Advertisement

Cara Pakai OVO Point Dengan Mudah Untuk Belanja

Diterbitkan pada
03 Maret 2021
Waktu membaca
6 Menit

Cara pakai OVO point ada berbagai macam, anda bisa menggunakannya untuk melakukan transaksi pembayaran di merchant-merchant yang memiliki kerja sama dengan OVO atau untuk memperoleh penawaran khusus.

Dengan seiring perkembangan teknologi berbagai inovasi terhadap layanan teknologi keuangan atau fintech telah dikembangkan salah satunya dalam bentuk e-money. Proses pembayaran transaksi-transaksi dapat dilakukan dengan cara non tunai dengan cara memanfaatkan jaringan internet.

Hal ini yang kemudian juga akan menjadi faktor pendorong bagi perkembangan teknologi dompet digital. Anda akan disuguhkan dengan berbagai macam kenyamanan berupa fleksibilitas dan aksesibilitas yang tak memiliki batas. Sehingga anda tidak perlu repot-repot harus menyimpan uang dalam jumlah yang besar di dalam dompet jika ingin melakukan pembelian yang banyak.

Berdasarkan peraturan yang diterbitkan Bank Indonesia terdapat dua jenis uang elektronik yang dibedakan dari media penyimpanannya. Pertama adalah chip based seperti e-money Mandiri atau Brizzi BRI, dan yang kedua adalah media penyimpanan berbasis server seperti dompet digital. Dari data yang dihimpun dan dilaporkan oleh Bank Indonesia, saat ini di Indonesia sendiri telah ada kurang lebih 38 aplikasi dompet digital yang memiliki lisensi resmi.

Aplikasi dompet digital tersebut juga ada bermacam-macam seperti OVO, GoPay, DANA dan masih banyak lagi. Jumlah transaksi elektronik yang dilakukan juga terus mengalami peningkatan sejak tahun 2018 dan bahkan diperkirakan akan terus mengalami peningkatan dengan semakin banyaknya masyarakat yang menggunakan smartphone.

Data iPrice menyebutkan bahwa perkembangan dompet digital di Indonesia banyak didominasi oleh para pengembang lokal. Hal ini didukung oleh adanya peran pemerintah dan juga keberhasilan promosi yang telah dilakukan dalam mewujudkan masyarakat Indonesia tanpa uang tunai. GoPay, DANA, OVO dan LinkAja adalah empat besar pemain lokal yang menduduki posisi aplikasi dompet digital dengan jumlah download terbanyak.

OVO adalah salah satu layanan dompet digital yang dibesut oleh LippoX dari Grup Lippo. Meluncur pertama kali pada tahun 2017 di bawah PT Visionet Internasional dan menjalin kerja sama dengan perusahaan Lippo lainnya seperti Hypermart.

Namun demikian OVO adalah aplikasi yang didesain sebagai open platform sehingga pada 2018 OVO memperluas jaringannya dengan cara melakukan kerja sama pada beberapa perusahaan penting di Indonesia seperti Alfamart, Grab, Moka dan bank Mandiri.

Upaya untuk memperluas jaringan pengguna ini semakin nyata dengan kerja yang dilakukan bersama Tokopedia. Dengan banyaknya basis pengguna aktif Tokopedia, kerja sama ini terbukti mampu meningkatkan pertumbuhan pangsa dari OVO hingga mencapai tujuh puluh persen.

Hingga kini OVO telah dimanfaatkan di kurang lebih 303 kota seluruh Indonesia bahkan mencapai Sabang dan Merauke dengan 77 persen penggunanya justru berada di luar Jabodetabek.

Baca juga:
Cara Daftar Mobile Banking dan SMS Banking BCA dengan Mudah

Apa itu OVO Point?

Sebelum membahas tentang cara pakai OVO point, OVO merupakan aplikasi yang memberikan layanan pembayaran secara online menggunakan saldo OVO atau OVO cash. Dari penggunaan saldo inilah maka anda akan dapat memperoleh OVO point.

OVO point merupakan loyalty rewards yang diberikan kepada para pengguna setia aplikasi OVO pada saat melakukan transaksi-transaksi di merchant yang bekerja sama dengan mereka. Program loyalty rewards adalah program yang ditujukan untuk menjaga kelangsungan hidup perusahaan dengan memberikan penghargaan kepada para pelanggan setianya. Para pelanggan setia ini akan mendapatkan akses untuk mendapatkan produk suatu perusahaan melalui voucher atau produk gratis.

OVO point adalah reward yang diberikan kepada pelanggan setia dalam bentuk cashback. Untuk satu OVO point memiliki nilai satu rupiah yang bisa didapatkan dengan cara melakukan transaksi minimal sepuluh ribu rupiah di merchant-merchant OVO. Berbeda dengan saldo, OVO point tidak dapat ditransfer ke bank ataupun ke sesama pengguna OVO.

OVO point dapat digunakan untuk melakukan transaksi seperti berbelanja di Tokopedia, membeli pulsa melalui aplikasi OVO, membayar Grab maupun bertransaksi di tempat-tempat yang memiliki tanda OVO zone.

Metode pembayaran dengan menggunakan OVO point juga tidak bisa digabung dengan promo-promo lainnya yang ada dalam aplikasi. Jika anda melakukan transaksi dengan menggunakan OVO point maka anda tidak akan lagi mendapatkan cashback berupa OVO point. Masa berlaku untuk setiap OVO point adalah 18 bulan sejak OVO point tersebut diterbitkan.

Untuk cara pengisian saldo OVO cash dapat dilakukan melalui minimarket, Booth OVO, merchant dan bank. Pengisian saldo melalui bank dapat dilakukan melalui mobile banking, internet banking dan mesin ATM. Bank yang bisa digunakan untuk melakukan pengisian diantaranya Mandiri, BRI, BNI, dan ATM BCA dan berbagai bank lainnya.

Cara pengisian untuk masing-masing ATM juga berbeda-beda. Sebagai contoh pada ATM BCA menggunakan menu BCA virtual account, ATM Mandiri menggunakan menu e-commerce, serta pada ATM BNI dan BRI menggunakan menu transfer bank Nobu.

Pengisian saldo melalui minimarket dapat dilakukan di Alfamart dan Indomaret dengan biaya penanganan sebesar seribu rupiah. Sedangkan pengisian pada merchant dapat dilakukan melalui Grab dan Tokopedia. Untuk pengisian via Grab tidak dibebani biaya, anda hanya perlu menghubungi mitra pengemudi dan membayarnya dengan uang tunai kepada mitra pengemudi tersebut.

Pengisian melalui Tokopedia dapat dilakukan melalui berbagai cara, jika menggunakan kartu debit maka akan dibebani biaya sebesar 1,5 persen dari nominal top up. Sementara jika melalui kode akun virtual, pembayaran instan atau transfer bank dibebani biaya seribu rupiah. Jumlah minimal isi ulang menggunakan Tokopedia juga sama dengan pengisian via minimarket yakni sebesar 50 ribu rupiah.

Baca juga:
Cara Buka Rekening Online Bank BCA, BRI, Mandiri dan Jenius

Manfaat Menggunakan OVO Point

Banyak manfaat yang akan anda dapatkan dengan menggunakan OVO, salah satu fitur yang menarik adalah poin berlipat dalam bentuk OVO point yang bisa anda gunakan lagi untuk berbelanja. Selain OVO point ada juga beberapa fitur yang ditawarkan diantaranya:

  • Jika anda telah berhasil mengumpulkan banyak poin maka anda akan mendapatkan berbagai macam penawaran dan promo yang menarik.
  • Cara pakai OVO point yang sudah anda peroleh juga dapat dilakukan diberbagai mitra yang bekerja sama dengan OVO. Anda tak perlu khawatir di mana harus menggunakannya karena OVO sudah memiliki banyak mitra yang tersebar luas di seluruh Indonesia.
  • Sebagaimana halnya aplikasi dompet digital, anda tak perlu repot membawa uang cash dalam jumlah banyak ataupun mengantre di depan mesin ATM demi membayar transaksi.
  • Anda juga bisa mengatur pengeluaran dan pemasukan anda dari riwayat transaksi, berbeda dengan saat anda membayar menggunakan uang cash.

Ada berbagai cara dalam melakukan pembayaran dengan menggunakan OVO, pertama adalah dengan melakukan scan barcode di mitra-mitra OVO. Anda cukup memilih menu scan pada halaman utama dan mengarahkan ponsel anda pada barcode tagihan. Anda bisa melakukan pembayaran layanan sehari-hari seperti listrik, pulsa, BPJS dan masih banyak lagi. Menu ini berada pada halaman utama dari aplikasi sehingga anda tidak akan kesulitan mencarinya.

Berikutnya adalah melakukan transfer ke sesama pengguna OVO, namun layanan ini hanya tersedia bagi pengguna OVO Premier. OVO sendiri memiliki dua jenis layanan keanggotaan yakni OVO Club dan OVO Premier, OVO Club bisa langsung anda dapatkan begitu mendaftar aplikasi sedangkan untuk menikmati layanan Primer harus melakukan upgrade terlebih dahulu.

Proses upgrade keanggotaan Club menjadi Premier dapat dilakukan dengan mengunggah foto KTP atau mengunjungi kios OVO terdekat. Keuntungan yang diperoleh dengan menjadi anggota Premier adalah jumlah dana maksimal yang bisa disimpan menjadi sepuluh juta.

Sementara jika menjadi anggota Club jumlah dana maksimal hanya satu juta rupiah. Cara pembayaran berikutnya adalah dengan fitur Deals, merupakan fitur yang menyediakan info dan promo menarik dan terakhir adalah pembayaran dengan menggunakan OVO point.

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Wahyu Saputro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *