image

Cara Membuat Gmail Baru Lewat HP Langsung Jadi (Tanpa Verifikasi No HP)

membuat akun gmail baru di hp

Untuk berselancar di internet, punya email itu wajib. Banyak pengguna baru yang ingin tau bagaimana cara membuat Gmail dengan cepat, bahkan tanpa verifikasi nomor HP.

Hal ini mungkin, banyak yang mengeluh semenjak diberlakukan aturan 1 NIK hanya boleh punya 3 nomor HP. Karena itu jangan khawatir, karena kami akan kasih tau caranya.

Supaya tidak lupa, bookmark laman ini dan ikuti setiap langkah dengan saksama, ya. Mari kita mulai.

image

 

Pengenalan Akun Gmail

Gmail pertama kali diluncurkan oleh Google pada 21 Maret 2004 silam. Hingga sekarang, seiring dengan dominasi Google di seluruh dunia, Gmail menjadi platform email paling digemari.

Lalu, kenapa harus Gmail? Apa kelebihannya, juga kekurangannya?

Kelebihan Kekurangan
  • 1 akun Google = semua produk Google. Dimulai dengan Gmail, kita bisa menikmati layanan YouTube, Drive, Ads, Blogger, dan kebutuhan komplit lainnya.
  • Kapasitas cukup lega. Sepertinya kamu tak perlu khawatir dengan jumlah email yang dikirim & diterima, karena kapasitasnya sangat besar, yakni 15 GB.
  • File lampiran maksimal 15 MB. Opsi ini memungkinkan kamu untuk mengirim beragam jenis lampiran via email.
  • Notifikasi sangat cepat. Kita tidak suka menunggu lama, dan Gmail pun demikian. Notifikasinya secepat kamu baca pesan WA dari dia *uhuk*
  • Label email yang memudahkan. Adanya label pada setiap email yang masuk dapat memudahkan kamu dalam memilih mana dulu yang mau dibaca dan dibalas.
  • Aman dari email SPAM. Gmail sangat canggih untuk mengenali email yang merugikan penggunanya, dan langsung menempatkannya di folder SPAM.
  • Bisa meeting dengan rekan. Fitur terbaru Gmail memungkinkan kamu untuk meeting menggunakan Google Meet, tanpa harus keluar dari aplikasi Gmail.
  • (dan masih banyak lagi)
  • Kadang salah mendeteksi teman. Sehingga email dari teman asli kita akan masuk ke folder SPAM. Saking ketatnya, mungkin?
  • Butuh koneksi cepat untuk akses versi WEB. Karena load-nya makin besar, Gmail butuh koneksi yang cepat dari laptop/PC kamu.
  • Sering ada iklan yang mengganggu. Yaps, hampir sebagian besar dari kita tidak suka iklan, apalagi yang tidak relevan.

Cara Membuat Gmail di HP

Catatan: Pada tutorial ini, kami menggunakan ponsel Android versi 8.0. Untuk versi lain dan perangkat iOS, kurang lebih sama langkahnya, jadi tinggal diikuti saja.

1 — Buka Aplikasi Gmail

Masuk ke ponsel kamu, lalu buka aplikasi Gmail. Untuk HP jaman sekarang, biasanya setiap device sudah terpasang paket aplikasi Google, termasuk Gmail. Jadi, kamu tidak perlu install dari Play Store.

Untuk membukanya langsung tap ikon Gmail terbaru seperti gambar berikut:

buka aplikasi

2 — Tambahkan Akun

Pada antarmuka Gmail, tap ikon foto di sebelah kanan atas. Setelah muncul pop-up baru, tap opsi Tambahkan akun lainnya.

tambah akun gmail

Setelah itu akan muncul antarmuka baru untuk menyiapkan email, kamu cukup pilih layanan Google, seperti pada tangkapan layar berikut ini.

siapkan email

3 — Buat Akun Google

Langsung saja kamu buat akun Google yang baru dengan cara: tap menu Buat Akun di pojok kiri bawah.

Nanti akan muncul 2 opsi: (1) Untuk diri sendiri, (2) Untuk mengelola bisnis saya. Silakan pilih salah satu, sesuaikan dengan tujuan kamu membuat akun Gmail.

Pada contoh tangkapan layar berikut, kami memilih opsi yang kedua. Jika sudah, tap tombol Berikutnya di pojok kanan bawah.

membuat akun google

4 — Tambahkan Nama Lengkap

Masukkan nama lengkap kamu meliputi:

  • Nama Depan
  • Nama Belakang

Setelah komplit, tap tombol Berikutnya di pojok kanan bawah.

membuat nama akun google

5 — Tambahkan Tanggal Lahir

Tugas selanjutnya adalah melengkapi informasi dasar, meliputi:

  • Tanggal lahir
  • Jenis kelamin

Setelah diisi semua, tap tombol Berikutnya.

informasi dasar gmail

6 — Buat Alamat Gmail

Setelah tanggal lahir dilengkapi, selanjutnya kamu pilih alamat yang direkomendasikan oleh Google, atau membuatnya sendiri.

Pada contoh tangkapan layar, kami membuat nama sendiri. Namun pada percobaan pertama, ternyata alamat email yang ditulis telah digunakan oleh orang lain. Karena itu, kami mencoba yang lain.

Setelah menemukan alamat yang cocok, tap tombol Berikutnya.

nama pengguna gmail

7 — Buat Kata Sandi yang Kuat

Tugas kamu berikutnya adalah membuat kata sandi akun Gmail yang kuat. Jangan hanya angka, atau huruf saja. Apalagi menggunakan kata-kata umum, sebaiknya dihindari supaya tidak mudah diretas.

Untuk membuat kata sandi yang rumit, variasikan 3 hal berikut:

  • Huruf (besar dan kecil)
  • Angka
  • Simbol

Jika sudah yakin, tap tombol Berikutnya.

membuat kata sandi gmail

8 — Lewati Verifikasi No HP

Seperti yang dijanjikan, kamu masih bisa membuat email di Gmail tanpa harus melakukan verifikasi nomor telepon.

Caranya adalah, saat muncul antarmuka Tambahkan nomor telepon, kamu lewati saja dengan menekan tombol Lewati pada pojok kiri bawah. Seperti pada tangkapan layar berikut:

membuat gmail tanpa verifikasi hp

Namun saran kami, jika tidak keberatan, lakukan verifikasi nomor HP, ya. Hal ini untuk mendukung verifikasi 2 langkah supaya akun Google kamu tidak mudah diretas oleh orang tak bertanggung jawab.

Untuk melakukannya, tekan tombol Ya, saya ikut pada pojok kanan bawah. Nanti akan dapat SMS dari Google berupa 6 digit kode verifikasi. Biasanya sudah otomatis tanpa harus kamu masukkan kodenya.

Jika sudah, akan muncul antarmuka baru berupa privasi & persyaratan.

9 — Setujui Privasi & Persyaratan

Untuk menggunakan layanan akun Gmail dan Google pada umumnya (Drive, YouTube, Blogger, dan lainnya), kamu wajib menaati setiap persyaran layanan.

Silakan dibaca dengan rinci jika ingin mempelajari privasi dan persyaratan menggunakan akun Google. Jika sudah, langsung tekan menu Saya setuju pada pojok kanan bawah.

pahami privasi dan persyaratan gmail

10 — Gmail Baru Berhasil Dibuat!

Selamat! Kamu baru saja berhasil membuat akun Gmail baru di HP tanpa harus melakukan verifikasi nomor HP terlebih dulu.

Setelah berhasil membuat akun, kamu akan langsung dibawa ke aplikasi Gmail. Di situ biasanya sudah ada 1 email dari Google yang berisi notifikasi bahwa akun Google kamu sudah aktif.

berhasil membuat akun gmail langsung jadi

Rangkuman

Bagaimana, cukup mudah, bukan?

Membuat email dengan Gmail di HP bisa dilakukan dengan sangat praktis dan cepat (bahkan tidak lebih dari 5 menit langsung jadi). Plus, kamu bisa melewati opsi verifikasi nomor HP jika memang tidak menginginkannya.

Namun sekali lagi saran kami, selalu gunakan no HP dan jika bisa aktifkan verifikasi 2 langkah, ya. Karena hal ini untuk melindungi akun Google dari hal-hal yang tidak dinginkan.

Akhir kata, semoga dapat membantu ya 🙂

image
image
Related Article

Cara Cek Resi GoSend Live Tracking untuk Kirim Barang Sehari Sampai

Buat yang suka kirim barang instan, seringkali kamu akan membutuhkan cara cek resi GoSend (live tracking). Entah itu checkout dari Tokopedia, Shopee, atau juga kirim barang sendiri. Dalam tulisan ini, kamu akan menemukan informasi berguna seputar: Mengenali apa itu GoSend dan jenis layanan yang ditawarkan, Bagaimana cara melacak kiriman GoSend sudah sampai mana. Namun sebelum […]

Ekspedisi /
8 Maret 2021

11 Jasa Kurir Terbaik di Indonesia: Harga Murah dan Pengiriman Cepat [Komplit]

Bagi seller, memilih jasa kurir terbaik merupakan pekerjaan yang agak tricky. Dalam artian, sebenarnya semua ekspedisi di Indonesia terbilang cukup bagus. Tetapi tergantung pada pembeli, apakah mereka suka atau tidak. Bahkan hal-hal sesimpel apakah mas-mas kurir yang mengantar ramah atau tidak, itu juga menjadi acuan pembeli. Dan pada akhirnya, pembeli-lah yang menentukan. Nah kali ini, […]

Ekspedisi /
8 Maret 2021

Cara Cek Nomor dan Pulsa XL Mudah dan Komplit

Cek nomor XL merupakan hal lumrah untuk dilakukan bagi para pengguna provider GSM XL. Ada banyak alasan mengapa seseorang ingin mengecek nomor telepon yang Ia gunakan. Kemungkinan yang paling sering adalah nomor telepon tersebut dibutuhkan untuk suatu identitas ataupun untuk keperluan lainnya. Jika pernah mencatat nomor telepon sendiri bukan berarti hal tersebut terlepas dari kemungkinan […]

Tips & Trik /
4 Maret 2021