Samsung Pay: Cara Menggunakan, Fitur, dan Keunggulannya!

Anisa Juniardi 10 Nov 2022 3 Menit 0

Samsung Pay adalah alat pembayaran elektronik yang dapat digunakan pengguna untuk melakukan berbagai macam transaksi; baik debit, kredit, maupun menggunakan loyalty card dalam satu e-wallet.

Aplikasi ini resmi diluncurkan pada 2019 lalu di Indonesia dengan menyuguhkan beragam fitur andalannya untuk memanjakan Samsung user.

Pengguna bisa mengunduhnya di Google Play Store dan memasangnya seperti aplikasi lain. Namun perlu diketahui bahwa Samsung Pay tidak seperti DANA, OVO, GoPay, LinkAja, tetapi mengintegrasikan seluruh dompet virtual tersebut.

Bagaimana cara menggunakannya untuk belanja online atau membayar beberapa tagihan?

Tentang Samsung Pay

Samsung Pay diluncurkan oleh perusahaan asal Korea, Samsung Electronics untuk memudahkan pengguna dalam melakukan berbagai aktivitas yang berkaitan erat dengan bidang ekonomi.

Di Inggris sendiri, Samsung Pay biasa dipakai untuk tap in dan out saat menaiki transportasi atau menggunakan layanan TFL (Transport of London) seperti bus, kereta bawah tanah, dan sebagainya.

Sedangkan di Amerika, Samsung Pay sudah bekerja sama dengan beberapa lini sebagai alat pembayaran. Misalnya di bagian kasir pom bensin yang menyediakan scan kartu.

Jadi penggunannya hampir sama seperti cara menggunakan fitur QRIS untuk melakukan pembayaran tertentu.

Samsung Pay di Indonesia belum terintegrasi dengan bank atau perusahaan lain yang memberikan akses terhadap layanan kartu debit maupun kredit, tetapi baru penyedia layanan dompet virtual seperti GoPay, DANA, dan lain-lain.

Cara Mengaktifkan Akun Samsung Pay

Sebelum membayar barang belanjaan menggunakan Samsung Pay, pastikan kamu sudah mengaktifkannya terlebih dahulu!

  1. Buka Samsung Store dan ketik “Samsung Pay” lalu klik Instal
    Samsung pay indonesia

    Credit photo: trustedreviews. Com

  2. Klik Get Started
    Samsung pay apk download

    Credit photo: trustedreviews. Com

  3. Pilih metode autentifikasi (contoh gunakan sidik jari atau pin untuk memverifikasi)
    Samsung pay buat apa

    Credit photo: trustedreviews. Com

  4. Pilih metode pembayaran yang tersedia dan biasa digunakan dengan memasukkan nomor telepon akun dompet virtual tersebut
  5. Masukkan kode OTP pada kolom yang sudah disediakan
  6. Silakan bikin PIN pada dompet pembayaran elektronik tersebut
    Samsung pay bisa digunakan untuk apa saja

    Credit photo: trustedreviews. Com

  7. Akun Samsung Pay pun siap digunakan

Setelah mengaktifkan fitur Samsung Pay, kamu bisa isi saldo (top up) DANA melalui beberapa cara. Dengan begitu, akun siap dipakai untuk melakukan sejumlah transaksi digital.

Bagaimana Cara Menggunakan Samsung Pay?

Cara menggunakan Samsung Pay sangat mudah dan cepat. Coba amati, apakah ada tanda/garis putih horizontal di antara tombol (ikon) recent dan home? Jika iya, cobalah usap ke atas, sehingga muncul fitur Samsung Pay.

Jadi ketika kamu ingin menggunakannya untuk berbagai keperluan, tinggal swipe up atau geser garis putih tersebut ke atas dan Samsung Pay pun muncul secara otomatis.

Aktifkan fingerprint atau scan sidik jari dulu (apabila kamu berada di negara lain) atau jika berada di Indonesia cukup masukkan PIN saja.

Setelah itu arahkah atau tempelkan HP ke alat pembayaran yang ada di meja kasir (seperti ketika menggunakan QRIS). Barulah pilih metode pembayaran yang ingin digunakan untuk live transaction dan pembayaran pun selesai.

Tanda pembayaran berhasil, kamu akan menerima notifikasi yang muncul di layar HP Samsung.

Kelebihan Samsung Pay

Sebagai alat pembayaran cashless, Samsung Pay menyuguhkan metode pembayaran menggunakan teknologi QR dan bahkan sekarang mendukung untuk NFC (Near Field Communication) alias komunikasi jarak dekat. Khususnya sebagai alat pembayaran utama.

Artinya pembayaran makin mudah, cepat, dan ringkas.

Aplikasi ini juga dapat digunakan di berbagai pusat perbelanjaan besar di Indonesia, termasuk KFC dan Apple Store.

Namun agar tidak terlanjur malu atau asal-asalan, sebelum membayar kamu tanyakan dulu ke bagian kasir ya, apakah sistem mereka mendukung pembayaran menggunakan Samsung Pay atau tidak.

Jika tidak, maka kamu harus menggunakan metode lain. Misalnya bayar pakai ShopeePay.

Kekurangan Samsung Pay

Sebagian dari kamu pasti pernah terganggu dengan Samsung Pay, kan? Apalagi saat swipe up untuk membuka aplikasi atau eh yang keluar malah fitur ini.

Bahkan kadang-kadang Samsung Pay muncul terus di layar, sehingga menganggu kenyamanan sewaktu menggunakan HP Samsung.

Inilah salah satu kekurangan Samsung Pay yang dinilai sensitif dan penggunaannya masih terbatas. Tidak seperti aplikasi dompet virtual lain.

Apabila kamu terganggu dan ingin menonaktifkan Samsung Pay, cobalah untuk swipe up ke atas aplikasi Samsung Pay > Klik pada kotak pada menu “I have read and agree to all the terms & conditions and privacy policy” > Continue > Geser tombol gulir ke kiri untuk menonaktifkan Samsung Pay > Klik Set > Yes > Next > Allow > Allow > Sampai selesai dan keluar.

Perangkat Samsung yang Mendukung Samsung Pay

Samsung pay shopee

Credit photo: samsung. Com

Sejauh ini Samsung Pay tersedia dan bisa diunduh oleh perangkat Samsung berspesifikasi menengah ke atas seperti series Galaxy S, Galaxy Note , Samsung A, Samsung Z, dan Samsung J.

Selain dapat dipakai oleh pengguna android (OS), Samsung Pay juga tersedia untuk sistem operasi jenis Wear OS seperti Jam tangan canggih Samsung (Galaxy Watch), Galaxy Watch Active, juga Gear dan Gear Sport Smart Watch.

Jika perangkatmu termasuk salah satu di atas, maka bisa langsung memasang apk Samsung Pay lewat Google Play Store atau Samsung Store.

Catatan:Pengguna android dari brand lain pastinya tidak akan menemukan aplikasi dari Samsung ini, karena setiap merk membekali perangkatnya dengan toko mereka masing-masing. Seperti Xiaomi – Xiaomi Store.

Simpulan

Aplikasi Samsung Pay sebenarnya sudah dapat digunakan sejak 6 tahun yang lalu di negara lain, akan tetapi di Indonesia baru bisa dipakai sejak tiga tahun lalu.


Jangan lupa untuk berkomentar dan beri kami masukan melalui media sosial Pintarjualan di Instagram atau Tips Pintar Jualan on Facebook agar terus berkembang, sehingga mampu menyuguhkan artikel berkualitas sesuai kebutuhan readers. Yuk, baca artikel menarik lainnya di Pintarjualan.id seputar marketplace dari Anisa Juniardy. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi operation@tonjoo.id.


Sumber:

  • How do I setup Samsung Pay? | Samsung Support LEVANT – https://www.samsung.com/levant/support/mobile-devices/how-do-i-setup-samsung-pay/
  • How to use Samsung Pay – https://www.trustedreviews.com/how-to/how-to-use-samsung-pay-423071
Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Anisa Juniardi
Ditulis oleh

Anisa Juniardi

I love being I am. Menulis dan membaca pada ruang yang telah disediakan oleh Tuhan. Iya. Saya seorang content writer SEO dan yeaah.. here we go

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com