Advertisement

10 Cara Promosi Produk yang Menarik dan Laris Manis di Sosmed

Diterbitkan pada
28 Maret 2022
Waktu membaca
6 Menit

Kamu punya toko online tapi sepi pembeli? Jangan khawatir, produk kamu akan laris dengan cara memasarkan produk yang baik dan terbukti efektif. Nah, kali ini kami akan memberikan 10 cara promosi produk yang menarik dan laris manis secara online. Makanya, jangan kemana-mana ya!

Saat ini, kita harus pintar dalam mengatur strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan. Nah, salah satunya dengan mempromosikan secara online.

Teknik ini terbukti ampuh dan cepat menarik pembeli untuk berbelanja secara online di tokomu. Hal ini karena saat ini apa-apa serba digital. Tentu saja sebagai pelaku usaha bisnis online harus mampu bersaing dan mengikuti perkembangan teknologi yang semakin pesat.

Promosi menggunakan sosmed (sosial media) dianggap murah, hemat waktu, dan terbukti efektif. Kita tidak perlu mempromosikan secara konvensional lagi, karena dengan bantuan sosial media saja mampu menjangkau pengguna yang sangat luas.

Penasaran bagaimana caranya? Langsung saja simak pembahasan dibawah ini. Stay tuned!

Cara Promosi Produk yang Menarik Agar Cepat Laku Secara Online

Strategi pemasaran tiap perusahaan pasti berbeda-beda. Tidak hanya soal memberikan diskon dan hadiah untuk pembeli saja. Namun ada banyak trik lainnya yang bisa kamu coba untuk meningkatkan pembelian.

Tentu sebelum mempromosikan produk secara online, kamu harus membuat konten yang menarik dulu. Konten video atau postingan yang unik dapat meningkatkan ketertarikan pembeli untuk mengklik postingan kamu.

Nah, cara mempromosikan produk di sosmed lainnya yang bisa kamu coba, antara lain :

1. Memaksimalkan Media Sosial Instagram & TikTok

cara promosi produk yang menarik dengan Media Sosial Instagram & TikTok

Cara efektif mempromosikan produk di sosmed yang pertama yaitu di Instagram dan TikTok. Kedua platform ini merupakan wajib digunakan untuk promosi secara digital.

Apalagi saat ini banyak dari pengguna yang menggunakan platform media sosial Instagram dan TikTok karena mereka suka dengan konten visual. Instagram dikenal dengan platform untuk membagikan foto, dan story sehari-hari. Sedangkan TikTok dikenal dengan konten video kreatif yang membuat pengguna untuk ketergantungan.

Maka dari itu, kedua platform ini akan sangat efektif jika digunakan untuk menjalankan sebuah bisnis. Apalagi saat ini telah tersedia Instagram Shopping dan TikTok Shop, tentu saja pembeli akan semakin mudah berbelanja di toko kamu.

Yang harus diperhatikan adalah terus memaksimalkan kedua platform media sosial ini. Caranya dengan selalu aktif membagikan konten, gambar produk, penggunaan produk, dan lainnya.

2. Iklan di Google Shopping

Cara mempromosikan produk secara online selanjutnya yaitu melalui Google Belanja atau Google Shopping. Faktanya, fitur dari Google Shopping ini mampu menghasilkan 59% klik dari semua klik iklan penelusuran di Google, dan berhasil mengalahkan iklan teks dan saluran pemasaran online lainnya.

Fitur Google Shopping ini berbeda dengan iklan teks biasa. Jika promosi produk dengan menggunakan Google Shopping, maka Google akan menampilkan produk kamu di halaman paling atas sesuai dengan kata kunci yang dicari oleh pembeli.

Maka dari itu, dengan iklan di Google Shopping bisa membantu pembeli menemukan produk kamu lebih cepat saat melakukan penelusuran di mesin pencari Google. Namun, tentu saja iklan ini tidak gratis, melainkan harus membayar pada setiap klik yang dilakukan oleh pembeli.

3. Gunakan Kode Promo/Voucher Gratis Ongkir

Tips dan cara promosi produk agar cepat laku berikutnya yaitu dengan memberikan promo dan voucher gratis ongkir. Kode promo ini akan diberikan kepada calon pembeli untuk mendapatkan potongan harga.

Faktanya banyak konsumen yang menunggu adanya potongan harga dan diskon untuk berbelanja. Selain itu juga voucher gratis ongkos kirim bisa menjadi alasan para konsumen untuk membeli produk kamu.

Misalnya saja di platform e-commerce seperti Shopee, kamu bisa mengaktifkan voucher gratis ongkir Shopee untuk minimal pembelian produk tertentu. Pasti para pengguna akan lebih memilih toko yang menerapkan gratis ongkir dari pada yang tidak.

Apalagi jika ditambahkan dengan cashback, dijamin para pembeli akan langsung membanjiri toko kamu. Nah, ada baiknya kamu mengaktifkan promosi seperti promo, voucher gratis ongkir, dan cashback ini tidak cuma-cuma, ya.

Kamu bisa memberikan syarat dan ketentuan tertentu untuk meningkatkan penjualan di toko kamu. Misalnya saja dengan follow toko Shopee dan memberikan ulasan yang positif.

4. Edukasi ke Audiens

Untuk membuat promosi produk yang menarik tidak selalu mengenai konten yang lucu dan menjalankan event giveaway atau event berhadiah. Supaya tidak flat, kamu bisa memberikan selingan konten informasi yang jelas dan bermanfaat ke audiens mengenai produk yang kamu jual.

Misalnya, dengan memberikan tips dan informasi mengenai cara berjualan, dan bagaimana awal mula membangun perusahaan yang sudah kamu rintis, atau bisa juga dengan memberikan motivasi mengenai tantangan membangun bisnis.

5. Adakan Sesi Q&A (Tanya Jawab Langsung)

cara mempromosikan produk secara online dengan sesi Q&A

Sesi Q&A atau tanya jawab langsung ini bisa kamu lakukan di platform media sosial Instagram. Fitur Q&A bisa dengan mudah digunakan, kok. Lalu apa fungsi dari Q&A ini?

Jadi, Q&A ini bisa kamu gunakan untuk berinteraksi langsung dengan para followers. Kamu bisa dengan lebih dekat mengenal mereka.

Pada sesi Q&A ini bisa kamu manfaatkan juga untuk meningkatkan kualitas produk kamu. Jadi, kamu bisa memberikan pertanyaan ke followers. Misalnya seperti, apa produk yang kamu suka di toko kami? Warna apa yang menjadi favorit kamu? Kamu suka gaya fashion yang seperti apa?

Nah, dari pertanyaan diatas, hasilnya bisa kamu jadikan riset untuk meningkatkan produk, mengetahui keinginan konsumen, dan lainnya.

6. Adakan Event Give Away

Para konsumen pasti akan sangat antusias dengan event giveaway. Sesekali kamu bisa mengadakan event berhadiah seperti giveaway produk kamu, sejumlah uang, elektronik, atau lainnya.

Namn event ini jangan kamu selenggarakan dengan cuma-cuma, ya. Buatlah syarat dan ketentuan untuk mengikuti giveaway ini. Misalnya dengan follow akun, like postingan, komen, atau tag teman.

Jadi, dengan event giveaway ini selain menguntungkan konsumen juga menguntungkan toko kamu. Pastinya toko akan semakin banyak followers dan jangkauannya lebih luas.

7. Berkolaborasi dengan Influencer

influencer selebgram selebtiktok

Supaya toko terlihat hidup dan tidak membosankan, kau bisa berkolaborasi dengan influencer untuk meningkatkan reputasi toko. Misalnya influencer seperti selebgram, artis Tiktok, Youtuber, hingga selebriti.

Influencer ini juga bisa untuk memperluas jangkauan konsumen. Memang dibutuhkan budget yang tidak murah untuk bekerjasama dengan influencer untuk mempromosikan produk kamu.

Namun, hasil dari para influencer ini terbukti ampuh meningkatkan penjualan dan reputasi toko. Untuk memilih influencer yang tepat, kamu bisa meng-endorse nama-nama influencer yang sedang naik daun dan ramai diperbincangkan.

Maka dari itu, produk kamu juga akan ikut naik dan ramai dibeli orang. Selain itu, juga bisa menerapkan kode voucher khusus yang diberikan untuk influencer kepada para pengikutnya. Jadi, para followers bisa menggunakan kode voucher khusus dari influencer untuk berbelanja di toko kamu.

8. Tunjukkan Testimoni dari Pelanggan

Sudah pernah melihat restoran yang ramai pengunjung bahkan penuh sesak? Tentu, toko yang ramai pasti dibantu dengan testimoni atau ulasan dari pelanggan sebelumnya yang pernah mencoba.

Testimoni ini digunakan untuk meningkatkan kepercayaan calon pembeli. Karena merupakan bukti nyata bahwa produk tersebut benar-benar recomended untuk dibeli.

Untuk membuat testimoni ini sangat mudah, contoh mempromosikan produk dengan testimoni dengan meminta pendapat dan ulasan dari pelanggan sebelumnya. Kemudian bisa kamu jadikan konten dan promosikan ke sosial media untuk mendapatkan traffic.

9. Gunakan Copywriting yang Menarik

Trik dan cara promosi produk yang menarik dan laris manis berikutnya yaitu dengan menggunakan copywriting yang menarik. Copywriting merupakan teknik menulis teks pesan iklan yang berisi promosi dan bisa membujuk para pelanggan supaya bisa mencoba untuk ikut membelinya. 

Jadi, pemilihan kata-kata cara mempromosikan produk menggunakn teknik copywriting harus tepat, bisa mempengaruhi pembeli, dan bisa membujuk. Misalnya saja untuk menulis deskripsi produk, bio toko, iklan teks pada produk, iklan landing page, dan masih banyak lagi.

10. Melalui Email Marketing

email marketing

Menurut studi dari MarketingSherpa, 72% konsumen memilih menggunakan email daripada semua jenis komunikasi lainnya. Tapi tidak semua pelanggan berminat untuk membuka email yang berisi promosi.

Berdasarkan data, 74% konsumen menerima email yang tidak mereka minatu. Maka dari itu menyebabkan penurunan konsumen. Namun, promosi menggunakan email marketing ini merupakan salah satu cara paling terjangkau untuk mempromosikan produk.

Untuk menjangkau konsumen yang tepat, kamu bisa mengirimkan email marketing ke pengguna yang berminat saja, jangan melakukan ledakan email ke seluruh daftar kontak email.

Maka dari itu, segmentasikan daftar email kamu untuk menemukan pelanggan yang kemungkinan tertarik dengan promosi yang dilakukan.

Penutup

Demikianlah pembahasan mengenai 10 cara promosi produk yang menarik dan laris manis di sosmed secara online. Dengan mengikuti panduan promosi diatas, dijamin produk kamu akan laku keras dan kebanjiran orderan. Yuk, buktikan sekarang juga!

Jika masih ada pertanyaan, jangan ragu untuk menanyakan kepada kami di “kolom komentar” atau melalui Instagram kami di @Pintarjualan.id. Jangan lupa follow dan nyalakan lonceng ( notifikasinya, ya.

Kami selalu membagikan tips dan informasi menarik setiap harinya, maka dari itu share postingan ini ke teman, kerabat, dan keluarga supaya lebih bermanfaat.

Sampai disini dulu, ya. See you 🙂

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Ambar Arum Juliyanti

I have experience in field of the SEO Content Writer. I am willing and able to learn also work with new things either individual or team. I am also interested in anything about Digital Marketing, SEO and Informatics.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *