30 Ide Bisnis Kreatif dan Unik Tahun 2021 dengan Modal Kecil

Diterbitkan pada
11 Februari 2021
Waktu membaca
8 Menit

Bisnis tidak selalu dimulai dengan modal besar. Nyatanya ada banyak ide bisnis kreatif yang justru dapat dimulai dengan modal yang sangat minim. Bahkan bisa dibilang hanya dengan modal Rp100.000.

Dengan ide ini, dapat memperoleh tambahan penghasilan yang cukup lumayan. Sehingga tidak terus-menerus bergantung pada satu buah penghasilan semata.

Hal ini dapat membuat waktu liburmu menjadi lebih berguna daripada menghabiskan uang hanya untuk mengikuti trends traveling dan shopping.

Skill Paling Mendukung Untuk Jualan Usaha Kreatif dan Unik

Tidak ada rahasia khusus untuk memulai ide bisnis kreatif. Sebab yang hanya diperlukan hanya inovasi dan kreatifitas. Hal itu diperlukan hanya untuk membuat produk bisnis mempunyai identitas dan mudah untuk dikenali.

Namun sebelum memulai untuk membuat bisnis yang kreatif, ada beberapa tips supaya dapat berjalan dengan baik. Tips tersebut meliputi:

  • Kenali skill diri sendiri

Masing-masing orang mempunyai skill / kemampuan yang berbeda-beda. Skill dalam bisnis diperlukan untuk menciptakan passion untuk dunia bisnis sendiri.

Jika bidang bisnis sesuai dengan kemampuan, maka akan mudah untuk menjalani dan mengembangkannya. Sebaliknya jika mencoba memulai bisnis dengan bidang baru dan jauh dari kemampuan / passion, pasti membutuhkan waktu lama untuk beradaptasi serta belajar dunia baru.

  • Tidak hanya sekedar mengikuti alur 

Bisnis tidak harus mengikuti saran / produk yang sedang ngetrend. Hal ini justru menimbulkan kamu sulit untuk meraup laba dalam waktu yang sangat lama. Seandainya masa trends telah berakhir, berakhir pula bisnisnya.

Jadi ciptakanlah ide bisnis yang berbeda dengan lainya. Perbedaannya tidak harus yang mencolok, cukup dengan menjual yang pasti dibutuhkan semua orang.

Baca juga:
Rekomendasi Produk Terlaris di Marketplace 2021

30 Ide Bisnis Kreatif dan Unik Tahun 2021 Paling Banyak Digemari dan Modalnya Kecil

Berikut adalah ide-ide yang unik, kreatif, dan tidak banyak orang menjalankan sehingga dapat menjadi peluang usaha yang prospektif.

Jasa kreasi mahar

Ide bisnis pertama yaitu membuka jasa kreasi mahar pernikahan. Setiap orang yang hendak menikah, pasti menginginkan sesuai yang spesial pula. Hal itu pun juga termasuk mahar pernikahan.

Tidak peduli berapa besar maharnya, jika dikemas secara unik pasti akan terlihat istimewa. Modal yang diperlukan pun hanya tempat untuk mahar serta beberapa benda seperti pita, isolasi dan lain sebagainya. Cara menciptakan kreasi mahar pun dapat dipelajari dengan youtube.

Jasa kreasi serah-serahan

Ide bisnis satu ini hampir sama dengan jasa kreasi mahar, hanya saja mungkin lebih rumit dan kompleks. Modal yang diperlukan pun juga lebih besar daripada kreasi mahar. Begitu pula dengan resikonya.

Khusus untuk jasa kreasi serah-serahan harus dapat berani untuk membuat kreasi beda apapun. Mulai dari kosmetik dengan bentuk wadah bermacam-macam hingga makanan lembek yang sekalipun.

Bisnis souvenir

Masih dalam seputar pernikahan, bisnis souvenir juga dapat menjadi ide kreatif untuk bisnis. Namun untuk bisnis souvenir hanya dapat dilakukan dengan komputer / laptop serta printer. Meskipun sebenarnya dapat dilakukan tanpa printer, namun dapat memakan biaya lebih untuk print out.

Jasa pembuatan sticker

Bagi yang mempunyai printer, mungkin dapat memulai berbagai macam bisnis. Seperti jasa pembuatan sticker. Ada berbagai macam permintaan produk sticker, mulai untuk komunitas, pribadi hingga hajatan.

Sebelum memulai untuk membuka bisnis pembuatan sticker, harus kuasai software editing terlebih dahulu. Khususnya software editing gambar bitmap dan victor. Untuk software referensinya tidak harus menggunakan Adobe series dan Corel series.

Jasa kecantikan henna

Henna adalah seni kecantikan yang berasal dari Timur Tengah, khususnya India. Namun seni kecantikan ini cukup populer di kalangan Indonesia. Bahkan perkembangan henna sangat luas. Henna ini menjadi alternatif kecantikan selain sulam.

Secara umum, henna adalah seni kecantikan melukis tangan. Kini henna tidak lagi identik dengan melukis tangan semata. Ada pula henna alis, henna bibir, henna bulu mata, henna area mata dan lain sebagainya. Maka dari itu seluruh jenis henna yang ada.

Tidak hanya itu semata, setidaknya siapkan pula alternatif henna lainya. Seperti henna tempel.

Jasa sulam kecantikan

Inovasi sulam kecantikan ini juga sangat hits. Khususnya di kalangan artis dan sosialita. Bahkan tidak ada satupun kalangan tersebut yang tidak turut serta untuk sulam kecantikan.

Sebenarnya sulam kecantikan dan henna tidak jauh beda. Hanya saja untuk sulam kecantikan mempunyai waktu yang lebih lama. Sedangkan henna mungkin hanya untuk 2 bulan.

Karena masa hilang dari sulam ini lebih lama, mungkin modal awal yang dibutuhkan jauh lebih besar. Untuk jasa sulam kecantikan mempunyai alat khusus. Selanjutnya hanya mengeluarkan modal kecil untuk membeli refill.

Jasa les

Bidang bisnis kreatif ini sangat digemari pada kalangan pelajar dan mahasiswa. Mata pelajaran yang digunakan untuk les dapat disesuaikan dengan prodi / jurusan yang diambil.

Akan tetapi harus siap untuk menguasai mata pelajaran lainnya. Karena ada kemungkinan siswa yang mengikuti les mengajukan beberapa pertanyaan tentang mata pelajaran lain.

Khusus untuk les olahraga dan balita, tidak perlu lagi untuk menguasai mata pelajaran lain. Sangat tidak mungkin dan bahkan tidak tidak ada guru les olahraga menerima pertanyaan dari mata pelajaran lain. Begitu pula dengan guru les khusus untuk balita.

Ada buah jenis jasa les yang dibuka, yaitu jasa les privat dan kelompok. Jika membuka jasa les privat harus siap untuk mengeluarkan modal tambahan untuk transportasi. Untuk yang lebih mudah yaitu masuk ke lembaga pendidikan terlebih dahulu.

Jasa kursus

Belajar, tidak hanya sekedar mata pelajaran formal. Ada banyak pelajaran non formal yang dapat dipelajari.

Secara garis besar jasa les dan jasa kursus hampir sama. Akan tetapi target pasar sangat berbeda. Untuk jasa les, hanya diperuntukkan pelajar. Sedangkan untuk jasa kursus diperuntukkan bagi semua orang.

Ada banyak orang yang berminat mengikuti jasa kursus. Sebab hal yang dipelajari dalam kursus akan sangat berguna di dalam kehidupan masyarakat dan dapat digunakan untuk mencari penghasilan. Contoh ide peluang usaha bidang kursus meliputi kursus potong rambut, kursus make up, kursus hair styling, kursus membuat kue, kursus menjahit, kursus bahasa dan lain sebagainya.

Untuk jenis kelas kursusnya ada 2 buah kategori. Pertama jenis kelasnya ialah kelas konvensional dan online. Kedua formalitas, yaitu bersertifikasi dan non sertifikasi.

Khusus untuk jasa kursus sertifikasi, harus melegalkan bidang usahanya terlebih dahulu. Jika tidak terdaftar, maka bisnis itu illegal dan dapat ditutup sewaktu-waktu saat diketahui oleh pemerintah terutama staff pajak.

Guru online

Membuka jasa les secara pribadi cukup sulit untuk dilakukan. Tetapi ada cara alternatif lain untuk memulai bisnis les. Cara tersebut yaitu dengan bergabung bersama situs belajar online.

Dengan ini akan memperoleh laba dari hasil kelas onlinenya. Selain itu juga harus online setiap hari supaya mempunyai rating baik.

Konsultasi kesehatan online

Khusus bisnis ini hanya diperuntukkan bagi para dokter. Sistemnya pun hampir sama dengan guru online.

Membuka praktek secara pribadi diluar instasi kesehatan sangat sulit. Namun ada cara lain untuk membuka praktek di luar jam kerja yaitu bergabung dengan situs kesehatan online.

Jasa sewa kostum

Banyaknya pengguna media sosial dan semakin bertambah dari masa ke masa, membuat semua orang berlomba – lomba menciptakan kostum yang unik. Kostum yang unik akan mendapat respon yang jauh lebih banyak daripada mengenakan pakaian biasa.

Ada 2 cara untuk memulai bisnis jasa sewa kostum. Pertama membuka stand di tempat wisata. Kedua membuka jasa sewa kostum secara online maupun konvensional.

Untuk memperluas pasar dengan efektif, sebaiknya sediakan berbagai macam tipe kostum. Mulai dari tradisional dari berbagai macam daerah hingga budaya asing hingga kostum modern / costplay. Selepas dari itu harus menjaga kebersihan kostum.

Jasa pembuatan kostum

Jasa terima jahitan yang satu ini mempunyai nilai lebih daripada jasa jahitan umumnya. Bahkan laba yang diperoleh dapat jauh lebih besar. Kemudian dapat pula menjalin kerja sama dengan beberapa jasa sewa kostum.

Untuk tingkat kesulitannya pun jauh lebih rumit, khususnya untuk kostum costplay. Maka dari itu harus menguasai pembuatan pola sedetail mungkin.

Jasa peralatan fotografi

Meskipun telah bermunculan smartphone dengan kualitas kamera mumpuni, tetapi tidak ada yang bisa menggeser kamera DSLR. Harga kamera DSLR sekarang setara dengan harga smartphone.

Sayangnya tidak ada orang yang tertarik untuk membelinya. Sebagian besar lebih memilih untuk menyewa.

Hal ini dikarenakan hanya sedikit orang yang mengetahui cara untuk menggunakan kamera tersebut. Biasanya penyewaan kamera DSLR dilakukan secara berkelompok. Satu diantaranya harus dapat menggunakan kamera tersebut.

Jasa foto kilat

Di beberapa tempat wisata sering melihat beberapa fotografer yang menawarkan jasa foto kilat / instan. Hal ini juga dapat dijadikan sebagai ide bisnis sampingan saat liburan.

Sebelum memulai ide yang satu ini, harus minta ijin terlebih dahulu dan bergabung dengan tim fotografer yang telah ada. Karena mereka bekerja secara berkelompok.

Baca juga:
Ide Jualan Tahun 2021 yang Mendatangkan Keuntungan

Jasa lukis

Sejak masa prasejarah hingga era teknologi modern ini, keberadaan dari seni lukis sama sekali tidak tergeser. Perkembangan media untuk seni lukis juga semakin bertambah. Peminatnya pun juga semakin bertambah, meskipun telah ada seni gambar digital.

Untuk ide bisnis yang satu ini juga tidak dapat dilakukan semua orang. Hanya orang tertentu dan mempunyai keahlian skill seni lukis yang dapat melakukannya.

Jasa desain grafis

Beberapa orang mungkin telah mempunyai printer. Hanya saja tidak semua orang dapat menguasai editing. Sebab editing bukan sesuatu yang dapat dikuasai dengan cepat dan membutuhkan kesabaran tinggi.

Penggunaan jasa design grafis pun menjadi alternatif dalam membuat berbagai macam sticker / undangan. Dengan ini setidaknya tidak perlu mengeluarkan uang lebih dan dapat meminimalisir budget yang ada.

Jasa make up

Bagi yang mempunyai keahlian dalam make up, tentunya tidak segan-segan untuk memulai bisnis. Satu hal yang perlu diketahui yaitu make up yang paling banyak diminati ialah make up natural bukan tradisional.

Untuk jasa make up tidak hanya sebatas pada wajah semata, namun juga dibagian rambut ataupun kerudung. Make up dan hair / hijab styling pun telah menjadi satu paket. Karena itulah untuk ide bisnis jasa make up harus menguasai keduanya.

Jasa beauty treatment privat

Ide bisnis kreatif selanjutnya adalah bisnis kecantikan, yang memang sangat menjadikan dan sangat minim resiko sepi. Bahkan hampir tidak ada salon yang sepi pengunjung. Terlebih lagi jika salon tersebut memberikan diskon khusus.

Jasa beauty treatment privat pun dapat menjadi alternatif yang sangat efektif. Karena semakin banyak orang yang mengeluh di salon hanya karena menunggu terlalu lama. Dengan ini pelanggan tidak perlu lagi menunggu antrian.

Untuk peralatannya tidak perlu membeli yang baru dengan kualitas premium. Cukup dengan bermodal alat kecantikan yang telah ada. Jika sudah berjalan, baru mulai mengganti peralatannya.

Jasa spa privat

Sebelum memulai bisnis ini, harus kursus spa terlebih dahulu. Selain itu dapat pula bekerja di salon yang juga menawarkan jasa spa. Keahlian spa yang dimiliki pun juga dapat digunakan untuk ide bisnis / usaha sampingan.

Ada 2 jenis spa secara umum, yaitu spa dewasa dan anak. Kedua spa tersebut sangat berbeda. Jadi sertakan pula keterangan jenis spa, supaya tidak ada kesalahpahaman.

Jasa potong rambut

Hanya dengan bermodal Gunting dan sisir, dapat dimanfaatkan untuk menuai penghasilan. Untuk potong rambut pria tidak sulit untuk mempelajarinya. Namun untuk potong rambut wanita, harus kursus terlebih dahulu.

Bisnis handmade

Meskipun terlihat sangat sepele, tetapi bisnis yang satu ini nyatanya sangat menjanjikan. Apalagi jika bidang handmadenya untuk anak-anak perempuan. Pastinya banyak tertarik untuk membelinya.

Khusus untuk bisnis ini buatlah sekreatif dan selucu mungkin. Sehingga anak-anak pun terlihat jauh lebih cantik.

Bisnis daur ulang

Semua orang pasti mempunyai barang yang tidak terpakai dan telah dikategorikan sebagai sampah. Dengan sampah tersebut dapat didaur ulang dan dijadikan sebagai beda jadi yang jauh lebih bermanfaat.

Untuk membuat tampilan yang lebih cantik dan menghilangkan kesan sampah, gunakan cat, sprinkle dan liner. Dengan itu tidak ada yang tahu bahwa benda itu adalah benda daur ulang.

Bisnis kerajinan

Mata pelajaran keterampilan di sekolah dapat juga sangat bermanfaat sebagai ide untuk bisnis. Mulai dari menyulam, menganyam dan lain-lain.

Karena itulah simak baik-baik pelajaran yang satu ini. Serta buatlah prakarya pelatihan sebaik mungkin.

Bisnis kue

Bagi karyawan bisnis kue menjadi bisnis alternatif terbaik yang ada. Cara untuk membuat kue pun juga tidak begitu mudah. Dapat pula mengikuti kursus baker supaya dapat membuat berbagai macam jenis kue.

Bisnis katering

Selain kue bisnis katering juga sangat cocok bagi karyawan, apalagi yang tidak menerima makan siang. Pasti banyak orang yang berminat.

Namun untuk bisnis katering harus dimanage dengan baik, khususnya untuk maksimal pesanan harian bagi yang enggan keluar dari pekerjaan. Sebaliknya jika lebih memilih untuk bisnis katering dan ingin menerima pesanan yang lebih, keluar dari pekerjaan dan fokus bisnis katering.

Jasa penerjemah

Menguasai bahasa asing menjadi nilai plus dan mudah untuk memperoleh penghasilan. Apalagi untuk bahasa mandarin dan bahasa inggris.

Ada banyak bidang instasi yang membutuhkan penerjemah. Maka dari itu tidak sebaiknya menyepelekan bahasa apapun.

Subber

Subber sedang menjadi profesi yang banyak digemari. Terutama untuk Kdrama, Cdrama dan Kdrama. Peminat untuk drama Asia di Indonesia sendiri jauh lebih besar daripada sinetron.

Tidak hanya itu beberapa FTV juga diminati oleh orang asing. Hal ini dapat menjadi alternatif untuk subber.

Jasa subber tidak hanya bermodal menguasai bahasa asing, namun juga video editing. Skill video editing yang dibutuhkan pun hanya sekedar tambah huruf.

Dubber

Untuk jasa dubber mungkin hampir sama dengan subber, hanya saja untuk dubber mempunyai bidang suara. Menjadi dubber pun tidak semudah dengan subber. Karena harus mempunyai suara yang berkualitas, enak didengar, berkarakter dan tidak cempreng.

Baby sitting

Bagi yang menyukai anak kecil, dapat membuka jasa baby sitting. Meskipun mengurus anak-anak melelahkan, namun akan sangat menyenangkan dan sangat menghibur dengan tingkah lakunya yang sangat lucu.

E-book

Bagi yang suka menulis dan mempunyai impian menjadi penulis, e-book menjadi solusi terbaik. Dengan ini tidak perlu khawatir tulisan ditolak mentah-mentah oleh penerbit. Karena situs ebook jauh lebih fleksibel daripada penerbit.

Itulah beberapa referensi ide bisnis kreatif. Semua bisnis di atas, dapat dimulai dengan modal yang sangat minim. Jadi tidak perlu ragu untuk memulai dan terjun ke dunia bisnis.

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Wahyu Saputro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *