Advertisement

Apa Itu E-Wallet? Definisi, Contoh, Kelebihan & Kekurangan [Terlengkap]

Diterbitkan pada
30 Mei 2022
Waktu membaca
8 Menit

Kini transaksi apapun bisa dilakukan dengan mudah dan simpel hanya melalui smartphone saja. Transaksi ini yaitu menggunakan dompet digital atau e wallet. Sebenarnya apa itu e-wallet? Nah, kita akan bahas tuntas di tulisan ini.

Selain membahas definisi dari e wallet, kita juga akan memaparkan beberapa poin penting diantaranya :

  • Contoh-contoh e wallet yang saat ini digunakan di Indonesia.
  • Keuntungan menggunakan dompet digital.
  • Kekurangan dari dompet digital.
  • Mengetahui perbedaan e wallet dengan e-money.

Pastinya sudah penasaran kan? Eits, sebelum itu klik tombol “Bookmark” ( ⭐) di pojok kanan atas browser supaya tidak kehilangan postingan ini, ya.

Kalau sudah, langsung saja kita simak pembahasan dibawah ini. Lets go!

Apa itu E-wallet?

E-wallet adalah dompet digital dan bersifat elektronik semacam aplikasi yang bisa digunakan untuk menyimpan uang, melakukan pembayaran, dan transaksi keuangan lainnya secara online maupun offline.

Jadi, dompet digital ini fungsinya sama dengan dompet fisik. Yang membedakan hanyalah e wallet lebih praktis dan efektif karena tidak perlu mengeluarkan uang tunai.

Perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat e wallet ini juga terus berinovasi. Transaksi menggunakan e wallet tidak perlu input nomor rekening pengguna lagi, melainkan bisa langsung scan QR-Code.

Selain digunakan untuk transaksi keuangan, dompet digital ini juga berfungsi untuk memverifikasi terhadap aktivitas jual beli.

Maka dari itu, e wallet ini sifatnya pribadi. Setiap akun e wallet pasti ada PIN keamanan yang berfungsi untuk memverifikasi bahwa yang menggunakan memang benar pemiliknya.

Jadi, jangan sembarangan membagikan PIN e wallet, ya.

Berikut Daftar Contoh E-wallet di Indonesia

Di Indonesia ada 9 daftar e-wallet yang sangat populer, berikut ini contohnya :

1. OVO

e-wallet ovo

E-wallet OVO merupakan salah satu dompet digital yang banyak digunakan di Indonesia. Berdasarkan data yang kami ambil dari Google Play Store, OVO telah berhasil mendapatkan 10 juta lebih pengguna yang mengunduh aplikasi tersebut.

Namun, sangat disayangkan rating OVO tidak terlalu bagus, yaitu masih rating 3. Mungkin hal ini disebabkan pada tahun 2019 OVO sempat mengalami penurunan jumlah pengguna.

Kemudian tahun 2020, OVO kembali bangkit dengan strategi-strategi terbarunya. Misalnya dengan fitur terbaru yang semakin canggih dan bekerjasama dengan platform belanja yaitu Tokopedia.

Dompet digital OVO tidak hanya bisa digunakan untuk transaksi online saja, lho! Semua pengguna OVO bisa melakukan transaksi secara langsung atau offline.

Untuk menikmati semua fitur di aplikasi OVO, jangan lupa untuk upgrade OVO ke premium, ya. Setelah itu, barulah kamu bisa menggunakan top up OVO, bayar tagihan, membeli paket data, dan lainnya.

2. Gopay

gopay

Dompet digital selanjutnya adalah Gopay. E wallet ini kita bisa temukan hanya melalui aplikasi Gojek. Jadi, untuk melakukan daftar Gopay kita perlu menginstall aplikasi Gojek, ya.

Dalam aplikasi Gojek sudah terintegrasi dengan e wallet Gopay ini. Tentu saja, dompet digital ini sudah aman dan sudah memiliki izin resmi dari Bank Indonesia.

E-wallet Gopay banyak sekali fitur yang bisa kita gunakan. Kita bisa melakukan pembayaran secara online untuk pesanan makanan, transportasi online, bayar tagihan, jasa pengiriman, pengisian pulsa, paket data, dan masih banyak lagi.

Untuk melakukan top up Gopay pun sangat mudah dilakukan. Tinggal memilih metode pengisian menggunakan mobile banking, ATM, Indomaret, dll.

3. ShopeePay

e-wallet shopeepay

Siapa sih yang tidak tahu e-commerce Shopee? Platform belanja online terbesar di Indonesia yang mempunyai banyak sekali pengguna.

Sama halnya dengan Gopay, e-wallet ShopeePay hanya bisa kita temukan di aplikasi Shopee.

Laman: 1 2 3

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Ambar Arum Juliyanti

I have experience in field of the SEO Content Writer. I am willing and able to learn also work with new things either individual or team. I am also interested in anything about Digital Marketing, SEO and Informatics.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *