Advertisement

8 Cara Memilih Lokasi Yang Bagus Untuk Memulai Wirausaha

Diterbitkan pada
28 Maret 2022
Waktu membaca
4 Menit

Kamu ingin memulai usaha namun masih mencari cara memilih lokasi yang bagus untuk memulai wirausaha? Jangan khawatir, kami ada beberapa tips dan cara supaya kamu bisa menentukan lokasi usaha yang tepat.

Lokasi untuk memulai usaha, tidak boleh memilih dengan asal-asalan. Ada beberapa strategi supaya bisnis kamu bisa berjalan dengan lancar dan dapat menghasilkan keuntungan.

Untuk menentukan lokasi bisnis yang tepat, membutuhkan perencanaan dan penelitian secara menyeluruh. Nah untuk lebih lengkapnya, langsung saja simak berikut ini. Lets go!

Cara Memilih Lokasi Yang Bagus Untuk Memulai Wirausaha

cara menentukan lokasi usaha yang strategis

Ada 8 cara menentukan lokasi yang tepat untuk membuka usaha. Melalui tulisan ini akan kami jabarkan satu per satu, ya. So, jangan kemana-mana!

Lokasi yang strategis menjadi satu yang paling utama sebagai pendirian usaha. Jika kita memilih lokasi usaha yang tepat, maka kemungkinan besar usaha kita akan cepat bertumbuh dan sukses meningkatkan penjualan.

Sebaliknya, jika seorang wirausaha salah dalam memilih lokasi usaha dan tidak strategis, kemungkinan bisnis tersebut akan gagal.

Maka dari itu, sebelum memulai usaha, ada baiknya untuk melakukan riset terlebih dahulu. Kamu bisa membandingkan beberapa tempat usaha yang bisa dijadikan pilihan.

Pertimbangakn juga dengan budget, biasanya lokasi yang strategis akan membutuhkan budget yang mahal. Untuk beberapa pertimbangan dan tips memilih lokasi usaha lainnya bisa kamu lihat poin-poin berikut ini :

1. Lokasi Usaha Sesuai dengan Anggaran

Untuk menentukan lokasi bisnis, perlu menyiapkan anggaran untuk menyewa, kontrak, atau bahkan untuk membeli langsung. Namun, tidak hanya anggaran untuk sewa bulanan atau kontrak saja.

Biasanya ada beberapa biaya tambahan diluar harga sewa. Misalnya seperti listrik, air, upah sampah, izin dan lainnya. Maka dari itu perlu dilakukan riset dan pertimbangan dari masing-masing lokasi usaha yang akan dipilih.

Dengan mempertimbangkan hal diatas, tentu akan membuat usaha berjalan dengan lancar. Pastikan kamu juga sudah berbicara langsung dengan pemilik lahan usaha tersebut. Jangan sampai kamu memperoleh informasi dari orang sekitar mengenai biaya sewa, listrik, sampah, dll.

2. Pertimbangkan dengan Jenis Usaha yang akan Dijalankan

Jenis usaha juga mempengaruhi strategi dalam menentukan lokasi usaha yang tepat. Misalnya, jenis usaha yang akan kamu bangun adalah restoran atau usaha bisnis makanan kuliner.

Padahal, orang-orang disekitar lokasi usaha lebih suka memasak sendiri daripada membeli makanan diluar. Hal ini karena kebutuhan pokok seperti sayur, beras, dan keperluan memasak sudah banyak.

Maka dari itu, akibatnya bila wirausaha salah dalam memilik lokasi usaha tidak melihat dari kebiasaan masyarakat sekitar tentu akan sulit untuk berhasil. Untuk itu kamu perlu mempertimbankan lokasi yang tepat sesuai dengan jenis usaha.

Misalnya jenis usaha restoran atau masakan lauk pauk, kamu bisa mendirikan usaha di sekitar area perkantoran, pabrik, kos-kosan, dan lainnya.

3. Dekat dengan Pemasok Bahan Baku Usaha

Kamu juga perlu memastikan lokasi yang dipilih dapat dengan mudah dijangkau oleh pemasok bahan baku usaha. Karena, jika tidak ini bisa bermasalah untuk kelancaran usaha.

Misalnya, ada salah satu bahan baku yang habis. Namun, jarak pemasok bahan baku dengan lokasi usaha sangat jauh. Sehingga hal ini bisa mengakibatkan penundaan pengiriman bahan baku.

Keterlambatan pengiriman bahan baku tentu akan mengecewakan pembeli. Maka dari itu, pastikan bahan baku yang kamu gunakan untuk usaha, dekat dan mudah didapatkan dari lokasi usaha yang dipilih.

4. Lahan Parkir yang Memadai

Walaupun bisnis kamu sangat menarik, tapi tempat parkir untuk pelanggan tidak memadai, maka akan percuma saja. Tempat parkir yang memadai harus menjadi bahan pertimbangan yang utama.

Tempat parkir yang luas, aman, dan nyaman akan memberikan nilai positif bisnis kamu di mata pelanggan. Memang, mempunyai lahan parkir membutuhkan anggaran yang lebih.

Namun, jangan khawatir, ya. Biasanya para pelanggan rela membayar parkir supaya kendaraan mereka aman. Biaya parkir yang dikeluarkan pelanggan bisa kamu gunakan untuk menutupi harga sewa lahan parkir.

5. Pilih Dekat dengan Kompetitor atau Kompetisi Rendah

Cara memilih lokasi yang bagus untuk memulai wirausaha selanjutnya yaitu kamu bisa memilih lokasi dengan tingkat kompetisi rendah atau bisa juga dekat dengan kompetitor. Masing-masing bisa meningkatkan penjualan yang fantastis.

Kalau memilih lokasi yang dekat dengan kompetitor, maka kamu harus siap untuk bersaing. Dalam segi rasa, kualitas, harga, strategi pemasaran harus kamu siapkan dengan matang untuk bersaing dengan kompetitor.

Selain itu, kamu juga bisa berinovasi terhadap produk yang akan kamu jual agar ada perbedaan yang bisa menarik pembeli. Nah, jika kamu sukses bersaing, tentu saja pembeli akan menjadi pelanggan yang tetap dan memilih membeli di usaha kamu daripada di kompetitor.

Namun, jika kamu tidak ingin bersaing, bisa juga memilih lokasi usaha yang tingkat kompetisinya rendah. Walaupun rendah, pastikan lokasi tersebut ramai dan banyak dilewati oleh kendaraan.

6. Tempat Usaha Mudah Dijangkau dan Dilihat Orang

Ciri-ciri tempat usaha yang strategis adalah mudah dijangkau masyarakat dan mudah dilihat. Dengan begitu, pelanggan akan dengan mudah mengunjungi usaha kamu.

Pastikan juga tempat tersebut mudah diakses oleh para pengunjung. Jadi lokasinya tidak terlalu tersembunyi dan jalan menuju lokasi usaha mudah dilalui transportasi.

Misalnya saja transportasi seperti motor, mobil, dan bus. Jadi konsumen yang tidak mempunyai kendaraan pribadi, bisa menggunakan transportasi umum untuk datang ke lokasi usaha kamu.

Selain itu, hal ini juga menghemat biaya pemasaran dan strategi marketing yang akan dijalankan. 

7. Tempat Usaha Bersih

Tempat usaha yang kotor, kumuh, dan bau pasti akan membuat konsumen tidak nyaman. Bahkan hingga membuat dilirik konsumen sekalipun.

Hal ini tentu akan membuat para calon pembeli ragu untuk membeli produk kamu. Pastinya mereka akan berfikir apakah produk tersebut bersih, aman dipakai, dan lainnya.

Maka dari itu, tempat usaha yang bersih akan meningkatkan kepercayaan calon pembeli. Nah, untuk membangun itu, kamu harus memilih tempat usaha yang bersih, jauh dari tempat pembuangan sampah, dan pastikan tidak dekat dengan air comberan.

8. Perhatikan Perizinan Tempat Usaha

Faktor-faktor yang perlu diperhatikan untuk menentukan tempat usaha yang strategis ada soal perizinan usaha. Bisnis usaha yang akan kamu bangun nantinya akan berpengaruh juga dengan perizinan tempat usaha di lokasi sekitar.

Biasanya, para warga sekitar akan menolak usaha yang dijalankan jika menimbulkan berbagai masalah. Misalnya seperti bau tidak sedap, suara berisik dan mengganggu, menghasilkan limbah yang mempengaruhi air, dan lainnya.

Maka dari itu, pastikan kamu sudah mendapatkan izin dari RT setempat dan sudah mendapatkan persetujuan warga sekitar. Sehingga dalam menjalankan bisnis akan nyaman dan tentram.

Penutup

Demikian 8 cara memilih lokasi yang bagus untuk memulai wirausaha yang bisa kamu jadikan bahan pertimbangan. Semoga bisa bermanfaat, ya.

Jika masih ada pertanyaan, silahkan tulis di “kolom komentar” dibawah, ya. Kamu juga bisa diskusi langsung dengan kami melalui media sosial Instagram di @Pintarjualan.id.

Jangan lupa follow IG, kami dan nyalakan lonceng (🔔) notifikasinya. Karena di Instagram, juga sering membagikan berbagai macam tips menarik mengenai bisnis dan tips usaha lainnya.

Share postingan ini ke teman-teman kalian yang sedang bingung bagaimana menentukan lokasi usaha yang strategis. Pasti akan bermanfaat juga!

Sampai disini dulu pembahasan kita kali ini, terimakasih sudah membaca. See you 🙂

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Ambar Arum Juliyanti

I have experience in field of the SEO Content Writer. I am willing and able to learn also work with new things either individual or team. I am also interested in anything about Digital Marketing, SEO and Informatics.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *