Cara Cek Resi Pengiriman LEX ID Lazada Express [Praktis & Cepat]

cara cek resi lex id lazada

Berbelanja di Lazada kadang cukup tricky dan banyak barang yang harganya miring. Kalau kamu lebih nyaman belanja di sini, agaknya perlu untuk tau cara cek resi Lazada Express (LEX ID).

Di mana, cara melacaknya berbeda. Kamu dapat langsung cek via app atau website resmi Lazada. Lebih dari itu, dalam 10 menit ke depan, kamu juga akan tau beberapa hal menarik seperti:

  • Apa itu LEX ID? (buat kamu yang masih belum mengerti),
  • Estimasi berapa lama pengiriman Lazada Express,
  • Cara melacak barang Lazada Express tanpa ribet,
  • Solusi jika terjadi keterlambatan saat proses pengiriman.

Namun sebelum itu, ketuk tombol Bookmark (⭐) di pojok kanan atas browser untuk menyimpan postingan ini. Jika sudah, mari kita mulai dari yang paling simpel: sekilas tentang LEX ID.

 

Apa itu LEX ID?

LEX ID (Lazada eLogistics Express Indonesia) adalah ekspedisi resmi milik Lazada untuk mengirim barang customer ke seluruh kota di Indonesia. Layanan ini hanya dapat digunakan jika kamu membeli barang di Lazada.

Salah satu keunggulan dari LEX ID adalah fitur COD. Lazada termasuk yang paling awal mengenalkan layanan bayar di tempat untuk memastikan konsumen merasa aman dalam berbelanja online.

Hingga sejauh ini, sudah ada sekitar 50-an kantor pusat LEX yang tersebar di seluruh kota di Indonesia. Jika ternyata barang yang dikirim belum ada di jangkauan, maka Lazada akan mengalihkan ke ekspedisi lainnya, meliputi:

  • SiCepat Ekspres
  • JNE Express
  • Ninja Xpress
  • GrabSend (dalam kota)
  • GoSend (dalam kota)

Berapa Lama Pengiriman LEX ID

Jawabannya: berbeda-beda. Tergantung pada seberapa jauh lokasi penerima barang. Namun ada kok estimasi waktu sampai yang dapat kamu lihat di laman produk yang akan dibeli.

Cara melihatnya adalah seperti berikut:

1. Buka laman produk yang ingin kamu beli. Bisa lewat aplikasi atau website Lazada (lazada.co.id).

2. Pada laman produk, perhatikan sesi Pilihan Pengiriman. Di bagian ini, isikan alamat pengiriman dengan komplit.

3. Setelah mengisi, kamu bisa langsung melihat estimasi waktu sampainya kapan.

4. Selesai! ✅

Kekurangannya cara ini ialah, informasi yang ditampilkan hanya sebatas estimasi. Belum real-time. Jadi, kamu masih belum tau apakah benar-benar hari itu sampai rumah atau belum.

Tapi tenang, solusinya simpel. Yakni dengan cara melacak barang lewat Lazada Express. Baca terus untuk petunjuk selengkapnya ya..

Baca juga: Apa itu JNE Cashless? Kelebihan, Syarat Ketentuan, dan Cara Mengaktifkannya

Cara Cek Resi Lazada Express (LEX)

Untuk melacak barang atau cek resi Lazada Express (LEX ID), kamu dapat melakukannya melalui beberapa cara: (1) Aplikasi Lazada (bisa lewat Android / iOS), (2) Website resmi Lazada (melalui perangkat desktop).

Berikut langkah-langkahnya:

Melalui Aplikasi Lazada (Android & iOS)

1. Login pada aplikasi, lalu tap bagian menu Akun > Lihat Semua Pesanan.

2. Pada laman pesanan, pilih nomor pesanan yang ingin dilacak.

3. Pada detail pesanan, kamu bisa melihat estimasi waktu sampai. Untuk melihat posisi terakhir barang, ketuk menu Lacak Paket.

4. Pada detail pengiriman, kamu bisa melihat estimasi tanggal pengiriman, jasa kirim, dan nomor resi yang digunakan. Di sini sudah tertera informasi komplit mengenai kondisi terakhir barang yang dikirim.

5. Selesai! ✅

Melalui Website Lazada (Desktop/PC)

1. Login pada situs Lazada di sini: https://www.lazada.co.id/

2. Pada laman utama, klik menu Lacak Pesanan di bagian kanan atas. Di sini, kamu dapat langsung melihat 3 pesanan terakhir yang dikirim. Atau, kamu juga dapat memasukkan nomor resi barang yang ingin dilacak.

3. Jika ingin melacak pesanan lain, klik menu Akun > Pesanan Saya.

4. Pada laman detail pesanan, kamu dapat melihat estimasi waktu sampai pada bagian kanan halaman. Jika ingin melihat lebih rinci, klik menu Mengatur atau klik pada Nomor Resi Pesanan.

5. Pada laman detail pengiriman, kamu bisa langsung melihat status terakhir barang yang dikirim, jasa kirim yang digunakan, estimasi waktu sampai, dan tentunya nomor resi yang digunakan.

6. Jika masih ingin melihat lebih rinci lagi terkait status terakhir pengiriman, klik menu Trace & Track. Nantinya, kamu akan diarahkan pada laman Lazada Express Tracking.

7. Selesai! ✅

Baca juga: Daftar Lengkap Tarif Ongkir Indah Cargo Logistik (2021)

Solusi Pengiriman LEX ID Terlambat

Ada beberapa tahapan yang perlu kamu ikuti apabila mengalami keterlambatan pengiriman LEX ID, yakni:

1. Pastikan agar estimasi waktu sampai untuk pengiriman barang dari penjual ke alamat kamu sudah sesuai perkiraan.

2. Sebelum mengajukan komplain, rutinlah untuk mengecek resi LEX ID dengan cara-cara di atas. Hal ini perlu dilakukan karena sistem selalu update bahkan dalam hitungan menit.

3. Jika sudah memastikan tidak ada perubahan pada resi pengiriman, silakan kamu ajukan komplain kepada Customer Care Lazada. Kamu dapat menghubungi via Telepon (021) 8064-0090.

Atau juga dapat menghubungi CS Lazada lewat beberapa media berikut ini:

4. Selesai! ✅ Kini, kamu tinggal menunggu konfirmasi dari pihak CS Lazada untuk tindakan lebih lanjutnya.

Baca juga: Cara Mengajukan Komplain ke AnterAja yang Bermasalah dan Lama Sampainya

Rangkuman

  • LEX ID ialah ekspedisi pengiriman mandiri dari Lazada untuk seluruh pelanggan di Indonesia. Layanan ini hanya dapat digunakan oleh pengguna yang membeli barang lewat Lazada (aplikasi / desktop).
  • Estimasi waktu sampai untuk pengiriman barang Lazada dapat kamu lihat pada sesi Pilihan Pengiriman. Kamu tinggal memasukkan informasi alamat lengkap dan biarkan sistem menghitung estimasinya.
  • Untuk melacak paket barang LEX ID, kamu bisa gunakan beberapa cara: (1) Cek lewat aplikasi mobile Lazada, (2) Cek lewat website resmi Lazada (www.lazada.co.id).
  • Apabila pengiriman Lazada terlambat, disarankan untuk melakukan beberapa upaya: (1) Pastikan estimasi waktu sampai sesuai, (2) Rutin melakukan cek resi, (3) Menghubungi Customer Care Lazada (021) 8064-0090.
Melacak barang LEX ID cukup simpel, bukan? Tidak perlu ribet copy-paste nomor resi, cukup cek langsung lewat aplikasi atau desktop. Praktis dan cepat.

Mungkin cukup sampai di sini dulu. Kalau kamu ada pertanyaan, bisa langsung DM kami di Instagram @PintarJualan.id. Jangan lupa untuk ketuk tombol Bookmark (⭐) di pojok kanan browser agar postingan ini tersimpan di HP kamu.

Akhir kata, terima kasih yaa 🤗

Related Article

Cara Menggunakan Fitur COD di Shopee Bagi Penjual dan Pembeli

Metode bayar di tempat atau COD di Shopee tentu sangat memudahkan bagi pengguna. Baik itu penjual ataupun pembeli yang sama-sama diuntungkan, tidak perlu khawatir penipuan. Nah, supaya tidak bingung lagi, kami sudah siapkan beberapa materi mengenai layanan tersebut. Meliputi: Apa itu pembayaran COD Shopee? Wilayah mana saja yang dapat menggunakannya? Cara melakukan pembelian menggunakan COD […]

Online Shop /
13 April 2021

Cara Hapus Akun Shopee Secara Permanen Lewat Aplikasi (Sebagai Pembeli & Penjual)

Ada banyak alasan bagi kita untuk mengetahui cara hapus akun Shopee. Mungkin karena nomor terblokir, email sudah tidak aktif, atau bahkan tidak membutuhkan platform Shopee lagi? Apapun alasannya, kamu tetap dapat mengajukan penghapusan akun dengan mudah. Bagaimana caranya? Tenang, kami sudah merangkumnya dalam konten ini, beserta poin-poin penting lain seperti: Syarat-syarat yang wajib dipenuhi sebelum […]

Online Shop /
12 April 2021

Cara Hapus Akun Tokopedia Sebagai Pembeli & Penjual (Mudah, Praktis, & Permanen)

Untuk berhenti menggunakan layanan, kamu dapat menerapkan cara hapus akun Tokopedia dalam konten yang kami tulis di sini. Meski ada sedikit usaha, menutup akun di marketplace hijau tetap ada caranya. Kalau dilihat, alasan menghapus akun bisa beragam. Mungkin kamu ingin ganti nomor baru, atau sudah punya akun dan toko baru, atau alasan-alasan lainnya. Karena itu, […]

Online Shop /
8 April 2021