Investasi Syariah: Hal-hal Penting yang Perlu Kamu Pahami

Nasikhun A. 24 Mei 2024 4 Menit 0

ADVERTISEMENT

Investasi syariah semakin menarik perhatian banyak orang, terutama bagi mereka yang ingin mengelola keuangan sesuai dengan prinsip-prinsip Islam.

Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai hal penting tentang investasi syariah, mulai dari pengertian dasar, jenis-jenis instrumen investasi syariah yang tersedia, hingga keuntungan dan tantangan yang mungkin dihadapi.

Dengan memahami konsep dan mekanisme di balik investasi syariah, kamu dapat membuat keputusan yang lebih bijak dan sesuai dengan nilai-nilai yang kamu anut.

Mari kita jelajahi lebih dalam dunia investasi syariah dan bagaimana hal ini dapat menjadi bagian integral dari strategi keuangan kamu.

Investasi syariah

Investasi syariah merupakan jenis investasi yang sesuai dengan tujuan dan nilai-nilai yang ditetapkan berdasarkan Syariah.

Tradisi Islam menegaskan bahwa kamu harus bertanggung jawab secara etis dan sosial dalam mengelola uang kamu.

Artinya, investasi kamu tidak hanya harus memberikan keuntungan bagi kamu sendiri, tetapi juga harus berkontribusi pada pembangunan masyarakat secara keseluruhan.

Dalam investasi syariah, kamu diharuskan untuk mematuhi sejumlah prinsip. Mari kita bahas beberapa prinsip utama ini.

ADVERTISEMENT

Tiga Prinsip Utama Investasi Syariah

Investasi syariah

Pada dasarnya, bunga dilarang berdasarkan prinsip Syariah. kamu tidak diizinkan untuk membayar atau menerima bunga karena dianggap tidak adil.

Sebagai contoh, bank yang beroperasi sesuai dengan prinsip Syariah tidak dapat memberikan pinjaman rumah berdasarkan bunga kepada kamu.

Sebagai gantinya, bank akan membeli rumah tersebut dan menyewakannya kepada kamu, dan kamu akan membayar sewa kepada bank.

Pendapatan sewa yang diterima oleh bank kemudian didistribusikan kepada para nasabah bank sebagai pembagian keuntungan.

Menurut prinsip Syariah, kamu tidak diperbolehkan untuk berinvestasi dalam bisnis yang menghasilkan pendapatan dari penjualan alkohol, obat-obatan terlarang, produk daging babi, perjudian, senjata, dan barang sejenis.

Selain itu, kamu juga diharamkan untuk berinvestasi dalam perusahaan yang sebagian besar pendapatannya berasal dari bunga atau riba.

Menurut ajaran Syariah, kamu diwajibkan untuk menyumbangkan sebagian kekayaan kamu sebagai amal.

Konsep ini mirip dengan pajak dalam arti bahwa kamu harus membagi sebagian harta kamu kepada mereka yang kurang mampu. Tindakan ini dianggap sebagai cara untuk membersihkan dan menyucikan sisa kekayaan kamu.

Selain ketentuan di atas, prinsip Syariah juga mengatur bahwa risiko dan keuntungan dari setiap transaksi keuangan harus ditanggung bersama antara kedua belah pihak.

Tidak diperbolehkan bagi salah satu pihak untuk menjadi satu-satunya penerima manfaat dari transaksi tersebut.

ADVERTISEMENT

Bagaimana Cara Berinvestasi Mengikuti Prinsip Syariah?

Investasi syariah

Untuk mengikuti prinsip syariah, kamu dapat melakukan investasi saham atau reksadana. Namun, pemilihan saham yang sesuai dengan prinsip syariah bisa menjadi suatu tantangan.

Mengatasi hal ini, investasi dalam reksadana berbasis syariah bisa menjadi pilihan yang baik. Tidak semua reksadana bisa kamu pilih menjadi instrumen saham. Beberapa ada yang sudah terverifikasi OJK dan ada juga yang masih ilegal.

Sebaiknya kamu bisa mencoba reksadana terbaik 2024 melalui yang sudah terverifikasi Otoritas Jasa Keuangan. Terdapat berbagai pilihan reksadana syariah yang bisa dijadikan salah satu instrumen saham yang aman untuk kamu.

Di Indonesia, terdapat berbagai jenis reksadana yang tersedia. Reksadana ini mengalokasikan dana kamu pada bisnis yang bertanggung jawab secara sosial, sesuai dengan prinsip-prinsip Syariah.

Dengan fokus pada tujuan investasi yang sesuai prinsip syariah, reksadana syariah juga dapat memberikan apresiasi modal, diversifikasi, dan distribusi pendapatan yang seimbang. Reksadana syariah mengacu pada indeks syariah sebagai pedoman investasi.

Sebelum kamu berinvestasi dalam reksadana yang sesuai syariah, ada baiknya kamu bisa mencoba terlebih dahulu melalui instrumen reksadana syariah di makmur.id.

Kamu akan mendapatkan akses yang mudah yang sesuai dengan syariah dan tentunya aman bagi pemula sekalipun.

Berikutnya sangat penting untuk dicatat, jika kamu ingin memahami lebih jauh, perlunya mempertimbangkan detail-detail yang terdapat dalam Memorandum Informasi Utama (KIM) dan Dokumen Informasi Skema (SID).

Ini akan membantu kamu memahami profil risiko, alokasi aset, kinerja historis, serta informasi detail lainnya tentang reksadana tersebut.

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Nasikhun A.
Ditulis oleh

Nasikhun A.

Moch. Nasikhun Amin is a late specializer, data-informed SEO content writer who is constantly hungry for growth. A lifelong learner who is interested in the marriage between creativity and technology.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *