Advertisement

10 Cara Promosi Produk yang Menarik dan Laris Manis di Sosmed

Diterbitkan pada
28 Maret 2022
Waktu membaca
6 Menit

Kamu punya toko online tapi sepi pembeli? Jangan khawatir, produk kamu akan laris dengan cara memasarkan produk yang baik dan terbukti efektif. Nah, kali ini kami akan memberikan 10 cara promosi produk yang menarik dan laris manis secara online. Makanya, jangan kemana-mana ya!

Saat ini, kita harus pintar dalam mengatur strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan. Nah, salah satunya dengan mempromosikan secara online.

Teknik ini terbukti ampuh dan cepat menarik pembeli untuk berbelanja secara online di tokomu. Hal ini karena saat ini apa-apa serba digital. Tentu saja sebagai pelaku usaha bisnis online harus mampu bersaing dan mengikuti perkembangan teknologi yang semakin pesat.

Promosi menggunakan sosmed (sosial media) dianggap murah, hemat waktu, dan terbukti efektif. Kita tidak perlu mempromosikan secara konvensional lagi, karena dengan bantuan sosial media saja mampu menjangkau pengguna yang sangat luas.

Penasaran bagaimana caranya? Langsung saja simak pembahasan dibawah ini. Stay tuned!

Cara Promosi Produk yang Menarik Agar Cepat Laku Secara Online

Strategi pemasaran tiap perusahaan pasti berbeda-beda. Tidak hanya soal memberikan diskon dan hadiah untuk pembeli saja. Namun ada banyak trik lainnya yang bisa kamu coba untuk meningkatkan pembelian.

Tentu sebelum mempromosikan produk secara online, kamu harus membuat konten yang menarik dulu. Konten video atau postingan yang unik dapat meningkatkan ketertarikan pembeli untuk mengklik postingan kamu.

Nah, cara mempromosikan produk di sosmed lainnya yang bisa kamu coba, antara lain :

1. Memaksimalkan Media Sosial Instagram & TikTok

cara promosi produk yang menarik dengan Media Sosial Instagram & TikTok

Cara efektif mempromosikan produk di sosmed yang pertama yaitu di Instagram dan TikTok. Kedua platform ini merupakan wajib digunakan untuk promosi secara digital.

Apalagi saat ini banyak dari pengguna yang menggunakan platform media sosial Instagram dan TikTok karena mereka suka dengan konten visual. Instagram dikenal dengan platform untuk membagikan foto, dan story sehari-hari. Sedangkan TikTok dikenal dengan konten video kreatif yang membuat pengguna untuk ketergantungan.

Maka dari itu, kedua platform ini akan sangat efektif jika digunakan untuk menjalankan sebuah bisnis. Apalagi saat ini telah tersedia Instagram Shopping dan TikTok Shop, tentu saja pembeli akan semakin mudah berbelanja di toko kamu.

Yang harus diperhatikan adalah terus memaksimalkan kedua platform media sosial ini. Caranya dengan selalu aktif membagikan konten, gambar produk, penggunaan produk, dan lainnya.

2. Iklan di Google Shopping

Cara mempromosikan produk secara online selanjutnya yaitu melalui Google Belanja atau Google Shopping. Faktanya, fitur dari Google Shopping ini mampu menghasilkan 59% klik dari semua klik iklan penelusuran di Google, dan berhasil mengalahkan iklan teks dan saluran pemasaran online lainnya.

Fitur Google Shopping ini berbeda dengan iklan teks biasa. Jika promosi produk dengan menggunakan Google Shopping, maka Google akan menampilkan produk kamu di halaman paling atas sesuai dengan kata kunci yang dicari oleh pembeli.

Maka dari itu, dengan iklan di Google Shopping bisa membantu pembeli menemukan produk kamu lebih cepat saat melakukan penelusuran di mesin pencari Google. Namun, tentu saja iklan ini tidak gratis, melainkan harus membayar pada setiap klik yang dilakukan oleh pembeli.

3. Gunakan Kode Promo/Voucher Gratis Ongkir

Tips dan cara promosi produk agar cepat laku berikutnya yaitu dengan memberikan promo dan voucher gratis ongkir. Kode promo ini akan diberikan kepada calon pembeli untuk mendapatkan potongan harga.

Faktanya banyak konsumen yang menunggu adanya potongan harga dan diskon untuk berbelanja. Selain itu juga voucher gratis ongkos kirim bisa menjadi alasan para konsumen untuk membeli produk kamu.

Misalnya saja di platform e-commerce seperti Shopee, kamu bisa mengaktifkan voucher gratis ongkir Shopee untuk minimal pembelian produk tertentu. Pasti para pengguna akan lebih memilih toko yang menerapkan gratis ongkir dari pada yang tidak.

Apalagi jika ditambahkan dengan cashback, dijamin para pembeli akan langsung membanjiri toko kamu. Nah, ada baiknya kamu mengaktifkan promosi seperti promo, voucher gratis ongkir, dan cashback ini tidak cuma-cuma, ya.

Kamu bisa memberikan syarat dan ketentuan tertentu untuk meningkatkan penjualan di toko kamu. Misalnya saja dengan follow toko Shopee dan memberikan ulasan yang positif.

4. Edukasi ke Audiens

Untuk membuat promosi produk yang menarik tidak selalu mengenai konten yang lucu dan menjalankan event giveaway atau event berhadiah. Supaya tidak flat, kamu bisa memberikan selingan konten informasi yang jelas dan bermanfaat ke audiens mengenai produk yang kamu jual.

Misalnya, dengan memberikan tips dan informasi mengenai cara berjualan, dan bagaimana awal mula membangun perusahaan yang sudah kamu rintis, atau bisa juga dengan memberikan motivasi mengenai tantangan membangun bisnis.

5. Adakan Sesi Q&A (Tanya Jawab Langsung)

cara mempromosikan produk secara online dengan sesi Q&A

Sesi Q&A atau tanya jawab langsung ini bisa kamu lakukan di platform media sosial Instagram. Fitur Q&A bisa dengan mudah digunakan, kok. Lalu apa fungsi dari Q&A ini?

Jadi, Q&A ini bisa kamu gunakan untuk berinteraksi langsung dengan para followers. Kamu bisa dengan lebih dekat mengenal mereka.

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Ambar Arum Juliyanti

I have experience in field of the SEO Content Writer. I am willing and able to learn also work with new things either individual or team. I am also interested in anything about Digital Marketing, SEO and Informatics.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *