5 Saluran Pemasaran Digital Terbaik untuk Mempromosikan Bisnis Kamu di 2024!

Anisa 24 Nov 2023 4 Menit 0

ADVERTISEMENT

Cara paling jitu untuk mempromosikan produk atau merek agar mampu menjangkau customer dari berbagai kalangan adalah dengan memanfaatkan saluran pemasaran digital terbaik yang ada di Indonesia.

Saluran pemasaran digital adalah platform sekaligus media yang digunakan oleh suatu perusahaan untuk meningkatkan penjualan, memperkenalkan produk, branding, dan sebagainya.

Dibandingkan dengan konsep pemasaran mouth to mouth (mulut ke mulut) yang hanya terbatas pada level lokal, penggunaan media sosial, website, dan platform video mampu mendekatkan pemilik usaha dengan customer di tingkat nasional bahkan internasional.

Jadi, mari gunakan saluran pemasaran digital yang kami rekomendasikan di bawah ini untuk mengembangkan bisnis kamu!

ADVERTISEMENT

Daftar Saluran Pemasaran Digital Terbaik untuk Memperkuat Bisnis Kamu

Berikut ini merupakan contoh channel pemasaran online yang populer dan paling ampuh untuk mempromosikan usaha kamu:

ADVERTISEMENT

1. Media Sosial

Saluran pemasaran adalah

Media sosial menjadi salah satu saluran digital yang paling banyak diakses oleh konsumen secara global menurut Digital 2022 Global Overview Report hingga bulan Januari 2022 dengan jumlah 43.9% di bawah Mesin Pencarian.

Indeks hingga Januari 2023 juga menunjukkan bahwa media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan TikTok masuk ke dalam daftar teratas sebagai saluran digital yang paling banyak diakes oleh konsumen dari seluruh dunia.

Melihat fakta tersebut, tentunya kamu tidak akan ragu lagi menggunakan media sosial untuk mempromosikan merek, barang, dan jasa.

Ingin tahu cara mengoptimalkan promosi produk di media sosial? Inilah tips dari kami:

ADVERTISEMENT

2. Situs Website Profesional

Saluran pemasaran online

Selain media sosial, Digital 2022 Global Overview Report juga melaporkan jika Mesin Pencari masih menjadi pilihan utama bagi konsumen di seluruh dunia untuk mencari produk maupun kebutuhan yang mereka inginkan.

Dengan persentase 49,5%, mesin pencari seperti Google, Bing, Yandex, Baidu, dan lainnya menduduki peringkat pertama sebagai saluran pemasaran digital yang paling banyak digunakan konsumen dari berbagai negara.

Mengapa pilih mesin pencari (search engine)? Sebab, bagi konsumen akan lebih cepat kalau mencari produk maupun jasa melalui Google. Sementara Google pun akan mengarahkan mereka untuk mengunjungi situs website dari merek atau brand tersebut.

Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk membuat website khusus bisnis agar lebih mudah dijangkau oleh customer secara menyeluruh dan menciptakan pangsa pasar yang relevan.

Nah, untuk membangun dan memiliki website seperti House of Donatello, Adorable Project, dan lainnya kamu hanya perlu menggunakan jasa pembuatan website profesional di Indonesia, yakni Nuhaweb.

Perlu kamu ketahui, Nuhaweb adalah jasa pembuat website murah, berkualitas, dan memberikan desain yang profesional guna membantu para pemilik usaha termasuk UKM dan UMKM untuk memperkuat branding di kancah bisnis.

Fungsi wesbite profesional juga bukan sebatas branding saja, tetapi juga:

  • Mencapai penjualan tahunan atau bulanan
  • Membidik target pasar baru yang cocok dengan produk maupun jasa yang dipasarkan
  • Terhubung langsung dengan pelanggan, sehingga membentuk kepercayaan antara penjual dan pembeli
  • Mengintegrasikannya dengan media sosial maupun marketplace
  • Menyediakan beragam metode pembayaran online bagi konsumen, sehingga minat dan keinginan mereka untuk belanja juga kian meningkat
  • Menjaga dan mempertahankan kredibilitas bisnis agar kepercayaan pelanggan tidak turun

Selain itu, dengan menggunakan jasa pembuatan website dari Nuhaweb, kamu juga tidak perlu khawatir dengan cara pengoperasiannya, karena pihak Nuhaweb akan memberikan panduan lengkap cara mengelola serta menjalankan website tersebut.

ADVERTISEMENT

3. Marketplace

Apa itu saluran pemasaran digital

Saluran pemasaran digital berikutnya yang juga bisa digunakan untuk mempromosikan sekaligus menjual produk adalah melalui marketplace.

Sebagai perusahaan yang mempertemukan penjual serta pembeli secara online, marketplace dapat menjadi wadah tepat untuk memperkenalkan barang maupun jasa bagi pengusaha pemula.

Banyak pengusaha dan pebisnis sukses yang awalnya berjualan lewat marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, Blibli, dan Zalora.

Apalagi kini setiap marketplace telah menawarkan program affiliate marketing bagi pengguna, sehingga memberikan keuntungan juga bagi para seller karena mampu menaikkan penjualannya.

ADVERTISEMENT

4. Email Marketing

Saluran pemasaran digital untuk mengiklankan usaha

Pernah dengar bagaimana sebuah bisnis berkembang lewat email marketing? For your information, teknik pemasaran lewat email marketing bagi sebagian perusahaan dinilai lumayan ampuh untuk memikat pelanggan.

Terutama untuk memperkenalkan brand, menawarkan kerja sama, penawaran promosi berupa voucher, diskon pembelian, cashback, dan informasi produk secara umum.

Untuk membuat email marketing saat ini juga tidak terlalu sulit karena kamu bisa menggunakan email marketing tools agar bisnis kian dikenal publik dan menjangkau mitra yang tepat.

ADVERTISEMENT

5. SEM (Search Engine Marketing)

Manakah saluran pemasaran digital terbaik

Saluran pemasaran digital selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan skala penjualan produk serta skalabilitas visibilitas website adalah dengan memanfaatkan SEM (Search Engine Marketing) di mesin pencarian Google.

Jadi nanti ketika ada pengguna yang mengetikkan suatu nama barang atau layanan tertentu, Google akan menampilkan website kamu di halaman pertama teratas lewat sebuah iklan (Ad).

Keuntungan menggunakan fasilitas penelusuran berbayar ini yaitu mampu menaikkan rating website, menjaring lebih banyak konsumen, dan meningkatkan peluan penjualan secara organik.

Walaupun kemungkinan kamu akan mendapatkan keuntungan yang tinggi, tetapi tidak dipungkiri jika menggunakan Paid Search atau SEM ini memerlukan biaya yang lumayan tinggi per hari/minggu/bulannya.

Kesimpulan

Dari lima saluran pemasaran digital di atas bisa disimpulkan bahwa masing-masing bisa dijajal untuk scale up bisnis di masa sekarang.

Namun saran kami, buatlah website profesional lewat jasa pembuat website seperti Nuhaweb karena dengan memilikinya, brand yang kamu bangun akan mendapatkan kepercayaan langsung dari customer.

Terutama untuk mengembangkan bisnis online yang kini cukup ketat persaingannya.


Jangan lupa untuk berkomentar dan beri kami masukan melalui media sosial Pintarjualan di Instagram atau Tips Pintar Jualan on Facebook agar terus berkembang, sehingga mampu menyuguhkan artikel berkualitas sesuai kebutuhan readers. Yuk, baca artikel menarik lainnya di Pintarjualan.id seputar bisnis dan peluang dari Anisa Juniardy. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi operation@tonjoo.id.


Sumber:

  • Digital 2022: Indonesia – https://datareportal.com/reports/digital-2022-indonesia
  • 5 Saluran Iklan Digital yang Paling Banyak Diakses Konsumen – https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/01/04/media-digital-kuasai-pasar-iklan-global-pada-2022
  • Leading social media platforms used by marketers worldwide as of January 2023 – https://www.statista.com/statistics/259379/social-media-platforms-used-by-marketers-worldwide/
Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Anisa
Ditulis oleh

Anisa

Seorang Content Writer SEO dan Content Creator yang suka belajar hal-hal baru, terutama tentang transformasi dunia digital agar bermanfaat dan memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan yang relevan saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *