Contoh Laporan Penjualan Harian dan Cara Membuatnya, Mudah & Lengkap!

Hanif 04 Mei 2023 6 Menit 0

ADVERTISEMENT

Agar bisa melakukan rekap penjualan dengan cepat, gunakan contoh laporan penjualan harian ini. Sebagai staf penjualan, tentu saja kamu ingin membuat bos senang dan bangga dengan kinerja penjualan.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan contoh-contoh laporan penjualan harian yang dapat membantu Anda meningkatkan performa penjualan Anda dan membuat bos Anda senang.

Menggunakan template ini adalah tips bisnis yang banyak digunakan oleh staf penjualan maupun sales manajer.

Laporan penjualan yang rapih dan bisa dikerjakan dengan cepat dengan menggunakan template laporan penjualan harian berikut.

ADVERTISEMENT

Apa itu Laporan Penjualan Harian?

Sebelum membahas contoh laporan penjualan harian, mungkin ada yang belum tahu apa itu laporan penjualan harian.

Laporan penjualan harian adalah dokumen yang berisi informasi tentang kinerja penjualan perusahaan pada setiap harinya. Laporan ini digunakan untuk memantau dan melacak penjualan, dan membantu bisnis dalam mengambil keputusan yang lebih baik untuk meningkatkan performa penjualan mereka.

Dalam laporan penjualan harian, informasi yang umumnya termasuk meliputi:

  • jumlah penjualan
  • produk atau layanan yang terjual
  • harga penjualan
  • jumlah pelanggan
  • metode pembayaran yang digunakan

Selain itu, laporan penjualan harian juga dapat mencakup informasi tambahan seperti:

  • biaya operasional
  • pengeluaran
  • laba kotor

Laporan penjualan harian umumnya disiapkan oleh staf penjualan atau manajer penjualan, dan dipantau oleh manajemen atau pemilik bisnis untuk memastikan kinerja penjualan yang optimal.

Untuk itu, ada beberapa persyaratan umum pembuatan laporan penjualan harian yang perlu dipenuhi

  • Memenuhi format
    umumnya perusahaan memiliki format tertentu untuk diikuti. Ini akan memudahkan staf penjualan untuk membuat laporan serta memudahkan manajer penjualan untuk melakukan analisis dan mengambil keputusan.
  • Data akurat disertai bukti
    Pastikan bahwa data yang dimasukkan dalam laporan penjualan harian akurat dan terverifikasi. Data yang tidak akurat dapat menyebabkan kesalahan dalam mengambil keputusan dan dapat berdampak negatif pada performa bisnis.
  • Waktu Pengerjaan
    Sebagai laporan harian, tentunya laporan perlu dibuat setiap harinya. Pastikan laporan penjualan harian selesai pada waktu yang ditentukan, atau paling lambat pada akhir hari kerja. Hal ini akan membantu memastikan keakuratan data dan meminimalkan risiko kehilangan informasi penting.

Dengan memiliki laporan penjualan harian yang akurat dan terstruktur, bisnis dapat melakukan analisis data yang lebih baik dan membuat keputusan yang lebih tepat dalam mengelola bisnis mereka.

contoh laporan penjualan dengan aplikasi mekari jurnal

Contoh laporan keuangan menggunakan Program Aplikasi Mekari Jurnal

ADVERTISEMENT

Fungsi dan Manfaat Laporan Penjualan Harian

Selain untuk memantau dan melacak penjualan, laporan penjualan harian memiliki beberapa fungsi dan manfaat yang sangat penting bagi bisnis. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  1. Membantu mengidentifikasi tren penjualan

    Dengan laporan penjualan harian, bisnis dapat melihat tren penjualan yang terjadi dari waktu ke waktu. Ini dapat membantu bisnis dalam mengidentifikasi produk atau layanan yang paling laris, dan menentukan strategi penjualan yang paling efektif.

  2. Memantau kinerja penjualan

    Laporan penjualan harian juga dapat membantu manajemen dalam memantau kinerja staf penjualan. Dengan memiliki informasi yang akurat tentang kinerja penjualan staf, manajemen dapat memberikan umpan balik dan pelatihan yang diperlukan untuk meningkatkan performa penjualan mereka.
    Manajer jadi tahu kalau penjualan sudah BEP alias break event point.

  3. Memudahkan pengambilan keputusan

    Dengan memiliki laporan penjualan harian yang terstruktur dan akurat, manajemen dapat membuat keputusan yang lebih baik dalam mengelola bisnis mereka. Hal ini dapat membantu mereka dalam mengembangkan strategi penjualan yang lebih efektif, menentukan target penjualan yang realistis, dan mengidentifikasi area yang membutuhkan perbaikan.

Jadi, laporan penjualan harian memiliki banyak fungsi dan manfaat yang sangat penting bagi bisnis. Dengan memiliki laporan penjualan harian yang efektif, bisnis dapat memantau performa penjualan mereka, meningkatkan efisiensi operasional, memantau kinerja staf penjualan, dan membuat keputusan yang lebih baik dalam mengelola bisnis mereka.

ADVERTISEMENT

Cara Membuat Laporan Penjualan

Tutorial untuk membuat laporan penjualan sebenarnya sederhana saja. Ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk membuat laporan penjualan dengan mudah.

  1. Siapkan Template atau Format Laporan:

    Download atau siapkan template atau format laporan penjualan harian yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Pastikan format tersebut mencakup informasi penting seperti jumlah penjualan, produk atau layanan yang terjual, harga penjualan, jumlah pelanggan, dan metode pembayaran.

  2. Kumpulkan Data Penjualan:

    Kumpulkan data penjualan untuk periode pelaporan yang telah ditentukan. Pastikan data yang dikumpulkan akurat dan terverifikasi. Data penjualan ini dapat mencakup jumlah penjualan, produk atau layanan yang terjual, harga penjualan, jumlah pelanggan, dan metode pembayaran.

  3. Masukkan Data ke dalam Tabel

    Masukkan data penjualan ke dalam tabel laporan penjualan harian sesuai dengan format yang telah Anda siapkan. Pastikan data yang dimasukkan akurat dan terstruktur. Jangan lupa untuk mengisi semua kolom yang diperlukan, seperti tanggal penjualan dan jenis produk yang terjual.

  4. Periksa Kembali Data

    Pastikan perhitungan yang dilakukan sudah benar dan tidak ada kesalahan dalam pengisian data. Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk memastikan keakuratan data adalah dengan membandingkan dengan bukti penjualan yang tersedia seperti struk atau nota.

contoh laporan penjualan sederhana bahasa inggris

contoh laporan keuangan harian dalam bahasa inggris

Dapatkan contoh laporan di atas dalam Microsoft Excel melalui link berikut: Download Template Laporan Penjualan Harian

ADVERTISEMENT

Contoh Laporan Penjualan Harian

Berikut beberapa contoh template laporan penjualan yang bisa kamu gunakan untuk berbagai bsinis. Template ini bsia kamu gunakna untuk laporan penjualan harian minuman, laporan penjualan harian makanan, contoh laporan penjualan harian toko, hingga contoh laporan penjualan harian cafe.

ADVERTISEMENT

a. Contoh Laporan Penjualan harian untuk bisnis retail

Berikut ini adalah contoh laporan penjualan harian untuk bisnis retail:

TanggalSKUProduk TerjualJumlahHarga SatuanTotal Penjualan
1/5/23RET001-001Baju Kemeja2Rp 200.000Rp 400.000
1/5/23RET002-001Celana Jeans1Rp 350.000Rp 350.000
2/5/23RET003-001Sepatu Sneakers1Rp 800.000Rp 800.000
2/5/23RET004-001Jaket Kulit1Rp 1.200.000Rp 1.200.000
3/5/23RET005-001Baju Kaos3Rp 150.000Rp 450.000
3/5/23RET006-001Tas Ransel1Rp 500.000Rp 500.000
Total:Rp 3.700.000

Dalam contoh ini, laporan penjualan harian fokus pada satu jenis produk. disusun berdasarkan tanggal penjualan, produk terjual, harga jual satuan, jumlah pelanggan, dan total penjualan. Setiap kolom diisi dengan data yang sesuai dengan tanggal penjualan. Setiap penjualan yang dilakukan dijumlahkan pada kolom total penjualan.

Laporan penjualan harian ini dapat membantu bisnis retail dalam memantau kinerja penjualan per hari, mengidentifikasi produk yang paling laris terjual, serta mengembangkan strategi penjualan yang lebih efektif untuk masa mendatang.

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Hanif
Ditulis oleh

Hanif

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *