7 Rekomendasi Influencer Instagram Paling Hits, Bikin Bisnis Kamu Melejit!

Anisa 18 Mar 2024 4 Menit 0

Kamu punya bisnis online yang sedang dirintis dan ingin dikenal oleh banyak orang, sehingga penjualan melesat tinggi? Coba gunakan 7 rekomendasi influencer Instagram paling hits yang engagement-nya selalu besar di media sosial.

Yaps, menggunakan jasa influencer Instagram saat ini dinilai jadi salah satu solusi strategi pemasaran produk UMKM maupun brand-brand besar. Hanya melalui unggahan Story IG, Reels, video TikTok, dan sejenisnya, usaha kamu akan makin mudah dikenal oleh masyarakat luas.

Namun dalam memilih influencer tentunya tidak bisa sembarangan, karena kamu perlu melakukan riset terlebih dahulu dan pastikan kolom komentar mereka berisi real account, bukan akun bot.

Nah, manakah influencer Instagram di Indonesia yang paling berpengaruh dan mampu menaikkan brand awareness bisnis dan bagaimana cara memilih mereka?

1. Cara Memilih Influencer Instagram agar Usaha Sukses

Cara pertama yang wajib kamu lakukan sebelum memilih influencer Instagram untuk mempromosikan bisnis adalah mengecek ER atau Engagement Rate mereka.

Apa itu Engagement Rate? Adalah metrik atau alat ukur yang digunakan untuk mengetahui seberapa besar interaksi antara pengguna dengan konten yang diunggah oleh si influencer di akun miliknya. Ukurannya mencakup jumlah likes, komentar, share, simpan konten, dan download.

Makin tinggi jumlah rata-rata like dan komentar, maka ER suatu akun juga tinggi. Nah, untuk cek ER IG kamu bisa gunakan tools yang ada di internet.

Health influencer indonesia
Pentingnya mengecek er instagram dari influencer yang hendak dipilih

Dengan begitu, kamu bisa menentukan para influencer yang cocok untuk mempromosikan produk kamu di media sosial, terutama di Instagram.

Selain memeriksa tingkat engagement mereka, kamu juga harus memastikan bahwa si influencer tersebut memiliki reputasi baik, komunikatif, dan mudah diajak kerja sama.

Sebagai inspirasi atau referensi, kami cantumkan daftar rekomendasi influencer Instagram di bawah ini yang kemungkinan besar akan menaikkan branding bisnis kamu di media sosial dengan cepat.

2. Daftar Rekomendasi Influencer Instagram yang Punya Engagement Tinggi

Berikut rekomendasi influencer Instagram yang punya pengaruh besar pada publik dan cocok untuk endorsement:

2.1. Fadil Jaidi

Siapa yang tidak kenal Fadil Jaidi? setiap unggahan konten dari Influencer Instagram yang satu ini tidak pernah sepi dari respon pengikut dan nonpengikut. Bahkan sejumlah kalangan artis tak segan-segan nimbrung di akun Fadil saat dirinya mem-posting Reels atau feed berisi foto.

Satu lagi nilai plus dari Fadil Jaidi adalah dirinya selalu memberikan harga endorse yang terjangkau pada UMKM. Fadil bahkan tidak mengubah rate card (tarif endorse) meski followers dirinya kini menyentuh angka 11 juta pengikut dan memiliki engagement tinggi, yakni 7,34%.

Kalau kamu mau meningkatkan strategi pemasaran produk makanan, bisa nih coba ke Fadil Jaidi dan kontak dengan manajer atau adminnya!

2.2. Julia Prastini

Rekomendasi influencer Instagram berikutnya yang punya engagement tinggi hingga 9,44% adalah Julia Prastini (@juliaprt), istri dari Daehoon (Influencer dan selebgram keturunan Korea Selatan).

Julia Prastini atau akrab disapa oleh pengikutnya ‘Kak Jul’ ini kerap membagikan konten mengenai tips, kehidupan keluarga terutama anak-anaknya, rekomendasi produk kecantikan, serta OOTD (Outfit of The Day) dirinya yang super anggun dan menarik.

Kalau kamu punya bisnis produk perawatan tubuh dan skincare, coba deh endorse ke Julia!

2.3. lorianbackpacker

Akun solo traveler sekaligus backpacker @Iorianbackapcker selalu ramai dengan komentar netizen, terutama ketika dirinya singgah di India dan mendapat pengalaman kurang menyenangkan.

Namun berkat keberanian, pengalaman, serta kepiawaiannya dalam beradaptasi, kini Iori dikenal sebagai salah satu akun traveler yang cukup recommended apabila ingin endorse tempat wisata, tempat kuliner, dan sejenisnya.

Apalagi sebagai macro influencer, Iori punya tingkat engagement tinggi dengan rata-rata likes per post 76 ribu dan 1000 komentar lebih.

2.4. Dea Kim

Dea Kim dikenal publik lewat konten-konten kesehariannya yang memperlihatkan sang suami (Om Kim) selalu membeli jajanan atau jualan UMKM yang melintas di depan rumahnya.

Aktivitas borong-memborong makanan dan melahapnya dalam jumlah besar membuat akun @kimdea18 yang kini berpengikut 168 ribu orang mulai dilirik oleh netizen.

Meski pengikutnya masih di bawah 200 ribu orang, tetapi tingkat engagement akunnya cukup tinggi yakni 3.78%. Jadi, bagi kamu yang punya bisnis kuliner dan makanan, coba manfaatkan exposure dari Dea Kim ini.

2.5. SISIL

Kamu sedang mencari micro influencer Instagram yang punya engagement lumayan? Coba kepoin akun @rndprsilviii. Terutama bagi kamu yang punya bisnis fashion wanita atau ingin memulai bisnis gamis di bulan Ramadhan ini.

Akun milik Silvi ini cukup recommended bagi pemilik bisnis skala kecil dan menengah karena pasti tarifnya tak sebesar akun macro atau mega influencer. Apalagi setiap feed-nya dibuat dengan serius, rapi, dan estetik. Selain itu, setiap unggahannya hampir tidak pernah sepi komentar dari para pengikutnya.

2.6. Evelynchrestella

Hidup akan tampak kurang kalau belum membuka atau melihat konten-konten kocak dari @evelynchrestella dan suaminya @juansennnnn. Dijamin deh, pasti ketawa sampai nangis saking lucunya!

Dengan pengikut 542 ribu dan tingkat engagement 6.90%, Evelyn sukses menghibur para pengikutnya melalui video-video absurd, konten parodi, dan caranya membawakan iklan juga tergolong antimainstream, sehingga penonton tetap menontonnya sampai selesai meski berisi endorse produk.

Kalau kamu lagi cari influencer Instagram yang bisa mempromosikan berbagai produk, coba hubungi manajemen mereka ya.

2.7. Yoga Arizona

Rekomendasi influencer Instagram berikutnya yang juga punya ciri khas tersendiri ketika membawakan iklan suatu produk adalah Yoga Arizona.

Ia dan timnya sangat sukses mengemas suatu iklan menjadi alur cerita yang nyentrik, tidak tertebak, dan mengocok perut penonton.

@yogaarizona terbilang sukses dalam mempromosikan produk dengan memainkan dua peran yakni dirinya sendiri dan seorang gadis bernama ‘Tasya’. Selain itu, Yoga juga kerap membagikan kesehariannya dalam mengurus rumah, termasuk anak-anaknya.

Kamu bisa lihat sendiri melalui laman Instagramnya yang memperlihatkan jumlah views Reel akunnya rata-rata di atas 1 juta penonton.

Kesimpulan

Dari sini dapat dipahami bahwa ER atau tingkat engagement seorang influencer sangat mempengaruhi performa bisnis seseorang. Makin loyal seorang pengikut, maka kesempatan sukses untuk sebuah brand juga makin tinggi.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan jasa dari rekomendasi influencer Instagram di atas karena terbukti engagement mereka terbilang bagus. Terlebih lagi sekarang saluran pemasaran digital punya peran penting dalam meningkatkan brand awareness suatu usaha.


Jangan lupa untuk berkomentar dan beri kami masukan melalui media sosial Pintarjualan di Instagram atau Tips Pintar Jualan on Facebook agar terus berkembang, sehingga mampu menyuguhkan artikel berkualitas sesuai kebutuhan readers. Yuk, baca artikel menarik lainnya di Pintarjualan.id seputar bisnis dan peluang dari Anisa Juniardy. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi operation@tonjoo.id

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Anisa
Ditulis oleh

Anisa

Seorang Content Writer SEO dan Content Creator yang suka belajar hal-hal baru, terutama tentang transformasi dunia digital agar bermanfaat dan memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan yang relevan saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *