Arti Kode & Istilah Pengiriman LEX ID Lazada Express (Beserta Penjelasan Komplit)

Penulis
Ifan Prasya
Diterbitkan pada
10 Mei 2021
Waktu membaca
5 Menit

Saat melacak paket sudah sampai mana, pengguna perlu memahami arti kode / istilah pengiriman LEX ID (Lazada Express). Sejumlah informasi yang muncul saat melakukan cek resi.

Namun kendalanya, ada banyak informasi yang sulit untuk dipahami. Apalagi untuk istilah yang muncul dalam bahasa Inggris. Karena itu, kami sudah membuat rangkuman untuk mengatasi kendala tersebut. Di antaranya:

  • Apa yang dimaksud dengan kode LEX ID?
  • Daftar istilah pada proses pengantaran LEX ID,
  • Contoh resi pengiriman LEX ID / Lazada Express,
  • Solusi jika pengiriman mengalami keterlambatan.

Namun sebelum itu, ketuk Bookmark (⭐) di pojok kanan atas browser untuk menyimpan postingan ini agar sewaktu-waktu bisa diakses kembali. Jika sudah, mari kita mulai.

 

Apa itu Kode LEX ID?

Kode LEX ID (Lazada Express) adalah istilah yang muncul saat pengguna melakukan cek resi LEX ID lewat aplikasi, website, maupun pihak ketiga (selain Lazada). Istilah ini menjelaskan status terakhir dari paket yang sedang diantar ke alamat tujuan.

Seperti kita ketahui bersama, LEX ID merupakan layanan ekspedisi ekslusif dari Lazada. Pengguna tidak perlu repot-repot memilih ekspedisi lagi. LEX ID ini juga sudah bisa COD (bayar di tempat).

logo ekspedisi lazada express

Sejauh ini, LEX ID punya 50 kantor cabang yang tersebar di seluruh Indonesia. Kalaupun ada paket yang tidak dapat diantar karena belum terjangkau oleh kurir mereka, maka Lazada akan melimpahkannya ke ekspedisi partner.

Partner yang telah bekerja sama dengan Lazada Express untuk alih paket antara lain:

  • JNE Express,
  • SiCepat Ekspres,
  • Ninja Xpress,
  • Grab Express (dalam kota),
  • GoSend (dalam kota).

Jadi kamu tidak perlu khawatir, karena paket akan tetap dikirim sampai rumah; meskipun wilayah kamu tidak terjangkau oleh Lazada Express.

Catatan: Alih paket ini biasanya akan memakan waktu lebih lama, karena ada prosedur yang perlu dilewati saat mengalihkan paket dari LEX ID ke ekspedisi partner Lazada.


Untuk mengetahui arti istilah dari ekspedisi Ninja Xpress, baca postingan berikut: Arti Kode & Istilah Pengiriman Ninja Xpress (Beserta Penjelasan Komplit).


Daftar Istilah Pengiriman LEX ID (Lazada Express)

Ada sejumlah istilah yang akan muncul saat kamu melakukan cek resi. Baik melalui aplikasi mobile Lazada, website resmi Lazada (lazada.co.id), maupun pihak ketiga (cekpengiriman.com, ongkos-kirim.com, dll).

Berikut daftar istilah beserta penjelasan lengkapnya.

IstilahKeterangan
Nomor resiNomor unik yang digunakan oleh sistem untuk mengenali paket barang dari pelanggan. Bagi pembeli, nomor ini digunakan saat melakukan cek resi (lacak paket).
Jenis layananJenis layanan yang digunakan oleh pengguna saat memesan layanan LEX ID. Biasanya reguler dengan pembayaran di tempat (COD).
Tanggal pengirimanTanggal pemesanan layanan yang biasanya berdekatan dengan tanggal order barang di marketplace Lazada.
Kota asal pengirimNama kota dari penjual (toko) di Lazada.
Alamat penerimaAlamat lengkap penerima barang secara detail hingga nama jalan, RT/RW, kecamatan, hingga kode pos dari wilayah tersebut.
Status pengirimanStatus terakhir dari pengiriman barang. Biasanya on process (sedang dalam proses perjalanan) atau delivered (paket sudah terkirim).
Your parcel has been packed and will be handed over to our logistics partner.Paket barang sudah dikemas oleh penjual toko Lazada dan siap untuk dijemput oleh kurir LEX ID ke alamat penjual.
Your parcel has been picked up by LEX ID.Paket barang sudah berhasil dijemput oleh kurir LEX ID dan siap untuk diantar ke kantor cabang terdekat.
Your parcel has been inbounded at the logistics facility LEX ID.Paket barang sedang dalam perjalanan menuju ke kantor cabang LEX ID terdekat dengan alamat penjual.
Your parcel has departed the logistics facility LEX ID.Paket barang sudah diterima di kantor cabang LEX ID terdekat dan siap untuk diantar menuju ke alamat penerima.
Your parcel has being delivered by LED ID driver.Paket barang sedang dalam proses perjalanan oleh kurir LEX ID menuju ke alamat penerima.
Your parcel has been delivered!Paket barang sudah diterima oleh pembeli dalam kondisi baik.

Catatan: Kami merangkum istilah-istilah di atas berdasarkan hasil cek resi dari pesanan barang di Lazada. Jika kamu menjumpai istilah lain, mohon sampaikan lewat komentar dan biar kami bantu artikan istilah tersebut.

Contoh Resi Pengiriman LEX ID (Lazada Express)

Untuk mengartikan istilah-istilah tadi, kami perlu mengecek resi terlebih dulu untuk melihat istilah apa saja yang muncul di laman pelacakan (lalu mengartikannya satu per satu).

(Kalau kamu belum tau cara cek resi di Lazada, baca postingan berikut: Cara Cek Resi Pengiriman LEX ID Lazada Express dengan Praktis & Cepat)

Supaya makin paham, berikut kami lampirkan salah satu resi yang sudah berhasil kami cek melalui website pihak ketiga.  Sebagai catatan, untuk saat ini pengecekan resi hanya dapat dilakukan lewat aplikasi mobile dan website resmi Lazada. 

status pengiriman lex id

Bisa kita lihat pada gambar di atas, terdapat 3 bagian utama:

  • Detail pengiriman,
  • Status pengiriman,
  • Riwayat pengiriman.

Detail Pengiriman menjelaskan tentang rincian informasi pengiriman mulai dari nomor resi, jenis layanan, tanggal pengiriman, kota pengirim, alamat penerima, dan seterusnya.

Sedangkan, Status Pengiriman menjelaskan kondisi terakhir dari paket yang dikirim. Lalu, Riwayat Pengiriman menampilkan runtutan aktivitas mulai dari pick up kurir hingga barang sampai di rumah penerima.

Sejauh ini, untuk detail pengiriman dan status pengiriman relatif mudah dipahami oleh pengguna karena memakai bahasa Indonesia. Sebaliknya, khusus riwayat pengiriman muncul istilah bahasa Inggris yang sulit dipahami (oleh sebagian pengguna).

Solusi Jika Pengiriman LEX ID Terlambat

Lalu pertanyaannya, bagaimana solusi yang pas apabila terjadi keterlambatan dalam proses pengiriman? Cara simpelnya adalah menghubungi Customer Care Lazada untuk meminta solusi praktisnya.

Baca juga:
Cara Komplain Lazada Express untuk Paket yang Bermasalah (Hilang / Rusak)

Namun sebelum ngobrol dengan CS Lazada, ada beberapa tahap yang sebaiknya dilakukan:

  • Rutin cek resi. Pengguna sebaiknya melakukan cek resi dengan rutin lewat aplikasi atau website resmi Lazada. Setidaknya 5 menit sebelum menghubungi CS Lazada. Karena biasanya, update berlangsung secara real-time, tiap detik bisa berubah.
  • Cek estimasi waktu sampai. Saat membeli barang, biasanya akan muncul estimasi tentang berapa lama barang akan sampai rumah. Usahakan agar menunggu hingga estimasi tersebut lewat, baru menghubungi CS.
  • Hubungi CS Lazada. Yaps, kamu bisa langsung menyampaikan keluhan lewat Call Center (021) 8064-0090 atau layanan chat 24 jam di sini: Live Chat 24 Jam Lazada.

Rangkuman

  • LEX ID merupakan layanan ekspedisi ekslusif dari Lazada. Apabila wilayah kamu tidak terjangkau, tenang saja, Lazada akan mengalihkannya kepada ekspedisi partner mereka.
  • Arti istilah pengiriman LEX ID relatif lebih mudah dipahami, terlebih untuk bagian detail & status pengiriman. Paling-paling, hanya bagian riwayat pengiriman yang relatif susah (karena memakai bahasa Inggris).
  • Apabila keterlambatan pengiriman sudah melebihi batas wajar, kamu bisa langsung mengadukan keluhan kepada Customer Care Lazada agar ditindak lanjut sesuai prosedur yang berlaku.

Bagaimana, sekarang sudah makin paham istilah pengiriman Lazada Express, bukan?

Kalau ada istilah-istilah lain yang muncul namun tidak tercantum dalam rangkuman kami di atas, tinggalkan komentar di bawah, ya. Supaya kami bisa bantu artikan dan perbarui konten ini segera.

Mungkin cukup sampai di sini dulu topik bahasan kita kali ini. Kalau ingin terhubung lebih dekat, Follow IG (👋) kami di @PintarJualan.id. Di sana kami sering buka diskusi seputar cara pintar jualan online.

Akhir kata, semoga dapat membantu, yaa~ 🤗

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Ifan Prasya

Terampil dalam meracik strategi SEO Content Marketing untuk bisnis yang mampu meningkatkan angka penjualan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *