Advertisement

15 Ide Usaha Sampingan untuk Mahasiswa [Kuliah Tetap Jalan]

Ifan Prasya
Penulis
Ifan Prasya
Diterbitkan pada
17 November 2020
Waktu membaca
11 Menit

Jika diamati lebih jauh, di sekitar kita cukup banyak sekali ide usaha sampingan yang bisa dikerjakan oleh siapa saja, termasuk mahasiswa. Mereka bisa mendapat penghasilan tambahan, bahkan bisa membiayai kuliahnya sendiri dari hasil usaha ini.

Kalau kamu mahasiswa dan ingin menambah uang bulanan tanpa bergantung dengan orang tua, baca artikel ini sampai selesai, ya. Kami telah merangkum hal-hal menarik seperti:

  • Keuntungan dari menjalankan usaha sampingan
  • Rekomendasi ide usaha yang profitable

Mari kita mulai.

 

Apa itu Usaha Sampingan dan Keuntungannya?

Pengertian usaha sampingan adalah usaha yang dijalankan bersamaan dengan profesi saat ini, misalkan karyawan, mahasiswa, hingga ibu rumah tangga; tanpa mengganggu aktivitas utama.

Dengan definisi di atas, maka bisa didapat beberapa keuntungan, yakni:

  • Menambah pengalaman berbisnis. Tidak banyak kesempatan untuk terjun langsung sebagai pengusaha. Dengan usaha ini, kamu bisa merasakan bagaimana merencanakan usaha, bahkan bekerja dalam tekanan.
  • Mengumpulkan modal tambahan. Biasanya untuk karyawan yang sudah bekerja, ada keinginan untuk membuka usaha. Hal ini juga bisa dilakukan mahasiswa sebelum wisuda.
  • Melipatgandakan relasi. Berbisnis tidak bisa dilakukan seorang diri, namun butuh orang lain yang diajak bekerja sama. Dari sini, kamu bisa melatih kemampuan untuk bekerja secara tim.

Rekomendasi Ide Usaha Sampingan yang Cocok untuk Mahasiswa

Di bawah ini, telah kami rangkum sederet ide usaha sampingan yang bisa dicoba sekarang. Sangat bisa dilakukan oleh mahasiswa, tanpa mengganggu perkuliahan (jika di-manage dengan benar).

Berikut rangkumannya.

1. Reparasi Laptop

Reparasi laptop tidak hanya menjadi kesempatan bagi mahasiswa IT, tapi juga jurusan lain yang punya keterampilan untuk “mengotak-atik” laptop.

Kebutuhan laptop untuk mahasiswa terbilang cukup besar. Apalagi, untuk mahasiswa teknik dan desain yang membutuhkan spesifikasi tinggi.

Seperti misalkan, beberapa jurusan berikut:

  • Arsitektur → 2D & 3D bangunan (SketchUp, Lumion)
  • DKV → ilustrasi, mockup (Adobe AI, Photoshop)
  • Interior → 2D & 3D ruangan (SketchUp, Lumion)
  • Sipil → 2D & 3D (AutoCAD, 3DsMax)
  • Mesin → 2D & 3D prototipe (CAD)

Dan masih banyak lagi jurusan lain yang menggunakan aplikasi berat untuk mengerjakan tugas-tugas yang diberikan dosen. Mau tidak mau, mereka harus punya laptop dengan spek mumpuni.

Salah satu solusinya, selain membeli laptop baru, adalah melakukan upgrade. Di sinilah jasa reparasi laptop bekerja untuk menawarkan jasa upgrade laptop. Contohnya:

  • Install ulang laptop – Rp150 ribu
  • Upgrade SSD – Rp150 ribu
  • Upgrade RAM – Rp150 ribu

Ketiga jasa di atas hanya berupa biaya teknis, belum termasuk biaya pembelian piranti OS, SSD, dan RAM. Serta, untuk kota besar lainnya juga bisa lebih tinggi harga jasanya.

2. Make-over Kostan

Meningkatnya penjualan furniture di e-commerce selama pandemi ini juga dipengaruhi oleh kebutuhan dekorasi kamar, termasuk kamar kost mahasiswa.

Kalau diteliti lebih jauh, akhir-akhir ini thread tentang dekorasi kamar kost yang dibuat di Twitter selalu mengundang banyak reply, like, dan retweet.

makeover kamar kost

Salah satu thread tentang dekorasi kamar kost (c) Twitter.com

Selain di media sosial Twitter, tema rombak kamar kost juga viral di YouTube. Salah satu contohnya bisa kamu lihat di video milik Intan, seorang mahasiswi desain berikut ini:

Kebanyakan dari thread dan video tersebut menunjukkan bagaimana cara makeover kamar kost menjadi lebih rapi dan estetik. Sesuai dengan apa yang disukai oleh si penghuni kamar.

Namun, setelah kami teliti, masih belum banyak orang yang menyediakan jasa makeover kamar kost. Padahal permintaannya bisa cukup tinggi di kalangan mahasiswa yang tak sempat merombak kamarnya.

Nah, di sinilah kamu bisa menjajal pasar jasa dekorasi kamar kost untuk mahasiswa.  Harga jasa yang ditawarkan mulai dari Rp450.000.  Harga tersebut belum termasuk untuk pembelian perabot kost yang kebanyakan dibeli melalui Shopee, Tokopedia, atau Fabelio.

3. Jasa Titip Barang

Jasa titip atau jastip sudah mulai populer di Indonesia, di mana sebelumnya hanya ada jasa titip barang luar negeri.

Laman: 1 2 3 4 5

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Ifan Prasya

Terampil dalam meracik strategi SEO Content Marketing untuk bisnis yang mampu meningkatkan angka penjualan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *