Cara Daftar Mobile Banking dan SMS Banking BRI dengan Mudah

Diterbitkan pada
01 Maret 2021
Waktu membaca
5 Menit

Di zaman sekarang ini, cara daftar mobile banking dan SMS banking BRI semakin banyak diminati oleh masyarakat. Dengan menggunakan mobile banking, kita bisa lebih mudah dalam melakukan transaksi keuangan tanpa perlu datang ke teller bank.

Bagi pemilik usaha online, penggunaan mobile banking dan SMS banking pasti akan sangat memudahkan proses pembayaran. Dengan begitu, kita bisa melakukan transaksi kapan saja dan di mana saja menggunakan ponsel pintar.

Hadirnya mobile banking dan SMS banking juga merupakan salah satu wujud kemajuan teknologi yang bisa dinikmati oleh seluruh nasabah bank BRI. Dengan mengandalkan dua hal ini, kita tetap bisa memanfaatkan fitur bank sebagaimana ketika kita melakukan transaksi secara langsung di teller.

Jika dilihat dari namanya, tentu Anda bisa mengetahui perbedaan umum dari mobile banking dan SMS banking. Yang mana mobile banking hanya bisa digunakan di ponsel dengan mengunduh aplikasi BRI Mobile terlebih dahulu. Sedangkan, SMS mobile digunakan dengan memanfaatkan layanan SMS.

Cara Daftar dan Aktivasi Mobile Banking Bank BRI

Aplikasi mobile banking atau m-Banking BRI sebenarnya sudah ada dan digunakan sejak tahun 2012 lalu. Namun, aplikasi ini semakin terkenal beberapa tahun belakangan ini karena banyak dibutuhkan oleh masyarakat, utamanya nasabah BRI.

Jadi BRI Mobile sendiri adalah aplikasi khusus ponsel pintar yang di dalamnya berisi berbagai macam layanan untuk transaksi BNI. Mulai dari mobile banking BRI, Call BRI, Internet Banking BRI, Info BRI, dan juga T-bank. Artinya, dalam satu aplikasi saja kita bisa mendapatkan berbagai layanan dari BRI.

Nah, buat Anda yang sudah terdaftar sebagai nasabah BRI, namun belum menggunakan BRI mobile, simak cara pendaftarannya yang gampang dan cepat berikut ini!

Melalui Mesin ATM

Sebelum ke mesin ATM, pastikan Anda sudah membawa buku tabungan Bank BRI dan juga kartu ATM yang masih aktif. Kemudian, langkah pendaftarannya adalah sebagai berikut:

  1. Masukkan kartu ATM ke mesin lalu masukkan PIN. Kemudian pilihlah menu “Transaksi Lain”, kemudian pilih “Lainnya”.
  2. Klik Menu “Registrasi” yang muncul pada layar ATM.
  3. Klik pilihan “Mobile Banking”.
  4. Masukkan nomor telepon yang masih aktif.
  5. Buatlah PIN untuk akun mobile banking sebanyak 6 digit. Anda bisa menyamakan PIN mobile banking dengan PIN ATM supaya mudah dihafal.
  6. Saat registrasi sudah berhasil, maka mesin akan mengeluarkan struk.
  7. Terakhir, lakukan konfirmasi ke bank dengan membawa ATM dan KTP agar Anda bisa bertransaksi menggunakan BRI Mobile sepenuhnya.

Melalui Kantor Cabang BRI

Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, daftar mobile banking dan SMS banking di ATM, mengharuskan Anda untuk konfirmasi ke kantor cabang BRI. Daripada harus kerja dua kali, ada baiknya jika Anda melakukan pendaftaran mobile banking langsung di bank.

Lalu bagaimana cara pendaftaran mobile banking langsung di kantor cabang bank BRI? Mudah sekali kok, Anda hanya perlu mempersiapkan syarat-syarat berikut ini:

  1. Buku Rekening Bank BRI.
  2. Kartu ATM BRI
  3. KTP atau petunjuk identitas lainnya
  4. Ponsel pintar yang di dalamnya sudah diunduh aplikasi BRI Mobile.
  5. Email yang aktif untuk menerima konfirmasi.

Jika sudah melengkapi persyaratan di atas, Anda bisa langsung datang ke kantor cabang BRI terdekat. Setelah sampai di sana, sampaikan pada security bahwa Anda ingin membuat akun BRI Mobile. Biasanya Anda akan diarahkan ke customer service untuk proses selanjutnya.

Customer service tersebut nantinya akan meminta Anda mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan. Kemudian, Anda akan dibantu untuk melakukan aktivasi akun BRI Mobile dan memberi m-Token oleh customer service.

Baca juga:
Cara Daftar Internet Banking BRI dan Panduan Aktivasinya [Lengkap]

Melalui Aplikasi Mobile Banking BRI

Jika tidak ingin melakukan aktivasi akun BRI Mobile di bank, Anda juga bisa melakukannya sendiri di rumah. Adapun langkah aktivasi BRI Mobile adalah sebagai berikut:

  1. Bukalah aplikasi BRI Mobile yang telah Anda unduh pada ponsel pintar.
  2. Pilih “Internet Banking BRI”.
  3. Izinkan jika ada notifikasi permintaan dari aplikasi BRI Mobile.
  4. Masukkan User ID dan kata sandi yang telah Anda buat.
  5. Klik opsi “Aktivasi” kemudian “Ya”.
  6. Akan muncul notifikasi konfirmasi, jika benar, klik “Ya”.
  7. Kemudian akan muncul notifikasi permintaan. Jika setuju, klik “OK”.
  8. Pastikan Anda memiliki pulsa yang cukup untuk mengirimkan pesan yang dikirim BRI melalui nomor 3300.
  9. Akan masuk pesan dari 3300 yang menyatakan bahwa aktivasi telah berhasil dilakukan.
  10. Buka aplikasi BRI Mobile guna memastikan bahwa aktivasi sudah benar-benar berhasil.
  11. Jika sudah log in di akun BRI Mobile, cobalah log out kemudian log in kembali untuk memastikan aktivasi telah berhasil.
  12. Jika Anda sudah bisa log in kembali setelah log out, berarti Anda sudah bisa menikmati semua fitur-fitur yang tersedia.

Tips Agar Aman Menggunakan Mobile Banking BRI

Meskipun menawarkan berbagai kemudahan dan kenyamanan dalam bertransaksi, rupanya masih ada risiko yang mungkin terjadi dari penggunaan mobile banking. Untuk itu, simaklah tips-tips aman menggunakan mobile banking untuk menambah pengetahuan Anda!

  1. Masuklah ke akun BRI Mobile dengan menggunakan jaringan pribadi yang aman. Artinya, jangan pernah menggunakan jaringan umum seperti Wi-Fi publik untuk mengakses BRI Mobile.
  2. Jangan pernah menyimpan kata sandi secara otomatis di browser maupun ponsel Anda.
  3. Jangan menyimpan data kartu kredit maupun detail akun sensitif lain di browser atau ponsel.
  4. Untuk keamanan ekstra, gantilah kata sandi secara rutin, setidaknya tiga bulan sekali.
  5. Jangan sekali-sekali mengakses mobile banking BRI dengan menggunakan aplikasi lain selain aplikasi resmi BRI Mobile untuk menghindari pencurian data.

Baca juga:
Cara Registrasi Kartu Indosat untuk Pengguna Baru dan Lama [Lengkap]

Cara Daftar dan Aktivasi SMS Banking Bank BRI

Selain menggunakan mobile banking, pelaku bisnis seperti toko online atau marketplace juga wajib memiliki SMS Banking BRI. Cara mendaftar SMS banking pun juga hampir sama dengan cara pendaftaran mobile banking yang telah dijelaskan sebelumnya.

Pendaftaran SMS banking pun juga bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu melalui mesin ATM atau langsung ke kantor cabang BRI. Langkah-langkah pendaftarannya adalah sebagai berikut:

Melalui Mesin ATM

Melakukan pendaftaran SMS banking melalui mesin ATM tentu memberikan keuntungan, yaitu bisa dilakukan kapan saja, bukan hanya pada jam kerja. Sayangnya, registrasi SMS banking di ATM hanya memungkinkan Anda untuk melakukan transaksi non finansial.

Contoh transaksi non finansial adalah pengecekan saldo dan mutasi rekening. Sedangkan transfer, pembayaran, dan pembelian tidak termasuk transaksi non finansial, melainkan transaksi finansial. Adapun langkah pendaftarannya adalah sebagaimana berikut:

  1. Masukkan kartu ATM ke mesin dan masukkan PIN sebagaimana biasa.
  2. Pilih menu “Transaksi Lain” pada layar.
  3. Kemudian pilihlah sub menu “Registrasi”.
  4. Setelah itu, klik sub menu “SMS Banking”.
  5. Masukkan nomor telepon yang aktif yang akan digunakan untuk transaksi SMS Banking.
  6. Buatlah PIN untuk SMS Banking yang terdiri dari 6 digit. PIN ini bisa dibuat sama atau berbeda dengan PIN yang sudah digunakan untuk kartu ATM.
  7. Jika sudah selesai, maka akan keluar struk bertuliskan “Selamat, pendaftaran SMS Banking BRI sudah berhasil”.

Melalui Kantor Cabang BRI

Supaya bisa melakukan transaksi finansial dan non finansial, menggunakan SMS Banking di smartphone, Anda harus mengaktivasi layanan SMS Banking di kantor cabang BRI. Untuk hal ini, Anda bisa ke kantor cabang mana saja, bukan hanya tempat pembuatan buku rekening.

Anda tinggal datang ke kantor cabang BRI terdekat kemudian nyatakan ke security jika Anda ingin mengaktifkan SMS Banking. Kemudian Anda akan diarahkan untuk mengambil nomor antrean di bagian customer service.

  1. Untuk melakukan aktivasi SMS Banking di kantor cabang BRI, Anda perlu membawa beberapa persyaratan yang sudah ditentukan. Di antaranya adalah kartu identitas (KTP, SIM, maupun Paspor), buku rekening, dan juga kartu ATM sebagai tanda kepemilikan rekening.
  2. Pada saat mengaktifkan SMS Banking, Anda tidak akan dikenakan biaya tambahan untuk pendaftaran maupun administrasi. Potongan biaya per bulan untuk nasabah yang mengaktifkan layanan SMS Banking ataupun tidak adalah sama.
  3. Meski begitu, proses transaksi menggunakan SMS Banking akan dikenakan biaya tambahan. Namun, tarif tambahan ini tidak akan dibayarkan kepada bank, melainkan ke operator penyedia jaringan seluler.
  4. Tarif yang harus dibayar pun dihitung per SMS, tetapi tarifnya sedikit lebih mahal daripada tarif SMS biasa. Tepatnya adalah sekitar Rp250 hingga Rp1.000 per transaksi tergantung operator yang digunakan.
  5. Apabila Anda memakai kartu prabayar, maka biaya SMS Banking langsung dipotong dari pulsa yang dimiliki. Jadi, Anda harus memastikan bahwa jumlah pulsa cukup jika ingin melakukan transaksi menggunakan SMS Banking.
  6. Apabila ada transaksi SMS Banking BRI yang mengeluarkan biaya tambahan, ini bukan karena SMS Banking. Hal ini mungkin dikarenakan bahwa transaksi yang dilakukan memang berbayar.

Misalnya, Anda melakukan transfer uang ke bank lain menggunakan SMS Banking, maka Anda akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp6.500. Hal ini sebenarnya juga berlaku dengan transaksi menggunakan apa saja, bukan hanya SMS Banking.

  • Setelah nomor telepon Anda sukses didaftarkan SMS Banking, maka Anda bisa langsung menggunakannya untuk transaksi. Cara transaksinya sangat mudah, Anda bisa menggunakannya menggunakan SMS atau dengan menggunakan aplikasi dari pihak ketiga.

Transaksi menggunakan aplikasi pihak ketiga akan lebih sederhana karena sudah ada pilihan menu yang tinggal diklik sesuai dengan kebutuhan. Apabila Anda menggunakan SMS (text plain), prosesnya bisa dibilang lebih rumit. Pasalnya, Anda harus mengirim SMS ke nomor BRI (3300) dengan mengetik format sesuai dengan kode perintah.

Baca juga:
Cara Registrasi Kartu Telkomsel Agar Bisa Langsung Aktif & Siap Dipakai

Itulah dia cara mudah daftar mobile banking dan SMS banking BRI melalui ATM maupun customer service yang ada di kantor cabang bank. Dengan memanfaatkan, dua hal tersebut Anda bisa lebih mudah dalam menjalankan berbagai usaha seperti jualan produk-produk secara online.

Anda bisa belajar banyak hal lagi mengenai bisnis dengan memanfaatkan mobile banking dan SMS banking sehingga Anda bisa lebih pintar jualan. Jadi, bagi Anda yang belum mengaktifkan, buruan aktifasi mobile banking dan SMS banking segera!

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Wahyu Saputro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *