image

15 Ide Usaha Sampingan untuk Mahasiswa [Kuliah Tetap Jalan]

ide usaha sampingan baru

Jika diamati lebih jauh, di sekitar kita cukup banyak sekali ide usaha sampingan yang bisa dikerjakan oleh siapa saja, termasuk mahasiswa. Mereka bisa mendapat penghasilan tambahan, bahkan bisa membiayai kuliahnya sendiri dari hasil usaha ini.

Kalau kamu mahasiswa dan ingin menambah uang bulanan tanpa bergantung dengan orang tua, baca artikel ini sampai selesai, ya. Kami telah merangkum hal-hal menarik seperti:

  • Keuntungan dari menjalankan usaha sampingan
  • Rekomendasi ide usaha yang profitable

Mari kita mulai.

image

 

Apa itu Usaha Sampingan dan Keuntungannya?

Pengertian usaha sampingan adalah usaha yang dijalankan bersamaan dengan profesi saat ini, misalkan karyawan, mahasiswa, hingga ibu rumah tangga; tanpa mengganggu aktivitas utama.

Dengan definisi di atas, maka bisa didapat beberapa keuntungan, yakni:

  • Menambah pengalaman berbisnis. Tidak banyak kesempatan untuk terjun langsung sebagai pengusaha. Dengan usaha ini, kamu bisa merasakan bagaimana merencanakan usaha, bahkan bekerja dalam tekanan.
  • Mengumpulkan modal tambahan. Biasanya untuk karyawan yang sudah bekerja, ada keinginan untuk membuka usaha. Hal ini juga bisa dilakukan mahasiswa sebelum wisuda.
  • Melipatgandakan relasi. Berbisnis tidak bisa dilakukan seorang diri, namun butuh orang lain yang diajak bekerja sama. Dari sini, kamu bisa melatih kemampuan untuk bekerja secara tim.

Rekomendasi Ide Usaha Sampingan yang Cocok untuk Mahasiswa

Di bawah ini, telah kami rangkum sederet ide usaha sampingan yang bisa dicoba sekarang. Sangat bisa dilakukan oleh mahasiswa, tanpa mengganggu perkuliahan (jika di-manage dengan benar).

Berikut rangkumannya.

1. Reparasi Laptop

Reparasi laptop tidak hanya menjadi kesempatan bagi mahasiswa IT, tapi juga jurusan lain yang punya keterampilan untuk “mengotak-atik” laptop.

Kebutuhan laptop untuk mahasiswa terbilang cukup besar. Apalagi, untuk mahasiswa teknik dan desain yang membutuhkan spesifikasi tinggi.

Seperti misalkan, beberapa jurusan berikut:

  • Arsitektur → 2D & 3D bangunan (SketchUp, Lumion)
  • DKV → ilustrasi, mockup (Adobe AI, Photoshop)
  • Interior → 2D & 3D ruangan (SketchUp, Lumion)
  • Sipil → 2D & 3D (AutoCAD, 3DsMax)
  • Mesin → 2D & 3D prototipe (CAD)

Dan masih banyak lagi jurusan lain yang menggunakan aplikasi berat untuk mengerjakan tugas-tugas yang diberikan dosen. Mau tidak mau, mereka harus punya laptop dengan spek mumpuni.

Salah satu solusinya, selain membeli laptop baru, adalah melakukan upgrade. Di sinilah jasa reparasi laptop bekerja untuk menawarkan jasa upgrade laptop. Contohnya:

  • Install ulang laptop – Rp150 ribu
  • Upgrade SSD – Rp150 ribu
  • Upgrade RAM – Rp150 ribu

Ketiga jasa di atas hanya berupa biaya teknis, belum termasuk biaya pembelian piranti OS, SSD, dan RAM. Serta, untuk kota besar lainnya juga bisa lebih tinggi harga jasanya.

2. Make-over Kostan

Meningkatnya penjualan furniture di e-commerce selama pandemi ini juga dipengaruhi oleh kebutuhan dekorasi kamar, termasuk kamar kost mahasiswa.

Kalau diteliti lebih jauh, akhir-akhir ini thread tentang dekorasi kamar kost yang dibuat di Twitter selalu mengundang banyak reply, like, dan retweet.

makeover kamar kost
Salah satu thread tentang dekorasi kamar kost (c) Twitter.com

Selain di media sosial Twitter, tema rombak kamar kost juga viral di YouTube. Salah satu contohnya bisa kamu lihat di video milik Intan, seorang mahasiswi desain berikut ini:

Kebanyakan dari thread dan video tersebut menunjukkan bagaimana cara makeover kamar kost menjadi lebih rapi dan estetik. Sesuai dengan apa yang disukai oleh si penghuni kamar.

Namun, setelah kami teliti, masih belum banyak orang yang menyediakan jasa makeover kamar kost. Padahal permintaannya bisa cukup tinggi di kalangan mahasiswa yang tak sempat merombak kamarnya.

Nah, di sinilah kamu bisa menjajal pasar jasa dekorasi kamar kost untuk mahasiswa.  Harga jasa yang ditawarkan mulai dari Rp450.000.  Harga tersebut belum termasuk untuk pembelian perabot kost yang kebanyakan dibeli melalui Shopee, Tokopedia, atau Fabelio.

3. Jasa Titip Barang

Jasa titip atau jastip sudah mulai populer di Indonesia, di mana sebelumnya hanya ada jasa titip barang luar negeri.

Jastip biasanya tersedia untuk barang-barang luar negeri seperti kosmetik, tas, sepatu, hingga pakaian. Namun, kini juga sudah mulai dilirik untuk barang dalam negeri seperti barang di mall, IKEA, hingga event nasional.

Tarif yang dipasang untuk jasa titip dalam negeri adalah sebagai berikut:

  • Jastip barang branded di mall (Pull & Bear, H&M, Zara) → Rp20.000 – Rp25.000 per barang
  • Jastip furniture di IKEA Alam Sutera → Rp50.000 – Rp100.000
  • Jastip buku impor di BBW (Big Bad Wolf) → Rp5.000 – Rp20.000 per buku

Kami coba teliti lebih jauh, ternyata ada satu pemilik usaha jastip yang sudah menunjukkan hasilnya. Yakni Pipit Ai Fatihah, pemilik Dev IKEA (@dev_store.id), jastip untuk furniture yang ada di IKEA Alam Sutera.

Salah satu furniture yang paling laku adalah Gwinston, sofa cantik untuk ruang tamu. Di Shopee, produk tersebut sudah laku lebih dari 1.000 pcs.

jastip ikea
Contoh produk jastip IKEA (c) Shopee.co.id

4. Guru Privat (SD, SMP)

Menjadi guru privat untuk SD dan SMP bisa menjadi pilihan mahasiswa pendidikan untuk melatih kemampuan mengajar sekaligus mendapat penghasilan tambahan.

Memang benar, banyak sekali bimbingan belajar konvensional maupun online yang cukup populer. Untuk bimbel konvensional, ada Nurul Fikri, Ganesha Operation, hingga Sony Sugema College. Sedangkan, bimbel online didominasi oleh Ruangguru, Zenius, Quipper, dan Pahamify.

Namun, di balik itu, ada beberapa kekurangan dari bimbel konvensional:

  • Suasana kurang privat dan kondusif.
  • Waktu tidak fleksibel dan sering bentrok.
  • Siswa harus datang ke tempat les.
  • Tidak bisa memilih dan mengulang materi.

Sedangkan, untuk bimbel online, juga masih ada kekurangan seperti:

  • Suasana belajar kurang terasa.
  • Motivasi harus dari diri sendiri.
  • Tidak bisa bertanya langsung kepada tutor.
  • Sering terganggu dengan game & medsos.

Nah, di sinilah les privat menjadi solusi bagi siswa yang merasa ketinggalan saat bimbel konvensional dan susah menangkap materi saat bimbel online. Dengan les privat, siswa bisa tanya apapun tanpa interupsi. Mereka akan diajari oleh guru privatnya sampai benar-benar bisa.

ide usaha sampingan guru privat sd smp
Contoh guru privat SD, SMP di Yogyakarta (c) Superprof.co.id

Sebagai mahasiswa pendidikan, kamu juga dapat berlatih untuk mengajar plus mendapat penghasilan. Untuk memulai, kamu bisa gunakan platform les privat seperti Superprof.co.id. Kemudian, tentukan tarif  mulai dari Rp30.000/jam hingga Rp100.000/jam untuk jenjang SD, SMP, dan SMA.  

5. Main Band di Kafe

Kafe di banyak kota sudah mulai peduli dengan menyediakan live music. Hal ini bisa menjadi peluang untuk mahasiswa yang gemar main band akustik.

Bermain musik sebagai grup band akustik, bukan sekadar hobi tapi juga profesi. Kamu bisa mendapat penghasilan dengan cara menjadi band di cafe yang rutin mengadakan live music.

Sebagai gambaran,  honor untuk 1x manggung di cafe adalah Rp600K s/d jutaan

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • Band kamu mampu membawakan lagu-lagu populer.
  • Mau menyanyikan lagu yang di-request oleh pengunjung.
  • Bisa berinteraksi bersama para pengunjung yang datang.

Selain manggung di restoran dan cafe, kamu juga bisa mencari orderan dari acara-acara kampus. Meski honor yang diterima lebih kecil (Rp250-600K), tapi cukup lumayan untuk menambah penghasilan mahasiswa.

Berikut beberapa contoh acara kampus yang sering mengundang band sebagai salah satu pengisi acara:

  • Gathering kepanitiaan
  • Makrab mahasiswa baru
  • Seminar nasional
  • Acara bazar kampus

6. Job MC Acara Kampus

Menjadi master of ceremony (MC) alias pembawa acara bisa jadi sumber penghasilan tambahan buat kamu yang tidak bisa diam dan gemar pekerjaan lapang.

Ide usaha sampingan ini juga sama besarnya dengan main band di beberapa resto dan kafe. Kamu bisa memanfaatkan keahlian dalam berbicara di depan banyak audiens dengan menjadi MC.

 Honor yang diterima untuk 1x acara terbilang cukup lumayan untuk mahasiswa, yakni mulai dari Rp500K Bisa kurang dari itu, tergantung pada event yang diselenggerakan. Biasanya, acara di luar kampus lebih tinggi honornya.

Sebagai gambaran, beberapa contoh event yang membutuhkan MC antara lain:

  • Acara kampus (seminar, makrab, bazar)
  • Konser musik
  • Festival kuliner
  • Festival budaya

Dari daftar di atas, konser musik dan festival tergolong cukup sulit ditembus. Biasanya sudah ada MC dari event organizer. Maka dari itu, kamu bisa memulai freelance menjadi MC ini dari acara-acara kampus.

7. Usaha Buket Wisuda

Fase wajib dihadapi oleh mahasiswa tingkat akhir adalah seminar proposal, seminar hasil, dan sidang skripsi. “Event” ini selalu menjadi momen untuk saling berbagi hadiah satu sama lain. Salah satunya adalah buket.

Buket untuk “sidang menuju wisuda” tersebut juga bisa bervariasi. Tidak hanya bunga saja, namun juga bisa menggunakan bingkisan lain, seperti:

  • Snack (makanan ringan)
  • Skincare
  • Kain flanel
  • Boneka kecil
  • Cokelat
buket wisuda
Contoh produk buket wisuda (c) instagram.com/fiora.id
 Harga per buket bisa ditentukan mulai dari Rp25.000 hingga Rp100.000.  Tergantung pada jenisnya (snack, bunga, skincare, flanel) dan kesulitan dalam mengemas bingkisan.

Salah satu contoh ide usaha sampingan buket wisuda yang sudah berhasil adalah @fiora.id dari Yogyakarta. Dikutip dari kontan.co.id, Susi Setianingrum (pemilik Fiora.id) mendapat pesanan paling tidak 100+ per bulan saat menginjak semester genap.

8. Jasa Foto Wisuda

Mengabadikan momen keluarga saat wisuda sudah menjadi tradisi di nusantara. Kamu bisa mengambil peluang ini untuk menyediakan jasa foto dengan nuansa outdoor.

Kenapa outdoor? Karena untuk langsung memulai usaha studio foto indoor, kita butuh modal yang tidak sedikit. Dibutuhkan studio foto yang sudah di-set dengan interior yang perabotnya juga tidak murah.

Maka dari itu,  solusinya adalah mengambil foto di sekitar gedung wisuda, alias di luar ruangan.  Hal ini juga punya kelebihan, yaitu kita bisa mengambil latar belakang ikonik di kampus. Misalnya, bagi mahasiswa UGM, kurang afdol rasanya kalau belum berfoto di depan gedung Grha Sabha Pramana.

Lalu, berapa tarif yang dipasang untuk 1x sesi (~30 menit – 1 jam) pengambilan foto? Harganya variatif. Sebagai gambaran, kamu bisa menawarkan jasa foto wisuda mulai Rp350K, dengan spesifikasi sebagai berikut:

  • Foto keluarga maksimal 10 orang
  • Jepret foto tak terbatas selama 30 menit s/d 1 jam
  • Spot foto di 1-2 lokasi ikonik kampus
  • Cetak foto 4R (10 lembar) dan 8Rs (2 lembar)
  • Soft file dikemas dalam CD

9. Usaha Jasa Penerjemah

Peluang bagi mahasiswa jurusan sastra, kamu bisa memanfaatkan keahlian menerjemahkan bahasa untuk mendapat penghasilan yang cukup lumayan.

Menurut kami, jasa ini begitu dibutuhkan oleh kalangan mahasiswa S1 dan S2. Pembelajaran akademik mereka tidak bisa lepas dari kegiatan menerjemahkan dokumen akademik, apalagi bagi mahasiswa tingkat akhir. Dokumen yang perlu diterjemahkan antara lain:

  • Abstrak jurnal
  • Jurnal internasional
  • Skripsi
  • Tesis
  • Buku referensi
  • Surat perjanjian
  • dan masih banyak lagi dokumen penting lainnya.

Nah, di sinilah kamu sebagai anak sastra bisa mengambil kesempatan dari ide usaha sampingan ini. Dengan cara, menawarkan jasa terjemahan sesuai kemampuan dan jurusan yang kamu ambil.

Sebagai gambaran, ini dia beberapa bahasa yang banyak dicari (beserta harganya):

  • Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris (atau sebaliknya) → Mulai Rp35.000/lembar
  • Bahasa Indonesia ke Bahasa Arab (atau sebaliknya) → Mulai Rp35.000/lembar
  • Bahasa Indonesia ke Bahasa Jepang (atau sebaliknya) → Mulai Rp300.000/lembar
  • Bahasa Indonesia ke Bahasa Mandarin (atau sebaliknya) → Mulai Rp300.000/lembar

Harga di atas ditaksir untuk batas pengerjaan 1×24 jam, ya. Apabila lebih lama, maka harganya akan semakin turun. Oiya, kami mengambil sampel harga tersebut dari situs penyedia jasa terjemahan online, yaitu JagoKetik.com.

Lalu, bagaimana caranya untuk memulai? Sederhana saja. Opsi pertama, bisa langsung menawarkan kepada mahasiswa tingkat akhir yang sedang sibuk skripsian. Opsi kedua, kamu bisa mendaftar ke platform freelance Sribulancer.com.

10. Jasa Desain CV

Bagi mahasiswa yang sudah skripsi dan wisuda, langkah berikutnya yang harus ditempuh ialah mencari pekerjaan. Salah satu faktor penting untuk kesuksesan meluncur ke dunia kerja, adalah CV. Maka tidak heran, jika jasa desain CV masih begitu diminati.

Mengapa demikian?

Sebab, proses awal dalam rekrutmen karyawan dimulai dengan menyortir kandidat yang sesuai melalui CV mereka. Semakin bagus dan sesuai kriteria, semakin tinggi untuk diterima.

Selain karena isi konten yang berbobot, desain juga menjadi acuan. Namun masalahnya, tidak semua mahasiswa tingkat akhir mau merombak CV mereka dengan desain yang rapi, unik, dan kredibel.

Nah, di sinilah peluangnya. Kamu bisa tawarkan keahlian desain grafis, tipografi, juga penulisan konten yang ringkas dan padat (namun berisi), dengan menyediakan jasa desain CV. Kemudian, kamu bisa menyasar target pasar mahasiswa-mahasiswi yang sudah wisuda dan sedang mencari kerja.

peluang desain cv
Peluang usaha desain cv (c) kontan.co.id

Lalu, berapa tarif jasa yang cocok? Idealnya, mulai dari Rp50.000 untuk 1 desain dengan format Docs, JPEG, dan PDF; beserta revisi maksimal 3x.

Sebagai gambaran, dikutip dari Kontan.co.id, Firmansyah Wahyudiarto berhasil meraup profit hingga Rp5 jutaan per bulan dari ide usaha sampingan ini. Ia mendapat sekitar 70-100 orderan tiap bulan dengan harga rata-rata Rp40-70 ribu per desain.

Kemudian untuk berpromosi, kamu bisa gunakan banyak sekali platform yang sudah tersedia, di antaranya:

  • Twitter → ada banyak menfess tentang kuliah dan karier, seperti @workfess, @collegefess, dll. Kamu bisa tawarkan di sana, atau bahkan beriklan dengan biaya cukup terjangkau (Rp50-100 ribuan).
  • Sribulancer.com → bergabunglah menjadi freelancer, kemudian buka jasa desain CV di sana dengan membuat thread baru. Jangan lupa riset dulu berapa harga kompetitor yang ada di sana.
  • Shopee → bahkan di sini pun kamu bisa menjual jasa desain CV, dan jangan salah, peminatnya masih begitu tinggi.
ide usaha sampingan desain cv
Contoh usaha desain cv (c) shopee.co.id

11. Jasa Cuci Sepatu

Brand sneakers dalam dan luar negeri kian menjamur di toko ritel dan online shop. Peluang buatmu yang suka bebersih barang mungil seperti sepatu.

Sepatu menjadi barang penting untuk mahasiswa saat belajar di kampus. Selain kewajiban untuk dikenakan, juga menambah gaya dan aksen penampilan.

Karena modelnya yang unik dan terus menyesuaikan tren, maka tidak sembarang cara bisa dilakukan untuk merawatnya. Harus dirawat dengan hati-hati, termasuk saat mencuci.

Nah, hal inilah yang menjadi kesempatan untuk mewujudkan ide usaha sampingan jasa cuci sepatu.

Beberapa alat yang dibutuhkan juga cukup mendasar, seperti sikat halus, semir, dan sabun khusus. Sabun ini untuk beragam jenis model sepatu, seperti:

  • Sepatu kanvas
  • Sepatu kulit
  • Sepatu warna khusus (putih)
  • Sepatu warna terang

Harga untuk masing-masing sepatu juga berbeda, mulai dari Rp25.000 bahkan hingga Rp200.000 untuk 1x treatment.

12. Kerja Part-time

Bekerja secara part-time juga bisa menjadi opsi untuk sampingan mahasiswa. Kamu bisa bekerja di luar jam kuliah (biasanya sore hingga malam hari).

Gaji yang kamu terima biasanya juga tidak full seperti mereka yang bekerja tetap dari jam 8 pagi hingga 5 sore. Melainkan, sesuai dengan jam kerja yang kamu lakoni. Misalkan saja kamu bekerja dari jam 7 malam hingga 11 malam, maka kamu menerima 50% dari gaji karyawan tetap.

Beberapa pekerjaan paruh waktu yang sering membuka lowongan antara lain:

  • Kedai kopi. Biasanya cukup banyak sekali lowongan barista yang dibuka. Mengingat jumlah warung kopi bertema kafe modern makin membanjir di perkotaan.
  • Pelayan resto. Resto atau rumah makan yang ramai di kota kamu biasanya juga sering membuka lowongan untuk jam malam hari.
  • Pelayan stand. Minuman kekinian seperti boba, atau makanan yang dijajakan di stand; juga bisa jadi kesempatan untukmu.
  • Kasir. Beberapa mini market (termasuk Indomaret dan Alfamart) sering membuka lowongan dengan sistem shift pagi-siang, sore-malam.

13. Jadi Freelancer

Bekerja lepas tanpa waktu dan tempat yang mengikat, freelance bisa menjadi penghasilan tambahan sekaligus portofolio sebelum kerja di perusahaan.

Kebanyakan, proyek freelance ada di industri digital. Mulai dari pengembangan aplikasi, website, hingga pemasaran seperti iklan, video, dan tulisan. Cocok buat millenial yang sehari-harinya tak pernah lepas dari genggaman gadget.

Kenapa freelance kami rekomendasikan?

  • Bisa dikerjakan tanpa syarat akademik seperti ijazah dan transkip nilai. Kamu hanya perlu menunjukkan hasil karya kepada calon klien untuk meyakinkan mereka.
  • Kerjaan dari freelance bisa kamu jadikan portofolio untuk melamar pekerjaan nanti. Portfolio sangat penting di era digital untuk menunjukkan seberapa jago kamu di suatu bidang.
  • Penghasilan menjanjikan apabila kamu apply kerjaan di situs luar negeri. Bayaran yang diterima dari situs freelance luar negeri jauh lebih tinggi.

Dan masih banyak lagi alasan positif lainnya jika kamu mengambil proyek freelance di sela-sela perkuliahan. Nah, berikut ini kami coba beri gambaran besarnya, beberapa profesi freelance yang cukup populer:

  • Pengembangan web → membuat situs online untuk perusahaan (company profile), toko online (e-commerce), hingga start-up.
  • Desain web → merancang tampilan situs menjadi lebih enak dilihat dan digunakan saat diakses melalui berbagai perangkat.
  • Penulis artikel → menyediakan konten untuk situs web dengan topik-topik tertentu sesuai permintaan klien.
  • Desain grafis → membuat desain logo, banner iklan, hingga mock up untuk perusahaan.
  • Data entry → mengolah dan memasukkan data mentah menjadi lebih rapi ke dalam bentuk lain, misalnya Excel.

14. Jadi Influencer

Menjadi influencer juga bisa menambah penghasilan melalui endorse, iklan AdSense, dan kerja sama campaign. Namun perlu diingat, prosesnya butuh waktu yang cukup lama.

Jika kamu tipikal mahasiswa yang gemar bicara di depan banyak orang, termasuk di depan kamera; maka tipe kerjaan sampingan ini sangat cocok untukmu.

Kamu bisa sharing apapun seputar perkuliahan, hobi, minat, hingga profesi yang sedang kamu tekuni. Kemudian, tinggal bagikan kepada mereka di sosial media Instagram dan YouTube.

Bagaimana influencer bisa mendapat penghasilan?

Ada 2 cara yang paling praktis, yakni:

  1. Ikutan campaign. Kamu bisa turut andil untuk melakukan endorsement, meski followers belum ratusan ribu. Caranya dengan ikutan campaign sosial media yang sering diadakan di Sociabuzz.
  2. Iklan AdSense. Buatmu yang fokus di YouTube, penghasilan dari iklan bisa dibilang cukup lumayan. Apalagi jika subscribers sudah mencapai puluhan hingga ratusan ribu.

15. Bisnis Online Shop

Gemar berjualan juga bisa kamu manfaatkan dengan berbisnis online shop. Platform-nya bisa apa saja, mulai dari Instagram, Facebook, hingga marketplace.

Sebelum memulai, kamu perlu menentukan terlebih dulu bagaimana nantinya kamu berjualan. Apakah ingin membuat produk sendiri, atau cukup mempromosikan produk orang lain dan kamu dapat komisi.

Namun saran kami, mulailah dengan menjadi dropshipper atau reseller. Keduanya punya perbedaan yang mendasar, yakni:

Dropshipper Reseller
  • Tidak perlu stok barang
  • Tidak perlu packing
  • Komisi lebih kecil (5-15%)
  • Harus stok barang
  • Packing sendiri
  • Komisi lebih besar (15-25%)

Dropship cukup direkomendasikan, karena minim risiko. Kamu tinggal buka olshop di IG dan memposting foto produk dari supplier. Jika ada order, kamu tinggal teruskan ke supplier dan biarkan mereka mengirimkan kepada pembeli.

Penutup

Dari sekian ide usaha sampingan di atas, silakan kamu pilih mana yang kira-kira sesuai dengan hobi dan minat kamu. Kenapa begitu? Supaya saat menjalani prosesnya, kamu tidak langsung menyerah di tengah jalan.

Jika kamu menyukai sesuatu hal, ada kalanya kamu merasa bukan bekerja, tetapi sedang melakukan hobi. Hal ini penting saat menjalankan usaha sampingan, apalagi saat masih kuliah. Karena jika dua-duanya dianggap sesuatu hal yang penting, antara kuliah dan usaha; maka akan terasa begitu berat.

Baik, kami kira cukup segini dulu, ya. Kalau ada hal-hal yang belum jelas, tanyakan saja lewat kolom komentar. Kami akan senantiasa menjawabnya. Semoga membantu 🙂

image
image
Related Article

Cara Cek Resi GoSend Live Tracking untuk Kirim Barang Sehari Sampai

Buat yang suka kirim barang instan, seringkali kamu akan membutuhkan cara cek resi GoSend (live tracking). Entah itu checkout dari Tokopedia, Shopee, atau juga kirim barang sendiri. Dalam tulisan ini, kamu akan menemukan informasi berguna seputar: Mengenali apa itu GoSend dan jenis layanan yang ditawarkan, Bagaimana cara melacak kiriman GoSend sudah sampai mana. Namun sebelum […]

Ekspedisi /
8 Maret 2021

11 Jasa Kurir Terbaik di Indonesia: Harga Murah dan Pengiriman Cepat [Komplit]

Bagi seller, memilih jasa kurir terbaik merupakan pekerjaan yang agak tricky. Dalam artian, sebenarnya semua ekspedisi di Indonesia terbilang cukup bagus. Tetapi tergantung pada pembeli, apakah mereka suka atau tidak. Bahkan hal-hal sesimpel apakah mas-mas kurir yang mengantar ramah atau tidak, itu juga menjadi acuan pembeli. Dan pada akhirnya, pembeli-lah yang menentukan. Nah kali ini, […]

Ekspedisi /
8 Maret 2021

Cara Cek Nomor dan Pulsa XL Mudah dan Komplit

Cek nomor XL merupakan hal lumrah untuk dilakukan bagi para pengguna provider GSM XL. Ada banyak alasan mengapa seseorang ingin mengecek nomor telepon yang Ia gunakan. Kemungkinan yang paling sering adalah nomor telepon tersebut dibutuhkan untuk suatu identitas ataupun untuk keperluan lainnya. Jika pernah mencatat nomor telepon sendiri bukan berarti hal tersebut terlepas dari kemungkinan […]

Tips & Trik /
4 Maret 2021