Cara Daftar Internet Banking BRI dan Panduan Aktivasinya [Lengkap]

cara daftar internet banking bri

Anda kesulitan untuk daftar internet banking BRI? Pada zaman modern seperti saat ini, penggunaan teknologi telah merambah di berbagai bidang. Salah satunya perbankan. Perbankan telah menggunakan teknologi yang cukup modern yaitu dengan internet banking.

Tentunya teknologi ini memiliki beragam keunggulan yang sangat menguntungkan bagi para penggunanya. Keunggulan pertama tentu internet banking dinilai sangat praktis, Anda bisa melakukan transaksi dimana pun tanpa ada batas waktu dan tempat.

Internet banking telah menjadi solusi praktis bagi Anda yang ingin bertransaksi secara cepat, mudah, dan juga aman. Anda tidak perlu lagi khawatir akan adanya kebobolan data atau penipuan yang terjadi ketika bertransaksi manual.

Dibalik itu semua, ternyata masih banyak loh masyarakat yang kesulitan untuk melakukan transaksi menggunakan internet banking. Maka dari itu, berikut akan dijelaskan bagaimanacara untuk mendaftar internet banking BRI dan juga keuntungan dibaliknya.

Cara Daftar & Aktivasi Internet Banking BRI (Mudah dan Cepat)

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa daftar internet banking BRI sangatlah mudah dan praktis. Layanan yang diberikan oleh Bank Rakyat Indonesia ini bisa Anda akses melalui jaringan internet yang menggunakan perangkat lunak browser. Baik pada smartphone, laptop, dan gadget lainnya.

Pada dasarnya cara mendaftar internet banking BRI ada dua opsi, yang pertama yaitu dengan datang langsung ke kantor BRI atau bisa juga secara online melalui ATM. Nah untuk itu, berikut akan dijelaskan beberapa pengetahuan mengenai cara daftar internet banking untuk belajar Anda.

Melalui Kantor Cabang BRI

Cara yang pertama yaitu dengan mendaftar internet banking melalui kantor cabang BRI. Cara ini sangat cocok bagi Anda yang sedang menjalankan bisnis ataupun usaha agar jauh lebih efektif. Simak caranya dibawah ini.

1. Siapkan Data

Jika Anda ingin mendaftarkan diri ke dalam internet banking, jangan lupa untuk mempersiapkan data-data yang diperlukan terlebih dahulu. Anda harus membawa beberapa berkas penting yang dibutuhkan sebelum datang langsung ke kantor cabang.

Berkas-berkas yang bisa Anda bawa antara lain yaitu ada Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu ATM BRI milik Anda sendiri. Selain itu, Buku Tabungan, Nomor Handphone yang aktif, dan yang terakhir yaitu email.

Semua data-data diatas tentunya sangat dibutuhkan saat proses pendaftaran. Usahakan semua data telah terverifikasi sehingga terjamin keaslian dan kebenarannya. Dengan data yang terverifikasi, Anda juga lebih mudah untuk melakukan transaksi internet banking.

Setelah Anda memastikan bahwa semua data telah lengkap, Anda bisa langsung datang ke kantor cabang BRI terdekat. Tentunya dengan datang langsung ke kantor cabang BRI terdekat, Anda bisa langsung mengungkapkan kemauan Anda.

2. Ambil Nomor Antrean

Setelah sampai, Anda bisa langsung ambil nomor antrean yang biasanya sudah disediakan di samping pintu masuk. Jika Anda belum terlalu memahami, Anda bisa bertanya kepada satpam yang saat itu sedang bertugas.

Satpam akan mengarahkan Anda ke tempat pengambilan nomor antrean. Setelah mengambil nomor antrean, Anda bisa duduk dan sabar menunggu giliran untuk maju ke customer service.

3. Menghadap Customer Service

Setelah tiba giliran Anda untuk maju ke bagian customer service, Anda bisa menyampaikan maksud dan juga tujuan Anda datang ke kantor cabang BRI. Anda hanya tinggal bilang jika ingin mengaktifkan internet banking.

Dengan sigap, customerservice BRI akan membantu Anda untuk mengaktifkan internet banking tersebut. Anda hanya tinggal menunggu formulir yang akan di print oleh pihak customer service.

4. Pengisian Formulir

Setelah itu, pihak customer service akan memberikan Anda sebuah formulir untuk diisi. Silahkan Anda melengkapi formulir tersebut sesuai dengan data-data yang telah Anda persiapkan sebelumnya.

Hati-hati dalam mengisi formulir tersebut. Jangan sampai terjadi kesalahan dalam penulisan, hal ini untuk menghindari adanya informasi yang rancu antara data satu dengan data-data yang lainnya.

5. Tunggu Sampai Selesai

Jika Anda telah selesai mengisi formulir tersebut dengan baik dan benar, Anda bisa menyerahkan formulir itu kepada customer service. Selanjutnya, Anda harus menunggu hingga seluruh proses registrasi internet banking di customer service selesai.

Baca juga:
Cara Registrasi Kartu Indosat untuk Pengguna Baru dan Lama [Lengkap]

Melalui Mesin ATM

Selain datang langsung ke customer service, aktivasi internet banking juga bisa dilakukan dengan menggunakan mesin ATM. Tentunya aktivasi seperti ini sangat cocok bagi Anda pemilik marketplace yang tidak ada cukup waktu untuk mengantre. Untuk cara-caranya akan dijelaskan dibawah ini.

  • Sebelum Anda berangkat ke ATM terdekat, Anda harus mempersiapkan berbagai macam data dan kartu yang sekiranya diperlukan. Baik berupa buku tabungan, kartu ATM, Kartu Tanda Penduduk, dan data-data lainnya.
  • Setelah itu Anda bisa langsung masuk ke dalam bilik ATM terdekat. Siapkan kartu ATM BRI yang akan Anda aktivasi internet banking.
  • Masukkan kartu ATM BRI yang sudah Anda persiapkan sebelumnya ke dalam mesin ATM dengan hati-hati. Setelah itu menu masukkan pin akan keluar, Anda bisa langsung memasukkan PIN ATM Anda. Hati-hati dalam memasukkan PIN agar tidak ada kesalahan.
  • Selanjutnya akan ada tampilan halaman utama, di sana Anda bisa langsung memilih menu registrasi. Setelah itu Anda pilih menu internet banking. Jangan sampai salah pilih dengan menu yang lain, karena bisa saja membuat ATM Anda tertelan.
  • Setelah memilih menu internet banking, maka Anda akan diminta untuk memasukkan PIN baru dengan jumlah 6 kode digit. Selanjutnya Anda akan diminta untuk konfirmasi ulang kode PIN 6 digit tersebut.

Kode yang Anda masukkan harus sama dengan PIN yang Anda masukkan sebelumnya. Selalu berhati-hati ketika memasukkan PIN, karena jika sampai salah atau lupa bisa menimbulkan berbagai masalah.

  • Jika proses pendaftaran Anda telah berhasil, maka dari ATM akan keluar sebuah struk yang berisikan data-data i-banking milik Anda. Dalam struk itulah ada user id dari i-banking Anda.

Cara Login Internet Banking BRI

Dari kedua cara tersebut sebenarnya proses pendaftaran sudah selesai. Tahap selanjutnya Anda hanya perlu login ke laman I-banking BRI. Berikut cara-caranya.

  • Buka halaman log in BRI yang telah tersedia di Internet. Setelah Anda membuka laman BRI tersebut, akan ada beberapa menu di dalamnya. Anda tinggal mengisi kolom login untuk masuk ke dalam akun BRI Anda.

Untuk username diisi dengan user id yang sebelumnya telah Anda dapatkan ketika registrasi internet banking. Password diisi dengan nomor PIN yang sebelumnya Anda input ketika daftar Internet banking. Sementara itu validator diisi dengan nomor validasi di samping kolom.

  1. Setelah Anda mengisi semua kolom tersebut, klik tombol masuk. Maka Anda akan dihadapkan dengan halaman persetujuan. Anda bisa membaca setiap detail dari halaman tersebut. Kemudian Anda bisa klik tombol “saya setuju” jika telah setuju.
  2. Halaman selanjutnya, Anda akan diminta untuk mengubah password yang telah Anda buat sebelumnya. Buatlah password baru yang jauh lebih sulit agar akun Anda tetap aman.
  3. Selain password, Anda juga akan diminta untuk memasukkan email. Setelah semua selesai klik simpan dan selamat internet banking sudah siap digunakan.

Baca juga:
Cara Registrasi Kartu Telkomsel Agar Bisa Langsung Aktif & Siap Dipakai

Keuntungan Pakai Internet Banking BRI

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa menggunakan internet banking memanglah tidak diwajibkan. Akan tetapi tahukah Anda bahwa terdapat banyak keuntungan yang bisa Anda peroleh ketika mendaftar internet banking terutama pada bagian jualan dan toko online?

Apa saja keuntungan tersebut? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Sangat Aman

Salah satu keuntungan yang bisa Anda dapatkan saat menggunakan internet banking yaitu terkait keamanannya. Internet banking BRI sangat aman karena telah menggunakan standar keamanan internasional yang sangat cocok untuk pengusaha pintar jualan.

Jika biasanya Anda terancam adanya pencurian atau tindak kejahatan ketika bertransaksi tunai, dengan penggunaan internet banking ini semua risiko tersebut terpatahkan.

Anda bisa bertransaksi dengan santai tanpa harus takut akan adanya tidak kejahatan. Akan tetapi Anda juga harus tetap berhati-hati, jangan pernah memberikan nomor PIN ke siapa pun termasuk pegawai bank sendiri.

2. Mudah dan Praktis

Keuntungan kedua yang Anda dapatkan ketika mendaftarkan diri ke dalam internet banking yaitu kemudahan dan kepraktisannya. Halaman I-banking sangat user friendly, fiturnya mudah dibaca, dan juga terdapat tombol bantuan untuk Anda yang masih kesulitan menggunakannya.

Selama 7 hari 24 jam nonstop, Anda bisa melakukan beragam transaksi secara digital tanpa harus datang dan mengantre di bank. Tentunya ini akan sangat menghemat waktu Anda dan membuat seluruh kehidupan menjadi jauh lebih praktis.

3. Bisa Diakses Kapan Saja

Nah keuntungan yang paling penting ketika mendaftar kedalam internet banking yaitu bisa Anda akses dimana pun. Tentunya keuntungan ini sangat cocok bagi Anda yang super sibuk dan jarang ada waktu untuk hanya sekadar ke bank.

Anda bisa bertransaksi dimana saja meskipun Anda sedang berada di luar kota yang cukup jauh dari bank BRI. Selama disitu masih tersedia jaringan internet, maka Anda masih bisa melakukan transaksi dengan lancar.

Jadi bisa dibilang, jika Anda menggunakan internet banking, Anda tidak memerlukan lagi keberadaan bank di pelosok-pelosok desa. Asal ada internet yang memadai, maka transaksi akan selalu lancar.

4. Lebih Hemat

Keuntungan terakhir yaitu sangat hemat. Dengan menggunakan Internet banking BRI, Anda bisa lebih jauh berhemat dibandingkan dengan yang tidak menggunakannya. Anda tidak perlu susah-susah untuk pergi ke kantor BRI untuk melakukan transaksi.

Tentunya jika Anda tidak pergi ke kantor BRI, Anda tidak perlu lagi mengeluarkan uang untuk modal transportasi. Sangat hemat bukan dibandingkan dengan transaksi manual yang mengharuskan Anda datang langsung ke BRI.

Baca juga:
Cara Registrasi Kartu XL Agar Bisa Langsung Aktif & Siap Dipakai

Itulah sedikit informasi mengenai cara aktivasi dan daftar internet banking BRI dengan cepat dan juga mudah. Dengan berkembangnya teknologi saat ini, Anda bisa menggunakan cara-cara diatas agar hidup menjadi jauh lebih mudah.

Adanya Internet banking ini bisa mempermudah Anda untuk melakukan transaksi secara praktis dimana saja. Untuk Anda yang ingin mendaftarkan diri ke dalam internet banking, langsung saja gunakan cara-cara yang telah disediakan di atas.

Pilih cara-cara yang sekiranya cocok untuk Anda, bisa langsung datang ke kantor cabang atau juga bisa langsung ke ATM terdekat. Gunakan cara-cara diatas secara bijak untuk diri Anda dan orang lain. Selamat mencoba!

Related Article

Cara Menggunakan Fitur COD di Shopee Bagi Penjual dan Pembeli

Metode bayar di tempat atau COD di Shopee tentu sangat memudahkan bagi pengguna. Baik itu penjual ataupun pembeli yang sama-sama diuntungkan, tidak perlu khawatir penipuan. Nah, supaya tidak bingung lagi, kami sudah siapkan beberapa materi mengenai layanan tersebut. Meliputi: Apa itu pembayaran COD Shopee? Wilayah mana saja yang dapat menggunakannya? Cara melakukan pembelian menggunakan COD […]

Online Shop /
13 April 2021

Cara Hapus Akun Shopee Secara Permanen Lewat Aplikasi (Sebagai Pembeli & Penjual)

Ada banyak alasan bagi kita untuk mengetahui cara hapus akun Shopee. Mungkin karena nomor terblokir, email sudah tidak aktif, atau bahkan tidak membutuhkan platform Shopee lagi? Apapun alasannya, kamu tetap dapat mengajukan penghapusan akun dengan mudah. Bagaimana caranya? Tenang, kami sudah merangkumnya dalam konten ini, beserta poin-poin penting lain seperti: Syarat-syarat yang wajib dipenuhi sebelum […]

Online Shop /
12 April 2021

Cara Hapus Akun Tokopedia Sebagai Pembeli & Penjual (Mudah, Praktis, & Permanen)

Untuk berhenti menggunakan layanan, kamu dapat menerapkan cara hapus akun Tokopedia dalam konten yang kami tulis di sini. Meski ada sedikit usaha, menutup akun di marketplace hijau tetap ada caranya. Kalau dilihat, alasan menghapus akun bisa beragam. Mungkin kamu ingin ganti nomor baru, atau sudah punya akun dan toko baru, atau alasan-alasan lainnya. Karena itu, […]

Online Shop /
8 April 2021