Advertisement

13 Contoh Surat Lamaran Kerja [Tulis Tangan & via Email]

Diterbitkan pada
19 Mei 2022
Waktu membaca
6 Menit

Surat lamaran kerja adalah dokumen penting atau sebuah tulisan yang diketik oleh pencari kerja untuk melamar jabatan atau posisi di suatu perusahaan tertentu.

Umumnya mereka mengetik melalui ms.word, email, dan tulis tangan lalu dikirim melalui layanan pos Indonesia.

Kendati demikian, ternyata masih banyak pencari kerja yang merasa gagal melamar pekerjaan akibat surat yang mereka tulis kurang memikat HRD.

Terutama bagi para fresh graduate yang baru saja akan memasuki dunia kerja.

Memangnya, bagaimana sih cara menulis surat yang baik dan benar?

Panduan dan Tips Menulis Surat Lamaran

Bagi mantan karyawan yang sudah mempunyai banyak pengalam di dunia kerja tentu berbeda dengan para fresh graduate.

Mereka yang baru saja lulus kuliah dan memasuki dunia kerja pastinya akan mencari tahu bagaimana cara menulis surat lamaran yang benar dan tepat?

Sebelum dipraktikkan, kami ingin membagikan seputar panduan dan tips membuat surat lamaran kerja

  1. Pertama, baca dulu persyaratan dan kriteria yang diperlukan oleh perusahaan incaran kamu
  2. Setelah itu, ketik atau tulis surat lamaran dengan format yang baik, padat, dan tidak bertele-tele.
  3. Apabila perusahaan menginginkan kamu menulis dalam bahasa inggris, cobalah untuk menggunakan diksi atau kalimat yang pas.
    Untuk mengetahui bahasa inggris kamu baik atau belum, gunakan software grammarly.
  4. Kemukakan alasan kamu menginginkan posisi yang dilamar lengkap dengan pengalaman yang sudah dikantongi.
  5. Bila belum memiliki pengalaman sama sekali, katakan bahwa kamu siap belajar, dapat beradaptasi dengan cepat, dan menyukai tantangan yang diberikan oleh perusahaan agar HRD tertarik merekrutmu.
  6. Sertakan file atau dokumen penting lainnya yang diminta. Biasanya berupa fotokopi ijazah, fotokopi KTP, sertifikat toefl (bila dibutuhkan), CV, dan portofolio.
  7. Sebelum mengirim, periksa kembali surat yang sudah dibuat. Pastikan tidak ada typo maupun kekurangan lainnya

Selain cara di atas, biasakan untuk berdoa sebelum mengirim surat lamaran karena siapa tahu Tuhan menjawab doa-doamu.

Kemudian kenali juga perbedaan jenis dan kegunaan surat lamaran untuk mendapatkan jabatan yang diincar berikut ini!

Surat Lamaran Tulis Tangan

Mungkin ada kalanya kamu bertanya-tanya, masih ada ya para pencari kerja yang menulis surat lamaran ditulis tangan?

Faktanya masih ada. Bahkan banyak.

Surat yang ditulis secara manual menggunakan pulpen dan kertas folio ini biasanya dipergunakan untuk melamar di toko, retail, CPNS guru, percetakan, dan sebagainya.

Baik menggunakan Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris sesuai permintaan atau persyaratan yang ditetapkan oleh pihak perusahaan.

Nah, kunci untuk mengirim surat lamaran tulis tangan itu sendiri, setidaknya calon karyawan dapat menulis dengan jelas, dapat dibaca, dan rapi.

Selain itu jangan lupa untuk membubuhkan perangko (apabila diminta).

Jika ingin menulis dalam Bahasa Inggris, paling tidak pihak HRD dapat mengerti apa yang kamu sampaikan.

Tidak harus sesuai dengan grammar dan structure english yang sempurna.

Ya minimal dapat dipahami meski english kamu pas-pasan.

Jadi, jangan minder ya!

Surat Lamaran via Email

Surat lamaran kerja yang diketik via email merupakan jenis dokumen atau file yang paling banyak digunakan saat ini.

Hampir sebagian besar perusahaan swasta termasuk pabrik memerintahkan para pencari kerja yang melamar harus mengirimkannya via email.

Tujuannya ialah agar surat tersebut dapat segera diproses oleh bagian HRD.

Selain minim biaya, pengiriman surat lewat email juga dinilai simple serta efisien.

Pelamar juga tidak perlu mengambil berkasnya kembali apabila ia tidak diterima.

Laman: 1 2 3

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Anisa Juniardi

I love being I am. Menulis dan membaca pada ruang yang telah disediakan oleh Tuhan. Iya. Saya seorang content writer SEO dan yeaah.. here we go

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *