Cara Menggunakan ChatGPT untuk Copywriting Iklan Produk (+ Contoh Prompt)

Anisa 27 Agu 2023 6 Menit 0

ADVERTISEMENT

Ingin mengemas iklan dengan menarik dan kreatif, tetapi juga cepat? Tenang, kamu bisa pelajari cara menggunakan ChatGPT untuk copywriting iklan produk dengan mudah dan sesuai dengan konteks produk yang ditawarkan ke calon pelanggan.

Dengan menggunakan teknik dan strategi pemasaran produk yang efektif lewat iklan, maka kian besar pula peluang untuk meraih omzet tinggi.

Namun dalam pembuatan ads copy atau copywriting tidak bisa asal sembarangan. Diperlukan beberapa formula agar mampu memikat, menarik, dan menggoda pembeli.

Ingin tahu contoh prompt dan cara membuat copywriting iklan yang keren pakai ChatGPT? Simak artikel ini sampai selesai ya.

ADVERTISEMENT

1. Definisi ChatGPT

ChatGPT adalah model bahasa atau aplikasi berteknologi AI yang dibuat oleh OpenAI untuk membantu manusia memperoleh informasi dengan cepat melalui sebuah prompt tertentu.

Prompt adalah perintah berupa teks atau pertanyaan yang dibuat oleh pengguna untuk mendapatkan informasi dari ChatGPT.

Saat ini, hampir seluruh masyarakat di dunia menggunakan aplikasi AI yang viral ini untuk membantu pekerjaan mereka di berbagai bidang. Mulai dari pembuatan copywriting iklan, konten website, matematika, alat penerjemah, dan sebagainya.

ChatGPT sendiri merilis dua versi yang sekarang digunakan oleh user, yakni ChatGPT-3.5 (gratis) dan ChatGPT-4 (versi berbayar Rp306 ribu tiap bulannya).

Penasaran bagaimana peran ChatGPT dalam pembuatan copywriting iklan? Simak terus pembahasan selanjutnya.

ADVERTISEMENT

2. Manfaat ChatGPT untuk Copywriting Iklan

Perlu diketahui bahwa banyak manfaat ChatGPT untuk bisnis UKM, UMKM, bahkan perusahan skala besar sekali pun. Termasuk dalam pembuatan copywriting iklan yang ciamik dan unik.

Apa saja manfaat ChatGPT dalam pembuatan ads copy (copywriting) iklan?

  • Bantu membuat pengembangan ide dan jenis iklan
  • Cocok untuk membuat copywriting dengan kalimat pendek maupun panjang
  • Membantu memperbaiki copywriting dengan teknik soft selling dan hard selling
  • Pengguna dapat memanfaatkan ChatGPT-4 untuk memparafrasekan paragraf copywriting dari akun/brand lain
  • ChatGPT-4 dapat digunakan untuk membuat copywriting dalam bahasa Inggris dengan cukup baik
  • Membuat kalimat copywriting lebih efektif dan nyaman dibaca
  • Pembuatan copywriting dapat ditambah hashtag yang relevan dan populer
  • Mengatasi writer block di waktu-waktu tertentu
  • Menciptakan plot cerita yang lebih baik dan terkesan nyata

ADVERTISEMENT

3. Cara Menggunakan ChatGPT untuk Copywriting Iklan

Sebelum menggunakan ChatGPT untuk membuat copywriting iklan, kamu harus menentukan terlebih dahulu jenis ads copy yang akan dipublikasikan secara online.

Apakah iklan tersebut berbentuk pertanyaan, statistic headline, personal headline, penawaran soft selling, mengangkat sebuah kisah tertentu, dan lainnya? Jika sudah, baru gunakan contoh prompt ChatGPT untuk bisnis digital marketing, khususnya dalam konteks copywriting seperti berikut:

Pilih tone – Cobalah berperan sebagai seseorang dengan menggunakan persona/pekerjaan/expertis/roleplay/status (pemilik bisnis) – masukkan nama brand atau jenis usaha (opsional) – tulis perintah secara spesifik seperti jenis copywriting yang diinginkan, panjang/pendek iklan, dan kriteria khusus lainnya.

Sekarang, mari praktikkan cara menggunakan ChatGPT untuk copywriting iklan lewat beberapa contoh di bawah ini.

ADVERTISEMENT

4. Contoh Prompt ChatGPT untuk Membuat Copywriting Iklan

Kamu bisa simak beberapa contoh prompt ChatGPT untuk menghasilkan copywriting iklan produk berdasarkan jenis ads copy yang kamu inginkan.

ADVERTISEMENT

4.1. Copywriting Iklan yang Fokus Pada Pemilihan Rima

Beberapa brand biasanya akan menggunakan rima (pengulangan bunyi) yang memikat ketika menonjolkan penawaran produk mereka.

Nah, kamu bisa juga membuat copywriting seperti itu lewat contoh prompt ini:

“Saya seorang copywriter pemula dan Anda sebagai copywriter profesional. Tolong buatkan kalimat copywriting yang berisi penawaran flat shoes untuk wanita yang menginginkan kenyamanan di kaki tetapi model sepatunya sangat modern. Buatkan kalimat copywriting yang singkat, memperhatikan teknik rima, tetapi sangat menggoda pembeli.”

bagaimana cara menggunakan chatgpt untuk copywriting iklan

Jika diperhatikan, rima dalam copywriting di atas cukup ringkas, menarik, dan antimainstream

ADVERTISEMENT

4.2. Copywriting Iklan Layanan (Jasa)

Sebagai pemilik bisnis yang fokus pada pelayanan pada pelanggan, kamu harus mempertimbangkan strategi pemasaran jasa yang paling cocok untuk usaha kamu sendiri.

Biasanya produk berupa jasa akan lebih diminati oleh pelanggan apabila menonjolkan keunggulan yang belum dimiliki oleh kompetitor serta mencantumkan review atau pengalaman dari para pembeli sebelumnya.

Lantas, bagaimana contoh prompt yang tepat untuk memasarkan produk berupa layanan?

“Jika Anda sebagai copywriter yang sangat ahli, tolong buatkan ads copy atau copywriting produk berupa layanan untuk usaha barbershop saya. Buat copywriting yang sangat menarik dan mampu memikat pelanggan. Tambahi pula review atau ulasan dari pelanggan sebelumnya”

Dan inilah hasil copywriting buatan ChatGPT-3.5:

contoh prompt chatgpt untuk copywriting iklan

Inilah contoh copywriting iklan yang ditambah dengan beberapa ulasan dari pelanggan

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Anisa
Ditulis oleh

Anisa

Seorang Content Writer SEO dan Content Creator yang suka belajar hal-hal baru, terutama tentang transformasi dunia digital agar bermanfaat dan memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan yang relevan saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *