image

10 Aplikasi Kasir Gratis Terbaik dan Manfaatnya untuk Usaha

aplikasi kasir gratis terbaik

Aplikasi Kasir Gratis adalah salah satu hal yang perlu kamu cari ketika hendak membuka suatu usaha seperti restoran, warung makan, warung kelontong biasa, maupun jenis usaha yang lain. Hal ini akan sangat memudahkan anda untuk mengecek berbagai perkembangan penjualan usaha yang anda miliki.

Selain itu, dengan menggunakan aplikasi ini rekap penjualan akan sangat mudah terhitung tanpa harus merekam secara manual. Menggunakan aplikasi seperti ini juga dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi pembeli.

Aplikasi Kasir Gratis Terbaik

image

Aplikasi Kasir Gratis sebagai buah manis dari teknologi nyatanya memang sangat dibutuhkan. Berikut adalah beberapa aplikasi kasir terbaik yang kami rekomendasikan. Poin pentingnya, aplikasi yang kami rekomendasikan tentu saja gratis dengan berbagai fitur yang  sangat mendukung kemudahan usahamu. Berikut adalah 10 aplikasi tersebut:

1. Moka

Aplikasi ini menggunakan sistem operasi cloud yang dapat anda akses dimana saja dalam keadaan apapun. Selain itu, satu hal yang menarik adalah fitur pemantauan transaksi secara live.

Sebab dasarnya yang menggunakan cloud, maka anda juga dapat mengintegrasikan semua cabang outlet usaha anda jika anda memiliki usaha lebih dari satu tempat.

Selain itu, aplikasi ini juga dapat dihubungkan pada beberapa printer tertentu untuk mencetak struk yang dibutuhkan. Jika anda tidak ingin menggunakan printer, struk juga bisa dikirim melalui WA maupun email pelanggan.

2. Omega

Keunggulan dari aplikasi ini adalah dapat dipakai untuk mengecek stok dan ketersediaan barang dari beberapa cabang yang kamu miliki. Selain itu, aplikasi ini bahkan dapat digunakan sebagai perangkat analisa terhadap kecenderungan keinginan pelanggan yang

3. Olsera

Seperti halnya Moka, dan Omega, Olsera juga menggunakan sistem kerja dengan menggunakan Cloud, sehingga mobilisasi bisnis dapat diakses sangat mudah semaunya.

Namun kerennya, ketika offline pun, anda masih bisa memakai aplikasi ini, karena data yang masuk akan tetap tersimpan secara otomatis.

Sayangnya, masa percobaan yang diberikan oleh aplikasi ini hanya selama 2 minggu. Setelahnya anda perlu membayar jika masih ingin menggunakan aplikasi ini.

4. Loyverse

Siapa yang tidak terganggu, jika dalam menggunakan aplikasi, terlalu banyak iklan yang muncul? Yaps! Loyvers Pos ini pasti akan menjadi idaman anda karena aplikasi ini meskipun gratis, tetap bebas dari berbagai iklan yang bisa mengganggu transaksi anda.

Biarpun gratis, namun aplikasi ini sama sekali tak biasa loh. Dia memiliki fitur-fitur keren yang tidak ada duanya di aplikasi lain.

Aplikasi ini menyediakan fitur analisa penjualan yang dapat digunakan untuk menganalisis kecenderungan pembeli pada barang-barang yang anda jual berdasarkan catatan pembelian terbanyak secara harian sampai bulanan.

Seperti halnya aplikasi sebelumnya, Loyverse Pos juga menggunakan sistem Cloud sebagai penyimpanan, sehingga dapat diakses dimana saja.

Baca juga:
Pengertian Waralaba: Arti, Jenis, Tipe, Kelebihan dan Kekurangan

5. Cazh

Jika anda menyukai hal-hal sederhana dan terlalu malas mempelajari hal baru yang rumit, anda cocok dengan aplikasi Cazh Pos ini. Cazh Pos tersedia dengan tampilan sederhana dengan berbagai fitur yang cukup lengkap.

Aplikasi ini dapat anda gunakan secara cuma-cuma, namun untuk dapat mengakses seluruh fasilitas layanan dalam aplikasi ini, anda perlu mengupgragednya pada mode berbayar.

Fasilitas ini sangat cocok pada bisnis apapun loh, bahkan termasuk bisnis cuci mobil, salon, laundry, bahkan studio musik.

Anda juga dapat menggunakan ini untuk pembayaran tagihan-tagihan secara online seperti tagihan Telkom, listrik PLN, PDAM, dan juga pulsa.

6. Kasir Pro

Dengan tampilan yang unik, anda pasti menyukai aplikasi ini. Aplikasi keluaran Kasuari Network ini sangat cocok untuk berbagai usaha UMKM apalagi usaha di bidang kuliner.

Aplikasi ini tentu saja gratis, dan kabar baiknya, Kasir Pro juga bebas iklan loh. Aplikasi ini juga dapat dijalankan secara offline, karena ketika anda kembali online, aplikasi ini akan secara otomatis mensinkronkan data-data yang telah masuk ke Cloud.

7. Kasir Laundry – Cleanlab Pos

Setelah sebelumnya membahas berbagai aplikasi kuliner, sekarang kita bahas aplikasi kasir yang secara khusus sangat pas digunakan untuk anda yang sedang membuka usaha laundry.

Aplikasi Cleanlab Pos adalah sebuah aplikasi yang diperuntukkan khusus bagi anda yang membuka sebuah usaha laundry, sehingga anda dapat mengelola usaha laundry anda dengan lebih mudah dan paraktis.

Aplikasi ini dapat anda akses dengan mudah di android, sehingga tidak perlu ribet membuka PC. Jika anda memiliki outlet laundy lebih dari satu tempat, anda bisa memantau perkembangan bisnis laundry anda secara lebih mudah.

Seperti halnya aplikasi sebelum-sebelumnya, aplikasi ini juga terintegrasi secara online, sehingga dapat anda pantau kapanpun dan di manapun.

Baca juga:
7 Plugin Ongkos Kirim Terbaik untuk Toko Online (Hitung Otomatis)

8. Myprofit

Jika anda mencari aplikasi gratis yang tidak ada batasannya baik dalam segi waktu maupun jumlah transaksi, anda pasti akan jatuh cinta dengan aplikasi ini, karena aplikasi ini juga gratis selamanya.

Aplikasi ini memang cukup kompleks dengan berbagai fitur canggih yang dihadirkan, karena dapat melihat neraca perdagangan usaha anda beserta arus kasnya juga.

Aplikasi ini memang terdiri dari 2 sistem, yaitu sistem penjualan serta sistem layanan perkembangan usaha. Untuk anda yang ingin mencetak struk pembelian, anda juga dapat menyambungkannya dengan printer menggunakan jaringan bluetooth.

9. Simplify

Salah satu hal yang menarik dari aplikasi ini adalah metode pembayarannya yang sangat beragam. Pelanggan anda dapat membayar produk yang mereka beli menggunakan berbagai uang elektronik melalui gopay, OVO, atau juga melalui uang tunai.

Tak tanggung-tanggung, pelanggan juga bisa melakukan pembayaran menggunakan debit card loh melalui aplikasi ini.

Aplikasi ini juga simple dan mudah digunakan, jadi sangat pas bagi anda yang usahanya masih sederhana dan baru. Aplikasi ini juga memiliki berbagai fitur unggulan tak hanya fitur kasir biasa, yaitu manajemen bisnis anda baik pada karyawan maupun produk anda.

10. Pawoon

Aplikasi terakhir yang kami rekomendasikan adalah aplikasi Pawoon ini. Aplikasi ini sangat memberikan kemudahan yang efektif untuk kamu berbisnis. Tentu saja kamu dapat memantau perkembangan bisnismu bahkan sambil liburan di luar negeri sekalipun, karena aplikasi ini terintegrasi dengan Cloud.

Selain hasil penjualan, kamu juga sekaligus dapat mengetahui keuntungan dari usaha yang kamu bangun melalui android atau bahkan PC.

Pelanggan dapat membayar menggunakan berbagai jenis pembayaran mulai dari pembayaran tunai, Gopay, DANA, LinkAja, OVO, bahkan kartu kredit.

Baca juga:
10 Aplikasi Pembukuan dan Keuangan Terbaik Serta Manfaatnya

Cara Memilih Karyawan Frontliner yang Jujur untuk Pegang Kasir

Selain aplikasi kasir, karyawan yang bertanggung jawab di kasir juga berpengaruh pada arus keluar masuknya keuangan usaha anda. Tanpa memiliki karyawan frontliner yang terpercaya, arus keuangan usaha anda tidak cukup untuk anda pantau melalui aplikasi saja.

Hal itu juga berpengaruh pada kesuksesan usaha anda. Jangan sampai karena salah memilih karyawan, usaha anda justru malah terbengkalai dan sekarat di titik sana-sini.

Berikut kami berikan beberapa tips untuk memilih karyawan kasir yang loyal dan dapat dipercaya:

1. Kenali dengan baik karakter dan sifat yang dimiliki

Karakter adalah salah satu komponen paling kuat yang dapat membatasi seorang karyawan loyal atau tidak dengan bosnya. Bahkan keahlian yang dimiliki tidak sebanding dengan karakter ini.

Keahlian dan kesesuaiannya terhadap kualifikasi yang anda berikan, dapat anda kesampingkan lebih dulu. Jika karakternya tidak baik, bisa-bisa malah keuangan kasir anda bukannya untung dan mengalir deras justru malah jebol.

2. Komitmen

Setelah karakter, pahami komitmen kerjanya. Apakah dia benar-benar serius terhadap pekerjaan yang anda tawarkan, atau hanya iseng dan hanya menganggapnya untuk mengisi waktu luang tanpa keseriusan yang jelas.

Komitmen ini tidak hanya bisa anda nilai dari pengalaman kerja yang dia dapat dari banyak tempat, namun bisa jadi pengalaman kerjanya yang berpindah-pindah itu justru menunjukkan ketidaksetiaannya pada tempat dia bekerja.

Ketika anda mendapatkan calon karyawan yang seperti ini, pastikan anda mengetahui alasannya keluar dari beberapa tempat kerja sebelumnya.

3. Pengalaman kerja dan kualifikasi yang sesuai

Memilih karyawan, tentu perlu menyesuaikan dengan kualifikasi yang anda butuhkan sesuai posisi karyawan yang hendak diisi sehingga anda dapat paham betul bahwa orang yang anda rekrut dapat melaksanakan pekerjaannya tanpa terlalu banyak memberikan pelatihan.

Seseorang yang memiliki pengalaman kerja yang baik juga tentu memiliki nilai plus tersendiri, karena kemampuannya sudah pernah terbukti di tempat sebelumnya ia bekerja. Jadi, ia sudah paham soal apa yang harus dan tidak boleh ia lakukan sesuai bidang pekerjaannya.

4. Usia

Ketika anda hendak mempekerjakan karyawan, ada baiknya anda mempertimbangkan soal usia ini.  Memiliki karyawan dengan usia prima tentu akan sangat membantu bisnis anda karena semangatnya dalam bekerja yang masih tinggi juga energik.

Mobilitasnya juga dapat lebih mudah dan lincah, sehingga pada jam-jam yang padat, karyawan dalam usia prima ini dapat sangat diandalkan.

5. Berikan masa percobaan

Sebelum menerima dan mempekerjakan seorang karyawan sepenuhnya, satu hal yang penting adalah memberikan masa percobaan. Hal ini untuk mendalami karakter calon karyawan beserta kecakapannya dalam bekerja.

Biasanya masa percobaan ini diberikan selama tiga bulan, lalu anda sebagai bos dapat menentukan apakah lanjut mempekerjakannya atau memberhentikannya dengan melihat kinerjanya selama masa percobaan.

6. Berikan tes

Anda juga dapat memberikan tes kepada calon karyawan anda sebagai mini riset, agar anda mengetahui sejauh mana kemampuan calon karyawan anda.

Selain itu, anda juga dapat memberikan serangkaian tes yang dapat menunjukkan karakter dan prinsip calon karyawan yang melamar. Sehingga, anda tidak akan tertipu hanya karena curriculum vitae yang dibawa oleh pelamar.

Karyawan yang berkualitas memang dapat menjadi faktor pendukung kemajuan bisnis yang anda miliki. Jadi, pastikan anda memikirkan dengan matang semua komponen yang anda perlukan untuk melakukan bisnis ya, agar bisnis yang anda jalankan dapat berjalan dengan baik dan mendapat laba yang menggiurkan.

Selain karyawan, berbagai piranti yang anda gunakan apalagi yang ada hubungannya erat dengan arus keuangan juga memiliki urgensi tersendiri demi kejelasan arus keuangan bisnis anda.

Aplikasi kasir gratis telah kami jelaskan beserta tips-tips untuk merekrut karyawan yang loyal pada perusahaan anda. Kemajuan bisnis tidak hanya ditentukan dari strategi pemasaran yang anda lakukan maupun kualitas produk yang anda tawarkan, namun juga hal-hal lain seperti pengelolaan arus keuangan bisnis anda.

image
image
Related Article

Cara Cek Resi GoSend Live Tracking untuk Kirim Barang Sehari Sampai

Buat yang suka kirim barang instan, seringkali kamu akan membutuhkan cara cek resi GoSend (live tracking). Entah itu checkout dari Tokopedia, Shopee, atau juga kirim barang sendiri. Dalam tulisan ini, kamu akan menemukan informasi berguna seputar: Mengenali apa itu GoSend dan jenis layanan yang ditawarkan, Bagaimana cara melacak kiriman GoSend sudah sampai mana. Namun sebelum […]

Ekspedisi /
8 Maret 2021

11 Jasa Kurir Terbaik di Indonesia: Harga Murah dan Pengiriman Cepat [Komplit]

Bagi seller, memilih jasa kurir terbaik merupakan pekerjaan yang agak tricky. Dalam artian, sebenarnya semua ekspedisi di Indonesia terbilang cukup bagus. Tetapi tergantung pada pembeli, apakah mereka suka atau tidak. Bahkan hal-hal sesimpel apakah mas-mas kurir yang mengantar ramah atau tidak, itu juga menjadi acuan pembeli. Dan pada akhirnya, pembeli-lah yang menentukan. Nah kali ini, […]

Ekspedisi /
8 Maret 2021

Cara Cek Nomor dan Pulsa XL Mudah dan Komplit

Cek nomor XL merupakan hal lumrah untuk dilakukan bagi para pengguna provider GSM XL. Ada banyak alasan mengapa seseorang ingin mengecek nomor telepon yang Ia gunakan. Kemungkinan yang paling sering adalah nomor telepon tersebut dibutuhkan untuk suatu identitas ataupun untuk keperluan lainnya. Jika pernah mencatat nomor telepon sendiri bukan berarti hal tersebut terlepas dari kemungkinan […]

Tips & Trik /
4 Maret 2021