Advertisement

30 Ide Bisnis Kreatif dan Unik Tahun 2022 dengan Modal Kecil

Diterbitkan pada
11 Februari 2021
Waktu membaca
8 Menit

Bisnis tidak selalu dimulai dengan modal besar. Nyatanya ada banyak ide bisnis kreatif yang justru dapat dimulai dengan modal yang sangat minim. Bahkan bisa dibilang hanya dengan modal Rp100.000.

Dengan ide ini, dapat memperoleh tambahan penghasilan yang cukup lumayan. Sehingga tidak terus-menerus bergantung pada satu buah penghasilan semata.

Hal ini dapat membuat waktu liburmu menjadi lebih berguna daripada menghabiskan uang hanya untuk mengikuti trends traveling dan shopping.

Skill Paling Mendukung Untuk Jualan Usaha Kreatif dan Unik

Tidak ada rahasia khusus untuk memulai ide bisnis kreatif. Sebab yang hanya diperlukan hanya inovasi dan kreatifitas. Hal itu diperlukan hanya untuk membuat produk bisnis mempunyai identitas dan mudah untuk dikenali.

Namun sebelum memulai untuk membuat bisnis yang kreatif, ada beberapa tips supaya dapat berjalan dengan baik. Tips tersebut meliputi:

  • Kenali skill diri sendiri

Masing-masing orang mempunyai skill / kemampuan yang berbeda-beda. Skill dalam bisnis diperlukan untuk menciptakan passion untuk dunia bisnis sendiri.

Jika bidang bisnis sesuai dengan kemampuan, maka akan mudah untuk menjalani dan mengembangkannya. Sebaliknya jika mencoba memulai bisnis dengan bidang baru dan jauh dari kemampuan / passion, pasti membutuhkan waktu lama untuk beradaptasi serta belajar dunia baru.

  • Tidak hanya sekedar mengikuti alur

Bisnis tidak harus mengikuti saran / produk yang sedang ngetrend. Hal ini justru menimbulkan kamu sulit untuk meraup laba dalam waktu yang sangat lama. Seandainya masa trends telah berakhir, berakhir pula bisnisnya.

Jadi ciptakanlah ide bisnis yang berbeda dengan lainya. Perbedaannya tidak harus yang mencolok, cukup dengan menjual yang pasti dibutuhkan semua orang.

Baca juga:
Rekomendasi Produk Terlaris di Marketplace 2021

30 Ide Bisnis Kreatif dan Unik Tahun 2021 Paling Banyak Digemari dan Modalnya Kecil

Berikut adalah ide-ide yang unik, kreatif, dan tidak banyak orang menjalankan sehingga dapat menjadi peluang usaha yang prospektif.

Jasa kreasi mahar

Ide bisnis pertama yaitu membuka jasa kreasi mahar pernikahan. Setiap orang yang hendak menikah, pasti menginginkan sesuai yang spesial pula. Hal itu pun juga termasuk mahar pernikahan.

Tidak peduli berapa besar maharnya, jika dikemas secara unik pasti akan terlihat istimewa. Modal yang diperlukan pun hanya tempat untuk mahar serta beberapa benda seperti pita, isolasi dan lain sebagainya. Cara menciptakan kreasi mahar pun dapat dipelajari dengan youtube.

Jasa kreasi serah-serahan

Ide bisnis satu ini hampir sama dengan jasa kreasi mahar, hanya saja mungkin lebih rumit dan kompleks. Modal yang diperlukan pun juga lebih besar daripada kreasi mahar. Begitu pula dengan resikonya.

Khusus untuk jasa kreasi serah-serahan harus dapat berani untuk membuat kreasi beda apapun. Mulai dari kosmetik dengan bentuk wadah bermacam-macam hingga makanan lembek yang sekalipun.

Bisnis souvenir

Masih dalam seputar pernikahan, bisnis souvenir juga dapat menjadi ide kreatif untuk bisnis. Namun untuk bisnis souvenir hanya dapat dilakukan dengan komputer / laptop serta printer. Meskipun sebenarnya dapat dilakukan tanpa printer, namun dapat memakan biaya lebih untuk print out.

Jasa pembuatan sticker

Bagi yang mempunyai printer, mungkin dapat memulai berbagai macam bisnis. Seperti jasa pembuatan sticker. Ada berbagai macam permintaan produk sticker, mulai untuk komunitas, pribadi hingga hajatan.

Sebelum memulai untuk membuka bisnis pembuatan sticker, harus kuasai software editing terlebih dahulu. Khususnya software editing gambar bitmap dan victor. Untuk software referensinya tidak harus menggunakan Adobe series dan Corel series.

Jasa kecantikan henna

Henna adalah seni kecantikan yang berasal dari Timur Tengah, khususnya India. Namun seni kecantikan ini cukup populer di kalangan Indonesia. Bahkan perkembangan henna sangat luas. Henna ini menjadi alternatif kecantikan selain sulam.

Secara umum, henna adalah seni kecantikan melukis tangan. Kini henna tidak lagi identik dengan melukis tangan semata. Ada pula henna alis, henna bibir, henna bulu mata, henna area mata dan lain sebagainya. Maka dari itu seluruh jenis henna yang ada.

Tidak hanya itu semata, setidaknya siapkan pula alternatif henna lainya. Seperti henna tempel.

Jasa sulam kecantikan

Inovasi sulam kecantikan ini juga sangat hits. Khususnya di kalangan artis dan sosialita. Bahkan tidak ada satupun kalangan tersebut yang tidak turut serta untuk sulam kecantikan.

Sebenarnya sulam kecantikan dan henna tidak jauh beda. Hanya saja untuk sulam kecantikan mempunyai waktu yang lebih lama. Sedangkan henna mungkin hanya untuk 2 bulan.

Karena masa hilang dari sulam ini lebih lama, mungkin modal awal yang dibutuhkan jauh lebih besar. Untuk jasa sulam kecantikan mempunyai alat khusus. Selanjutnya hanya mengeluarkan modal kecil untuk membeli refill.

Jasa les

Bidang bisnis kreatif ini sangat digemari pada kalangan pelajar dan mahasiswa. Mata pelajaran yang digunakan untuk les dapat disesuaikan dengan prodi / jurusan yang diambil.

Laman: 1 2 3

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Wahyu Saputro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *