Cara Buka Rekening Online Bank BCA, BRI, Mandiri dan Jenius

Diterbitkan pada
02 Maret 2021
Waktu membaca
6 Menit

Apakah Anda ingin sekali mempunyai rekening dengan lebih mudah namun tidak tahu cara buka rekening online?Saat ini, membuka akun rekening di berbagai bank sangat mudah karena bisa dilakukan secara online.

Tanpa harus repot pergi ke bank, maka Anda bisa memanfaatkan peluang yang ada saat ini untuk membuat akun rekening. Jadi penasaran bagaimana caranya membuka rekening secara online tanpa harus repot ke kantor cabang? Coba yuk lihat beberapa cara atau panduannya di bawah ini.

Cara Buka Rekening Online Bank BCA

BCA menjadi salah satu bank swasta di Indonesia dengan jumlah nasabah yang sangat banyak. Bagi Anda yang ingin membuka rekening online Bank BCA, caranya adalah :

  1. Unduh Aplikasi Bernama BCA Mobile

Unduhlah aplikasi bernama BCA Mobile di smartphone yang Anda miliki. Pastikan Anda mempunyai koneksi internet yang lancar dan stabil agar proses pengunduhannya segera berhasil.

Tidak lupa, Anda juga harus mengecek apakah nomor handphone Anda ini sebelumnya sudah didaftarkan BCA Mobile atau belum. Kalau nomor Anda sebelumnya pernah digunakan untuk mendaftar BCA Mobile , maka otomatis Anda tidak akan bisa membuka rekening BCA.

  1. Buatlah Akun

Apabila Anda sudah selesai mengunduh aplikasi dan BCA Mobile ini telah terpasang di smartphone, maka Anda bisa membuat akun dengan memilih opsi bertuliskan “Buka Rekening Baru” di beranda aplikasi.

  1. Penuhi Syarat Pembukaan Rekening

Setelah membuat akun, Anda harus mempersiapkan segala syarat yang diminta oleh pihak bank. Beberapa syaratnya adalah :

  • Foto E-KTP
  • Foto tanda tangan
  • Foto pribadi
  • Foto selfie dengan membawa KTP
  1. Pilih Jenis Tabungan

Jika sudah mengisi semua informasi yang diminta oleh aplikasi, maka Anda bisa memilih produk tabungan mana yang hendak Anda pilih. Ada empat pilihan akun rekening dari BCA, yakni :

  • Tahapan
  • Tapres
  • Tahapan Gold
  • Tahapan Xpresi
  1. Lakukan Verifikasi

Sudah memilih produk tabungan mana yang hendak Anda gunakan? Jika sudah, maka masukkan nomor handphone Anda dan kirim kode verifikasi yang diberikan BCA.

Setelah berhasil melakukan verifikasi, maka Anda diharuskan membuat kode akses supaya bisa membuka aplikasi.

  1. Upload Berbagai Dokumen yang Disyaratkan

Apakah Anda sudah mempersiapkan segala bentuk dokumen yang sudah disebutkan sebelumnya? Jika sudah, maka Anda bisa menguploadnya ke aplikasi.

  1. Tulis Informasi Pribadi

Setelah mempersiapkan beberapa syarat pembuatan rekening, maka Anda bisa menuliskan informasi mengenai data pribadi seperti :

  • Alasan hendak membuat rekening
  • Nama kandung ibu
  • Status perkawinan
  • Agama
  • Pendidikan terakhir yang ditempuh
  • Pekerjaan
  • Sumber penghasilan setiap bulannya
  • Pendapatan Anda selama pertahun
  1. Pilih Kantor Cabang untuk Mengambil Kartu Debit

Selanjutnya, Anda akan diminta untuk memilih kantor cabang BCA mana yang hendak Anda tuju guna mengambil kartu debit Anda.

  1. Verifikasi via Video Call

Terakhir, tunggu panggilan video call dari pihak BCA untuk melakukan verifikasi tentang data diri dan dokumen yang sebelumnya sudah Anda upload.

Baca juga:
Cara Daftar Mobile Banking dan Internet Banking Mandiri dengan Mudah

Cara Buka Rekening Online Bank BRI

Hampir seluruh masyarakat Indonesia sepertinya adalah nasabah dari Bank BRI. Banyak sekali orang yang menggunakan bank milik Negara satu ini karena berbagai kemudahan dan fiturnya. Berikut panduan membuat rekening BRI secara online :

  1. Daftar Melalui Situs BRI

Langkah pertama adalah, buka situs BRI di https://bukarekening.bri.co.id/digital-saving/ untuk membuka akun rekening BRI. Setelah itu Anda bisa mengklik tulisan “Buka Rekening” yang bertombol warna biru.

  1. Pilih Jenis Tabungan

Setelah Anda mengklik tombol “Buka Rekening”, maka halaman situs akan mengarahkan Anda untuk memilih jenis tabungan mana yang ingin digunakan. Pilihan tabungan yang ditawarkan oleh BRI adalah :

  • Britama
  • Britama X
  • Britama Bisnis
  • Simpedes

Setiap produk tabungan akan menjelaskan tentang fitur, syarat dan ketentuannya. Klik saja tulisan “Informasi Produk” yang membuat Anda penasaran atau buka satu-satu dan bandingkan kelebihan antara satu dan lainnya.

  1. Pilih Kantor BRI

Jika sudah memilih jenis tabungan mana yang hendak Anda pilih dan sudah mengklik “Informasi Produk”, maka Anda akan diarahkan pada keuntungan produk tabungan tersebut beserta persyaratannya.

Selesai membaca seluruh persyaratan dan keuntungan, maka Anda bisa pilih tulisan “Pilih Rekening” dan Anda akan diarahkan untuk memilih kantor cabang BRI.

Ketik saja nama kota Anda dan halaman akan memunculkan nama-nama kantor cabang beserta alamatnya. Klik kantor cabang BRI yang dekat dengan domisili Anda untuk mengambil kartu debit Anda nantinya.

  1. Upload Dokumen

Selesai memilh kantor cabang BRI, maka Anda akan diminta untuk mengupload berbagai dokumen yang diperlukan seperti :

  • Foto E-KTP
  • Foto selfie dengan membawa KTP
  • Foto NPWP (jika ada)
  • Dokumen tentang data diri
  1. Lakukan Verifikasi via Video Call

Terakhir, jika Anda sudah mengupload semua dokumen yang dibutuhkan oleh pihak BRI, maka Anda bisa melakukan verifikasi dari pihak bank.

Biasanya BRI akan melakukan verifikasi data diri dengan cara video call dan jika proses pengajuannya disetujui, maka Anda sudah bisa memiliki rekening BRI dan tinggal mengambil kartu fisiknya di kantor cabang BRI yang telah dipilih.

  1. Mulai Setoran Awal

Jika Anda mempunyai akun, maka segeralah untuk memulai setoran awal agar akun Anda bisa digunakan. Pada umumnya, setoran awal tabungan membutuhkan dana Rp 50.000 saja.

Baca juga:
Cara Daftar Mobile Banking dan SMS Banking BCA dengan Mudah

Cara Buka Rekening Online Bank Mandiri

Bank Mandiri memiliki banyak sekali program tabungan yang memanjakan para nasabahnya. Tidak heran jika banyak orang yang ingin sekali membuka rekening di bank ini. Bagi Anda yang ingin memiliki rekening bank Mandiri dan mendaftar secara online, berikut adalah panduannya :

  1. Buka Situs Bank Mandiri

Pertama, Anda bisa membuka browser di smartphone. Setelah itu kunjungi situs join.bankmandiri.co.id. Sekedar informasi saja, situs https://join.bankmandiri.co.id/app/ ini hanya bisa dibuka melalui “Chrome” di android saja ataupun “Safari” untuk pengguna iOS.

Jadi, buat Anda yang hendak membuka situs ini melalui PC maupun laptop, maka situs tidak akan bisa dibuka dan otomatis Anda tidak bisa membuka rekening online.

  1. Klik Opsi “Buka Rekening Baru”

Setelah membuka situs https://join.bankmandiri.co.id/app/ di smartphone, maka Anda akan melihat banyak sekali informasi pilihan tentang produk Bank Mandiri. Klik tulisan “Buka Rekening Baru” untuk memproses pembuatan rekening Mandiri.

  1. Upload Dokumen

Jika sudah mengklik tulisan “Buka Rekening Baru”, maka halaman akan mengarahkan Anda untuk mengupload berbagai dokumen seperti :

  • KTP
  • Kartu NPWP
  • Tanda tangan di sebuah kertas putih
  1. Baca Syarat Mandiri Tabungan Now

Selanjutnya, Anda akan diarahkan untuk membaca ketentuan memiliki Mandiri TabunganNow. Produk tabungan ini hanya memerlukan setoran minimal sebesar Rp50.000 saja dan pilih alamat kantor cabang Mandiri terdekat yang ada.

  1. Isi Data Diri

Apabila Anda setuju dengan syarat dan ketentuannya, maka Anda akan diminta untuk mengisi data diri sesuai dengan ID KTP.

  1. Tunggu Verifikasi

Sebagaimana proses verifikasi di bank lainnya, maka Mandiripun sama. Anda akan mendapatkan panggilan video call berupa verifikasi data Anda. Setelah verifikasi berhasil, maka Anda bisa mengambil kartu debit di bank Mandiri terdekat yang sudah Anda pilih.

  1. Mulailah Menabung

Setelah mempunyai akun bank Mandiri, maka Anda sudah bisa menabung. Setoran minimal untuk membuka rekening tabungan adalah Rp50.000 sehingga pastikan Anda sudah mempunyai dana untuk membuka tabungan.

Baca juga:
Cara Daftar Mobile Banking dan SMS Banking BRI dengan Mudah

Cara Buka Rekening Online Bank BTPN Jenius

Bank BTPN mengeluarkan sebuah produk bernama Jenius yang memudahkan masyarakat Indonesia untuk melakukan transaksi keuangan. Bagi Anda yang ingin sekali menggunakan BTPN Jenius, berikut adalah caranya :

  1. Siapkan Dokumen Penting

Sebelum membuka rekening Jenius, maka Anda perlu mempersiapkan dokumen berupa e-KTP Anda. Menariknya dari Jenius adalah, tidak perlu ada dokumen pendukung lainnya yang menyulitkan Anda. Cukup gunakan e-KTP saja dan Anda sudah bisa membuka rekening bank.

  1. Unduh Aplikasi

Setelah Anda menyiapkan KTP, maka segeralah untuk mengunduh aplikasi Jenius di Playstore untuk Anda pengguna android. Sementara Anda yang menggunakan iPhone, maka unduh saja aplikasi dari BTPN ini di App store.

Pastikan bahwa jaringan internet Anda ini bagus dan stabil, ya! Tanpa jaringan internet, maka Anda akan sulit mengunduh aplikasi Jenius ini.

  1. Registrasi Akun

Apabila aplikasi Jenius Anda sudah terunduh, maka lakukan registrasi segera. Beberapa tahapan untuk melakukan registrasi adalah :

  • Masukkan nomor handphone Anda yang masih aktif,
  • Masukkan e-mail lalu klik lanjut,
  • Unggah foto e- KTP Anda,
  • Setelah itu unggahlah foto selfie Anda dengan KTP,
  • Foto tanda tangan di sebuah kertas.

Selesai melakukan registrasi, maka Anda bisa mengklik opsi “Lanjut” untuk menuju ke tahapan selanjutnya.

  1. Buat Nama Akun

Setelah registrasi akun, maka Anda akan diminta oleh aplikasi untuk memuat nama pengguna yang unik dengan $Cashtag. Apa sih $Cashtag yang dimaksud? Jadi, cashtag dari Jenius ini adalah identitas yang diberikan oleh Jenius pada nomor rekening Anda.

Adanya cashtag ini memudahkan Anda untuk mengirim uang ke teman maupun menerimanya. Setelah membuat nama untuk cashtag di aplikasi Jenius, maka Anda akan diminta untuk membuat nama yang akan digunakan pada kartu debit BTPN Jenius.

Nah, nama yang hendak digunakan ini tidak boleh inisial atau panggilan. Nama yang digunakan haruslah nama lengkap sesuai dengan KTP Anda.

  1. Buat Password

Jika sudah mempunyai akun, maka Anda harus membuat password sebagai langkah otentikasi dalam setiap transaksi di aplikasi Jenius. Nantinya, Anda akan diminta untuk membuat password dengan 10 karakter. Password harus terdiri dari huruf kecil, kapital dan angka.

  1. Buat PIN

Password Jenius ini berbeda ya dengan PIN aplikasi. Kalau password ini dibutuhkan untuk setiap kali Anda melakukan transaksi dengan kartu debit. Sementara PIN ini digunakan untuk membuka aplikasi Jenius.

Untuk membuat PIN, Anda hanya harus menggunakan angka sebanyak 6 digit saja. Jadi, ketika hendak membuka aplikasi BTPN Jenius, maka Anda harus memasukkan PIN ini.

  1. Tunggu Verifikasi Video Call

Langkah terakhir untuk memiliki akun rekening Jenius adalah menunggu verifikasi dari Jeniusnya langsung. Biasanya tim akan melakukan verifikasi data dengan panggilan video call. Apabila verifikasi telah berhasil, maka Anda sudah bisa menggunakan aplikasi dan kartu debit BTPN Jenius Anda akan dikirimkan via pos ke alamat Anda.

Tidak susah kan buka rekening online di era yang serba digital ini? Cukup manfaatkan saja aplikasi atau website yang ada dan Anda sudah bisa membuka rekening bank dari mana saja.

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Wahyu Saputro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *