadi crash berulang kali yang memaksa pengguna harus menghentikan atau keluar aplikasi
  2. Belum upgrade ke OVO Premier dan masih menggunakan OVO Club.
  3. Saldo atau OVO cash tidak mencukupi untuk proses transfer
  4. Kecepatan internet berjalan lambat. Perlu diketahui, menggunakan OVO memerlukan sinyal internet yang stabil dan tentu saja kuota yang memadai
  5. Walaupun ada pemberitahuan mengenai “tip” saat membayar atau mengirim sejumlah saldo tambahan sebagai bentuk apresiasi ke penerima, akan tetapi fitur tersebut hanya ditampilkan tanpa bisa digunakan. Sekali pun sudah upgrade ke level OVO Premier.

Setiap kali ingin transfer ke sesama pengguna OVO menggunakan QRIS harus upgrade ke OVO Premier. Namun bila pengguna tetap ingin pakai QR Code untuk transfer saldo ke aplikasi yang sama, maka harus melalui perantara ketiga yang menyediakan metode pembayaran QR Code atau QRIS.

Trik tersebut sepintas sama dengan cara transfer ShopeePay ke OVO tanpa harus verifikasi akun terlebih dahulu, sehingga waktu dan kuota internet yang diperlukan juga lebih banyak.

Tips Agar Transfer ke Pengguna OVO Sukses

Supaya transfer antar pengguna berjalan lancar dan sukses, ikuti beberapa tips cara transfer ke sesama OVO pakai QR Code di bawah ini!

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Anisa Juniardi
Ditulis oleh

Anisa Juniardi

I love being I am. Menulis dan membaca pada ruang yang telah disediakan oleh Tuhan. Iya. Saya seorang content writer SEO dan yeaah.. here we go

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com