Cara Menggunakan ChatGPT untuk Menulis Email [+ Contoh Prompt]

Anisa 15 Agu 2023 5 Menit 0

ADVERTISEMENT

Cara menggunakan ChatGPT untuk menulis email sangatlah mudah. Pengguna hanya perlu membuat prompt (perintah berupa teks) dengan tepat dan spesifik sesuai kebutuhannya.

Agar lebih mudah dipahami, kami akan memberikan beberapa contoh prompt penggunaan ChatGPT untuk menulis email lebih baik, mudah, dan cepat.

Kamu bisa simak manfaat ChatGPT untuk menulis email, cara menentukan rumus (formula) penulisan prompt, contoh promp yang bervariasi, dan batasan-batasannya pada pembahasan kali ini.

Penasaran bagaimana penerapannya? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini secara detail ya.

ADVERTISEMENT

1. Apa itu ChatGPT?

ChatGPT adalah model bahasa atau aplikasi buatan OpenAI yang dapat digunakan untuk menghasilkan informasi sesuai prompt yang diketik oleh pengguna.

Aplikasi AI ini dirilis menjadi dua kategori, yakni GPT-3.5 (gratis untuk umum) dan GPT-4 atau GPT Plus dengan biaya berlangganan Rp305.000 per bulannya.

Selain berfungsi untuk memecahkan soal matematika, translate bahasa, dan perencanaan bisnis, ChatGPT juga dimanfaatkan untuk menulis email lebih baik, cepat, dan bebas typo oleh sejumlah perusahaan & instansi di Indonesia.

Tujuan menggunakan ChatGPT untuk menulis email, khususnya email marketing adalah untuk meningkatkan efisiensi perusahaan, menjaga loyalitas pelanggan, dan meningkatkan reputasi brand secara konsisten.

Tidak hanya itu saja, kamu bisa menyimak manfaat ChatGPT untuk pemasaran email secara spesifik di bawah ini.

ADVERTISEMENT

2. Manfaat ChatGPT untuk Menulis Email

Seluruh bisnis dan jenis usaha, baik UKM & UMKM hingga perusahaan skala besar dapat memanfaatkan kecanggihan ChatGPT untuk menulis email dalam waktu yang relatif cepat.

Berikut beberapa manfaat ChatGPT untuk menulis dan pemasaran email:

  • Meningkatkan kepuasan customer/klien karena pesan dibuat dengan cepat
  • Memberikan respon yang diinginkan oleh customer/klien
  • Meningkatkan efisiensi dan produktivitas pengguna karena menghemat waktu
  • Meningkatkan keterampilan dan skill menulis
  • Risiko kesalahan dalam penulisan teks sangat rendah, sehingga terhindar dari typo
  • Dapat digunakan untuk membalas email dalam berbagai bahasa (pengguna tidak perlu lagi mengandalkan Google Translate) dan tentunya bahasa juga lebih mudah dipahami
  • Prompt penulisan email dapat dikustomisasi dan disesuaikan dengan konteks email (pesan yang masuk)

Setelah mengetahui beberapa contoh di atas, simak yuk cara menggunakan ChatGPT untuk menulis email lewat beberapa prompt yang kami tulis berikut.

ADVERTISEMENT

3. Contoh Prompt ChatGPT untuk Menulis Email

Banyak manfaat ChatGPT untuk bisnis, khususnya menulis email untuk membalas pesan klien, mengajukan kerja sama (pitching email), menanggapi respon customer, dan sebagainya.

Bahkan kamu bisa mengoptimalkan aplikasi AI yang viral ini apabila dapat membuat prompt yang tepat.

ADVERTISEMENT

3.1. Cara Menggunakan ChatGPT untuk Menulis Email

Nah, sebelum masuk ke contoh prompt, kamu bisa mempelajari terlebih dahulu tata cara menggunakan ChatGPT untuk menulis dan membuat email marketing seperti di bawah ini:

  1. Tentukan konteks dengan membuat prompt yang berisi: konteks email, tujuan penulisan email, panjang (jumlah kata), penggunaan kata atau kalimat dalam email (santai, formal, dll)
  2. Jika ingin lebih spesifik, pengguna dapat menambahkan template kalimat pembuka, ucapan basa-basi, dan lain-lain
  3. Perintahkan ChatGPT agar menggunakan grammar dan struktur kalimat yang benar dan tepat, tentukan jumlah paragraf dalam email, serta hindari pengulangan kata yang tidak diperlukan
  4. Saatnya membuat email dan periksa kembali setelah hasil generate ChatGPT selesai untuk melihat

Singkatnya, kamu bisa gunakan rumus atau prompt seperti:

Kalimat Pembuka – tentukan peran/profesi/persona/roleplay/expertis – deskripsikan jenis email – bahasa yang digunakan – tujuan – muatan teks email secara spesifik.


ADVERTISEMENT

3.2. Contoh Prompt ChatGPT untuk Menulis Email

Inilah beberapa contoh prompt ChatGPT untuk menulis email dengan tepat, relevan, dan mudah:

3.2.1. Menulis Pitching Email

Pitching email adalah pesan teks yang berisi penjelasan, nilai, dan keterangan produk yang digunakan oleh suatu perusahaan untuk menarik minat investor maupun brand lain agar mau menanamkan modalnya atau bekerja sama, sehingga menghasilkan profit yang sama-sama menguntungkan.

Pitching email ini mampu menaikkan skalabilitas dan brand perusahaan, makanya banyak perusahaan melakukannya agar operasionalnya berjalan serta namanya melambung naik.

Nah, bagaimana contoh prompt ChatGPT untuk menulis pitching email?

“Saya seorang pemilik brand fashion wanita yang sedang populer saat ini. Saya ingin mengajak perusahaan sepatu sneakers merek Confess berkolaborasi untuk meluncurkan produk musim panas tahun 2023. Tolong buatkan pitching email dalam bahasa Indonesia agar perusahaan sepatu tersebut mau melirik brand saya dan menyetujui ajakan kolaborasi tersebut“

Cara memakai chatgpt untuk pitching email

Contoh penggunaan chatgpt untuk membuat pesan penawaran yang ditujukan pada investor atau brand tertentu

3.2.2. Membalas Pesan Klien dan Customer dengan Cepat

Ada kalanya perusahaan mendapat pesan dari klien atau customer mereka. Entah berisi pertanyaan produk, komplain layanan, dan sebagainya.

Untuk membalas satu per satu, tentunya akan melelahkan bukan? Nah, jika perusahaan tidak menggunakan email marketing tools karena ingin menghemat biaya, maka bisa gunakan ChatGPT.

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Anisa
Ditulis oleh

Anisa

Seorang Content Writer SEO dan Content Creator yang suka belajar hal-hal baru, terutama tentang transformasi dunia digital agar bermanfaat dan memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan yang relevan saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *