Cara Menggunakan Canva: Tutorial Mudah Desain Feed Media Sosial

Wahyu Saputro 21 Okt 2022 6 Menit 0

Siapapun dapat mendesain dengan mudah apalagi jika sudah mengetahui bagaimana cara menggunakan Canva. Tidak perlu menunggu jago ataupun ahli untuk membuat desain karena aktivitas ini juga bisa dilakukan oleh pemula.

Canva merupakan aplikasi yang menyediakan banyak fitur unggulan. Dengan begitu para pengguna semakin gampang mendesain Feed media sosial dengan Canva.

Apa itu Canva?

Bagi Anda yang masih belum pernah paham, apa sih Canva itu? Canva merupakan sebuah aplikasi desain grafis online yang bisa dimanfaatkan secara mudah. Sangat cocok digunakan untuk mendesain bahkan bagi seseorang yang belum tahu tentang desain sekalipun.

Canva dapat diakses kapanpun dan dimanapun Anda berada sebab dapat diunduh di Handphone maupun laptop serta PC secara online. Bagi Anda pengguna Handphone bisa mengaksesnya melalui browser ataupun mengunduhnya di aplikasi Google Play Store.

Apa itu canva

Aplikasi ini diluncurkan sejak tahun 2012 dan sudah mampu menarik banyak pengguna. Masih di tahun 2012 juga Canva sudah memiliki pengguna sebanyak 750.000. Bahkan hingga tahun 2017 pengguna aplikasi tersebut sudah berhasil naik sampai dengan 10 juta pengguna dari 179 negara.

Sampai saat ini pengguna dari tools Canva semakin bertambah banyak. Terbukti dengan aplikasinya yang mudah digunakan dan dapat membantu mendesain apapun mulai dari logo, stiker dan masih banyak lagi.

Kelebihan Aplikasi Canva

Apabila Anda tahu cara menggunakan Canva pastinya akan mendapatkan banyak sekali kelebihan dibandingkan dengan tools desain lainnya. Berikut ini beberapa kelebihan dari aplikasi Canva:

1. Tersedia Berbagai Macam Pilihan Desain Grafis

Banyak fitur-fitur menarik yang terdapat pada aplikasi Canva sehingga mempermudah banyak penggunanya untuk mendesain, seperti:

  • Banyak memiliki template yang menarik
  • Menyediakan ilustrasi menarik hingga ratusan jumlahnya
  • Terdapat Icon sebagai pelengkapnya
  • Tersedia jenis text yang bermacam-macam
  • Terdapat pilihan animasi yang tak kalah menarik
  • Dan masih banyak lagi fitur yang lainnya.

Kelebihan canva

2. Bisa Dimanfaatkan untuk Kolaborasi Tim

Canva juga menyediakan ruang bagi siapapun yang ingin melakukan desain bersama orang lain maupun kelompok dalam satu akun. Dengan begitu, Anda dapat meningkatkan kreativitas bersama anggota kelompok untuk saling bekerja sama.

Sistem seperti ini juga banyak digunakan dalam berbagai instansi perusahaan hingga pemerintahan. Tentunya dengan begini Anda dapat saling bertukar pikiran dengan teman-teman satu tim.

3. Bisa Diakses Secara Online Dengan Mudah

Siapapun pengguna dari aplikasi Canva ini dapat mengaksesnya secara online dengan menggunakan berbagai macam perangkat. Semisal menggunakan Android atau Handphone serta PC/ Laptop.

Dengan kemudahan seperti ini maka Canva dapat diakses dimanapun Anda sedang berada dan kapanpun yang diinginkan. Bagaimana, sangat menarik sekali bukan?

Cara Membuat Akun Canva Secara Gratis

Jika Anda ingin mengakses Canva maka sebelumnya haruslah mempunyai akun. Cara menggunakan akun lumayan mudah, Anda hanya perlu memilih secara gratis atau pilih yang berbayar.

Apabila Anda masih tergolong orang yang pemula mendesain maka lebih baik untuk memanfaatkan yang gratis terlebih dulu. Nah, jika di kemudian hari mau yang lebih maksimal dan sudah mahir maka bisa upgrade ke akun berlangganan.

Cara mudah daftar akun Canva adalah sebagai berikut:

  • Bukalah aplikasi Canva atau kunjungilah situs dari Canva.com
  • Jika Anda baru pertama akan membuat akun maka tekan “Sign up”, sedangkan bagi yang sudah pernah daftar maka langsung saja klik “Log in”.
  • Setelah Sign Up kemudian akan muncul tiga pilihan untuk masuk ke Canva yaitu Facebook, Email, dan Google.
  • Setelah Anda memilih salah satu dari pilihan tersebut dan sudah klik “Login”, maka akun Canva sudah siap. Anda sudah dapat melakukan desain sesuai dengan kebutuhan dan juga keinginan.

Cara Memanfaatkan Canva untuk Sosial Media

Setelah memiliki akun di aplikasi Canva, maka Anda sudah dapat menggunakannya. Bagi Anda yang ingin mengetahui cara menggunakan Canva untuk mendesain feed di sosial media. Seperti Facebook maupun Instagram atau juga untuk banner iklan berikut ini caranya:

1. Cara Melakukan Desain Feed Instagram Menggunakan Canva

  1. Langkah yang pertama yaitu bukalah aplikasi Canva Anda dan pilih “Create a design”, biasanya terletak di pojok atas sebelah kanan.
  2. Carilah menu Instagram Post, lalu akan ada tampilan baru untuk digunakan mendesain berukuran 1080 x 1080 px.
  3. Untuk membuat desain Anda dapat memanfaatkan fitur yang tersedia pada Canva. Pengguna Canva dapat mendesain sesuai dengan kreativitas masing-masing yang dimiliki.
  4. Lanjutkan dengan menambahkan “Photos” ataupun “Background”.
  5. Desain menjadi lebih cantik lagi dengan menambahkan Teks.
  6. Jika desain dirasa sudah selesai, maka desain feed Instagram Anda dapat di Download.
  7. Kemudian Anda juga bisa memilih tipe file baik JPG, PNG, PDF dan lainnya. Kemudian tekan “Download”.

Jika Anda sudah selesai men-download hasil desain tersebut, maka kemudian bisa langsung di Upload ke akun Instagram.

2. Cara Desain Feed untuk Facebook Melalui Canva

Setelah Anda mengetahui cara menggunakan Canva untuk desain feed Instagram, selanjutnya desain untuk Feed Facebook. Caranya masih sama, akan tetapi yang membedakan ialah ukurannya. Untuk Feed Facebook ukuran yang dibutuhkan yaitu 940×788 px. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Canva Anda, kemudian pilih “Create a design”, lalu “Facebook post”.
  2. Anda dapat menggunakan fitur template yang disediakan oleh Canva atau juga bisa mendesain sendiri sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Jika Anda mendesain sendiri maka dapat memanfaatkan icon serta ilustrasi yang tersedia pada aplikasi tersebut.
  3. Apabila telah selesai maka desain dapat di download dan upload ke akun Facebook Anda.

Nah itulah cara melakukan desain feed untuk Facebook yang dapat Anda ikuti secara mudah. Dengan mendesain menggunakan aplikasi ini maka postingan Anda di Facebook akan semakin menarik.

3. Cara Desain Banner Iklan untuk Google Ads melalui Aplikasi Canva

Untuk Anda yang ingin tahu bagaimana cara menggunakan Canva untuk desain banner iklan juga gampang kok. Namun sebelum mendesain Anda harus tahu terlebih dahulu ukurannya banner untuk Google ads.

Ukuran banner berbeda-beda sesuai dengan jenis iklannya, semisal ada Leaderboard, Large Leaderboard, Square, Portrait dan masih banyak lainnya.

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Wahyu Saputro
Ditulis oleh

Wahyu Saputro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.