Advertisement

10+ Cara Mendapatkan Uang dari Wattpad Agar Kantong Makin Penuh

Diterbitkan pada
10 Agustus 2022
Waktu membaca
5 Menit

Salah satu trik untuk menghasilkan uang dari internet bisa dilakukan melalui Wattpad lho! Bagaimana cara mendapatkan uang dari Wattpad?

Apakah dengan membaca di Wattpad bisa memberikan penghasilan juga? Agaknya banyak pertanyaan yang bisa dibahas lewat artikel ini.

Dari sejumlah rahasia umum yang sudah diketahui oleh netizen, wattpad termasuk situs menulis yang akan membayar kontributor atau penulisnya.

Apalagi jika tulisan tersebut menggaet banyak pembaca, viral, dan terpilih sebagai karya yang akan dibuatkan film oleh seorang PH (Production House).

Kalau kamu juga ingin seperti itu, baca dulu yuk pembahasan lengkapnya!

Apa Itu Wattpad?

platform wattpad

Wattpad adalah sebuah platform baca tulis asal Toronto, Kanada yang dirilis secara resmi pada tahun 2006 silam oleh Allen Lau dan Ivan Yuen.

Melalui aplikasi atau situs ini, seluruh penulis berkesempatan mengirimkan berbagai bentuk karya tulis digitalnya.

Mulai dari artikel, cerpen (cerita pendek), novellet, novel, puisi, essay, dan tulisan-tulisan lainnya.

Pembaca pun juga bisa menemukan karya penulis sesuai kategori yang diinginkan, seperti romance, slice of life, thriller, misteri, horor, dark, fantasi, cerita nonfiktif, dan lainnya.

Cara Menghasilkan Uang dengan Menulis di Wattpad

Penulis bisa saja mendapatkan uang melalui Wattpad, tetapi tentunya tidak instan. Sebab, harus melalui berbagai proses termasuk konsistensi dalam mengunggah karya

1. Promosikan Akun Wattpad

Bukan hanya jualan online yang harus dipromosikan agar cepat laku, tetapi karya-karya yang dibuat dengan tenaga jasa seperti ini pun mesti demikian.

Nah, supaya tulisan di Wattpad ramai oleh pembaca, penulis bisa mempromosikannya lewat media sosial.

Seperti menyalin tautan link tulisan maupun akun Wattpad ke akun social media lain dan berikan caption yang mengundang rasa penasaran pembaca.

Biasanya pembaca menyukai alur cerita yang menegangkan, penuh plot twist, diambil dari kisah nyata, alur berjalan sedang (tidak terlalu cepat apalagi lambat), dan sebagainya.

Yaps, bisa dibilang ini merupakan salah satu cara untuk menghasilkan uang lewat Facebook secara tidak langsung.

2. Menjadi Penulis bagi Penulis Lain

Bagaimana maksudnya? Cara kedua ini, seorang penulis bisa menjadi writer bagi author lain yang sudah punya ratusan ribu pembaca maupun pengikut.

Misalnya, seorang penulis artikel harian yang memuat tentang realitas kehidupan di sebuah kota di Indonesia akan hiatus karena ingin fokus menyelesaikan skripsinya.

Kemudian penulis tersebut mengumumkan sedang mencari content writer untuk meneruskan konten-kontennya.

Mengetahui peluang tersebut, kamu sebagai penulis bisa mengajukan diri untuk meneruskan artikel harian buatannya dengan gaya bahasamu sendiri.

Kelebihan menjadi penulis untuk orang lain yakni kamu bisa menekan biaya pengeluaran, karena peluang ini termasuk ide usaha online tanpa modal yang besar.

3. Unggah Karya Secara Konsisten

cara bikin karya di wattpad

Agar menjadi penulis sekaligus pengusaha sukes di Indonesia, seorang penulis harus konsisten menciptakan karya dan melalukan improvisasi setiap hari.

Sebab, tindakan seperti itu akan memberikan dampak yang luar bisa di kemudian hari.

Dengan konsistensi, pembaca akan menilai penulis sebagai sosok yang akan terus menerbitkan tulisan setiap waktu, sehingga mereka merasa dimanjakan oleh konten tersebut.

Terlebih lagi jika yang diunggah setiap hari merupakan novel dan cerpen sesuai genre mereka.

Ingat Nessie Judge? Ia merupakan seorang YouTuber asal Indonesia yang punya penghasilan besar akibat konsistensinya dalam membuat konten berkualitas.

4. Manfaatkan Paid Stories

Jika penulis sudah memperoleh banyak pengikut atau followers, langkah berikutnya cara mendapatkan uang dari Wattpad dengan mengaktifkan fitur Paid Stories.

Laman: 1 2 3

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Anisa Juniardi

I love being I am. Menulis dan membaca pada ruang yang telah disediakan oleh Tuhan. Iya. Saya seorang content writer SEO dan yeaah.. here we go

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *