Cara Daftar Internet Banking BRI dan Panduan Aktivasinya [Lengkap]

Wahyu Saputro 11 Nov 2022 6 Menit 0

Kesulitan untuk daftar internet banking BRI? Kamu tidak perlu khawatir, di sini ada penjelasan mengenai cara daftar Internet Banking BRI.

Perbankan telah menggunakan teknologi yang cukup modern yaitu dengan internet banking. Tentunya teknologi ini memiliki beragam keunggulan yang sangat menguntungkan bagi para penggunanya.

Internet banking BRI dinilai sangat praktis, Anda bisa melakukan transaksi di mana pun tanpa ada batas waktu dan tempat. Internet banking telah menjadi solusi praktis bagi Anda yang ingin bertransaksi secara cepat, mudah, dan juga aman.

Maka dari itu, berikut akan dijelaskan bagaimana cara untuk mendaftar internet banking BRI dan juga keuntungan dibaliknya.

Cara Daftar & Aktivasi Internet Banking BRI (Mudah dan Cepat)

Daftar internet banking BRI sangatlah mudah dan praktis. Layanan yang diberikan oleh Bank Rakyat Indonesia ini bisa Anda akses melalui jaringan internet yang menggunakan perangkat lunak browser. Baik pada smartphone, laptop, dan gadget lainnya.

Pada dasarnya cara mendaftar internet banking BRI ada dua opsi, yang pertama yaitu dengan datang langsung ke kantor Bank BRI atau bisa juga melalui ATM. Nah untuk itu, berikut akan dijelaskan beberapa pengetahuan mengenai cara daftar internet banking untuk belajar Anda.

Melalui Kantor Cabang BRI

Cara daftar Internet Banking BRI yang pertama yaitu dengan melalui kantor cabang BRI. Cara ini sangat cocok bagi Anda yang sedang menjalankan bisnis ataupun usaha agar jauh lebih efektif. Simak caranya di bawah ini.

Kantor bri

Sumber: bri. Co. Id

1. Siapkan Data

Jika Anda ingin mendaftarkan diri ke dalam internet banking, jangan lupa untuk mempersiapkan data-data yang diperlukan terlebih dahulu. Anda harus membawa beberapa berkas penting yang dibutuhkan sebelum datang langsung ke kantor cabang.

Berkas-berkas yang bisa Anda bawa antara lain yaitu ada Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu ATM BRI milik Anda sendiri. Selain itu, Buku Tabungan, Nomor Handphone yang aktif, dan yang terakhir yaitu email.

Semua data-data diatas tentunya sangat dibutuhkan saat proses pendaftaran. Usahakan semua data telah terverifikasi sehingga terjamin keaslian dan kebenarannya. Dengan data yang terverifikasi, Anda juga lebih mudah untuk melakukan transaksi internet banking.

Setelah Anda memastikan bahwa semua data telah lengkap, Anda bisa langsung datang ke kantor cabang BRI terdekat. Tentunya dengan datang langsung ke kantor cabang BRI terdekat, Anda bisa langsung mengungkapkan kemauan Anda.

2. Ambil Nomor Antrean

Setelah sampai, Anda bisa langsung ambil nomor antrean yang biasanya sudah disediakan di samping pintu masuk. Jika Anda belum terlalu memahami, Anda bisa bertanya kepada satpam yang saat itu sedang bertugas.

Satpam akan mengarahkan Anda ke tempat pengambilan nomor antrean. Setelah mengambil nomor antrean, Anda bisa duduk dan sabar menunggu giliran untuk maju ke customer service.

3. Menghadap Customer Service

Setelah tiba giliran Anda untuk maju ke bagian customer service, Anda bisa menyampaikan maksud dan juga tujuan Anda datang ke kantor cabang BRI. Anda hanya tinggal bilang jika ingin mengaktifkan internet banking.

Dengan sigap, customerservice BRI akan membantu Anda untuk mengaktifkan internet banking tersebut. Anda hanya tinggal menunggu formulir yang akan di print oleh pihak customer service.

4. Pengisian Formulir

Setelah itu, pihak customer service akan memberikan Anda sebuah formulir untuk diisi. Silahkan Anda melengkapi formulir tersebut sesuai dengan data-data yang telah Anda persiapkan sebelumnya.

Hati-hati dalam mengisi formulir tersebut. Jangan sampai terjadi kesalahan dalam penulisan, hal ini untuk menghindari adanya informasi yang rancu antara data satu dengan data-data yang lainnya.

5. Tunggu Sampai Selesai

Jika Anda telah selesai mengisi formulir tersebut dengan baik dan benar, Anda bisa menyerahkan formulir itu kepada customer service. Selanjutnya, Anda harus menunggu hingga seluruh proses registrasi internet banking di customer service selesai.

Melalui Mesin ATM

Selain datang langsung ke customer service, aktivasi internet banking juga bisa dilakukan dengan menggunakan mesin ATM. Tentunya aktivasi seperti ini sangat cocok bagi Anda pemilik marketplace yang tidak ada cukup waktu untuk mengantre. Untuk cara-caranya akan dijelaskan dibawah ini.

  • Sebelum Anda berangkat ke ATM terdekat, Anda harus mempersiapkan berbagai macam data dan kartu yang sekiranya diperlukan. Baik berupa buku tabungan, kartu ATM, Kartu Tanda Penduduk, dan data-data lainnya.
  • Setelah itu Anda bisa langsung masuk ke dalam bilik ATM terdekat. Siapkan kartu ATM BRI yang akan Anda aktivasi internet banking.
  • Masukkan kartu ATM BRI yang sudah Anda persiapkan sebelumnya ke dalam mesin ATM dengan hati-hati. Setelah itu menu masukkan pin akan keluar, Anda bisa langsung memasukkan PIN ATM Anda. Hati-hati dalam memasukkan PIN agar tidak ada kesalahan.
  • Selanjutnya akan ada tampilan halaman utama, di sana Anda bisa langsung memilih menu registrasi. Setelah itu Anda pilih menu internet banking. Jangan sampai salah pilih dengan menu yang lain, karena bisa saja membuat ATM Anda tertelan.
  • Setelah memilih menu internet banking, maka Anda akan diminta untuk memasukkan PIN baru dengan jumlah 6 kode digit. Selanjutnya Anda akan diminta untuk konfirmasi ulang kode PIN 6 digit tersebut.

Kode yang Anda masukkan harus sama dengan PIN yang Anda masukkan sebelumnya. Selalu berhati-hati ketika memasukkan PIN, karena jika sampai salah atau lupa bisa menimbulkan berbagai masalah.

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Wahyu Saputro
Ditulis oleh

Wahyu Saputro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.