Email Marketing: Pengertian, Tujuan, Cara Kerja & Contoh Penerapannya

Hanif 07 Mei 2023 6 Menit 0

Bicara digital marketing tidak melulu soal media sosial, tapi juga ada Email marketing. Email marketing adalah adalah salah satu bentuk pemasaran digital yang paling efektif dalam membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan.

Email marketing tidak hanya mampu mempertahankan pelanggan (customer retention), tapi juga menjaring memperkuat merek Anda, meningkatkan keterlibatan pelanggan, dan bahkan meningkatkan penjualan.

Jika Anda sedang belajar tentang pemasaran digital, maka Anda harus mengetahui betapa pentingnya email marketing dalam meningkatkan kehadiran online bisnis Anda.

Dalam artikel ini, kita akan membahas apa itu email marketing, manfaatnya, contoh-contoh email marketing, dan strategi yang dapat Anda gunakan untuk mengoptimalkan kampanye email marketing Anda. Yuk, mari kita pelajari lebih lanjut tentang email marketing!

Apa itu Email Marketing?

Sudah pernah dapat email newsletter dari brand favoritmu? Coba cek inbox email Anda, jika pernah menggunakan email tersebut untuk belanja di eCommerce, pasti sudah pernah mendapatkan penawaran spesial dari brand tersebut.

Email marketing adalah bentuk pemasaran digital di mana email digunakan untuk mempromosikan produk atau layanan, membangun hubungan dengan pelanggan, dan meningkatkan keterlibatan dengan audiens target.

Digital marketers biasanya menggunakan tool atau aplikasi CRM (Customer Relationship Management) untuk memudahkan pekerjaannya dalam membuat, mengirimkan, dan menganalisa email.

Email marketing biasanya melibatkan pengiriman email massal kepada daftar email pelanggan atau prospek bisnis. Email-email ini dapat berisi berbagai jenis konten, seperti promosi produk atau layanan, informasi tentang penawaran khusus, newsletter, atau konten informatif lainnya.

Salah satu alat pemasaran digital ini efektif karena dapat menjangkau audiens target secara langsung dan mengirim pesan yang personal.

Sebagai digital marketer, Anda juga bisa melacak metrik seperti tingkat buka email, klik, dan konversi, serta menganalisis data ini untuk meningkatkan kinerja kampanye Anda.

Dengan menggunakan email marketing yang efektif, bisnis dapat membangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan mereka, meningkatkan kesadaran merek, dan memperluas jangkauan pemasaran mereka dengan cara yang terukur dan efektif.

Sebagai digital marketer, jangan sampai email marketing terlewat dari strategi pemasaran digital ya!

Manfaat Email Marketing

Meski terkadang diremehkan, Email Marketing memiliki banyak manfaat untuk bisnis.

1. Pelanggan Jadi Merasa Lebih Diperhatikan

Pelanggan pasti akan merasa senang dengan brand yang pengertian. Dalam email marketing, pesan dikirim langsung ke kotak masuk pelanggan, sehingga pesan tersebut dapat dianggap lebih personal dan relevan daripada postingan di media sosial atau iklan di situs web.

1. Brand Makin Tertanam di Benak Pelanggan

Email marketing juga dapat membantu meningkatkan kesadaran brand. Dalam setiap email yang dikirim, bisnis dapat memasukkan logo, warna merek, dan pesan merek lainnya. Hal ini dapat membantu meningkatkan kesadaran merek, membangun kredibilitas, dan membantu bisnis untuk tetap top-of-mind dengan pelanggan mereka.

Jadi meski tidak secara langsung membuat pelanggan membeli produk, brand bisa lebih terangkat.

3. Conversion Rate Meningkat

Email marketing dapat membantu menghasilkan konversi yang lebih tinggi. Bisnis dapat mengirimkan penawaran spesial, promo, atau kupon untuk mendorong pelanggan untuk melakukan pembelian atau mengambil tindakan lainnya.

Karena email dikirim langsung ke pelanggan, konversi yang dihasilkan cukup besar. Mengutip Mailmodo, rata-rata conversion rate email marketing pada tahun 2021 mencapai lebih dari 15%.

4. Jangkauan Pemasaran Makin Luas

Setelah mengunjungi website dari suatu brand, Anda mungkin pernah ditawarkan untuk berlangganan newsletter. Newsletter sebagai bagian dari email marketing ini berguna untuk menawarkan produk atau layanan kembali.

Dari situ, pengunjung bisa berpikir lagi untuk membeli produk yang Anda tawarkan.

5. Terukur dan Dapat Dianalisis

Digital Marketer juga bisa melakukan analisis dari kampanye email marketing yang dilancarkan.

Berbagai metrik, seperti tingkat buka email, klik, dan konversi bisa dilacak untuk mengambil keputusan bisnis.

Hal ini dapat membantu bisnis untuk memahami kinerja kampanye mereka, serta membuat perbaikan dan perubahan yang diperlukan untuk meningkatkan hasilnya di masa depan.

Email marketing - tampilan aplikasi template email mailmodo

Tampilan aplikasi email marketing

Jenis Email Marketing dan contohnya

Sebelumnya sudah sempat menyinggung salah satu contoh jenis email marketing, yaitu newsletter. Tapi sebenarnya ada banyak jenis email marketing lainnya.

1. Email Penawaran Spesial

Penawaran spesial mampu menarik minat untuk membeli. Makannya, Jenis email ini salah satu yang cukup banyak digunakan pada email marketing.

Contoh:

Laman: 1 2 3

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Hanif
Ditulis oleh

Hanif

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *