7 Alternatif ChatGPT Terbaik Paling Recommended [Gratis & Berbayar]

Anisa 20 Sep 2023 4 Menit 2

ADVERTISEMENT

Selain ChatGPT, ternyata ada beberapa alternatif ChatGPT terbaik lainnya yang punya fitur lengkap, dapat membantu pekerjaan sehari-hari, dan bahkan penggunannya gratis.

Mengapa perlu mempertimbangkan aplikasi AI lainnya? Karena ChatGPT masih memiliki beberapa kekurangan, terutama perihal tingkat akurasi dan data yang dihimpun hanya sampai 2021.

Padahal ada aplikasi/tool/extension berbasis AI yang juga memiliki kemampuan setara dengan ChatGPT seperti yang kami rekomendasikan berikut.

ADVERTISEMENT

Rekomendasi Alternatif ChatGPT Terbaik

Rekomendasi alternatif ChatGPT di bawah ini dapat kamu pilih sesuai kebutuhan dan aktivitas yang dilakukan setiap harinya.

Inilah alternatif ChatGPT yang dapat kamu gunakan secara gratis dan berbayar:

ADVERTISEMENT

1. Google Bard

alternatif chatgpt yang gratis

Google Bard adalah alternatif ChatGPT pertama yang memiliki fitur canggih dan tingkat akurasinya menyentuh 95 persen.

Google Bard adalah chatbot AI buatan Google yang dapat menghasilkan informasi berupa teks, menerjemahkan bahasa, menulis berbagai macam konten kreatif, dan menjawab pertanyaan pengguna dengan cara yang informatif.

Saat ini status Google Bard sudah diperbarui dan mendukung 40 bahasa baru termasuk bahasa Arab, China (Aksara sederhana atau tradisional), Jerman, Hindi, Spanyol, sekaligus termasuk 27 negara di Uni Eropa (EU) dan Brasil.

Cara menggunakan Google Bard sama seperti ketika menggunakan ChatGPT. yakni dengan memasukkan prompt (perintah teks yang spesifik) atau pertanyaan mengenai hal tertentu.

Beberapa fitur Google Bard yang menonjol adalah fitur text to speech seperti Google Assistant, mampu menyediakan berita terbaru tentang topik tertentu, bahkan memberikan info lokasi yang dibutuhkan pengguna.

ADVERTISEMENT

2. Bing AI

sebutkan alternatif chatgpt paling bagus

Bing AI adalah alat atau mesin pencari berteknologi AI (AI power copilot) buatan Microsoft Corp sebagai penggantI Live Search, Windows Live Search, dan MSN Search.

Mesin pencari ini telah dibekali “Live Search Query Processing (LSPQ)” yang dapat memberikan rekomendasi sekaligus menentukan peringkat hasil pencarian berdasarkan relevansi, kualitas, dan popularitas untuk menentukan hasil pencarian terbaik.

Jadi ketika kamu mengetikkan prompt atau pertanyaan di kolom chat Bing, maka Bing akan menghasilkan informasi secara singkat, padat, dan jelas dilengkapi rekomendasi url/link sumber bacaan yang muncul di daftar 3-5 teratas mesin pencarian.

Adanya referensi url atau link tersebut adalah agar pengguna dapat memilih sendiri mana rujukan/rekomendasi yang paling relevan dengan pertanyaan tersebut.

ADVERTISEMENT

3. YouChat AI

alternatif chatgpt selain chatgpt

Masih banyak yang belum mengetahui apa dan bagaimana fungsi YouChat AI, padahal salah satu chatbot AI terbaik ini juga punya kemampuan setara dengan ChatGPT.

YouChat AI adalah platform chatbot AI yang dikembangkan oleh perusahaan AI di Tiongkok untuk membantu bisnis dan organisasi untuk berkomunikasi dengan pelanggan maupun karyawan mereka dengan cara yang lebih efektif dan efisien.

Namun jangan salah paham dulu ya, karena kamu bisa memanfaatkan YouChat seperti ChatGPT yakni menghasilkan informasi berbagai ilmu pengetahuan, digital marketing, email marketing, membuat konten, dan lain-lain.

YouChat juga dapat digunakan secara gratis dan ditenagai oleh GPT-3.5 serta mendukung penggunaan GPT-4 (GPT Plus).

ADVERTISEMENT

4. DeepAI

alternatif chatgpt youchat

Deepai.org (Deep AI) adalah kecerdasan buatan (AI) yang menggunakan jaringan saraf tiruan (ANN) untuk mempelajari pola dan hubungan dalam data, sehingga mampu menghasilkan informasi yang terbilang cukup akurat dan valid.

Nah, kamu dapat memanfaatkan fitur AI Chat pada DeepAI untuk menghasilkan informasi berupa teks yang sederhana, sedangkan untuk menikmati layanan genius mode (atau fitur profesional yang lebih kreatif), kamu harus berlangganan dengan membayar $4.99 per bulan atau setara dengan Rp70.281 (per 19 September 2023).

Jika dibandingkan alternatif ChatGPT lainnya, Deepai.org memiliki keunikan tersendiri. Misalnya, pengguna dapat mengakses fitur AI characters secara gratis untuk berbincang atau mengobrol dengan para tokoh ternama di masa lampau seperti Cleopatra, George Washington, dan masih banyak lagi.

ADVERTISEMENT

5. AI Chatting

rekomendasi alternatif chatgpt

Ini adalah tampilan utama AI Chatting yang simple tetapi mudah digunakan

Satu lagi alternatif ChatGPT yang gratis dan dapat digunakan untuk mencari informasi adalah AI Chatting (aichatting.net).

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Anisa
Ditulis oleh

Anisa

Seorang Content Writer SEO dan Content Creator yang suka belajar hal-hal baru, terutama tentang transformasi dunia digital agar bermanfaat dan memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan yang relevan saat ini.

2 Comments

  1. Abas berkata:

    Paket kagak gerak sama sekali

    1. Anisa berkata:

      sudah berapa hari tuh kak? Wah protes aja kak!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *