image

14 Cara Mendapatkan Uang dari Internet [Praktis & Sudah Terbukti]

cara praktis mendapat uang dari internet

Kalau Anda jeli, di luar sana begitu banyak cara mendapatkan uang dari internet. Praktis, bahkan bisa dijadikan sebagai usaha sampingan yang menjanjikan.

Namun, Anda tidak perlu repot-repot melakukan riset, karena kami telah merangkumnya dalam tulisan ini. Cukup pilih cara mana yang sesuai dengan minat dan hobi.

Selain memberikan rekomendasi, kami juga akan jelaskan langkah-langkah yang sebaiknya Anda ikuti, supaya memudahkan Anda dalam proses mendapatkan pundi rupiah di internet. Mari kita mulai.

image

 

Dapat Uang dari Internet, Memangnya Bisa?

Jawabannya, tentu bisa.

Tidak perlu jauh-jauh, deh. Kebiasaan kita order makanan di GoFood, beli baju di Shopee, belanja sayuran di Sayurbox; sudah menjadi bukti bahwa internet bisa mewujudkan itu.

(Akan tetapi, beberapa contoh tadi merupakan pemain besar yang sudah ahli dalam menjalankan bisnis internet)

Lalu, bagaimana dengan kita yang masih pemula? Harus mulai dari mana? Mungkin itu yang menjadi pertanyaan besar Anda hingga sampai di laman ini.

Untuk menjawabnya, kami telah menyederhanakan beberapa cara mendapatkan uang dari internet, yakni:

  • Menjadi freelancer. Bekerja secara lepas dengan honor per proyek. Biasanya kita harus aktif untuk mendapatkan klien.
  • Jualan produk digital. Jualan segala jenis produk yang hanya bisa diakses secara digital. Misal: item game online, e-book, foto, desain, dll.
  • Menjadi dropshipper. Jualan produk milik supplier tanpa harus stok dan mengurus pengiriman.
  • Menjadi influencer. Membangun audiens melalui platform media sosial Instagram dan YouTube.

Sekali lagi, keempat kategori di atas sudah kami sederhanakan. Kami pilih mana yang paling realistis untuk dipraktekkan oleh pemula sekalipun.

Kami tidak merekomendasikan Anda untuk mencari uang di internet dengan cara instan, seperti install aplikasi penghasil uang, mengisi survei, sampai nonton video berjam-jam dengan iming-iming dibayar. Alasannya:

  • Bayaran yang diterima tidak setimpal dengan usaha yang dikeluarkan.
  • Buang-buang waktu (yang harusnya bisa dimanfaatkan untuk hal lebih prioritas).
  • Biasanya, hal-hal demikian tidak akan bertahan lama.

Lalu, apa saja yang kami rekomendasikan? Lanjutkan membaca…

Cara Praktis untuk Mendapatkan Uang dari Internet

Perlu digarisbawahi, beberapa cara yang kami rekomendasikan memanglah praktis dan bisa langsung diterapkan. Namun, bukan berarti gampang dan bisa cepat dapat uang, ya.

1. Menulis Artikel di Blog

Coba ingat-ingat lagi, saat Anda mengetik kata kunci “cara mendapatkan uang dari internet tanpa modal” di Google, maka akan muncul beberapa blog di halaman pertama.

Anda klik satu per satu, kemudian baca isinya. Anda scroll-scroll, kemudian muncul teks “Advertisement by Google” berupa teks warna biru yang bisa di-klik.

Apa itu artinya?

Teks tadi adalah iklan. Jika Anda meng-klik iklan tersebut, maka si pemilik blog akan mendapatkan komisi dari Google AdSense. Yaps, ini adalah salah satu cara untuk menghasilkan pundi rupiah dari blog.

Sederhana, bukan? Anda tinggal menulis konten yang dibutuhkan banyak orang, memasang iklan, lalu gajian tiap bulan. Selain itu, ada juga opsi lainnya:

  • Menawarkan content placement. Semacam endorse, namun dalam bentuk artikel. Jadi Anda me-review produk orang lain dan menuliskannya di blog, kemudian orang tersebut membayar Anda.
  • Mempromosikan afiliasi produk. Semacam makelar, namun Anda cukup memasang link di artikel. Jika ada orang yang membeli produk melalui link tersebut, maka Anda mendapat komisi per penjualan sekian %.

2. Upload Video di YouTube

Hampir mirip dengan blog, Anda bisa mendapatkan komisi juga dari Google AdSense melalui tayangan iklan yang tampil di setiap video di channel YouTube Anda.

(Bedanya, kalau iklan pada blog dibayar per klik, maka di YouTube Anda akan dibayar per 1.000 tayangan)

Memang sih, tidak semudah upload video saja, namun juga butuh perencanaan matang supaya channel YouTube Anda bisa berkembang. Tapi untuk memulainya, tidak terlalu membingungkan kok.

Beberapa tips yang bisa Anda jalankan:

  • Memilih topik sesuai hobi. Perjalanan dari nol hingga menghasilkan biasanya memakan waktu cukup lama, karena itu Anda harus betah. Salah satu triknya, ya memilih tema yang sesuai kesenangan Anda.
  • Rutin upload video 2-3x per minggu. Algoritma YouTube sangat suka dengan channel yang rutin upload video baru sembari tetap interaksi dengan penonton. Saran kami, 2-3x per minggu sudah cukup bagus.
  • Fokus hingga tembus 1K subscribers dan 4K jam tayang. Tidak ada hal lain yang perlu Anda pusingkan, cukup fokus membuat konten hingga berhasil menembus angka 1.000 subscribers dan 4.000 jam tayang.
  • Gabung bersama YouTuber lain. Untuk saling berbagi ilmu dan semangat (bukan untuk saling subs4subs ya, sangat dilarang), Anda perlu berkumpul dengan sesama YouTuber. Misalnya, gabung di grup FB YouTuber Made in Indonesia.

3. Menulis di Situs Populer

Istilah lainnya, menjadi kontributor untuk website-website besar. Sekali terbit, Anda bisa mendapatkan komisi yang tinggi. Dengan catatan, tulisan Anda sudah lolos dari moderasi editor, ya.

Langkahnya cukup simpel: (1) membuat akun di situs yang membayar penulisnya, (2) menulis konten dengan topik tertentu, (3) lolos moderasi dan artikel terbit, (4) Anda mendapat komisi.

Lalu, situs apa saja yang terbukti membayar para penulis yang submit karya di platform mereka? Berikut rekomendasi dari kami:

  • Mojok.co. Karya yang berhasil terbit bisa mendapat honor hingga Rp300 ribu (bahkan bisa lebih). Namun butuh ideasi yang cukup unik dan tulisan yang sesuai dengan gaya Mojok.
  • Basabasi.co. Persis dengan Mojok untuk gaya penyampaian dan honor yang diberikan. Jumlahnya tergantung pada topik yang Anda tulis.
  • IDNTimes.com. Kontennya untuk anak muda urban dengan gaya penyampaian santai. Anda dibayar berdasarkan poin yang diperoleh + view dari artikel yang terbit.

Selain bisa dapat uang, platform di atas juga bagus untuk dijadikan portfolio tulisan Anda. Apalagi dengan adanya moderasi yang akan melatih kemampuan Anda dalam menulis konten.

4.  Menulis Caption IG

Bagaimana bisa? Memangnya ada yang mau bayar hanya untuk beberapa paragraf caption Instagram? Ada, banyak. Anda bisa tengok @kapitulis yang tiap bulannya berhasil meraup puluhan juta rupiah dari jasa rangkai kata.

Selain caption IG, juga ada permintaan lainnya, seperti:

  • Kata-kata untuk meminta maaf
  • Kata-kata perpisahan yang dikenang
  • Kata-kata untuk putus baik-baik
  • Kata-kata untuk surat lamaran
  • dan masih banyak lagi

Buat Anda yang jago berbicara lewat kata dengan pesan yang amat dalam, boleh dicoba. Atau, kebutuhan lain seperti caption IG untuk pemasaran, kata-kata di landing page, brosur iklan, dan sejenisnya.

Bisa langsung menuju ke platform berikut:

  • Sribulancer.com. Platform freelance untuk mencari proyek dari brand dan UMKM. Buat saja di bagian kategori penulisan konten media sosial, kemudian tawarkan jasa menulis caption.
  • Instagram. Anda bangun sendiri persona seperti @kapitulis. Namun cara ini butuh waktu yang cukup lama, apalagi untuk akun yang dibangun dari nol.

5. Menjual Saldo Paypal

Cocok nih Anda sering belanja online di marketplace luar negeri, seperti Amazon, Alibaba, atau beli produk digital yang menggunakan metode pembayaran Paypal.

Kalau Anda belum tau, di luar sana banyak sekali pemain bisnis yang membutuhkan pembayaran dalam bentuk mata uang dollar via Paypal. Namun, banyak sekali dari mereka yang terkendala karena tidak punya akun, atau tidak punya credit card sehingga tidak bisa verifikasi.

Nah, Anda bisa menawarkan saldo Paypal yang bisa dikirim langsung ke sesama pengguna tanpa harus top-up melalui credit card. Bagaimana caranya?

  1. Punya akun Paypal verified. Jelas, ya, Anda harus punya dulu akun Paypal yang sudah terhubung ke bank lokal melalui credit card.
  2. Punya credit card / VISA. Yaps, untuk verifikasi Paypal membutuhkan credit card yang valid seperti Mandiri, Jenius BTPN.
  3. Punya saldo yang akan dijual. Bisa Anda top-up dulu lewat credit card, atau hasil dari membeli orang lain dengan harga rendah.
  4. Pakai Flip untuk transfer beda bank. Apabila Anda tak punya banyak rekening, tawarkan pembeli untuk menggunakan Flip supaya tidak perlu membayar Rp6.500 jika berbeda bank.
  5. Promosi di forum Kaskus.co.id atau Ads.id. Daftar di kedua forum tersebut, karena biasanya pembeli saldo akan mencari ke forum.

Oiya, lalu dari mana Anda bisa dapat keuntungan? Yaa, dari margin yang Anda tentukan sebagai fee transaksi. Bisa dengan hitungan %, atau flat sekian rupiah.

6. Menjual Theme Premium

Di awal tadi, sudah disinggung tentang menulis di blog. Hubungannya dengan theme premium adalah, ketika membuat blog, opsi tampilan yang ditawarkan oleh Blogger.com / WordPress.org itu terbatas.

Jika ingin fitur yang bagus, seperti tampilan yang lebih minimalis, atau desain khusus untuk platform toko online misalnya; maka dibutuhkan theme khusus pula.

Nah, di sinilah Anda bisa mendapatkan keuntungan dengan menjual desain tema blog. Sebagai contoh, ada blogger bernama Mas Sugeng (sugeng.id) yang berhasil mendapat 1M lebih hanya dari berjualan template blogspot.

Namun cara ini tergolong cukup sulit, karena ada beberapa keterampilan yang wajib dikuasai terlebih dulu:

  • Desain
  • Layout
  • HTML
  • CSS
  • Javascript
  • Bootstrap
  • PHP

Beberapa list di atas merupakan hal dasar yang mesti dikuasai jika ingin membuat themes yang bagus dan sesuai keinginan klien. Lalu, untuk pemasarannya, Anda bisa menuju ke: (1) Ads.id, (2) Indimart.id.

7. Membuat Video Promosi

Siapa yang membutuhkan? Brand dan UMKM. Mereka butuh video promosi yang menarik untuk menguatkan pesan yang ingin disampaikan.

Biasanya, video tersebut untuk kebutuhan berikut:

  • Company profile
  • Konten edukatif
  • Penawaran / landing page

Menurut survei yang dikutip dari Sribulancer.com, konten video mampu meningkatkan konversi sampai 80%. Pun, kebiasaan kita sebelum membeli produk adalah melihat videonya terlebih dulu, bukan?

Selain untuk brand dan UMKM, membuat dan mengedit video juga dibutuhkan oleh YouTuber yang sudah punya basis penggemar dan penghasilan tetap.

Nah, untuk memulai, Anda bisa menggunakan platform Sribulancer.com (dalam negeri) atau Upwork.com (luar negeri).

8. Jasa Voice Over

Untuk mengisi suara video, dibutuhkan seorang dubber yang suaranya nyaman di telinga. Buat Anda yang punya suara khas radio, bisa dicoba untuk menawarkan jasa voice over.

Alat yang perlu disiapkan adalah microphone. Sedangkan, untuk editing suara bisa menggunakan aplikasi gratis seperti Audacity. Keduanya sudah cukup untuk menghasilkan suara yang “renyah”.

Beberapa media yang membutuhkan voice over:

  • Iklan radio
  • Video YouTube (seperti Kok Bisa, Ngomongin Uang, Satu Persen)
  • Iklan podcast

Kalau ingin mendengarkan contohnya, Anda bisa dengarkan contoh iklan Airyrooms di Soundcloud (suara oleh Cinta1668).

Kemudian untuk promosi jasa, lagi-lagi, kami merekomendasikan Anda untuk gabung di marketplace Sribulancer.com. Karena dari segi harga lebih bagus rate-nya dibanding yang lain.

9. Membuat Desain Ilustrasi

Kalau Anda hobinya menggambar virtual melalui aplikasi, maka bisa coba pakai cara ini. Menawarkan jasa pembuatan ilustrasi untuk segala kebutuhan, contohnya:

  • Merchandise
  • T-shirt
  • Mug gelas
  • Poster
  • Sticker
  • Foto album
  • Foto wajah
  • Karakter
  • Anime

Desain kreatif ini memang tidak langsung mendapat uang dengan cepat, namun membutuhkan waktu untuk membangun portofolio dan memperbanyak klien.

Untuk memulainya, Anda bisa menjajal membuat konten di Instagram, kemudian kumpulkan portofolio dan menawarkan jasa ilustrasi di beberapa platform, seperti:

  • Sribulancer.com
  • Fastwork.id
  • Shopee.co.id (jangan salah, meski marketplace, tapi efektif untuk promosi jasa)

10. Menjual Stock Foto

Buat Anda yang senang untuk menjelajah tempat baru, memotret sudut ikonik, atau detail binatang; daripada disimpan di Instagram akan jauh lebih menguntungkan kalau dijual.

Anda bisa menjualnya di platform berikut:

  • Shutterstock.com
  • Visualsociety.com
  • Foap.com

Situs-situs tersebut akan membayar Anda sejumlah komisi 20%-100% untuk 1 foto yang berhasil terjual. Jadi, semacam marketplace untuk foto-foto original.

Beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

  • Menentukan tema (niche) yang spesifik, misalkan urban, alam, pernikahan, festival, makanan.
  • Ikuti permintaan dari pembeli foto, dengan cara mencari kata kunci populer di situs-situs tadi.
  • Pelajari hak cipta seperti editorial, commons lisences, ekslusif, non-ekslusif, dan sejenisnya.

11. Jual Desain Ikon

Jika Anda lebih tertarik pada desain UI/UX, khususnya ikon-ikon unik pada website dan aplikasi, maka Anda bisa menjualnya di beberapa platform microstock.

Berikut platform jualan ikon yang kami rekomendasikan:

  • Flaticon.com. Membayar $0,04/download (untuk subscriber pro).
  • Iconfinder.com. Membayar $1,20/download (untuk reguler) dan $0,04 (untuk subscriber pro).
  • Thenounproject.com. Membayar $1,80/download (untuk reguler) $0,09/download (untuk subscriber pro).

Jadi, cara kerjanya adalah, Anda membuat sebuah bundle icon yang siap digunakan oleh para kreatif di situs-situs tersebut. Misalkan, ikon bertema edukasi, bisnis, karier, dan sejenisnya.

12. Jual Template Desain

Hampir mirip dengan menjual icon, Anda pun bisa mendapatkan uang dari internet, khususnya dengan berjualan template desain. Template apa saja? Banyak, misalnya:

  • Presentasi (PowerPoint, Google Slides)
  • Mockup produk (website, mobile, packaging)
  • Postingan sosial media (IG, Facebook)
  • Kartu ucapan (undangan, pernikahan)

Familiar, bukan? Jangan salah, beberapa desain tersebut memang bisa dibuat oleh siapapun. Tapi untuk membuat desain yang profesional, butuh keterampilan khusus. Dan orang mau membayarnya.

Rekomendasi platform untuk berjualan template desain adalah:

  • CreativeMarket.com

13. Jual Akun Mobile Legend

Kali ini buat Anda yang gemar bermain Mobile Legend. Anda bisa jual beberapa item pada game tersebut meliputi skin, hero, diamond, hingga keseluruhan akun (email, password, dll).

Untuk jualan akun ML, Anda bisa gunakan platform berikut:

  • Itemku.com. Semacam marketplace untuk game online, mulai dari top-up voucher, hingga item-item game.
  • Shopee.co.id. Bisa juga promosi menggunakan Shopee dengan membuat akun toko.
  • Olx.co.id. Di sini juga sering dipakai oleh gamers untuk mencari akun level tinggi.
  • Grup FB. Banyak pula grup FB yang mempersilakan anggotanya untuk jual beli akun game.

Rata-rata harga yang dijual mulai dari Rp100 ribu hingga Rp5-8 jutaan. Tergantung pada level, skin, hero, dan diamond yang dimiliki akun tersebut.

14. Jual Akun PUBG Mobile

Selain Mobile Legend, PUBG Mobile juga memiliki banyak peminat. Anda bisa tawarkan akun dan beberapa item di dalamnya, seperti:

  • Voucher UC
  • Akun set mythic
  • Akun diamond
  • Akun M4 glacer
  • Akun ace
  • Akun sultan
  • Akun season 11-15

Untuk cara jualannya pun sama. Anda cukup mengandalkan beberapa platform berikut: (1) itemku.com, (2) grup FB gamers mobile, (3) Shopee, (4) Olx.

Untuk Pemula, Harus Mulai dari Mana?

Jawabannya, bisa mulai dengan: (1) menjadi freelancer, (2) dropshipper. Keduanya sama-sama tidak membutuhkan modal uang yang besar, bahkan cukup media laptop dan HP.

Anda bisa menyesuaikan dari sekian ide di atas dengan hobi yang Anda tekuni saat ini. Dengan punya keterampilan, maka Anda punya kesempatan untuk dapat penghasilan tambahan, bahkan bisa dijadikan usaha sampingan menjanjikan.

Caranya dengan menawarkan keterampilan Anda melalui internet. Jika direkap kembali, ada banyak tempat untuk mendapat uang dari internet, yakni:

  • Blog
  • YouTube
  • Instagram
  • Sribulancer
  • Karyakarsa
  • Envato
  • Microstock
  • CreativeMarket
  • Quora
  • Indimart
  • Itemku

Daftar di atas akan kami rawat dan tambahkan secara berkala. Jadi, pastikan untuk bookmark laman ini dan baca kembali saat dibutuhkan.

Oiya, jika ada pertanyaan, tulis saja di kolom komentar. Semoga membantu~

image
image
Related Article

Cara Cek Resi Grab Express Live Tracking (Pengiriman Barang Sehari Sampai)

Beragam metode cek resi Grab Express tentu akan sangat berguna buatmu yang suka kirim barang secara instan; dikirim hari itu juga dalam hitungan jam. Cocok buat order barang dari toko yang lokasinya masih 1 kota. Selain itu, dalam beberapa menit ke depan, diharapkan kamu akan lebih paham mengenai beberapa hal berikut: Mengenal Grab Express dan […]

Ekspedisi /
9 Maret 2021

Cara Cek Resi GoSend Live Tracking untuk Kirim Barang Sehari Sampai

Buat yang suka kirim barang instan, seringkali kamu akan membutuhkan cara cek resi GoSend (live tracking). Entah itu checkout dari Tokopedia, Shopee, atau juga kirim barang sendiri. Dalam tulisan ini, kamu akan menemukan informasi berguna seputar: Mengenali apa itu GoSend dan jenis layanan yang ditawarkan, Bagaimana cara melacak kiriman GoSend sudah sampai mana. Namun sebelum […]

Ekspedisi /
8 Maret 2021

11 Jasa Kurir Terbaik di Indonesia: Harga Murah dan Pengiriman Cepat [Komplit]

Bagi seller, memilih jasa kurir terbaik merupakan pekerjaan yang agak tricky. Dalam artian, sebenarnya semua ekspedisi di Indonesia terbilang cukup bagus. Tetapi tergantung pada pembeli, apakah mereka suka atau tidak. Bahkan hal-hal sesimpel apakah mas-mas kurir yang mengantar ramah atau tidak, itu juga menjadi acuan pembeli. Dan pada akhirnya, pembeli-lah yang menentukan. Nah kali ini, […]

Ekspedisi /
8 Maret 2021