10 Cara Membuat Email Marketing Pikat Pembaca Agar Campaign Sukses

Hanif 14 Mei 2023 5 Menit 0

Pelanggan yang klik tombol beli adalah kesuksesan digital marketer, tapi gimana sih cara membuat email marketing yang bikin pelanggan klepek-klepek?

Di antara ribuan email yang masuk ke kotak masuk pelanggan setiap hari, bukan hal yang mudah untuk membuat mereka tertarik.

Selain menggunakan email nama perusahaan domain sendiri, ada beberapa strategi dan metode supaya isi email marketing mu semakin relevan kepada target audeience mu.

Dalam artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah kunci untuk menciptakan kampanye email marketing yang sukses.

Simak sampai akhir dan praktikkan cara berikut untuk meningkatkan efektivitas kampanye email marketing serta menciptakan pengalaman yang tak terlupakan bagi pelanggan.

1. Tentukan Tujuan Kampanye Email Marketing

Sebelum memulai kampanye email marketing, pastikan untuk memiliki tujuan yang jelas. Seperti yang sudah dijabarkan pada artikel sebelumnya, ada beberapa tujuan email marketing yang bisa kamu gunakan.

Apakah kamu ingin meningkatkan penjualan, membangun kesadaran merek, atau mengundang pelanggan untuk mengikuti acara khusus?

Tujuan ini juga bisa disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan brand atau produk.

Umumnya, tujuan email marketing berkisar:

  • brand recognition
  • customer retention
  • engagement rate increase
  • sales conversion.

Dengan menetapkan tujuan yang spesifik, kamu bisa merancang strategi yang tepat untuk mencapainya. Kamu bisa menentukan komposisi jenis email yang tepat untuk tujuan tersebut.

Email marketing goal - sale

2. Pelajari Target Audiens

Agar email mu berhasil, perlu untuk memahami siapa target audiens yang kamu sasar. Pelajari preferensi, kebutuhan, dan karakteristik mereka.

Kelompokkan berdasarkan demografi dan minat, sehingga kamu bisa membuat email yang disesuaikan dengan audience profile yang kamu buat.

Dengan pemahaman yang mendalam tentang audiens, kamu bisa membuat pesan yang relevan dan menarik bagi mereka.

3. Membangun Database Kontak

Sebenarnya poin ini masih berhubungan dengan poin sebelumnya. Dari label target audiens ini nanti juga harus dicocokkan dengan database kontak email yang kamu miliki.

Dengan database yang solid, Anda dapat mengirim email ke pelanggan yang benar-benar tertarik dengan produk atau layanan yang kamu tawarkan.

Untuk mendapatkan basis database kontak email yang solid, buat penawaran newsletter. Seperti, jangan sampai ketinggalan produk terbaru dan penawaran spesial dari brand mu.

Email marketing - database kontak

4. Pilih Platform atau Email Marketing yang Tepat

Dengan platform yang tepat, kampanye email marketing bisa berjalan dengan baik.

Perhatikan fitur pada email marketing tool seperti:

  • pembuatan template email yang mudah
  • pengiriman massal yang handal
  • kemampuan segmentasi target audiens
  • analisis statistik yang komprehensif
  • integrasi dengan sistem lain.

Dengan menggunakan platform yang sesuai, Anda dapat menghemat waktu, mengoptimalkan efisiensi, dan mendapatkan hasil yang lebih baik dari kampanye email marketing kamu.

5. Pelajari Penggunaan dan Fitur Fitur Email Marketing

Setelah menggunakan aplikasi yang sekiranya cocok, pelajari fitur-fitur yang ada untuk meningkatkan efektivitas kampanye.

Setiap aplikasi atau platform memiliki fitur unik yang dapat membantu Anda mengelola dan mengoptimalkan email marketing.

Pelajari langkah-langkah penggunaannya yang tepat dan sesuai. Misalnya bagaimana cara membuat email yang bisa menyesuaikan label atau profil penerima.

Dengan memahami fitur-fitur yang tersedia, kamu bisa memanfaatkan tools email marketing secara optimal. Jangan sampai ada fitur vital yang terlewat, ya.

Halaman Selanjutnya
6. Judul Email yang Memikat...

Laman: 1 2 3

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Hanif
Ditulis oleh

Hanif

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *