Cara Menggunakan ChatGPT untuk Membuat Deskripsi Produk [+ Contoh Prompt]

Anisa 25 Agu 2023 5 Menit 0

ADVERTISEMENT

Bagaimana cara menggunakan ChatGPT untuk membuat deskripsi produk yang dijual di marketplace, media sosial, dan situs web? Caranya adalah membuat prompt dengan sangat spesifik untuk membedakan tone serta tampilan di antara ketiganya.

Seperti yang diketahui bahwa tampilan deskripsi produk di marketplace, media sosial, dan situs web agak berbeda, sehingga perlu sentuhan dari pemilik bisnis untuk membuatnya tampak unik.

Nah, kami akan memberikan contoh cara membuat deskripsi produk yang menarik menggunakan ChatGPT. Simak artikel ini sampai selesai ya.

ADVERTISEMENT

1. Pengertian ChatGPT

ChatGPT adalah model bahasa atau aplikasi berteknologi AI yang diluncurkan untuk membantu pengguna memperoleh informasi sebanyak-banyaknya usai memasukkan sebuah prompt tertentu.

Prompt adalah suatu perintah teks yang berisi beberapa permintaan (request) atau dapat dikatakan sebagai pertanyaan yang diajukan oleh pengguna pada ChatGPT.

Pengguna bisa memanfaatkan ChatGPT versi 3.5 (free a.k.a gratis) dan ChatGPT-4 atau ChatGPT Plus dengan membayar biaya berlangganan sekitar Rp306 ribu per bulan.

Dari sekian banyaknya kegunaan ChatGPT, para pebisnis menggunakan aplikasi AI yang viral ini untuk membuat deskripsi produk jualannya. Bagaimana langkah-langkahnya? Simak pembahasan selanjutnya ya.

ADVERTISEMENT

2. Kelebihan dan Kekurangan ChatGPT dalam Pembuatan Deskripsi Produk

Sebelum mengenal lebih jauh cara menggunakan ChatGPT untuk membuat deskripsi produk, kamu wajib mengetahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan aplikasi AI ini.

Berikut sederet kelebihan dan kekurangan ChatGPT untuk menghasilkan deskripsi produk:

ADVERTISEMENT

2.1. Kelebihan ChatGPT

Kelebihan ChatGPT untuk membuat deskripsi produk:

  • ChatGPT-3.5 maupun ChatGPT-4 (ChatGPT Plus) dapat menghasilkan deskripsi produk dengan tone berbeda menyesuaikan platform yang dikehendaki pengguna seperti media sosial, marketplace, situs web, dan lainnya
  • Aplikasi ini juga dapat menyediakan hashtag yang relevan dengan deskripsi produk tersebut
  • Menghasilkan deskripsi produk dalam berbagai macam narasi dan bentuk teks
  • Pengguna juga dapat meminta ChatGPT untuk menghasilkan deskripsi produk yang ramah SEO (SEO friendly)
  • ChatGPT-4 sangat direkomendasikan untuk menulis deskripsi produk dalam bahasa asing, tidak hanya Inggris tetapi juga Jepang, Korea, dan lain-lain
  • Risiko penulisan sangat kecil. Jika, pengguna merasa deskripsi produk sudah sesuai, pengguna bisa langsung copy-paste saja

ADVERTISEMENT

2.2. Kekurangan ChatGPT

Kekurangan ChatGPT untuk membuat deskripsi produk:

  • Kurang recommended untuk membuat deskripsi produk yang mendetail dan punya banyak spesifikasi karena akan memakan waktu yang cukup lama, sehingga kurang efektif. Apalagi pengguna harus menyuntingnya kembali
  • Bahasa masih agak kaku dan perlu perbaikan yang mendetail dari pengguna
  • Untuk menghasilkan prompt yang spesifik, pengguna harus menemukan formula yang tepat agar informasi sesuai ekspektasi
  • ChatGPT-4 kurang cocok untuk membuat deskripsi produk dalam bahasa Indonesia. Sebaliknya, ChatGPT3.5 kurang cocok digunakan untuk membuat deskripsi produk dalam bahasa inggris
  • Hasil terjemahan deskripsi produk dalam bahasa Inggris menggunakan ChatGPT-3.5 masih berantakan
  • Hasil parafrasa deskripsi produk menggunakan ChatGPT3.5 kurang natural, sehingga pengguna harus melakukan editing
  • Terkadang banyak pengulangan kata (redundan) saat meminta ChatGPT untuk menuliskan deskripsi produk
  • Harus terkoneksi dengan internet
  • Jika satu kolom chat terlalu sering digunakan, maka akan terjadi eror pada ChatGPT. Solusinya adalah langsung tekan New Chat

ADVERTISEMENT

3. Cara Menggunakan ChatGPT untuk Membuat Deskripsi Produk

Lantas bagaimana cara menggunakan ChatGPT untuk membuat deskripsi produk? Tenang, kamu bisa pelajari dulu rumus atau formula ChatGPT untuk menghasilkan deskripsi produk seperti ini:

Pilih tone– Cobalah kamu sendiri berperan atau minta ChatGPT memerankan persona/pekerjaan/expertis/status (pemilik bisnis) tertentu – nama brand (opsional) – tulis perintah secara spesifik

Nah, untuk memudahkannya, ikuti tata cara menggunakan ChatGPT untuk membuat deskripsi produk baik barang maupun layanan berikut.

ADVERTISEMENT

3.1. Deskripsi Produk di Marketplace

Banyak manfaat ChatGPT dalam dunia bisnis, terutama bagi pelaku UKM dan UMKM untuk mengoptimalkan potensi usahanya.

Salah satunya yakni dengan membuat deskripsi produk yang mudah dimengerti oleh calon pelanggan saat belanja di marketplace. Wah, bagaimana kira-kira?

Contoh prompt:

“Saya adalah seorang pemilik toko elektronik yang berjualan di marketplace. Untuk memaksimalkan penjualan saya, tolong buatkan deskripsi produk mengenai produk microwave dengan spesifikasi berikut:
– kapasitas 20 L
– daya listrik 1150 watt
– ada alarm otomatis penanda makanan sudah panas
– dapat memanaskan berbagai macam menu masakan
– mudah dibersihkan
– tersedia tiga warna yakni hitam, putih, dan tosca

buatkan deskripsi produk dengan tone seperti di marketplace Tokopedia atau Shopee”

Dan inilah jawaban dari ChatGPT:

tutorial menggunakan chatgpt untuk pembuatan deskripsi produk

Beginilah deskripsi produk ala marketplace yang dihasilkan oleh ChatGPT

3.2. Deskripsi Produk di Media Sosial

Penulisan deskripsi produk di marketplace dengan media sosial cukuplah berbeda. Contoh: jualan di Instagram tentu menggunakan teknik pemasaran yang berbeda ketika di marketplace. Termasuk saat menyematkan deskripsi produk.

Lalu, bagaimana contoh prompt ChatGPT untuk membuat deskripsi produk ala feed Instagram, Facebook, Twitter, dan lain-lain? Contoh prompt:

“Saya adalah seorang pemilik usaha mochi fla yang berjualan lewat media sosial seperti instagram, facebook, dan TikTok. Untuk memaksimalkan penjualan saya, tolong buatkan deskripsi produk mengenai produk mochi fla dengan keterangan:
– 1 pack isi 10 mochi
– Isian coklat dan vanilla
– Harga per pack Rp28.000
– melayani COD dan transfer

Tolong buatkan deskripsi produk dengan tone ala unggahan feed Instagram dong”

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Anisa
Ditulis oleh

Anisa

Seorang Content Writer SEO dan Content Creator yang suka belajar hal-hal baru, terutama tentang transformasi dunia digital agar bermanfaat dan memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan yang relevan saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *